Assalamualaikum. Mengawali weekend di awal bulan September, saya bersama Mada datang ke Bebeland yang berlokasi di Summarecon Mall Bekasi (SMB). Ini pengalaman pertama Mada main jauh antar kota. Dan, pertama kalinya juga bagi saya nge-mall ke Bekasi.

Sebelum berangkat, persiapan yang saya lakukan adalah mencari transportasi dan jarak tempuh menuju lokasi. Saya juga menyiapkan bekal cemilan, mainan, buku mewarnai dan susu cair untuk Mada. Pokoknya well prepared.

Dari Depok, kami naik commuter line jurusan Jakarta-Kota. Lalu, kami transit di Stasiun Manggarai untuk melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Bekasi. Alhamdulillah ya, suasana commuter line enggak crowded di akhir pekan. Mada bisa menikmati pemandangan dari balik jendela.

Turun di Stasiun Bekasi, kami melipir ke sebuah minimarket. Dari info pedagang kaki lima, sebaiknya memesan ojek online (ojol) dari tempat tersebut. Tak sampai 5 menit, ojol datang dan membawa kami berdua menuju SMB.

15 Permainan Edukatif Bebeland Asah Rasa Peduli dan Daya Pikir Anak Hebat Bebelac

 

Foto : Beli susu Bebelac sebelum bermain di Bebeland | Dok.pri

Lokasi Bebeland ada di atrium Summarecon Mall Bekasi. Terdiri dari 3 zona permainan, yaitu Bebe Forest, Bebe Town dan Bebe Sea. Pada setiap zona terdapat 5 wahana bermain edukatif dan interaktif yang bukan “sekedar wahana bermain”. Karena, melalui permainan yang ada di Bebeland anak akan distimulasi rasa peduli dan daya pikirnya.

Untuk pengunjung umum, syarat bermain di Bebeland yaitu dengan membeli susu Bebelac di tempat penjualan seperti foto di atas. Semakin banyak susu yang dibeli, pengunjung akan mendapatkan rewards berupa baju, tas hingga koper Bebelac yang bisa ditukar di booth Bebe Rewards.

Foto : Antrian pengunjung menukarkan Beberewards di Bebeland | Dok.pri

Pukul 10 pagi, arena Bebeland dibuka. Pengunjung yang sudah datang sejak pagi berbaris antre memasuki arena. Oh ya, sebelum Mada bermain, ia harus menggunakan baju Bebeland terlebih dahulu. Nantinya, setiap anak selesai menyelesaikan misi penyelamatan akan ditempeli pin badge oleh petugas Bebeland.

Di pintu masuk, satu pin badge disematkan di baju Mada. Lalu, ia berlari-lari kecil sembari memandang penuh kagum miniatur kota kecil di hadapannya. Mada enggak langsung memutuskan bermain di satu wahana. Ia mendatangi dan mengamati satu persatu area bermain Bebeland.

Bermain di Bebe Sea Bebeland 

Foto : Mada helping friends di Bebe Sea Bebeland Bekasi | Dok.pri

Langkah kaki Mada berhenti di sebuah perahu kecil dengan layar digital.

“Halo, nama kamu siapa? Mau bermain di sini?” sapa petugas Bebeland yang berjaga di wahana Helping Friends.

Mada menggangguk yakin. “Namaku Mada. Aku mau main perahu,”

Petugas Bebeland memasangkan jaket pelampung dan mengajak Mada naik ke atas perahu lengkap dengan dayungnya. Mada diminta mengetikkan namanya yang muncul pada layar digital. Cara bermainnya, Mada mengayuh dayung dengan gerakan putaran yang sama menuju pulau. Sebelum mencapai pulau, Mada bertemu dengan batu karang yang besar dan ikan hiu di tengah perjalanan. Duh!

“Mada, kamu anak hebat! Terima kasih sudah menyelamatkan temanmu ya” kata Petugas Bebeland sambil toss dengan Mada. Kemudian, Petugas menyematkan pin badge sebagai reward dan memberikan stempel pada paspor.

Foto : Tampilan muka paspor Bebeland | Dok.pri

pasporbebelandmada

Foto : Tampilan dalam paspor Bebeland | Dok.pri

pasporbebelandmada

Foto : Petugas mendata paspor Bebeland | Dok.pri

Selesai menyelamatkan teman, Mada berpindah ke wahana Coral Savior yang berada tepat di sebelah wahana Helping Friends. Tugas Mada kali ini menanam terumbu karang. Lautan biru yang terlihat cantik dipandang ini terbuat dari slime. Sebaiknya, menanam terumbu karang dimulai dari area yang paling dekat dengan posisi anak berdiri. Karena, bila tidak hati-hati anak bakalan nyusruk ke lautan slime seperti yang dialami Mada hehehe. Saking semangatnya gitu lho!

Bebe Sea Bebeland

Foto : Mada menanam terumbu karang di Bebe Sea Bebeland Bekasi | Dok.pri

Wahana Bebe Sea yang dijajal selanjutnya adalah Fix The Bridge. Tugas Mada memperbaiki jembatan yang rusak sebelum ia membersihkan sampah di lautan Bekasi atau Clean the Ocean.

