Kesehatan Ibu Anak

Jangan Abai, Ini 7 Fakta Imunisasi Measles Rubella Yang Wajib Anda Ketahui

imunisasimeaslesrubella

Imunisasi menjadi topik kesehatan yang selalu saya minati. Karena, Mada sudah mendapatkan Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) yang rutin dilakukan di Puskesmas Jagakarsa Jakarta Selatan. Awalnya, memang sih Mada imunisasi ya demi punya sertifikat imunisasi yang menjadi syarat  masuk sekolah negeri di Jakarta. Saya baru sadar manfaat imunisasi ketika 5 batita/balita tetangga Mada dipingit orang tuanya gara-gara campak dan Mada tiba-tiba kudu main sendirian di luar rumah. Iya, Mada sehat enggak kena campak. Alhamdulillah, ikhtiar saya untuk menjaga Mada selalu sehat melalui imunisasi rutin berbuah manis.

Kini di usia Mada yang sudah 3 tahun rupanya ada imunisasi tambahan lagi, yaitu Imunisasi Measles Rubella yang akan berlangsung pada bulan Agustus-September. Informasi ini saya dapat dari Kampanye Vaksinasi Measles Rubella (MR) bersama Kementerian Republik Indonesia yang saya ikuti pada Jumat, 21 Juli 2017 di The Park Lane Jakarta.

Measles Rubella, Berbahayakah ?

imunisasimr

Foto seputar Kampanye Imunisasi MR yang saya unggah di sosial media rupanya menarik perhatian teman-teman blogger maupun non blogger. Sebagian ada yang japri via whatsapp atau messenger. Sebagian lagi ada yang bertanya langsung ketika kami bertemu. Dan, hari ini saya diberondong pertanyaan oleh wali murid di PAUD.

“Mamah Mada, memangnya benar ada Imunisasi lagi besok ?”

“Nanti ada efeknya dari Imunisasi MR gak ya ? Saya males deh kalau abis imunisasi trus anaknya jadi demam sama rewel,”

“Apa aja yang perlu dipersiapin buat imunisasi ? Biayanya gede gak ?” Dan, sebagainya.

Measles (Campak) dan Rubella (Campak Jerman) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Meskipun penyakit ini identik dengan anak-anak tapi orang dewasa dapat tertular juga. Seperti yang terjadi pada Mami Ubii Grace Melia yang terkena rubella ketika ia hamil anak pertama. Gara-gara rubella, Ubii mengalami retardasi motorik, jantung bocor, kerusakan jaringan otak dan keterlambatan tumbuh kembang. Dampaknya, jangka panjang. Butuh biaya besar untuk menangani apa yang dialami Ubii.

Jadi, janganlah menjadi orang tua egois yang memiliki pemikiran “ngapain imunisasi sih, ribet lah, dulu gue gak imunisasi baik-baik aja,”. Yuhuuu dulu itu kapan. Tahun 1970 ? 1980 ? atau tahun 1990 ? Dulu polusi belum sepekat sekarang. Kendaraan juga belum sebanyak sekarang. Yaudah, jangan debat ah soal dulu dan sekarang karena Anda hidup di masa sekarang.

Biar enggak kemakan hoax macam-macam soal vaksin atau ikut-ikutan pro jadi #TeamNayVaksin, saya ingin memaparkan 7 fakta imunisasi MR :

Vaksin MR, aman atau ada efek samping (autis dll) ?

Aman, Sis. Hingga saat ini, ada lebih dari 141 negara yang sudah menggunakan vaksin MR. Tahun ini Indonesia menjadi target vaksinasi MR.

Kapan Imunisasi MR diadakan ?

Di pulau Jawa, diadakan bulan Agustus untuk anak usia sekolah antara 7 tahun sampai 15 tahun. Bulan September, targetnya adalah anak-anak usia 9 bulan hingga 15 tahun.

Ada efeknya ?

Ada, demam, nyeri / bengkak / ruam di area suntikan

Berapa biaya Imunisasi MR ?

G-R-A-T-I-S pakek banget, asalkan di puskesmas atau posyandu.

Apakah ibu hamil yang memiliki anak usia sasaran (9 bulan – 15 tahun) boleh mengantar anaknya untuk imunisasi ?

Boleh.

Saya enggak sempat meng-vaksin anak saya, efeknya apa ya ?

Kalau Anda lagi hamil, efeknya bahaya untuk janin. Kalau enggak hamil, bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Bagaimana dengan halal-haram ?

Dibolehkan.

Jadi, bagi yang punya anak usia sekolah, siap-siap imunisasi bulan depan yaaaa

ttd-marso

Pekan Kesadaran Tiroid Internasional 2017 : Deteksi Gejala Dan Cegah Sebelum Terlambat

tiroid

“Ssst dia itu lagi gondokan, lehernya benjol-benjol gitu, jangan deket-deket entar kamu ketularan” atau “Ih, kamu lehernya kenapa benjol-benjol gitu, abis nelen kodok ya ?”. Ah, acung siapa yang waktu masih SD suka ngeledekin temannya yang lagi gondokan ? Dulu jamannya saya masih sekolah, gondokan itu semacam penyakit tidak elit. Karena, di buku pelajaran IPA jaman SD itu kena penyakit gondok artinya kurang yodium alias kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung garam. Makanya kalau ada yang lagi gondokan langsung deh jadi bahan ledekan.

