Kesehatan Ibu Anak

5 Kiat Sehat Jiwa Di Tempat Kerja, Lakukan Jangan Abaikan

sehatjiiwa

Tahukah Anda setiap tanggal 10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Jiwa Sedunia ? Tahun ini tema yang diusung oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah tentang kesehatan jiwa di tempat kerja. Berkaitan dengan hal tersebut, pada Rabu 4 Oktober lalu saya menghadiri Temu Blogger yang berlokasi di Gedung Dr. Adhyatama Blok C, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Ruang Kaca Lantai 2).

Dari sekian acara bertema kesehatan yang diadakan Kemenkes RI, inilah jenis ‘penyakit’ yang sulit terdeteksi kecuali jujur pada diri sendiri. Masih banyak orang yang gengsi ngaku ‘saya lagi stres nih’ atau ‘saya depresi’ atau ‘saya tertekan’. Orang lebih memilih membiarkan atau kalaupun curhat pada orang terdekat justru diabaikan. Coba cek deh tanda-tanda di bawah ini :

  1. Sering cemas tiap bangun tidur di pagi hari. Membayangkan bakal ketemu boss yang jutek, rekan kerja yang julid atau politik kantor yang melelahkan.
  2. Kinerja menurun. Semangat kerja perlahan menghilang bahkan sering memikirkan kepingin resign.
  3. Kesehatan menurun ditandai dengan seringnya terkena penyakit ringan seperti batuk pilek, demam, masuk angin hingga migren.
  4. Sering lupa mengingat sesuatu dan tidak fokus
  5. Malas bersosialisasi dan lebih senang menyendiri.

Jika Anda lebih banyak menjawab “YES” berarti Anda sedang berada di tahap stres. Selama ini orang sering menyamakan keadaan stres dengan “gila”. Padahal, stres merupakan bagian dari hidup.  Spielberg (dalam Imatama, 2006 : 17) menyatakan bahwa stress itu bisa diartikan sebagai tekanan, ketegangan, atau gangguan yang tidak menyenangkan yang berasal dari luar diri seseorang. Kemampuan seseorang dalam mengatasi stres berbeda-beda, tergantung dari kepribadian, tingkat pendidikan dan latar belakang keluarga.

Dua narasumber ahli menguraikan seputar masalah stres dan penanganannya. Sesi pertama diisi oleh Dr. dr. Fidiansjah Sp. KJ, MPH – Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza Kementerian Kesehatan. Masalah kesehatan jiwa tengah menjadi isu krusial di dunia kesehatan. Bahkan, 1 dari 7 orang mengalami gangguan jiwa di tempat kerja. Wanita yang bekerja penuh waktu lebih rentan 2x menderita masalah kesehatan jiwa dibandingkan dengan pria.

Dokter Fidi menyebutkan bahwa kesehatan kerja penting untuk diperhatikan. Karena kunci keluarga yang bahagia adalah keluarga sehat dan pekerja sehat (pencari nafkah). Jika dalam sebuah anggota keluarga, ada yang sakit maka akan menjadi beban bagi keluarga. Beberapa penyakit di bawah ini ada yang disebabkan oleh masalah kesehatan jiwa yang terganggu.

keswa

Dok. pribadi

keswa2

Dok. pribadi

Kesehatan Jiwa di Tempat Kerja Terhadap Perilaku dan Produktifitas Pekerja

doktereka

Sesi kedua diisi oleh Dokter Eka Viora -Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa. Menurut pemaparan beliau, bekerja itu baik untuk kesehatan, tapi lingkungan kerja yang buruk dapat menyebabkan masalah kesehatan fisik dan jiwa. Setuju ya ? Nah, depresi dan kecemasan memiliki dampak ekonomi yang signifikan, yakni perkiraan biaya ekonomi global sebesar US $ 1 triliun per tahun akibat hilangnya produktivitas.

“Siapa yang enggak pernah STRES ?” tanya Dokter Eka. Para blogger malu-malu mengangkat tangannya termasuk saya sih. Ada seorang teman blogger yang menjawab dirinya enggak pernah stres. Lalu, Dokter Eka melanjutkan, “Orang yang enggak pernah kena stres itu pasti hidupnya monoton, tidak punya motivasi untuk berkembang dan enggak punya gairah hidup.”

Kali ini, seisi ruangan tertawa. Dokter Eka menjelaskan, pada awalnya stres bukan sebuah gangguan kesehatan. Namun, apabila stres tidak dikelola dengan baik akan menjadi virus yang dampaknya melebihi penyakit yang paling berbahaya bahkan bisa menimbulkan kematian.

