Now Reading
Tips Mudik Aman, Selamat dan Sehat Sampai Tujuan

Tips Mudik Aman, Selamat dan Sehat Sampai Tujuan

Assalamualaikum. Selamat hari Senin pasca Lebaran 2019 🙂 Minal aidin wal walfaidzin, mohon maaf lahir dan bathin ya teman-teman pembaca mariasoraya.com. Mohon dimaafkan bila ada salah tulis maupun saya selaku pemilik blog ini lupa berkunjung balik ke blognya teman-teman. 

Gimana kemarin cerita Lebarannya ? Apakah Anda mudik ke kampung halaman atau jagain ibukota tercinta juga seperti saya ?? Terakhir saya mudik itu sebelum menikah. Kenangan mudik selalu menyenangkan, karena saya pergi bersama orang tua serta 5  adik saya. Lima hari Lebaran pertama di Garut -kampung halaman Papah. Dan, lima hari berikutnya di Pekalongan -kampung halaman Mamah.

Tiap mudik, Papah selalu menyetir sendiri dari Jakarta – Garut – Pekalongan. Senangnya mudik sekeluarga gitu ya berasa banget ramainya sepanjang jalan. Ada aja yang kami lakukan di dalam mobil agar perjalanan terasa enggak membosankan. Misalnya, ngobrol tentang tempat yang kami lewati atau nyanyi-nyanyi bersama. 

Dalam perjalanan, Papah hanya berhenti di satu rest area atau berhenti di masjid. Biasanya buat sholat, tidur sekian menit atau makan. Saat Papah tidur di dalam mobil, Mamah akan mengajak anak-anaknya keliling sekitar area. Sayangnya dulu belum musimnya nge-blog, jadi setiap cerita mudik hanya tertulis dalam ingatan dan lembar halaman buku diary *eaaa. 

Ngabuburit Sehat : Mudik Aman, Selamat dan Sehat Sampai Tujuan

Ngabuburit Sehat Bersama Ibu Menkes Nila F. Moeloek

Berkaitan dengan mudik, saya ingin berbagi tips mudik aman, selamat dan sehat dari acara Ngabuburit Sehat bersama Kemenkes dan Kemenhub di Stasiun Gambir pada tanggal 28 Mei 2019. 

  1. Seminggu sebelum mudik, mulai persiapkan fisik. Hindari begadang apalagi makan-minum yang tidak sehat. Jika sempat, olahraga ringan agar tidak mudah lelah. 
  2. Periksa kondisi kendaraan. Jangan cek in the last minute saat mau berangkat. 
  3. Hindari minuman beralkohol serta obat-obatan yang dapat menyebabkan kantuk.
  4. Istirahat tiap 4 jam dalam perjalanan.
  5. Saat Anda mulai mengantuk jangan memaksakan diri untuk tetap on menyetir. Istirahatlah sejenak di rest area, masjid atau di bahu jalan. 
  6. Patuhi rambu lalu lintas.
  7. Perhatikan kondisi jalanan yang Anda lewati. Jaga kecepatan kendaraan bila kondisi jalan rusak atau bergelombang terutama pada saat hujan dan cuaca buruk.
  8. Sebaiknya tidak membawa kendaraan melebihi muatan. 
  9. Gunakan masker bila Anda mudik dengan motor.
  10. Bagi yang mudik menggunakan transportasi umum, sebaiknya tidak menerima makanan atau minuman dari orang tidak dikenal. 
  11. Bawa bekal yang tidak cepat basi. Hindari makanan bersantan yang dapat membuat Anda merasa kenyang banget dan mengantuk. 
  12. Jika Anda ingin jajan, pastikan tanggal kadaluarsa makanan dan minuman. Jangan tergiur dengan harga murah.
  13. Selalu cuci tangan sebelum dan sesudah makan. Jika cukup sulit mendapatkan air, bawalah tissue basah. 
  14. Agar Anda tetap sehat selama perjalanan PP mudik, konsumsilah makanan atau minuman yang bersih. 
  15. Buang sampah pada tempatnya. Kalaupun Anda tidak menemukan tempat sampah, simpan dulu sampah dalam kantong plastik dan segera buang di tempatnya.
  16. Manfaatkan rest area dengan baik. Contohnya untuk buang air besar atau buang air kecil. Menahan pipis dalam jangka waktu lama dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh. 
  17. Tidak menggunakan gadget saat berkendara.
  18. Jika dalam perjalanan Anda merasa kurang sehat (pusing, sakit perut, mual dan sebagainya) segera datangi pos kesehatan terdekat.  

