Assalamualaikum. Please jangan nyengir dulu membaca judul tulisan saya tentang ‘Macan Ternak Club’ atau Klub Mama Cantik Antar Anak. Cung aja siapa yang kemarin menjelang hari pertama anak sekolah ikut deg-degan membayangkan pergaulan Buebu di sekolah.

Saya membagikan pengalaman ini bukan karena saya paling gawul di sekolah. Tetapi, saya ingin berbagi pengalaman saya dalam menghadapi hari pertama Mada di PAUD dan berhasil melewati hal-hal yang saya anggap menakutkan.

Iya yang deg-degan sekolah itu bukan hanya anak, orang tua yang mendampingi anak di sekolah juga bakal merasakan hal yang sama. Kalau orang tuanya ogah membuka diri dengan para wali murid lainnya, ya siap-siap aja jadi bahan obrolan para Mama Cantik LOLOLOLOL.

Manfaat Bergaul Dengan Macan Ternak Club

 

“Ahh gue mah gak peduli sama orang-orang kek gitu. Gak ada faedahnya ngobrol sama mereka,” mungkin begitu batin Anda saat membaca tulisan saya ini.

Wait wait. Anak Anda akan menjalani hari-harinya selama satu tahun sebagai anak TK atau bahkan enam tahun di Sekolah Dasar kan? Trus, kalau Anda acuh itu apa kabarnya anak di sekolah? Karena, berbagai informasi seputar sekolah bukan hanya didapatkan melalui japrian ke wali kelas atau info yang disebarkan admin grup Whatsapp. sekolah.

Para Macan Ternak ini biasanya paling tahu info update yang tidak ada di grup Whatsapp. Contohnya, tempat beli seragam murah, jalan tikus anti macet menuju sekolah hingga info siapa guru cowok yang masih single. Ehhh skip bagian ini.

Nah, ini yang saya rasakan manfaatnya saat menjadi bagian Macan Ternak Club di PAUD Srikaya Lebak Bulus tahun 2017-2018 :

  1. Tahu update harga cabai, telor dan aneka sembako di pasar terdekat.
  2. Pengin beli perlengkapan sekolah anak dengan harga murah? Mari ngobrol dengan Macan Ternak Club. Salah satu dari mereka pasti ada yang tahu soal itu.
  3. Anda enggak merasa sendirian ketika anak cranky di sekolah. Karena, Macan Ternak Club juga mengalami hal yang sama.
  4. Enggak bakal dimanyunin kalau anak berantem dengan anaknya Macan Ternak Club. Namanya anak-anak kadang suka rebutan mainan atau dorong-dorongan.
  5. Punya support grup di sekolah bahkan di luar sekolah. Kalau Anda sedang down atau lagi jengkel sama pasangan, ngobrol aja dengan Mama-mama ini. Ngobrol sharing bukan curhat blak-blakan ya. Karena, menceritakan masalah suami ke pihak lain itu termasuk dalam kegiatan menyebarkan aib sendiri.

Sampai sekarang, saya masih suka ngobrol via sosmed dengan Macan Ternak Club PAUD Srikaya. Memang sih, kami sudah jarang ngumpul karena kesibukan kami beda-beda. Tetapi, silaturahmi masih berjalan dengan baik. Alhamdulillah.

Tips Bergaul Dengan Macan Ternak Club

Ngobrol Sama Macan Ternak Club? Siapa Takut | Sumber gambar : Unsplash/Ben Whiite

  1. Tampil rapi saat mengantar atau menjemput anak ke sekolah. Enggak perlu bergaya too much. Usahakan muka cukup fresh untuk menyapa orang lain di sekolah. Sekalipun Anda bangun kesiangan, sempatkan diri untuk mencuci muka dan sikat gigi.
  2. Senyum dong! Iya enggak semua orang dianugerahi bakat tersenyum sedari lahir. Ada yang dari sananya settingan mukanya datar atau malah jutek. Tetapi, ketika Anda tersenyum tulus, apapun settingan mukanya, orang lain akan bersedia ngobrol atau sekedar menyapa Anda. Kalaupun Anda sudah senyum dan dicuekin, think positive aja si orang yang diajak senyum lagi kering dompetnya.
  3. Jangan membual. Bukan sekali dua kali, saya bertemu dengan Mama-mama yang ngobrolnya terlalu tinggi tetapi realitanya kurang mendukung. Contohnya, seorang Mama alumni OKB -orang kaya baru- yang selalu bercerita ingin anaknya masuk ke sekolah internesyenel setelah lulus PAUD. Di kemudian hari, ternyata Si Mama enggak sanggup bayar uang SPP PAUD dan anaknya dipindahkan ke les membaca yang biayanya jauh lebih murah dari bayaran PAUD.
  4. Just be yourself. Yasihhh Mama-mama di Klub Macan Ternak baru saja beli tas yang modelnya sama semua. Anda pengin beli namun lagi banyak pengeluaran. Tahan diri aja untuk enggak beli. Atau lain kali bisa beli yang model atau warnanya sama.
  5. Ringan tangan. Jangan segan untuk membantu kalau Macan Ternak Club akan membuat kegiatan. Anda bisa menawarkan diri untuk membuat dessert atau malah urusan transportasi.

Setelah membaca pengalaman saya bergaul dengan Macan Ternak Club, yaqin masih takut atau deg-degan saat bertemu mereka di sekolah?