Penyakit gondok terjadi ketika kelenjar tiroid Anda menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid. Kelenjar tiroid merupakan kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak pada bagian depan leher di  bawah jakun. Meskipun, ukurannya kecil, namun kelenjar tiroid memproduksi hormon yang dapat mempengaruhi setiap sel, jaringan dan setiap organ tubuh kita. Kelenjar ini membantu tubuh untuk menggunakan energi agar tetap hangat, serta membuat otak, jantung, otot dan organ lainnya bekerja sebagaimana mestinya.

https://celotehbojo.files.wordpress.com/2017/06/d6cf9-kanker-tiroid.jpg?w=520&h=331

Foto : wismakanker.blogspot.com

“Di Indonesia 17 juta penduduk menderita gangguan Tiroid, penyebab gangguan tiroid umumnya tidak diketahui, tetapi gangguan tiroid dapat mengenai berbagai usia,” jelas dr.Lily di hadapan para peserta seminar Pekan Kesadaran Tiroid Internasional, yang berlokasi di Ged. Sujudi Aula Siwabessy Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (26/5/2017).

Gangguan tiroid dapat dikelompokkan sebagai berikut :

  1. Hipertiroid atau Hipotiroid
    Kelenjar tiroid yang terlalu aktif akan menghasilkan terlalu banyak kelenjar tiroid yang disebut sebagai hipertiroidisme. Kondisi ini seringkali disebut sebagai gondokan. Jika kelenjar tiroid kurang aktif dan tidak menghasilkan cukup hormon tiroid untuk menjaga metabolisme tubuh, maka disebut hipotiroidisme.
  2. Kelainan bentuk
    Berupa struma/gondok : pembesaran kelenjar tiroid. Nodul berupa kelainan bentuk tiroid yang dapat bersifat jinak/ganas dan seringkali tidak ada gejala.
  3. Kanker Tiroid
    Kanker tiroid merespon pengobatan, walaupun ada juga kanker tiroid yang bersifat agresif.
  4. Peradangan
    Merupakan kondisi adanya peradangan pada kelenjar tiroid (Tiroiditis).
Untuk deteksi adanya gangguan tiroid pada diri Anda dapat melalui cek kuesioner mandiri pada gambar berikut :
IMG_20170601_123230

Dok. pri

Apa yang terjadi jika anak Anda terkena gangguan tiroid ?

Pada bayi baru lahir yang mengalami kekurangan hormon tiroid, akan mengganggu proses tumbuh kembangnya baik fisik maupun mental. Seperti : tubuh cebol, lidah besar, bibir tebal, hidung pesek, kesulitan bicara dan keterbelakangan mental.

Untuk itu perlu dilakukan Skrining Hipotiroid Kongenital (SHK) pada bayi yang berumur 48 – 72 jam alias baru lahir. Pengobatan dini dapat mencegah kerusakan otak dan keterlambatan pertumbuhan.

Apakah gangguan tiroid berbahaya dampaknya bagi orang dewasa ?

Pada orang dewasa, gangguan tiroid memiliki gejala yang berbeda. Hipotiroid maupun hipertiroid umumnya lebih banyak terjadi pada perempuan daripada laki-laki. Gangguan tiroid tentu bukan hanya membuat hidup tidak nyaman, tetapi berpotensi menjadi penyakit yang lebih serius di masa depan.

Jika Anda mengalami hipotiroid maka gejalanya adalah sebagai berikut :

  1. Mudah capek
  2. Sembelit
  3. Sulit konsentrasi
  4. Tidak tahan udara dingin
  5. Tidak nafsu makan
  6. Mata bengkak
  7. Suara serak
  8. Berat badan bertambah
  9. Mens tidak teratur
  10. Depresi

Jika Anda mengalami hipertiroid akan mengalami gejala-gejala sebagai berikut :

  1. Mudah marah
  2. Sulit tidur / insomnia
  3. Tangan tremor
  4. Mudah grogi
  5. Selalu merasa gerah di cuaca dingin
  6. Frekuensi buang air besar lebih sering
  7. Penurunan berat badan drastis tanpa sebab yang jelas
  8. Keringat berlebihan
  9. Gangguan menstruasi
  10. Sakit sendi

Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas jangan abaikan, segera cek ke dokter, lakukan tes darah sederhana, apakah Anda terkena gangguan tiroid.

ttd-marso

Sehat Tanpa Hipertensi, Dimulai Dari Rutin Cek Tensi

hipertensiomron

Konon, tinggal di kota-kota besar rentan pada penyakit yang ditimbulkan akibat gaya hidup, salah satunya hipertensi. Sering terpapar polusi, terbiasa mengkonsumsi makanan tidak sehat, gaya hidup sedentary alias kurang gerak dan rutin begadang dianggap sebagai pemicu hipertensi. Bahkan, terbiasa menghabiskan waktu setiap hari terjebak macet di jalan raya bisa juga membuat tekanan darah Anda naik.

Hipertensi sendiri merupakan kondisi dimana tekanan darah pada dinding arteri meningkat. Tekanan darah normal yaitu 120/80 mmHG. Yang patut diwaspadai adalah jika tekanan darah Anda di atas 140/90 mmHg. Bagaimana cara mengetahui tekanan darah Anda ? Rutin cek tensi seminggu dua kali.

Berkaitan dengan hipertensi, pada 22 Mei 2017 saya berkesempatan hadir di acara May Measurement Month yang berlokasi di Hotel Fairmont Senayan Jakarta. Acara yang diadakan oleh PT Omron Healthcare Indonesia bersama Indonesian Society of Hypertension ini memiliki tujuan mewujudkan cita-cita Omron untuk menghapus penyakit stroke dan serangan jantung lewat program Project Zero.