Mas Fitra -influencer otomotif yang hadir dalam kegiatan Ngabuburit Sehat sempat menjelaskan “Penyebab kecelakaan terbesar bukan dari kondisi kendaraan, tetapi dari pengemudi yang mengantuk. Karena, Anda meleng sedikit ketika berkendara itu akibatnya sangat fatal. Jadi, sebaiknya jika Anda mengantuk segera minggir ke bahu jalan. Usahakan juga ketika menyetir itu ada teman ngobrol di sebelah Anda agar tidak mudah mengantuk.”

Setelah mendengar penjelasan tips mudik dari Ibu Kemenkes, perwakilan Kemenhub maupun Mas Fitra ini saya jadi ingat kenangan mudik bersama Ortu dan adik-adik. Mamah selalu ngobrol apa aja dengan Papah dan anak-anaknya. Jika Mamah ngantuk, gantian saya atau adik-adik yang ngobrol dengan Papah.

Jadi, gimana cerita mudik Anda ? Apakah sudah aman dan sehat sampai tujuan ?? 

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (37)
  • Alhamdulillah nig kmbali dengan selamat setelah mudik walaupun gk terlalu jauh,, bner bngt cek n ricek kondisi kndaraan,,

  • Alhamdulillaaahh, mudih thn ini serruuuu pake banget
    Semoga next year bisa mudik asyik lagi

    –bukanbocahbiasa(dot)com–

  • Aku sama suami serng banget nonton youtube nya mas Fitra Eri…
    Favoritoo~
    Kalo uda bahas otomotif, ga nanggung…

    Mudik memang harus ekstra fit kalau nyetir sendiri yaa, kak…
    Semoga selamat samai tujuan dan bertemu keluarga besar dengan bahagia…

  • Emang kalau mudik harus nyiapin kendaraan (kalau bawa kendaraan sendiri), fisik, mental, dan duit ya wkwkwk. Keluargaku dulu selalu mudik. Walau bapak yang kerja di media liburnya mefet, minimal 2-3 malam kami mudik, meski lbh banyak di jalannya haha. Tapi seru. Keinget terus.
    Tapi kalau keluarga kecilku yg skrng lbh aku biasakan mudiknya pas Idul Adha aja.

  • Penting banget ya mba diperhatikan saat mudik, kondisi kesehatan yg mudik dan jg kondisi kendaraannya. Selamat sampai tujuan ya mba.

  • waaaah, makasi tipsnya bu ayyaaaa.. Sama banget kaya mama aku, yg ga pernah tidur sepanjang jalan karena nemenin papa nyetir sekaligus nyuapin cemilan biar ga ngantuk.. wehehehee

  • Wah kalau saya, seminggu sebelum mudik malah lagi banyak-banyaknya kerjaan mbak, beresin ini itu jadi malah waktu istirahatnya kurang

  • Alhamdulillah mudik kemarin aman dan nyaman. Krucils udah agak gede jadi gak serepot dulu. Seninya mudik tuh satu mobil isinya banyak yes. Aku pun begitu kemarin…

  • Wah panjang banget daftar yang harus dipersiapkan ya Mbak.

    Saya kalau melakukan perjalanan jauh gitu sering ngajak drivernya berenti di warung kopi. Biar terus fresh. Atau pegangin dia duit, jadi sewaktu-waktu dia ingin sesuatu, sementara kita tertidur dia tinggal belok aja tanpa sungkan ngebangunin kita.

  • Wah makasih tips mudik sehat dan selamatnya, Mbak. Aku sering banget nih mudik dan kadang juga motoran. Jarang kepikiran pakai masker wajah, hehe.