“Biar enggak gampang stres, biasakan curhat pada teman terdekat,” begitu saran Dokter Eka. Selain itu, ada 5 kiat nih untuk menjaga supaya #SehatJiwaDiTempatKerja dan sehat jiwa di mana saja :

  1. Sediakan waktu untuk diri sendiri
    Generasi millenials menyebutnya me-time. Banyak hal yang bisa dilakukan saat me-time. Kalau versi saya nih, me-time itu tergantung gimana kondisi arus lalu lintas ibukota dan sekitarnya. Di jam-jam sepi saya bakalan nyalon, jalan-jalan di mall, hunting buku ato justru mengikuti acara-acara blogger yang sesuai minat saya. Kalau jam-jam padat dan weekdays pula, saya lebih milih anteng di rumah. Job desk sebagai blogger itu kan banyak. Seringnya blogging itu nunggu Mada bobok malam. Nah, kalau me-time saya pakai buat kegiatan blogging lumayan bisa blogwalking ke beberapa blog.
  2. Gerak badan dan makan yang sehat
    Para ahli berpendapat bahwa gerak badan akan memicu zat kimia di otak yang membuat kita merasa nyaman. Gerak badan bukan hanya olahraga atau nge-gym. Berjalan di taman, berkebun atau mengerjakan pekerjaan domestik dapat membuat Anda aktif. Dianjurkan setiap hari gerak badan selama 30 menit.Jangan lupa perbanyak sayur dan buah. Terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat mempengaruhi emosi Anda, lho.
  3. Menerima siapa diri anda dan menetapkan tujuan yang realistis
    Banyak bersyukur dengan apa yang ada pada diri Anda. Terima kekurangan dengan hal positif. Harga diri yang baik membuat kita lebih mudah menerima kesulitan. Fokus pada kekuatan Anda.
  4. Miliki Hobi dan Bersosialisasi
    Cuma Tarzan yang betah tinggal di hutan dan berteman dengan aneka satwa. Di film terbaru, Tarzan pindah ke kota, dia pun butuh teman manusia meskipun pada akhirnya kembali ke hutan.Bersosialiasi di lingkungan dapat dimulai dari lingkungan terdekat yaitu tetangga. Jika Anda tinggal di tempat yang terpencil dan enggak punya tetangga, carilah komunitas sesuai hobi. Sekarang ini, mau cari komunitas apa ada komplit di dunia maya. Nah, sesekali ikuti pertemuan langsung atau kopi darat dengan para anggotanya.
  5. Menjaga spiritualitas
    Ini yang terpenting ya, dalam kondisi apapun ingatlah selalu Tuhan Anda. Lagi happy sedih atau down karena stress, bicaralah dengan Tuhan Anda.Versi saya, ketika sedang sangat bete, biasanya perbanyak wudhu. Jika teramat lelah, saya akan berdzikir sebelum tidur dan memperbanyak waktu untuk mengaji. Sesekali, saya menambahkan shalat sunnah dua rakaat.

Karena, Allah SWT tidak akan membebani seseorang melebihi kapasitas kemampuan orang tersebut. Sehat jiwa selalu untukmu yang sedang membaca tulisan saya 🙂

ttd-marso

Iklan

Begini Lho, 6 Solusi Makan Sehat Tetap Nikmat Ala Gorry Gourmet

gorrygourmet

“Orang jaman sekarang penyakitnya aneh-aneh, soalnya jarang makan sayur dan buah.” Pasti sering dong ya Anda mendengar celutukan seperti itu ? Faktanya, memang sih, sekarang ini orang lebih suka ngunyah sesuatu yang gurih dan enak daripada makan makanan yang sehat.

Hal ini dibuktikan sejak 2015 dengan adanya peningkatan jumlah penderita Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti Stroke, Penyakit Jantung Koroner, Kanker dan Diabetes. Penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat (kurang bergerak tetapi suka makan enak) ini termasuk penyakit katastropik alias penyakit berbiaya mahal seumur hidup. Mirisnya, PTM bukan hanya diderita oleh yang sudah berusia tua. Tetapi, banyak anak muda yang sudah terkena PTM sebelum rambutnya memutih.

Jauhi Penyakit Tidak Menular Melalui 3 Aksi GERMAS

Dalam setiap kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang saya ikuti, para narasumber yang terdiri dari Dokter Ahli selalu mengajak masyarakat Indonesia untuk senantiasa melakukan 3 aksi GERMAS berikut ini :

1. Melakukan Aktivitas Fisik 30 Menit Setiap Hari

https://i2.wp.com/www.chatelaine.com/wp-content/uploads/2014/04/WomanRunningHappy.jpg

Dok. chatelaine.com

Aktivitas fisik itu bisa berupa lebih banyak berjalan kaki, naik tangga, mengerjakan pekerjaan rumah tangga seperti mengepel, menyapu, mencuci motor/mobil. Sebaiknya sih menyempatkan juga untuk olahraga 3x seminggu. Biar lebih semangat olahraga, enaknya sih ikutan komunitas. Sekarang kan banyak tuh komunitas olahraga, seperti ; komunitas lari, komunitas bersepeda, komunitas senam dan sebagainya.

Pada saat bekerja di depan komputer, ambil jeda per 30 menit dengan istirahat selama 15 menit. Lakukan aktifitas ringan untuk mengistirahatkan mata dan peregangan tubuh. Karena, tubuh itu punya hak juga untuk sehat loh.