Narasumber yang hadir antara lain :

  1. Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S (Ketua Umum Himpunan Hipertensi Indonesia)
  2. Dr. dr. Tunggul D. Situmorang, Sp.PD-KGH (Wakil Ketua Umum Himpunan Hipertensi Indonesia)
  3. Mr. Yoshiaki Nishiyabu (Marketing Manager PT. Omron Healthcare Indonesia).
Photo 3

Dok. Omron

Dalam rangka memperingati “May Measurement Month”, PT Omron Healthcare Indonesia belum lama ini meluncurkan alat pengukur tekanan darah digital HEM-7280T yang memungkinkan pengguna memonitor data tekanan darah mereka melalui aplikasi Omron Connect dengan cara melakukan sinkronisasi nirkabel dengan ponsel. Aplikasi Omron Connect tersedia pada www.omronconnect.com/setup dan dapat di-install pada ponsel berbasis Android maupun iPhone berbasis iOS. Hal ini memudahkan pengguna mengumpulkan data tekanan darah mereka serta membantu dokter mengevaluasi data tekanan darah tersebut. Inovasi Omron Connect merupakan bagian dari strategi bisnis Omron dalam mengembangkan produk berteknologi tinggi untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam menjaga kesehatan melalui pemeriksaan tekanan darah secara teratur di rumah.

“Sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama generasi milenial, belum menyadari bahaya hipertensi. Sangatlah penting untuk selalu memeriksa tekanan darah secara rutin paling tidak dua kali seminggu sejak usia muda. Saat ini masyarakat dapat melakukan pemeriksaan tekanan darah sendiri di rumah dengan menggunakan alat pengukur tekanan darah digital modern. Memeriksa tekanan darah secara rutin dapat membantu memberikan data historis tekanan darah secara lebih lengkap agar dokter dapat melakukan diagnosis dan tindakan yang lebih tepat,” tambah Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S.

Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S, Ketua Umum Indonesian Society of Hypertension, berkata, “Setiap tahun 10 juta orang di seluruh dunia meninggal karena hipertensi sehingga menjadikan hipertensi sebagai penyebab kematian terbesar di dunia. Pengidap hipertensi akan mengalami stroke, serangan jantung atau meninggal karena komplikasi kardiovaskular lainnya. Ironisnya adalah, hanya setengah dari pengidap hipertensi yang meninggal tersebut, menyadari bahwa mereka memang mengidap penyakit hipertensi ini. Artinya separuhnya lagi meninggal tanpa tahu bahwa mereka sebenarnya mengidap hipertensi. Kami yakin bahwa hal ini juga terjadi di Indonesia.”

Yoshiaki Nishiyabu, Marketing Manager, PT Omron Healthcare Indonesia, berkata, “Hipertensi merupakan faktor resiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Oleh karena itu masyarakat, termasuk generasi milenial, perlu menyadari akan bahaya hipertensi dan cara pencegahannya, antara lain melakukan pemeriksaan tekanan darah sendiri secara rutin di rumah. Terkait dengan kesehatan masyarakat, kami memiliki cita-cita yaitu Project Zero, yang artinya tak ada lagi insiden serangan jantung dan stroke. Sehingga akan terbentuk Generasi Zero, generasi yang peduli dengan kesehatannya, hidup lebih sehat dan berumur lebih panjang. Omron mengajak masyarakat bertanggung jawab atas kesehatan diri sendiri di rumah masing-masing dengan menggunakan teknologi pengukuran tekanan darah yang akurat. Teknologi akan mempermudah generasi milenial untuk mengontrol kesehatan mereka secara lebih baik, termasuk memeriksa tekanan darah secara rutin di rumah.”

ttd-marso

Bagaimana Menjaga Hati Di Era Serba Digital ?

herbadrink

“Jagalah hati jangan kau kotori, Jagalah hati lentera hidup ini, Jagalah hati jangan kau nodai, Jagalah hati cahaya Illahi” lantunan lagu religi itu berkumandang dari sebuah gadget ketika saya sedang mengantri di antara pengunjung coffee shop yang baru saja buka. Saya menoleh pada si empunya ringtone religius itu. Seorang laki-laki brewokan dengan panjang rambut sebahu yang jemari kanannya tak lepas memegang tasbih digital.

Lagu tentang menjaga hati itu sempat populer pada tahun 2000an. Dan, liriknya tetap makjleb sampai sekarang. Apalagi di era serba digital ini katanya justru bikin orang gampang baper. Ada orang posting foto makanan di sosial media, langsung baper dan ngedumel di status. Ada pasangan keluarga muda yang hobi selfie tiap kali jalan-jalan, kadar baper Anda pun langsung meningkat berlipat ganda. Orang yang pertama Anda jadikan sasaran kebaperan yaitu Pak Suami. Karena, sekarang eranya serba digital, lebih mudah berkirim pesan ke Pak Suami via whatsapp komplit dengan emoticonnya. Enggak kudu kirim surat lewat burung merpati.

“Papih ini gimana sih, tiap hari pergi pagi pulang pagi, kapan dong kita ke travelling ? Orang-orang udah pada ke Perancis, kita masih aja liburan ke Ciamis lagi, ke Ciamis lagi”

Belum selesai Pak Suami membalas karena dia sedang rapat, Anda pun langsung menghujani dengan ke-baper-an versi lainnya.

“Please ya Pih, next time kita pepotoan muka papih tuh jangan kaku. Sekali-kali aku dirangkul kek atau digandeng kek kayak orang-orang. Papih gak romantis, payah !”

Kalau Pak Suami tipe penyabar, palingan hanya kasih respon berupa pesan singkat “Sabar ya Mih, doakan aku rezekinya lebih baik” atau mungkin hanya kasih emoticon jempol. Sesekali sih enggak apa, lain cerita kalau dalam seminggu Anda sering ngomel gara-gara hati Anda sering bergemuruh setelah online.