Foto : Mada memperbaiki jembatan di Bebe Sea Bebeland Bekasi | Dok.pri

Foto : Mada memancing sampah di Bebe Sea Bebeland Bekasi | Dok.pri

Yang unik dari kegiatan membersihkan sampah ini perahu bergerak pelan mengelilingi wahana Clean the Ocean. Anak tugasnya memancing sampah-sampah seperti botol plastik, kaleng dan sebagainya. Berasa lagi melaut beneran khaaan 🙂

Di area Bebe Sea yang terakhir yakni Preserve the Turtle atau melestarikan penyu. Pertama-tama, anak akan mewarnai patung penyu berbahan gipsum. Lalu, patung penyunya di scan dan penyu yang sudah di scan akan bergerak-gerak di layar digital.

Foto : Mada memindai penyu di Bebe Sea Bebeland Bekasi | Dok.pri

Bermain di Bebe Forest Bebeland

Foto : Mada bermain di Bebe Forest Bebeland Bekasi | Dok.pri

Keseruan Mada bermain di Bebeland masih berlanjut di area berikutnya yaitu Bebe Forest. Alhamdulillah, Mada masih semangat. Wahana yang diincar berturut-turut antara lain Rescue the Cat (menyelamatkan anak kucing di atas pohon), Grow The Trees, Save the Earth, Feed the Animals dan Find the Way.

Ketika Mada menyelamatkan kucing, ia harus memanjat ke atas pohon, menggendong anak kucing lalu turun dengan cara berseluncur di dalam pipa raksasa. Di area ini Mada juga bisa merasakan bermain di dalam kolam bola.

Foto : Mada feed the animals Bebe Forest Bebeland | Dok.pri

Ada kejadian lucu saat Mada memberikan makan zebra. Ia penasaran melongok kemana larinya makanan yang ia suapi pada zebra.

Foto : Mada grow the trees Bebe Forest Bebeland | Dok.pri

Foto : Mada find the ways Bebe Forest Bebeland | Dok.pri

Bermain di Bebe Town Bebeland

Bebe Town menjadi area terakhir yang dikunjungi Mada di Bebeland. Ada 5 wahana yang perlu diperindah antara lain Light the City, Build the Bench, Fix the Gears, Move the Log dan Save the Animal.

Mada tertarik menyusun puzzle gears untuk menghidupkan jam kota. Setelah puzzle tersusun lengkap, seekor burung keluar dari pucuk jam kota. Selanjutnya, Mada memiliki tugas untuk menyalakan listrik di kota yang mati. Caranya, Mada harus mengayuh sepeda sekencang mungkin hingga seluruh listrik di kota menyala.

Bergeser dari area sebelumnya. Mada harus menyelamatkan anak kucing yang terluka. Mada memakai baju dokter, mengendarai ambulans dan mengobati anak kucing yang terluka.

Foto : Mada fix the gears Bebe Town Bebeland | Dok.pri

Foto : Mada mengendarai ambulans Bebe Town Bebeland | Dok.pri

Foto : Mada menyelamatkan anak kucing di Bebe Town Bebeland | Dok.pri

Foto : Mada move the log Bebe Town Bebeland | Dok.pri

Apakah tugas Mada sudah selesai? Not yet ! Rupanya setelah Mada mengobati anak kucing ada batang pohon yang tumbang di tengah jalan. Duh, nanti gimana ambulans bisa lewat ya kalau terhalang batang pohon. Mada pun naik ke atas traktor lalu memindahkan batang pohon.

Usai memindahkan traktor, Mada bertemu Kakek dan Ibu hamil yang sedang berdiri di halte. Tuing, Mada punya ide! Ia langsung menuju garasi, menyusun kerat bertumpuk dan memberi jok empuk agar Kakek dan Ibu hamil dapat menunggu bus sambil duduk nyaman.

Whoaaa Mada bersorak riang saat ia berhasil menyelamatkan Bebe Forest, Bebe Town dan Bebe Sea. Apalagi pin badge di bajunya sudah penuuuuuh! It’s time for lunch and go home, yeah.

Eitsss, sebentar dulu. Selain 15 permainan edukatif dan interaktif yang saya ceritakan di atas, ada lagi lho keseruan di Bebeland. Antara lain meet and greet bersama Nussa Rara, talkshow science dan bisa ketemu juga dengan brand ambassador Bebelac seperti keluarga Jonathan Frizzy dan artis-artis lainnya.

Bagi pembaca mariasoraya.com yang tinggal di Surabaya dan Medan wajib catat nih. Bebeland bakal hadir di kota kalian tanggal 28-29 September 2019 (Tunjungan Plaza Surabaya) dan tanggal 26-27 Oktober 2019 (Plaza Medan Fair). Jangan lupa gabung di Bebeclub untuk mengetahui segala update seputar Bebelac.

Foto : Mada minum susu Bebelac cair | Dok.pri

Foto : Ibuk dan Mada berfoto di Wall of Fame Bebeland | Dok.pri