2. Cek Kesehatan Secara Rutin

https://www.goredforwomen.org/wp-content/uploads/2012/12/Take-The-Heart-Checkup-700x395-700x395.jpg

Dok. goredforwomen.com

Untuk aksi yang satu ini, masih banyak orang yang abai termasuk saya. Cek kesehatan secara rutin pentingnya pakai banget. Fungsinya, supaya ada tindakan preventif ketiak terdeteksi suatu penyakit. Kalau setelah dicek, aman-aman saja ya berarti pola hidup sehatnya patut dipertahankan.

3. Konsumsi Sayur dan Buah

https://media.mnn.com/assets/images/2015/11/woman-eating-salad.jpg.838x0_q80.jpg

Dok. mediamnn.com

Makan sayur dan buah itu sangat PENTING. Karena, bisa memperlancar pencernaan dan menjaga tekanan darah, kadar gula darah dan kolesterol loh. Ada berbagai vitamin juga yang terkandung pada sayur dan buah.

Dalam PERMENKES No. 30 Tahun 2013 sudah diatur lho mengenai batas konsumsi lemak, gula, dan garam sebagai berikut :

  • Gula: Per orang, Per hari yaitu 50 gram atau 4 sendok makan.
  • Garam: 2000 mgr natrium/sodium atau 5 gram garam atau setara dengan satu sendok teh.
  • Lemak: 67 gram atau setara dengan 5 sendok makan minyak.

Bagi setiap Ibu yang memiliki bayi/batita, penting mengenalkan sayur dan buah sejak dini, agar anak memiliki kebiasaan makan sehat di masa depan. Bagi yang sudah dewasa dan terlanjur enggak doyan sayur dan buah, coba deh pelan-pelan untuk setidaknya minum jus buah. Kalau sudah terbiasa minum jus buah, dijamin minum jus sayuran seperti jus brokoli yang lagi nge-heits itu doyan banget !

Gorry Gourmet Dan 6 Solusi Makan Sehat

Trus, kalau udah terkena salah satu Penyakit Tidak Menular, apa yang harus dilakukan ? Hal pertama adalah perbaiki pola makan. Enggak mudah sih, apalagi kalau ternyata banyak makanan yang harus dihindari. Yang biasanya asyik-asyik aja nyemil cake, donat dan berbagai makanan tinggi karbo, bisa nangis bombay deh saat diminta harus mengurangi makanan manis.

Padahal, kini sudah ada 6 solusi makan sehat tetap enak melalui Gorry Gourmet, yakni catering online di Jakarta. gorrygourmetweb

Bagi yang terkena Diabetes dapat memilih paket berlangganan LOW CARBS. Yang ingin menurunkan berat badan tapi tetap sehat bisa memilih WEIGHT LOSS. Yang sudah berbadan oke tapi kepingin punya otot ? Bisa pilih MUSCLE BUILDING. Dan, para Ibu yang kepingin anaknya makan sehat tapi enggak punya waktu untuk menyiapkan bekal sekolah, bisa memilih GORRY PETITE untuk catering anak anak usia 2 tahun – 6 tahun.  Setiap menu makanan didesain Para Ahli Gizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi konsumen. Dijamin enggak bosan deh makan makanan sehat.

Tak hanya menyediakan makanan bagi yang kepingin beralih hidup sehat, Gorry Gourmet juga memiliki menu spesial untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yakni SPECIAL NEEDS. Orang tua bisa memberikan catatan nih melalui form yang disediakan oleh Gorry Gourmet.

gorrygourmetmenu

Form Untuk Menu SPECIAL NEEDS

gorrygourmetABK

 

Yang kepingin berlangganan menu sehat dari Gorry Gourmet bisa dowload aplikasi Gorry Apps yang ada di playstore, nih. Atau kepoin sosial medianya di :

Twitter : https://twitter.com/gorrygourmet
Instagram : @gorrygourmet
Facebook : https://www.facebook.com/gorrygourmetpasta

Note : photo credit from Gorry Gourmet instagram and various source

ttd-marso

Hangatnya Transpulmin dan Sentuhan Ibu Atasi 3 Penyakit Ini Pada Keluarga

transpulmin

“Anak sakit itu bukan karena Ibunya enggak bisa merawat. Anak-anak umur 0 sampai 5 tahun itu usia rawan sakit. Pasti bakal mengalami yang namanya batuk pilek demam atau diare. Itu wajar. Yang penting kamu sebagai Ibu ini sudah usaha maksimal,” kata Mamah sembari mengusap pundak saya. Ah, sentuhan Mamah ampuh melenyapkan rasa sedih yang hinggap di hati dan kepala saya selama berhari-hari.

Gejala demam yang dialami Mada lebih dari 3 hari disertai diare, pilek dan muntah-muntah tiap jam membuat Mada harus menjadi penghuni rumah sakit selama hampir seminggu. Diagnosa dari Dokter, Mada terkena virus di perutnya sehingga membuat dirinya tidak bisa mencerna makanan dengan baik.