Menjaga hati itu penting pake banget, jangan sampai gara-gara sering baper di sosial media, hubungan Anda dan pasangan menjadi renggang. Atau, parahnya teman-teman menjauhi Anda gara-gara kadar baper Anda terlalu tinggi. Supaya hubungan dengan pasangan tetap awet dan Anda tetap dikelilingi teman-teman yang baik, ini lho 3 kiat mudah menjaga hati di era serba digital :

1. Gali potensi diri

https://i2.wp.com/www.fabulistas.com/wp-content/gallery/gender-reveal-party/women-crafting-evening-pinatas-bloggers.jpg

Photo Credit : Fabulistas

Cara mudah untuk mengurangi sirik yaitu berusaha mengetahui potensi diri. Apa hubungannya ? Ada dong. Seringkali orang yang sirik dan baper, karena dia enggak tahu potensi dirinya. Padahal, kenal sama potensi diri memiliki banyak manfaat.

Misalnya, ketika kita punya minat menulis, bisa menyalurkan kegiatan menulis dengan mengikuti komunitas. Syukur-syukur dari kegiatan menulis itu teman Anda bertambah, wawasan terbuka dan bisa mendulang prestasi dan uang. Kalau sudah begitu, boro-boro sempet baper ya, karena otak sudah fokus tugasnya : gali potensi diri.

2. Bersyukur

https://i1.wp.com/www.virtuesforlife.com/wp-content/uploads/2009/11/Grateful-Woman.jpg

Photo Credit : Ciertueslife

Kunci hati yang bahagia adalah banyak bersyukur. Menurut Quraish Shihab, ada 3 cara bersyukur yaitu bersyukur dengan hati, lidah dan perbuatan. Semakin sering kita bersyukur, Tuhan akan menambah nikmat kita.

Orang tua saya sering bilang, ketika hati sedang sedih, galau dan tak menentu coba deh samperin kotak amal yang ada di depan mata Anda. Ucapkan bismillah dan sisihkan beberapa lembaran uang yang ada di dalam dompet. Insya allah, ada perasaan lega. Dan, rasa syukur pun muncul.

Enggak nemu kotak amal ? Ah, bisa nyoba sedekah online via transfer, sis.

3. Membiasakan diri minum minuman herbal

Setelah menjaga hati dengan cara menggali potensi diri dan banyak bersyukur, selanjutnya menjaga hati dengan membiasakan diri minum minuman herbal. Hari gini ya mudah banget menemukan berbagai minuman soda atau minuman-minuman yang terlihat enak tetapi akan berdampak pada kesehatan hati kita.

Mamah saya paling rajin mengingatkan 6 anaknya termasuk saya untuk senantiasa banyak minum air putih minimal 8 gelas sehari dan mengasup minuman sehat. Tiap kali mampir ke rumah Mamah, beliau selalu membuatkan saya minuman sehat entah berupa jus buah atau teh yang dicampur bahan-bahan alami seperti sereh, jahe atau seledri. Kebiasaan Mama ini tentu menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu tiap kali kami berkumpul sekeluarga.

Suatu hari ketika saya sedang dalam perjalanan pulang dari sebuah event, handphone saya berbunyi. “Kak, nanti titip beliin temulawak ya, Mama mau bikin ramuan temulawak” kata Mama. Di seberang handphone terdengar suara Mada memanggil-manggil nama saya.

“Temulawak ? Untuk apa ya Mah ?” tanya saya, balik.

“Semalam Onti pulang dari kantor katanya enggak enak badan. Mama kerokkin badannya merah-merah. Masuk angin. Dia kan seminggu ini begadang terus, pulang pun larut malam,” kata Mama.

Saya manggut-manggut ber-ohhh. “Yowes nanti mampir ke Carrefour sekalian belanja keperluan Mada,”

Di Carrefour, setelah saya memilih-milih barang keperluan Mada seperti baby powder, sabun dan pasta gigi, selanjutnya saya menuju ke Groceries. Ketika saya melewati rak minuman, seorang SPG menawarkan satu kotak kuning Herbadrink Sari Temulawak.

“Silakan dicoba Bu, Herbadrink-nya” kata SPG itu menghampiri saya. Ada beberapa gelas kecil minuman dengan warna yang berbeda. “Ini Herbadrink ada berbagai rasa, ada Sari Jahe, Kunyit, Kunyit Asam Sirih, Chrysanthemum, Beras Kencur, dan Sari Temulawak.”

Saya tertarik mengambil gelas berwarna kuning yang berisi Sari Temulawak dan langsung meneguk tandas. Segar. Wah, Sarah dijamin bakalan doyan kalau rasa minuman herbalnya enak gini, batin saya.

“Untuk yang Sari Temulawak ada 2 pilihan rasa, yang satu dengan gula dan satu lagi Sugar Free. Yang Ibu tadi cobain itu yang dengan gula,” jelas Mbak SPG.

“Saya pilih Sari Temulawak, yang pakai gula dan bebas gula,”

Mbak SPG menunjukkan rak minuman yang ada Herbadrink. Saya cukup terkejut melihat harganya yang cukup murah untuk sebuah minuman herbal. Satu kotak Herbadrink Sari Temulawak dibandrol dengan harga Rp 9750. Untuk varian rasa yang lain paling mahal ya tetap murah, di bawah Rp 12,000. Dalam satu kotak Herbadrink, ada 5 sachet yang disertai dengan informasi di setiap sachet-nya.

IMG_20170519_170159

Tiba di rumah, Mama sempat kaget mendapati titipannya bukan dalam bentuk temulawak yang buat digerus-gerus, tetapi minuman herbal serbuk.

