Now Reading
Anak Muntah dan Diare, Kapan Harus Dibawa ke Rumah Sakit?

Anak Muntah dan Diare, Kapan Harus Dibawa ke Rumah Sakit?

Ketika anak sakit, orang tua pasti khawatir dan segera ingin membawanya ke dokter. Padahal, tidak semua gejala atau penyakit harus langsung ditangani oleh dokter. Terutama jika Si Kecil mulai lemas dan bahkan tidak nafsu makan. Seperti halnya ketika anak sedang mengalami muntah dan diare.

Meskipun demikian, bukan berarti tidak ada penanganan terkait gejala penyakit yang sedang dialami Si Kecil. Orang tua perlu mengenali tanda atau gejala sambil mencari tahu penyebabnya.

Beberapa penyakit hanya butuh perawatan di rumah untuk memulihkannya. Misalnya diare yang sering menyerang anak-anak. Penyakit itu biasanya disebabkan oleh adanya infeksi virus, bakteri hingga parasit.

Selain itu, diare juga dapat disebabkan oleh keracunan, radang usus, malnutrisi, antibiotik, alergi, penyakit celiac, hingga crohn.

Tapi, sebelum buru-buru mendiagnosis anak terkena diare, cek terlebih dulu bagaimana kondisi si kecil. Si Kecil bisa disebut kena diare apabila buang air besar lebih dari tiga kali sehari dengan tekstur feses yang cair. Biasanya, diare akan diiringi dengan gejala lainnya seperti muntah, mual, demam, nyeri perut, serta dehidrasi.

Kapan harus membawa anak muntah dan diare ke dokter?

Ada beberapa kondisi yang menandakan bahwa Si Kecil harus segera dibawa ke dokter ketika mengalami muntah dan diare, misalnya :

  • Diare sudah lebih dari 3 hari
  • Terlihat sakit berat
  • Berusia kurang dari 6 bulan
  • Muntah darah atau berwarna kuning atau hijau
  • Mengalami demam lebih dari 40 derajat celcius bagi anak di atas 6 bulan
  • Demam lebih dari 38 derajat celcius bagi anak yang berusia kurang dari 6 bulan
  • Perut terasa nyeri selama 2 jam berturut-turut
  • Ada darah ketika BAB
    Mengalami dehidrasi ringan yang ditandai dengan munculnya rasa haus terus menerus, tidak buang air kecil dalam 6 jam pada bayi dan dalam 12 jam pada usia anak, lesu, mulut kering, mata cekung.
  • Dehidrasi berat yang ditandai dengan rewel, tidak keluar air mata ketika sedang menangis, mata cekung, tidak mau minum, lemas hingga pingsan, buang air kecil berwarna gelap, tidak buang air kecil.

Apa yang harus ibu lakukan sebelum memutuskan untuk membawanya ke dokter?

Jika tanda-tanda di atas belum terlihat, ibu masih bisa mengatasi muntah dan diare di rumah. Untuk mengatasi muntah pada anak, ibu bisa melakukannya beriringan dengan penanganan diare.

Ketika diare, tubuh anak akan mengalami kehilangan cairannya sehingga dapat mengakibatkan dehidrasi ringan hingga berat. Untuk mencegah hal ini, ibu bisa menambahkan cairan tubuh dari berbagai minuman sehat. Seperti misalnya memperbanyak minum air putih bagi anak-anak dan ASI untuk bayi.

Ibu juga bisa membantu memberikan makanan yang baik untuk dikonsumsi pasien diare agar feses lekas padat kembali. Beberapa makanan dan minuman yang dapat mengurangi diare adalah sebagai berikut  :
Air kelapa.
Larutan oralit.
Nasi putih
Pisang
Jus apel tanpa gula
Roti panggang
Sup kaldu ayam
Sereal, oatmeal
Ayam panggang tanpa kulit dan lemak
Kentang rebus

Selain memberikan nutrisi untuk memenuhi kembali cairan tubuh yang hilang serta membantu pemadatan feses, ibu juga bisa memberinya obat diare yang dijual di sekitar rumah, seperti misalnya entrostop.

Bacalah dosis penggunaan agar obat menjadi tepat guna. Obat diare biasanya memiliki batasan umur sehingga ibu harus membaca betul instruksi penggunaannya.

Makanan apa yang sebaiknya tidak dimakan anak ketika diare?

Agar diare yang dialami Si Kecil tidak bertambah parah, Ibu perlu memberinya pantangan makanan pemicu diare sekalipun makanan tersebut adalah menu kesukaan Si Kecil. Misalnya seperti:

Susu
Makanan berminyak serta tinggi lemak
Kafein
Sayuran yang mengandung gas, seperti kembang kol, kacang polong, brokoli, buncis, dan kubis.
Pemanis buatan
Makanan pedas

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2020 Mariasoraya.com. All Rights Reserved.

Scroll To Top