Selama di rumah sakit, Mada harus menghabiskan 5 botol infus. Ngilu rasanya menyaksikan Mada menangis di dekapan saya saat suster mengganti botol infus yang sudah habis. Namun, sebagai Ibu saya harus tetap tegar dan kuat. Hati boleh menangis, wajah harus tetap cool. Bahkan, para suster rumah sakit menyebut saya sebagai Ibu Rock n Roll lantaran saya masih sempat-sempatnya mengajak Mada nyanyi saat Mada dipasangi jarum infus.

arizqio

Pasca pulang dari rumah sakit, saya pun lebih mawas pada kesehatan Mada. Ibu mana yang ingin anaknya kembali masuk rumah sakit ? Tentu, setiap Ibu menginginkan anaknya selalu sehat wal afiat. Kalau bisa seumur hidup anak jangan sampai masuk rumah sakit.

Karena, Terkadang Kenyataan Tidak Selalu Sesuai Harapan

Enam bulan berikutnya, saya masih rutin kontrol Mada ke Dokter Spesialis Anak. Pasca opname dan pulang ke rumah, memang nafsu makan Mada meningkat. Daya tahan tubuhnya pun seolah menjadi berlipat ganda. Kata Dokter, itu efek perutnya sudah bersih dari virus setelah diinfus. Meskipun demikian, saya lebih memerhatikan makanan yang masuk ke perutnya. Sayangnya, saya justru abai pada kesehatan tubuh sendiri.

Hingga suatu hari saya bangun dengan tubuh menggigil, perut luar biasa mual, tenggorokan serak dan kepala yang terasa berat. Tak ada yang bisa dilakukan sepanjang hari selain berbaring di kasur. Selama 3 hari, Mamah menemani saya saat siang hari untuk menjaga Mada selagi saya beristirahat. Namanya 24 jam masih berinteraksi dengan Mada, akhirnya jagoan kecil saya tertular batuk pilek. Kali ini Dokter Spesialis Anak langganan Mada tidak memberikan resep berbagai macam obat. Saya diberikan Transpulmin Balsam Keluarga.

Kening saya sempat mengernyit melihat kemasan Transpulmin Balsam, karena yang namanya balsam itu kan identik seperti yang banyak dijual di pasaran. Bentuk Transpulmin Balsam yakni berupa tube mirip pasta gigi. Tekstur krim-nya pun lembut dan tidak lengket di tangan. Dari kemasannya, tertulis dalam 1 gram krim Transpulmin Balsam Keluarga mengandung Eucalyptus oil, menthol, Champor dan Sage Oil. Pantesan ya, aromanya enak banget di hidung dan ada sensasi semriwing-semriwing dingin.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Ada 2 varian Transpulmin Balsam, yaitu :

Transpulmin BB Balsam

Digunakan untuk anak usia 0 hingga 2 tahun. Mengandung Eucalyptus Oil dan ekstrak Chamomile, tetapi Transpulmin BB Balsam tidak mengandung Champor dan Menthol sesuai dengan kulit bayi yang masih sensitif.

Dengan kemasan kotak berwarna putih, Transpulmin BB Balsam bermanfaat untuk meredakan batuk pilek. Dosis penggunaan : oleskan 2/4 kali sehari pada dada, punggung dan leher anak.

Transpulmin Balsam Keluarga

Kemasan berwarna kuning cerah dengan gambar bunga chamomile di pinggiran tube. Transpulmin Balsam Keluarga ini cocok digunakan untuk anak di atas 2 tahun bahkan orang dewasa seperti saya.

Transpulmin Balsam Keluarga ampuh mengatasi perut kembung/sakit perut, batuk dan pilek. Saat Mamah mengoleskan krim Transpulmin ke punggung saya rasanya hangat dan wangi Eucaliptus Oil-nya berasa banget. Sentuhan Mamah rupanya bukan hanya menghangatkan tubuh saya yang menggigil karena masuk angin, tetapi juga menghangatkan hati saya. Nah, selanjutnya gantian saya mengoleskan dan memijat pelan punggung Mada menggunakan krim yang sama.

“Mada mau dipijit Ibu lagi, enak enak” kata Mada girang, seolah ia lupa pada batuk pilek yang sedang menghinggapi dirinya.

Seminggu kemudian setelah rutin diolesi Transpulmin Balsam Keluarga, tubuh saya bebas dari masuk angin dan Mada pun sembuh dari batuk pilek. Ternyata, Transpulmin yang bentuknya kecil ampuh banget mengusir cantik 3 penyakit yang kami alami. Asyiknya, selama menggunakan Transpulmin, tidur kami berdua jadi sangat pulas.

Karena, Anak dan Ibu Dilarang Sakit

Selain rutin memperhatikan kesehatan Mada, saya juga wajib memperhatikan kesehatan tubuh sendiri. Tiap kali alarm tubuh saya ‘berbunyi’, saya memilih mengoleskan Transpulmin di titik-titik tubuh yang terasa enggak enak. Atau, saya menyulap Transpulmin Balsam menjadi aroma therapy. Caranya, saya memasukkan Transpulmin Balsam ke dalam wadah berisi air mendidih dan menghirup uapnya untuk meredakan sakit kepala atau pilek. Saya juga membuat teh jahe atau teh sereh untuk mendetox tubuh. Sebisa mungkin, saya menjauhi pemakaian obat-obat ketika lagi enggak enak badan. Karena, ketika Ibu sakit maka rumah pun kehilangan warnanya. Setuju ya, Mak ?