“Ini lebih praktis daripada Mama kudu gerus-gerus dulu temulawak. Tinggal seduh air panas atau air dingin. Tangan Mama juga enggak kuning pekat. Manfaatnya sama seperti temulawak yang biasa Mama gerus itu,”

Saya membuatkan Sari Temulawak dingin untuk Mama dan Sari Temulawak hangat untuk Sarah dan saya sendiri. Saya yang rajin begadang mengerjakan orderan pun wajib menjaga kesehatan hati nih.

Jadi, sekarang udah tau dong ya cara menjaga kesehatan hati di era serba digital ?

 

Herbadrink Blog Compeition: Life Style Story with Sari Temulawak

Mengapa Setiap Anak Wajib Mendapatkan Imunisasi Dasar Lengkap ?

imunisasidasarlengkap

Ketika saya baru menjadi Ibu, topik paling hangat diantara para Ibu-ibu tetangga adalah tentang imunisasi. Pertanyaan-pertanyaan semacam “Udah imunisasi apa aja ?”, “Anakku abis imunisasi kok badannya demam tinggi, anakmu gimana ?”, “Enaknya imunisasi di bidan atau ke Puskesmas ?” atau “Sudah punya sertifikat imunisasi ?” seakan menjadi obrolan wajib hingga Mada berusia genap 2 tahun.

Imunisasi sendiri merupakan langkah untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap beberapa penyakit infeksi yang mematikan dan cacat fisik. Imunisasi dilakukan dengan 2 cara, yaitu disuntik dan diteteskan di mulut. Anak-anak yang sudah mendapatkan Imunisasi Dasar Lengkap tentu akan mengurangi biaya berobat bagi orangtua di rumah sakit.

Alhamdulillah, Mada sudah mendapatkan Imunisasi Dasar Lengkap. Saya bersyukur menjadi pengunjung setia Puskesmas Jagakarsa yang berada di Jl. Batu Jagakarsa Jakarta Selatan, karena dari Ibu-ibu pengunjung poli MTBS (Manajemen Terpadu Balita Sakit) Puskesmas dan para Bidan itu saya jadi tahu mengapa setiap anak wajib mendapat Imunisasi Dasar Lengkap. Tak hanya untuk kesehatan, di Jakarta, ada syarat khusus untuk masuk Sekolah Dasar Negeri, yaitu wajib punya sertifikat imunisasi.

Berkaitan dengan imunisasi, dalam rangka Pekan Imunisasi Dunia, saya berkesempatan hadir di Sarasehan Pekan Imunisasi Dunia bertema “Penuhi Hak Anak Untuk Hidup Sehat Melalui Imunisasi” pada Sabtu 29 April 2017. Berlokasi di Balai Kota DKI Jakarta dan dihadiri oleh para peserta yang berasal dari berbagai bidang kesehatan. Narasumber yang hadir diantaranya :

  1. Dirjen Pencegahan & Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia – Mohamad Subuh
  2. Deputi Bid. Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan – Soedjatmiko
  3. Imam Besar Masjid Istiqlal – Nasaruddin Umar
  4. Pengurus Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) – Hartono Gunardi
  5. Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia – Titik Haryati
  6. Founder Rumah Ramah Rubella – Grace Melia

IMG_20170429_103801

Sarasehan dipandu oleh Ira Koesno yang membuka acara dengan menghadirkan Grace Melia selaku founder Rumah Ramah Rubella. Ia berbagi kisah tentang Aubrey Naiym Kayacinta -Ubii, anak pertamanya- yang mengalami Congenital Rubella Syndrome (CRS). Demam akibat campak jerman (rubella) yang dialami Grace saat hamil muda, rupanya merupakan sinyal di kemudian hari bahwa Ubii terinfeksi virus TORCH. Dampaknya, Ubii mengalami gangguan pada jantung, pendengaran dan motorik.

“Ubii mengalami keterlambatan di segala aspek. Kami harus membeli secara mandiri alat bantu pendengaran seharga 20 jutaan dan ternyata tidak berhasil. Akhirnya Dokter memasang implan alat bantu dengar yang biayanya ratusan juta rupiah. Biaya pengobatan dan fisioterapinya mahal. Permanen juga,” kata Grace di hadapan narasumber dan peserta Sarasehan. Video tumbuh kembang Ubii yang diputar pun sontak mengundang air mata para peserta.

“Adik-adik mahasiswa dan teman-teman undangan di sini, sering tuh ya ada candaan eh autis, cacat dan sebagainya. Buat kami para orangtua anak berkebutuhan khusus, candaan itu sangat tidak lucu. Setelah melihat video Ubii tadi masih tega enggak sih bercanda kayak gitu ? Di Indonesia ini support system untuk kaum penyandang disabilitas masih sangat buruk. Diskriminasi verbal bully masih banyak sekali. Kita bisa berpartisipasi untuk menghentikan itu kok. Stop becanda menggunakan kata autis dan cacat, ” tegas Grace Melia. Ruang Balai Pertemuan di Balai Kota hening seketika.

Di akhir penuturannya, Grace menegaskan bahwa setiap pasangan yang akan menikah wajib melakukan screening TORCH. “Jangan hanya mikirin pre-wedding dan biaya nikah. Sebaiknya ketika akan memutuskan menikah, harus dipersiapkan juga biaya untuk vaksinasi yang tidak murah.”

Dari pengalaman Grace dan teman-teman dari Rumah Ramah Rubella, tentu menyadarkan saya dan para pembaca blog ini bahwa tidak ada alasan lagi untuk menunda imunisasi. Apalagi setiap anak memiliki hak mendapatkan imunisasi, sesuai Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Bapak Mohamad Subuh bahkan menjelaskan bahwa setiap Pemerintah Daerah yang tidak melaksanakan Imunisasi Dasar akan dikenakan sanksi.

