Mencari tempat kursus SEO murah menjadi hal yang penting untuk meningkatkan traffic pengunjung ke sebuah website, hal ini banyak dilakukan oleh perusahaan besar terutama jenis perusahaan yang menyediakan jasa atau barang dagangan untuk meningkatkan marketing.

Sebenarnya tidak perlu mengambil kelas kursus tertentu untuk bisa memiliki keahlian dalam SEO ini, karena saat ini ada banyak orang yang dengan mudah memahami perihal SEO dengan belajar secara otodidak melalui website atau artikel gratis yang banyak tersedia di mesin pencari. Berikut ada beberapa tips untuk pemula yang ingin belajar SEO secara mandiri:

Pelajari konsep dasar web

Ada banyak konsep dasar web yang saat ini bisa digunakan, mulai dari WordPress, Joomla, Prestashop, PHPBB, atau lainnya yang secara keseluruhan memiliki pola berbeda-beda. Sebelum belajar SEO sebaiknya pelajari dulu berbagai pola dasar web yang akan digunakan, karena pola yang digunakan pada jenis website yang dibuat berbeda dengan satu dan yang lain. Setelah itu barulah cari tahu cara mengoptimasi web yang digunakan, aku bisa mencari artikel di berbagai website atau forum tertentu.

Jika masih kesulitan dalam mengenali konsep dasar web ini, ada banyak tempat kursus online murah yang disediakan di berbagai website untuk mereka yang ingin belajar perihal web dengan mudah, Anda bisa memanfaatkan berbagai artikel dari website tersebut untuk belajar lebih dalam mengenai konsep dasar web secara mandiri tanpa harus keluar budget berlebih.

Belajar tentang pemilihan keyword

Kunci utama ketika belajar SEO adalah penggunaan keyword dan link building, karenanya mempelajari keyword menjadi hal yang sangat penting. Anda harus mengetahui jenis keyword apa yang paling banyak digunakan atau dicari oleh pengguna internet, kemudian keyword tersebut nanti akan disisipkan pada artikel yang nantinya akan diposting pada laman website yang dimiliki.

Ada beberapa tools yang bisa digunakan untuk memilih keyword, namun sebelum itu Anda juga harus bisa membedakan berbagai hal dalam keyword ini seperti search keyword, keyword related, negative keyword, keyword localize, longtail keyword, estimasi dalam sebulan, dan tingkat persaingan.

Kenali istilah-istilah yang ada dalam SEO

Sebuah istilah ‘tak kenal maka tak sayang’ sangat cocok diterapkan di semua lini kehidupan, termasuk di dalamnya ketika akan belajar seo secara mandiri. Meski Anda telah membeli ebook, membaca banyak artikel, atau mengikuti kursus SEO murah sekalipun tentang bagaimana memiliki kemampuan yang baik dalam hal SEO ini, namun jika belum kenal dengan berbagai istilah terkait seo yang terbilang cukup asing, tentunya anda akan kesulitan dalam memahami isi artikel atau ebook tersebut.

SEO itu ibarat sebuah pohon yang terdiri dari berbagai rangkaian, yang memiliki dahan, ranting, daun, akar, ranting di atas ranting, buah, dan rangkaian kompleks lainnya, jadi perlu kesabaran dan ketelatenan untuk bisa memahami betul berbagai istilah dalam SEO ini. Dalam istilah SEO, kita akan dikenalkan dengan SEO off page, backlink, dofollow, nofollow, anchor text, naked url atau istilah lainnya yang masing-masing istilah tersebut memiliki fungsi dan pola yang berbeda-beda satu sama lain.

Sebelum mulai belajar SEO, Anda bisa mempelajari berbagai istilah tersebut baik arti fungsi dan pola yang berlaku di dalamnya. Tidak perlu khawatir harus keluar budget, karena ada banyak artikel gratis yang berseliweran di mesin pencari yang berisi penjelasan berbagai istilah tersebut.

Latihan membuat pola

Membuat pola dasar dalam hal yang sangat penting dilakukan, karena dalam beberapa kasus membuat 1000 backlink sekalipun untuk membuat page on terkadang tidak seluruhnya bekerja dengan baik. Terkadang ada beberapa backlink yang menjadi sampah atau tidak berguna sama sekali, jadi sebaiknya jangan terburu membuat banyak backlink karena cara seperti ini terbilang tidak efisien.

Anda bisa mencoba membuat satu backlink per hari secara berturut-turut dalam jangka waktu tertentu, misal dalam jangka waktu 1 minggu, kemudian lihat hasilnya apakah website yang kita buat berada pada halaman pertama mesin pencari atau tidak. Atau bisa juga mencoba dengan internal link dari artikel sejenis, apakah cara ini bekerja. Inti dari membuat latihan membuat pola adalah riset, berhasil atau tidak.

Untuk asli dalam teknik yang satu ini, Anda bisa mengandalkan kursus online murah atau bahkan gratis di berbagai website yang membahas tentang belajar SEO. Ada banyak website yang berbaik hati menyediakan artikel pembahasan lengkap tentang pembuatan pola seperti ini.

Cobalah untuk bereksperimen

Seperti kata pepatah ‘pengalaman adalah guru terbaik’, jika telah menguasai konsep dasar dari pembuatan SEO ini, maka sering-seringlah melakukan eksperimen meski dalam beberapa waktu mungkin hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Jangan pernah menyerah untuk melakukan kegiatan riset secara rutin, karena hanya dengan riset lah Anda akan mengetahui kelemahan diri sendiri ketika melaksanakan kegiatan SEO ini (kenapa gagal? di bagian mana? apa yang salah?).

Ada tiga tahapan agar SEO yang kita kerjakan bisa berhasil, membuat riset di awal pekerjaan, audit di tengah pekerjaan, dan maintenance setelah pekerjaan selesai.

Jika anda bukan merupakan tipe yang senang belajar mandiri, saat ini ada banyak tempat kursus SEO murah dengan sistem pembelajaran yang cukup beragam (mulai dari sistem pembelajaran online maupun offline) dengan materi yang lengkap dan pengajar yang profesional.