Transpulmin BB Balsam dan Transpulmin Balsam Keluarga dapat dibeli Guardian, Century, Kimia Farma, Watson, Baby Shop atau Apotik sekitar rumah Anda. Untuk Transpulmin BB Balsam ukuran 10 gram harganya berkisar antara Rp 51,000 hingga Rp Rp 56,000. Untuk Transpulmin Balsam Keluarga ukuran 10 gram harganya yaitu Rp 53,800 hingga Rp 58,800.

Yang ingin tahu lebih lanjut mengenai Transpulmin, dapat berkunjung ke sosial medianya atau websitenya :

Website : http://www.transpulmin.co.id
Fanpage Facebook : Transpulmin Kehangatan Ibu
Instagram : @transpulmin.kehangatanibu

Oh ya, Transpulmin memiliki program “10.000 Momen Kehangatan Transpulmin”. Jadi, setelah membeli Transpulmin Balsam, jangan lupa foto berdua si kecil lalu tuliskan pengalaman Anda di microsite http://transpulmin.co.id/momenkehangatanibu. Hadiah voucher belanja @Rp 200ribu dan hampers menarik dari Transpulmin menanti Anda. Kirim sebanyak-banyaknya karena periode lomba berakhir pada Desember 2017.

ttd-marso

Novartis Indonesia Keluarkan Inovasi Baru Dalam Pengobatan Untuk Pasien Gagal Jantung

novartis

Hal pertama yang terlintas di kepala saya ketika mendengar gagal jantung yaitu alm. Adjie Massaid. Aktor yang nge-heits di era 90an itu meninggal akibat serangan jantung usai bermain sepak bola. Tidak ada gejala khusus yang menunjukkan Adjie menderita penyakit tertentu. Karena, almarhum dikenal aktif di dunia olahraga.

Memang, kematian adalah rahasia dari Yang Maha Pencipta. Setiap manusia yang hidup pada waktunya akan mati. Tetapi, manusia pun memiliki kewajiban untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Termasuk menjaga kesehatan jantung yang menjadi pusat organ seluruh tubuh.

Pada konferensi pers bertajuk “Set Your Life Back In Motion” di hotel Borobudur Jakarta (29/07), saya mendapat pencerahan mengenai penyakit gagal jantung. Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kenali dulu apa itu gagal jantung. Karena, masih banyak orang salah kaprah soal penyakit silent killer ini.

Gagal jantung yaitu kondisi kronis yang serius ketika jantung tidak dapat lagi memompa cukup darah demi memenuhi kebutuhan oksigen tubuh akibat melemahnya otot jantung seiring berjalannya waktu. Hal Ini bisa mempengaruhi tiap individu berapapun usianya.

Meskipun, terlihat tidak berbahaya dan tidak menular, penyakit jantung ini termasuk penyakit mahal. “Biaya berobat murah, biaya perawatan yang tinggi,” ujar Prof. Dr. Bambang Budi Siswanto dari Rumah Sakit Pusat Jantung Harapan Kita.

IMG_20170729_122655

Dok. pribadi

“Penyakit jantung bisa diibaratkan seperti gunung es. Enggak terdeteksi, tahu-tahu jumlah pasien meledak. Untuk sembuh, jangan percaya pengobatan instan. Karena, gagal jantung sulit disembuhkan. Pasien harus disiplin minum obat. Lupa minum obat, harus rawat ulang di rumah sakit. Karena, pasien gagal jantung berpotensi terkena stroke dan gagal ginjal” jelas Prof. Bambang di hadapan para narasumber dan undangan konferensi pers.

Gagal jantung pada pasien Asia Tenggara banyak dialami oleh usia yang lebih muda dengan kondisi klinis yang lebih parah. Dari sebuah penelitian, pasien gagal jantug di Asia terbukti lebih muda dari pasien di Eropa. Artinya, gaya hidup penduduk di benua Asia Tenggara cenderung bergeser pada gaya hidup tidak sehat.

Novartis sebagai perusahaan farmasi terbesar, memiliki inovasi baru dengan pengobatan LCZ696 dengan nama molekul sacubitril valsartan sodium hydrate di kelas perawatan ARNi (Angiotensin Receptor-Neprilysin inhibitor) di Indonesia, sejak pertama kali diluncurkan di Eropa dan Amerika Serikat 18 bulan lalu.