IMG_20170429_110006_555

Tujuan penyelenggaraan imunisasi adalah untuk menurunkan kesakitan, kecacatan dan kematian akibat Penyakit-penyakit yang Dapat Dicegah dengan Imunisasi (PD3I), contohnya : Polio, Campak, Hepatitis B, Tetanus, Batuk rejan, Difteri, Rubella, Pneunomia dan Meningitis. Untuk imunisasi bisa dilakukan di pusat layanan kesehatan terdekat.

Imunisasi yang wajib diberikan setelah bayi lahir hingga berusia 2 tahun adalah Imunisasi BCG, Imunisasi DPT, Imunisasi polio, Imunisasi Campak dan Imunisasi Hepatitis B. Berikut ini jadwal imunisasi dari Pemerintah.

jadwalimunisasi

Gambar : Dokter Dayu Agung

Setelah anak menginjak usia Sekolah Dasar akan mendapatkan tambahan imunisasi, yaitu Imunisasi Difteri Tetanus (DT) yang diberikan pada anak sekolah kelas 1. Kemudian, anak akan mendapatkan Imunisasi Tetanus saat kelas 2 SD dan 3 SD.  “Anak-anak sehat merupakan bonus demografi di masa depan. Sehingga akan melahirkan generasi masyarakat produktif.”

Dari segi agama, Bapak Prof. Nasaruddin Umar memaparkan bahwa pada tahun 1972 pernah terjadi kasus kematian bayi tertinggi di Nusa Tenggara Barat akibat pemahaman agama yang keliru tentang imunisasi. “Berbicara soal halal haram berkaitan dengan agama memang urusan sensitif, tetapi dari Majelis Ulama Indonesia telah mengeluarkan fatwa bahwa ajaran islam sangat mendorong umatnya untuk senantiasa menjaga kesehatan, salah satunya dengan cara imunisasi”

Bapak Nasaruddin bahkan menukil dari QS. Al Baqarah ayat 173 tentang halal-haram yang artinya : “Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidak mengingkinkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Bagi yang tinggal jauh dari pusat layanan kesehatan, seringnya jarak menjadi kendala dalam imunisasi. Menurut Doktor Hartono Gunardi anak-anak yang terlambat diimunisasi, perlu dilengkapi dengan imunisasi booster karena tidak ada istilah imunisasi bisa hangus.

Dalam hal penyelenggaraan imunisasi, Pemerintah Pusat bertanggungjawab terhadap penyediaan dan pendistribusian logistik imunisasi berupa vaksin, ADS, safety box, dan peralatan cold chain (sistem rantai pendingin – suatu sistim penyimpanan vaksin dengan suhu antara 2 – 8 derajat Celsius).  Untuk itu, diperlukan kerjasama multisektor antar Kementerian supaya target imunisasi bisa tercapai.

ttd-marso

Menikmati Kesegaran 1 Kilogram Sayuran Dalam Wheatgrass Shot

wheatgrassbnb

Salah satu super food yang wajib ada dalam daftar menu sehat bagi para pecinta gaya hidup sehat yaitu wheatgrass alias rumput gandum. Zat yang terkandung dalam wheatgrass terdiri dari 70 % klorofil yang bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah. Tak hanya itu, wheatgrass pun dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh (detoks). Berbagai manfaat yang terkandung dalam wheatgrass membuat banyak orang mencoba menanam sendiri di rumah, termasuk para seleb Indonesia seperti desainer kondang Ina Thomas.

Saya sebagai seorang Ibu yang doyan banget uji coba homemade jus buah atau jus sayuran di rumah, penting banget buat nyicipin satu sloki wheatgrass. Bertepatan dengan hari Kartini, saya bersama beberapa teman blogger nongkrong sehat bareng di Bless Nature’s Best atau kini lebih dikenal dengan BNB. Yeah, Kartini masa kini itu bukan hanya mengejar karir dan cita-cita. Kartini masa kini adalah mereka yang juga peduli pada urusan kesehatan.

wheatgrassrumput

Gambar sebelum diedit dari Youngandraw.com

Enggak sulit menemukan BNB, berlokasi di Jl. Terogong Raya Cilandak Jakarta Selatan, tepatnya di komplek pertokoan Hero. Buat yang belum pernah main ke daerah Terogong, mudah juga nyari alamatnya di maps. Babang ojek dijamin langsung mengantarkan Anda sampai di depan toko. Saat saya ke BNB, rupanya banyak babang ojek online seliweran memesan minuman atau makanan untuk delivery order.

Begitu masuk ke dalam BNB, di sisi sebelah kiri terdapat dua meja putih minimalis dan kursi yang bisa menampung 5 sampai 8 orang. Sambil menunggu pesanan dibuat, bisa intip juga rak-rak yang memajang produk-produk kesehatan atau mantengin para Mas Mas yang beratraksi mengolah buah beku menjadi smoothies. Yeah, pokoknya duduk-duduk cantik di BNB berasa lagi nongkrong di tempat-tempat nge-heits para kawula muda Ibukota *comotbahasa90an. Interiornya kekinian banget plus instagram-able.

Baca lagi yuk review saya tentang Raw Almond Milk-nya BNB.

Setelah mencicipi (lagi) Raw Almond Milk with Dates, Mbak Aulia selaku Manager BNB sempat bertanya “Mau coba minum wheatgrass ?”. Teman-teman blogger saling lirak lirik. Lalu, ada yang bertanya soal efek minum wheatgrass.

