Meskipun trend bisnis food truck bukanlah hal baru dikalangan masyarakat Indonesia, namun hingga kini bisnis yang menjual makanan dan minuman menggunakan mobil ini masih ramai diminati, khususnya para pebisnis muda. Gaya berjualan dengan mobil untuk mengolah seluruh kegiatan bisnis terbilang cukup unik, ditambah lagi modal yang harus kamu keluarkan tidaklah begitu besar, umumnya hanya kisaran Rp 30 hingga Rp 50 juta saja.

Nah, apabila kamu tertarik untuk memulai bisnis food truck, simak beberapa tips sukses berikut jika ingin punya bisnis food truck:

Memiliki Kendaraan yang Sesuai Bujet

Foto : Kendaraan Food Truck | Dok. Unsplash

Namanya saja food truck, berarti hal pertama yang harus kamu persiapkan ketika memulai bisnis ini adalah membeli mobil berukuran besar alias truk. Sebelum membeli, coba kalkulasikan terlebih dahulu seluruh pengeluaran lalu pilihlah jenis truk yang sesuai dengan bujet.

Tak perlu ragu untuk membeli truk bekas, bila kondisi fisiknya masih sangat baik. Hitung-hitung menghemat pengeluaran kamu dan dananya masih dapat kamu gunakan untuk memodifikasi truk menjadi food truck yang menarik dan sedap dipandang.

Membuat Perencanaan Bisnis

Foto : Memulai perencanaan bisnis food truck | Dok. Pixabay

Apapun bisnis yang kamu jalani, sejatinya membuat perencanaan bisnis atau business plan adalah suatu kewajiban yang harus kamu lakukan. Karena nantinya business plan inilah yang akan menjadi pedoman kamu dalam menjalankan bisnis. Selain memuat tujuan dari berdirinya bisnis, business plan juga berisi strategi yang siap dijalankan serta konsep yang berhubungan dengan tata letak barang untuk berjualan.

Mengurus Perizinan Bisnis

Foto : Mengurus Perizinan Bisnis | Dok. Pexels.com

Meskipun bisnis food truck yang kamu jalani tidak menetap di satu lokasi saja, bukan berarti kamu tidak mengurus perizinan ya. Cukup sertakan surat izin truk, izin permohonan parkir, dan surat lainnya ke RT/RW setempat. Nah, bagi kamu yang tinggal di Jakarta dan masih bingung mengenai tata cara perizinan, coba kunjungi laman situs jakarta.go.id.

Memilih Lokasi yang Strategis

Foto : Lokasi bisnis food truck | Dok. Pixabay.com

Sama seperti bisnis pada umumnya, pemilihan lokasi adalah satu dari berbagai hal yang harus kamu perhatikan. Pilihlah kawasan yang ramai dikunjungi oleh konsumen, seperti di pusat perbelanjaan, taman, ataupun tengah kota.

Bergabung dengan Komunitas AFTI

Foto : Komunitas bisnis | Dok. Pixabay.com

Menjamurnya bisnis food truck Indonesia, membuat para pelaku bisnis dibidang ini membuat forum khusus yang dinamakan Asosiasi Food Truck Indonesia (AFTI), sebagai wadah untuk mempertemukan para pebisnis food truck. Akan banyak informasi yang kamu dapatkan bila bergabung dengan forum ini, terutama mengenai pelatihan, acara, legalitas dan izin usaha.

Gencar Melakukan Promosi

Foto : Promosi bisnis food truck | Dok. Pexels.com

Tenar atau tidaknya suatu bisnis juga masih erat kaitannya dengan cara promosi yang dilakukan. Perkembangan teknologi yang kian pesat memungkinkan kamu untuk mempromosikan bisnis food trcukmu melalui social media seperti Instagram. Disamping itu, kamu bisa mengikuti festival kuliner yang biasanya diselenggarakan oleh suatu daerah. Selain menjadi media promosi, kamu bisa meraup keuntungan besar dari berjualan di festival.

Pilih Menu yang Sesuai dengan Lidah Orang Indonesia

Foto : Menu food truck lokal | Dok. Pexels.com

Menentukan siapa pangsa pasar yang ingin kamu tuju tentunya akan sangat membantu kamu dalam menentukan menu. Pilihlah jenis makanan yang penyajiannya terbilang praktis dengan cita rasa khas Indonesia. Seperti berjualan siomay, makanan padang, nasi kucing, maupun aneka snack. Selain itu, jangan lupa pula untuk mempertimbangkan harga manakah yang lebih terjangkau.

Itulah beberapa tips sukes memulai bisnis food truck yang bisa kamu terapkan. Selain itu pula, kamu juga harus mampu membaca situasi maupun tantangan yang mungkin saja bisa terjadi saat menjalankan bisnis ini. Ingin tahu apa saja tantangan yang kerap dialami pelaku bisnis food truck? Baca informasi lengkapnya di laman situs https://www.cekaja.com/info/sukses-bisnis-food-truck/.