“Komitmen kami tetap teguh di semua negara di mana kami beroperasi. Kami selalu siap untuk mendukung pemerintah Indonesia dan bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan untuk membantu pasien Indonesia yang menderita penyakit kardio-metabolik, seperti diabetes, hipertensi dan gagal jantung, baik melalui JKN maupun pasar komersial. Dengan ini, kami juga berharap dapat membantu meringankan beban sosial maupun ekonomi sebagai akibat penyakit ini. Adalah sebuah kebanggaan bagi kami untuk dapat bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) dan pemangku kepentingan lainnya untuk dapat mencapai lebih banyak pasien di Indonesia.” jelas Presiden Direktur Novartis Indonesia, Milan Paleja.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk cegah gagal jantung, biasakan selalu olahraga, makan makanan sehat, tidak merokok, menjaga berat badan dan kurangi penggunaan garam dalam masakan.

ttd-marso

Jangan Abai, Ini 7 Fakta Imunisasi Measles Rubella Yang Wajib Anda Ketahui

imunisasimeaslesrubella

Imunisasi menjadi topik kesehatan yang selalu saya minati. Karena, Mada sudah mendapatkan Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) yang rutin dilakukan di Puskesmas Jagakarsa Jakarta Selatan. Awalnya, memang sih Mada imunisasi ya demi punya sertifikat imunisasi yang menjadi syarat  masuk sekolah negeri di Jakarta. Saya baru sadar manfaat imunisasi ketika 5 batita/balita tetangga Mada dipingit orang tuanya gara-gara campak dan Mada tiba-tiba kudu main sendirian di luar rumah. Iya, Mada sehat enggak kena campak. Alhamdulillah, ikhtiar saya untuk menjaga Mada selalu sehat melalui imunisasi rutin berbuah manis.

Kini di usia Mada yang sudah 3 tahun rupanya ada imunisasi tambahan lagi, yaitu Imunisasi Measles Rubella yang akan berlangsung pada bulan Agustus-September. Informasi ini saya dapat dari Kampanye Vaksinasi Measles Rubella (MR) bersama Kementerian Republik Indonesia yang saya ikuti pada Jumat, 21 Juli 2017 di The Park Lane Jakarta.

Measles Rubella, Berbahayakah ?

imunisasimr

Foto seputar Kampanye Imunisasi MR yang saya unggah di sosial media rupanya menarik perhatian teman-teman blogger maupun non blogger. Sebagian ada yang japri via whatsapp atau messenger. Sebagian lagi ada yang bertanya langsung ketika kami bertemu. Dan, hari ini saya diberondong pertanyaan oleh wali murid di PAUD.

“Mamah Mada, memangnya benar ada Imunisasi lagi besok ?”

“Nanti ada efeknya dari Imunisasi MR gak ya ? Saya males deh kalau abis imunisasi trus anaknya jadi demam sama rewel,”

“Apa aja yang perlu dipersiapin buat imunisasi ? Biayanya gede gak ?” Dan, sebagainya.

Measles (Campak) dan Rubella (Campak Jerman) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Meskipun penyakit ini identik dengan anak-anak tapi orang dewasa dapat tertular juga. Seperti yang terjadi pada Mami Ubii Grace Melia yang terkena rubella ketika ia hamil anak pertama. Gara-gara rubella, Ubii mengalami retardasi motorik, jantung bocor, kerusakan jaringan otak dan keterlambatan tumbuh kembang. Dampaknya, jangka panjang. Butuh biaya besar untuk menangani apa yang dialami Ubii.

Jadi, janganlah menjadi orang tua egois yang memiliki pemikiran “ngapain imunisasi sih, ribet lah, dulu gue gak imunisasi baik-baik aja,”. Yuhuuu dulu itu kapan. Tahun 1970 ? 1980 ? atau tahun 1990 ? Dulu polusi belum sepekat sekarang. Kendaraan juga belum sebanyak sekarang. Yaudah, jangan debat ah soal dulu dan sekarang karena Anda hidup di masa sekarang.

Biar enggak kemakan hoax macam-macam soal vaksin atau ikut-ikutan pro jadi #TeamNayVaksin, saya ingin memaparkan 7 fakta imunisasi MR :

Vaksin MR, aman atau ada efek samping (autis dll) ?

Aman, Sis. Hingga saat ini, ada lebih dari 141 negara yang sudah menggunakan vaksin MR. Tahun ini Indonesia menjadi target vaksinasi MR.

Kapan Imunisasi MR diadakan ?

Di pulau Jawa, diadakan bulan Agustus untuk anak usia sekolah antara 7 tahun sampai 15 tahun. Bulan September, targetnya adalah anak-anak usia 9 bulan hingga 15 tahun.

Ada efeknya ?

Ada, demam, nyeri / bengkak / ruam di area suntikan

Berapa biaya Imunisasi MR ?

G-R-A-T-I-S pakek banget, asalkan di puskesmas atau posyandu.

Apakah ibu hamil yang memiliki anak usia sasaran (9 bulan – 15 tahun) boleh mengantar anaknya untuk imunisasi ?

Boleh.

Saya enggak sempat meng-vaksin anak saya, efeknya apa ya ?

Kalau Anda lagi hamil, efeknya bahaya untuk janin. Kalau enggak hamil, bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Bagaimana dengan halal-haram ?

Dibolehkan.