“Dulu pertama kali minum, saya sempat mual-mual, itu karena detoks. Setiap orang beda-beda sih hasilnya,” jelas Mbak Aulia. NAH LHO.

Mbak Aulia mengulangi pertanyaannya lagi, “Siapa aja yang mau nyobain wheatgrass ?”. Satu tangan, dua tangan dan akhirnya semua blogger yang hadir angkat tangan kompak kepingin nyicipin wheatgrass. Eh, kecuali Aris sih.

“Wheatgrass ini kami tanam sendiri. Yang nanem sih Steven (pengelola BNB), di rumahnya. Cara nanemnya pun indoor, enggak kena matahari. Suhunya kudu diatur banget.”

Saya berdecak kagum. Plis lah, saya nanem cabe aja langsung patah hati begitu cabenya udah numbuh subur trus digeragotin tikus.

“Di BNB sebelum wheatgrass diolah menjadi minuman, nyucinya pakai air mineral. Supaya tetap segar juga. Dan, diolahnya pakai juicer bukan pakai blender. ” kata Mbak Aulia sembari mengambil sekantong wheatgrass dari lemari pendingin. Tampilan Si Rumput Gandum mirip dengan daun kucai yang sering dimasak oleh Mamah saya. Bedanya lebih tipis daunnya. “Wheatgrass sebaiknya diminum pagi hari saat perut masih kosong supaya semua nutrisi terserap baik oleh tubuh” jelas Mbak Aulia, lagi.

Gelas-gelas sloki berisi cairan hijau wheatgrass lengkap dengan sepotong lemon sudah tersaji di hadapan teman-teman blogger. Fungsi lemon untuk menetralisir rasa setelah meneguk wheatgrass. Duh, menggoda banget itu wheatgrass-nya. Dalam sekali tegukan, rasa yang nempel di lidah mirip ketika saya minum jus bayam mentah saat hamil Mada. Enggak langu apalagi pahit. Segar !

Selanjutnya, tiba waktunya mencicipi another recommended menu. Saya tertarik dengan Smoothies Bowl. Saya memilih Pinacolada yang isiannya terdiri dari banana, pineapple, coconut oil dengan topping coconut flakes, pineapple, goji berry, chia seeds. Helena memilih Ginger Bread yang terdiri dari banana, cinnamon, ginger, raw almond milk dan topping potongan apel, flaxseeds, granola, diced fig. Mbak Ria Buchari dan Windah prefer memilih Berrylicious yang terdiri dari banana, mixberries, raw almond milk dengan topping berupa dates, granola, chia seeds, pumpkin seeds dan mixberries. Berbeda dengan yang lainnya, Mak Maya Siswadi memilih Pinanaberry yaitu campuran pineapple, banana, strawberry, raw almond milk, dates, dan extra kale. Sementara, Buncha Elisa Koraag memilih Cold Pressed Juice perpaduan apel, jeruk dan wortel.

Ini lho penampakannya Smoothies Bowl super enak dan sehat ala BNB :

pinacoladabnb

smoothiesbowlbnb

Berrylicious | Photo credit : Helena Safitri

Semangkuk Pinacolada ternyata sanggup membuat perut saya terasa full alias enggak kepingin makan lagi. Jadi, ketika Mix Salad dan Crudites disajikan di depan mata, saya hanya icip-icip dikit.

Baca ulasan saya soal 5 Sumber Antioksidan dalam Semangkuk Crudites.

Urusan harga menu, cukup worthy ya dengan manfaat yang didapat. Siapkan kocek antara 25k sampai 50k untuk menikmati menu enak plus sehat ala BNB Terogong. Bagi yang ingin pesan delivery, BNB hanya melayani wilayah Jakarta, untuk menjaga kualitas kesegaran makanan/minuman. Buat yang tinggal di luar Jakarta, bisa memesan dengan membawa cooler box sendiri.

BNB buka setiap hari Senin s/d Jumat dari jam 8 pagi s/d jam 8 malam. Untuk weekend Sabtu-Minggu, BNB hanya buka sampai pukul 3 sore. Yang kepingin pesan delivery, via whatsapp 082111380117 atau cusss langsung ke Instagram-nya BNB : BNBTerogong.

ttd-marso

 

salam

Review Belanja Bambi Baby, Produk Perawatan Anak Di Glamizka.com

glamizkabambi

Pak Suami bukan orang kantoran. Beliau bekerja menggaji dirinya sendiri alias punya usaha sendiri. Jadi, saya enggak mengikuti tanggalan gajian orang kantoran. Tiap belanja diusahakan di pertengahan bulan atau di tanggal tua, menghindari antrian panjang di kasir saat tanggal muda. Tetapi, sayapun sering mengalami, harus belanja di tanggal muda karena transferan dari klien masuknya mengikuti kalender gajian.

Saat belanja di tanggal muda, sudah pasti saya bakalan terjebak dalam antrian amat panjang di kasir Carrefour ITC Depok. Di setiap kasir minimal ada 7 orang mengantri dengan belanjaan bulanan yang memenuhi troli. Lagi antri panjang, tahu-tahu yang belanja pakai kartu itu enggak bisa dipakai kartunya. Prosesnya pun lama. Mada yang enggak betah menunggu lama pun rewel.

Bulan berikutnya, saya mencoba pindah belanja di Hypermart Depok Town Square (Detos). Suasananya pun sama saat tanggal muda. Lain waktu, saya menemani Ibu dan adik-adik saya belanja di Giant Margo City. Oh Gosh, saya nyerah ya. Di Depok, tempat tinggal saya meskipun ada 5 mall tapi semuanya bakalan penuh saat tanggal muda.