Jadi, bagi yang punya anak usia sekolah, siap-siap imunisasi bulan depan yaaaa

ttd-marso

Pekan Kesadaran Tiroid Internasional 2017 : Deteksi Gejala Dan Cegah Sebelum Terlambat

tiroid

“Ssst dia itu lagi gondokan, lehernya benjol-benjol gitu, jangan deket-deket entar kamu ketularan” atau “Ih, kamu lehernya kenapa benjol-benjol gitu, abis nelen kodok ya ?”. Ah, acung siapa yang waktu masih SD suka ngeledekin temannya yang lagi gondokan ? Dulu jamannya saya masih sekolah, gondokan itu semacam penyakit tidak elit. Karena, di buku pelajaran IPA jaman SD itu kena penyakit gondok artinya kurang yodium alias kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung garam. Makanya kalau ada yang lagi gondokan langsung deh jadi bahan ledekan.

Penyakit gondok terjadi ketika kelenjar tiroid Anda menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid. Kelenjar tiroid merupakan kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak pada bagian depan leher di  bawah jakun. Meskipun, ukurannya kecil, namun kelenjar tiroid memproduksi hormon yang dapat mempengaruhi setiap sel, jaringan dan setiap organ tubuh kita. Kelenjar ini membantu tubuh untuk menggunakan energi agar tetap hangat, serta membuat otak, jantung, otot dan organ lainnya bekerja sebagaimana mestinya.

https://celotehbojo.files.wordpress.com/2017/06/d6cf9-kanker-tiroid.jpg?w=520&h=331

Foto : wismakanker.blogspot.com

“Di Indonesia 17 juta penduduk menderita gangguan Tiroid, penyebab gangguan tiroid umumnya tidak diketahui, tetapi gangguan tiroid dapat mengenai berbagai usia,” jelas dr.Lily di hadapan para peserta seminar Pekan Kesadaran Tiroid Internasional, yang berlokasi di Ged. Sujudi Aula Siwabessy Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (26/5/2017).

Gangguan tiroid dapat dikelompokkan sebagai berikut :

  1. Hipertiroid atau Hipotiroid
    Kelenjar tiroid yang terlalu aktif akan menghasilkan terlalu banyak kelenjar tiroid yang disebut sebagai hipertiroidisme. Kondisi ini seringkali disebut sebagai gondokan. Jika kelenjar tiroid kurang aktif dan tidak menghasilkan cukup hormon tiroid untuk menjaga metabolisme tubuh, maka disebut hipotiroidisme.
  2. Kelainan bentuk
    Berupa struma/gondok : pembesaran kelenjar tiroid. Nodul berupa kelainan bentuk tiroid yang dapat bersifat jinak/ganas dan seringkali tidak ada gejala.
  3. Kanker Tiroid
    Kanker tiroid merespon pengobatan, walaupun ada juga kanker tiroid yang bersifat agresif.
  4. Peradangan
    Merupakan kondisi adanya peradangan pada kelenjar tiroid (Tiroiditis).
Untuk deteksi adanya gangguan tiroid pada diri Anda dapat melalui cek kuesioner mandiri pada gambar berikut :
IMG_20170601_123230

Dok. pri

Apa yang terjadi jika anak Anda terkena gangguan tiroid ?

Pada bayi baru lahir yang mengalami kekurangan hormon tiroid, akan mengganggu proses tumbuh kembangnya baik fisik maupun mental. Seperti : tubuh cebol, lidah besar, bibir tebal, hidung pesek, kesulitan bicara dan keterbelakangan mental.

Untuk itu perlu dilakukan Skrining Hipotiroid Kongenital (SHK) pada bayi yang berumur 48 – 72 jam alias baru lahir. Pengobatan dini dapat mencegah kerusakan otak dan keterlambatan pertumbuhan.

Apakah gangguan tiroid berbahaya dampaknya bagi orang dewasa ?

Pada orang dewasa, gangguan tiroid memiliki gejala yang berbeda. Hipotiroid maupun hipertiroid umumnya lebih banyak terjadi pada perempuan daripada laki-laki. Gangguan tiroid tentu bukan hanya membuat hidup tidak nyaman, tetapi berpotensi menjadi penyakit yang lebih serius di masa depan.

Jika Anda mengalami hipotiroid maka gejalanya adalah sebagai berikut :

  1. Mudah capek
  2. Sembelit
  3. Sulit konsentrasi
  4. Tidak tahan udara dingin
  5. Tidak nafsu makan
  6. Mata bengkak
  7. Suara serak
  8. Berat badan bertambah
  9. Mens tidak teratur
  10. Depresi

Jika Anda mengalami hipertiroid akan mengalami gejala-gejala sebagai berikut :

  1. Mudah marah
  2. Sulit tidur / insomnia
  3. Tangan tremor
  4. Mudah grogi
  5. Selalu merasa gerah di cuaca dingin
  6. Frekuensi buang air besar lebih sering
  7. Penurunan berat badan drastis tanpa sebab yang jelas
  8. Keringat berlebihan
  9. Gangguan menstruasi
  10. Sakit sendi

Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas jangan abaikan, segera cek ke dokter, lakukan tes darah sederhana, apakah Anda terkena gangguan tiroid.

ttd-marso

Sehat Tanpa Hipertensi, Dimulai Dari Rutin Cek Tensi

hipertensiomron

Konon, tinggal di kota-kota besar rentan pada penyakit yang ditimbulkan akibat gaya hidup, salah satunya hipertensi. Sering terpapar polusi, terbiasa mengkonsumsi makanan tidak sehat, gaya hidup sedentary alias kurang gerak dan rutin begadang dianggap sebagai pemicu hipertensi. Bahkan, terbiasa menghabiskan waktu setiap hari terjebak macet di jalan raya bisa juga membuat tekanan darah Anda naik.

Hipertensi sendiri merupakan kondisi dimana tekanan darah pada dinding arteri meningkat. Tekanan darah normal yaitu 120/80 mmHG. Yang patut diwaspadai adalah jika tekanan darah Anda di atas 140/90 mmHg. Bagaimana cara mengetahui tekanan darah Anda ? Rutin cek tensi seminggu dua kali.

Berkaitan dengan hipertensi, pada 22 Mei 2017 saya berkesempatan hadir di acara May Measurement Month yang berlokasi di Hotel Fairmont Senayan Jakarta. Acara yang diadakan oleh PT Omron Healthcare Indonesia bersama Indonesian Society of Hypertension ini memiliki tujuan mewujudkan cita-cita Omron untuk menghapus penyakit stroke dan serangan jantung lewat program Project Zero.

Narasumber yang hadir antara lain :

  1. Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S (Ketua Umum Himpunan Hipertensi Indonesia)
  2. Dr. dr. Tunggul D. Situmorang, Sp.PD-KGH (Wakil Ketua Umum Himpunan Hipertensi Indonesia)
  3. Mr. Yoshiaki Nishiyabu (Marketing Manager PT. Omron Healthcare Indonesia).
Photo 3

Dok. Omron

Dalam rangka memperingati “May Measurement Month”, PT Omron Healthcare Indonesia belum lama ini meluncurkan alat pengukur tekanan darah digital HEM-7280T yang memungkinkan pengguna memonitor data tekanan darah mereka melalui aplikasi Omron Connect dengan cara melakukan sinkronisasi nirkabel dengan ponsel. Aplikasi Omron Connect tersedia pada www.omronconnect.com/setup dan dapat di-install pada ponsel berbasis Android maupun iPhone berbasis iOS. Hal ini memudahkan pengguna mengumpulkan data tekanan darah mereka serta membantu dokter mengevaluasi data tekanan darah tersebut. Inovasi Omron Connect merupakan bagian dari strategi bisnis Omron dalam mengembangkan produk berteknologi tinggi untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam menjaga kesehatan melalui pemeriksaan tekanan darah secara teratur di rumah.

“Sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama generasi milenial, belum menyadari bahaya hipertensi. Sangatlah penting untuk selalu memeriksa tekanan darah secara rutin paling tidak dua kali seminggu sejak usia muda. Saat ini masyarakat dapat melakukan pemeriksaan tekanan darah sendiri di rumah dengan menggunakan alat pengukur tekanan darah digital modern. Memeriksa tekanan darah secara rutin dapat membantu memberikan data historis tekanan darah secara lebih lengkap agar dokter dapat melakukan diagnosis dan tindakan yang lebih tepat,” tambah Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S.

Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S, Ketua Umum Indonesian Society of Hypertension, berkata, “Setiap tahun 10 juta orang di seluruh dunia meninggal karena hipertensi sehingga menjadikan hipertensi sebagai penyebab kematian terbesar di dunia. Pengidap hipertensi akan mengalami stroke, serangan jantung atau meninggal karena komplikasi kardiovaskular lainnya. Ironisnya adalah, hanya setengah dari pengidap hipertensi yang meninggal tersebut, menyadari bahwa mereka memang mengidap penyakit hipertensi ini. Artinya separuhnya lagi meninggal tanpa tahu bahwa mereka sebenarnya mengidap hipertensi. Kami yakin bahwa hal ini juga terjadi di Indonesia.”

Yoshiaki Nishiyabu, Marketing Manager, PT Omron Healthcare Indonesia, berkata, “Hipertensi merupakan faktor resiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Oleh karena itu masyarakat, termasuk generasi milenial, perlu menyadari akan bahaya hipertensi dan cara pencegahannya, antara lain melakukan pemeriksaan tekanan darah sendiri secara rutin di rumah. Terkait dengan kesehatan masyarakat, kami memiliki cita-cita yaitu Project Zero, yang artinya tak ada lagi insiden serangan jantung dan stroke. Sehingga akan terbentuk Generasi Zero, generasi yang peduli dengan kesehatannya, hidup lebih sehat dan berumur lebih panjang. Omron mengajak masyarakat bertanggung jawab atas kesehatan diri sendiri di rumah masing-masing dengan menggunakan teknologi pengukuran tekanan darah yang akurat. Teknologi akan mempermudah generasi milenial untuk mengontrol kesehatan mereka secara lebih baik, termasuk memeriksa tekanan darah secara rutin di rumah.”

ttd-marso