Enggak efektif banget tiap tanggal muda mau belanja kudu macet dulu di jalanan. Termasuk antri di kasir. Hari gini mosok enggak ada toko online yang khusus jualan produk perawatan terutama buat anak ?

Saya pun bertanya sama Mbah Gugel. Dari informasi yang saya dapat, rupanya sudah ada toko online khusus kosmetik. Namanya Glamizka.com. Sebuah online beauty store yang mengkhususkan diri menjual produk perawatan untuk dewasa serta untuk anak dan bayi. Tampilan website-nya clean but elegant, ada deskripsi produk dan harga dan Customer Service.

Pertama kali belanja di Glamizka.com, prosesnya mudah. Enggak perlu pakai register dulu loh. Bisa langsung pilih-pilih barang, setelah semua barang di checklist pada Checkout Method, selanjutnya pada Billing Information isi data singkat alamat pengiriman Anda. Lalu, pada Payment Method ada pilihan cara pembayaran melalui transfer bank, cash on delivery atau via credit card. Langkah terakhir, cek ulang barang pada Order Review. Nantinya akan ada email konfirmasi dari Glamizka.com, yang memberitahu rincian produk yang sudah dibeli. Jadi, Anda enggak perlu screenshot daftar produk yang sudah dibeli.

Seluruh proses belanjanya enggak nyampe setengah jam loh. Pengiriman barang akan dilakukan 1-2 hari kerja. Pengemasan barang cukup apik. Produk dibungkus dalam bubble wrap, lalu dibungkus pakai karton dan dimasukkan ke dalam plastik. Pada bungkus luar ada notice fragile – pecah belah handle with care. Yeah, jadi kurirnya pasti hati-hati banget membawa barang kiriman dari Glamizka.com.

Review Produk Bambi Baby Di Glamizka.com

glamizka

Saya pun tertarik membeli produk Bambi, kebetulan anak sepupu saya ada yang pakai Baby Cologne-nya Bambi. Wanginya lembut banget. Untuk produk perawatan Mada, saya pilih :

Bambi Baby Hair and Body Bath 200ml

babyhairandbodybathbambi

Sabun cair sekaligus shampoo ini wanginya lembut, tidak pedih di mata dan busanya banyak. Mada senang mandi pakai Bambi Baby Hair and Body Bath soalnya ada gambar baby pada kemasan botolnya. Dia berulangkali bertanya “Dulu Mada pernah jadi baby juga ya Bu ?” Kalau dia sudah bertanya seperti itu, saya akan bercerita tentang Mada yang pernah jadi baby dan sering dimandiin Pak Gondrong (suami saya).

Kegiatan Mada mandi selalu seru. Kadang dia meminta cairan sabun mandi, maksudnya kepingin ikutan menyabuni tubuh bagian depannya sendiri. Bambi Hair and Body Bath cocok untuk anak yang lagi belajar mandi sendiri.

Harga Bambi Hair and Body Bath ukuran 200ml harganya Rp 31,000 di Glamizka.com.

Bambi Baby Anti Mosquito Lotion 50ml

lotionantinyamuk

Kegiatan Mada yang sering bermain di luar rumah harus ada proteksi khusus supaya ia nyaman bermain. Apalagi sekarang sudah masuk musim penghujan. Selain, minyak kayu putih, saya juga mengolesi Mada dengan Baby Anti Mosquito Lotion dari Bambi Baby.

Bambi Baby Anti Mosquito Lotion mengandung citronella oil, yang bermanfaat untuk menangkis gigitan nyamuk. Enggak lengket di kulit apalagi sampai menimbulkan iritasi. Saya ingat banget dulu waktu hamil Mada, saya pernah mengolesi sekujur kulit tubuh dengan lotion anti nyamuk. Katanya nih, nyamuk itu suka mengincar Ibu Hamil karena darah Ibu Hamil mengandung protein yang lebih tinggi dari Ibu tidak hamil. Nah, karena saya sembarang menggunakan lotion, saat bangun pagi kulit saya merah-merah. Duh, padahal waktu dipakai aja sudah perih di kulit.

Sejak saat itu saya lebih berhati-hati memilih produk lotion anti nyamuk, termasuk buat proteksi Mada. Seringnya sih pakai pengusir nyamuk cair elektrik yang tinggal colok itu. Nah itu kalau kondisinya di dalam rumah. Kalau Mada lagi di luar rumah ? Sekarang sih pakai Bambi Baby anti Mosquito Lotion aja. Benar-benar aman di kulit anak. Mada juga bisa mengolesi lotion-nya sendiri dengan pengawasan saya.

Harga Bambi Baby Anti Mosquito Lotion ukuran 50ml yaitu Rp 24,000 yang bisa dibeli di Glamizka.com. Selain buat bayi dan batita, lotion ini juga bisa digunakan sampai anak usia Sekolah Dasar.

Bambi Baby Prickly Heat Powder

talkbambi

Karena Mada mudah berkeringat tiap beraktivitas di luar rumah, setelah Mada mandi, saya selalu menaburi seluruh tubuhnya dengan Bambi Baby Prickly Heat. Dia suka wanginya yang lembut. Saya saja juga kok.

Selain fungsinya untuk menangkis keringat berlebih, Bambi Baby Prickly Heat juga cukup ampuh mengurangi biang keringat yang sudah keburu nongol. Jadi, Mada enggak bakalan rewel saat tidur karena biang keringat yang nongol setelah main di luar rumah.

Harga Bambi Baby Prickly Heat yaitu Rp 16,700 yang bisa dibeli di Glamizka.com.

Kini, menemani Mada bermain di luar rumah bebas dari rasa takut dari serangan nyamuk dan biang keringat berlebih. Anak senang, Ibu tenang.

ttd-marso