  • Sama-sama Mama Mada, tolong maafin aku juga ya kalau ada sesuatu yang tidak berkenan dari aku . Klo aku mudiknya ke Bandung terus ke garut mama mada. Kalau garut tempat neneknya suami dan tiap mudik ke garut. Aku seneng banget karena berasa banget kampungnya. Coz masaknya aja masih pakai kayu gitu, banyak bebek, ayam dll. Jadi bener2 tenang hihihi

  • Nah, sejak ada himbuan dari MenKes tentang istirahat tiap 4 jam itu, aku wanti-wanti suami agar melakukannya. Dia mudik bareng rimbongan karyawannya, tukang bangunan. Mereka dari Bogor abis shalat tarwih, jadi aku takutnya ngantuk saat nyetir. Apalagi nggak ada sopir cadangan. Alhamdulillah meski terhadang macet saat mudik tanggal 29 Mei itu, perjalanan tergolong lancar dan tiba di Semarang jam 9 pagi. 12 jam perjalanan termasuk istirahat tidur dan makan sahur serta shalat subuh

  • Aku ga mudik Mbak 😀
    Btw, salut buat BPJS Kesehatan yang tetap optimal memberikan pelayanan pas lebaran. Tahun ini arus mudik meningkat dibandingkan tahun lalu. Btw, mohon maaf lahir batin Mbak :))

  • Aku ga mudik euy, di Bandung aja. Sedih ga punya kampung halaman hahaha. .. Jadi makanan bersantan itu bisa bikin ngantuk? Kirain perasaaanku aja. Pantesan kalau abis salat ied dan makan opor udahnya ku kok pengen tidur siang hahaha

  • Penginnya merasakan mudik yang jauh gitu ke kampung halaman tapi lupa halaman berapa, wkwkwk. Soalnya suami juga di Malang aja. Ada sih rumah bude di Lumajang tapi udah jarang ke sana, tapi tipnya bisa dipakai buat bepergian nih, hehe

  • Kemarin mudik pas pakai travel aku agak was2. Malem2 banyak banget yg enggak hati2. Bahkan enggak nyalain lampu. Heu. Padahal sopirnya cerita dia dari pagi smpe malem gak ada istirahat nyupir. Duh, capeknya. Untung selamat..

  • Keselamatan emang utama, ya Mak.Berkumpul dengan keluarga besar memang menyenangkan banget, apalagi momen Lebaran. Tapi emang banyak hal kudu diwaspadai demi keamanan. Nice article.

  • Maaf lahir batin ya Mba
    Aku kalau mudik udah nggak pernah mau lagi lewat darat karena dulu pernah naik bis dr Bandung ke Medan aku nggak kuat, 3 hari 3 malam badanku habis gara-gara mual terus di jalan. Naik pesawat aja dah nyampe 2 jam

  • tak terasa ramadhan sudah berlalu, begitupun dengan musim mudik. Ah sayang sekali tahun ini nggak bisa mudik dan kumpul bareng ama keluarga, hikss

  • Persiapan mudik itu gak cuma soal kendaraan saja ya mbak, kesiapan diri kita juga harus diperhatikan. Seperti menjaga kesehatan, makan yang cukup dan memang membutuhkan konsentrasi juga.

  • Alhamdulillah selama ini jarang mudik. Hehe, saya jadi nggak pernah ngalamin segala persiapan mudik. Kami biasanya memilih waktu puasa atau sebulan kemudian baru pulang kampung.

  • mudik kemarin lupa untuk siapin makanan yang praktis di mobil alhasil pas macet anak2 pada rewel dan neyna sempet muntah wkwkwk rempongnyaaaa

  • Alhamdulillah kemarin ga mudik, tapi jalan-jalan aja ke seberang. Paksu nyetir sendirian ga ada gantinya. Harus siap sedia nemenin terus sih, supaya ga ngantuk. Pokoknya diingetin supaya ga maksain diri deh.

  • Yang nggak pernah tau rasanya mudik wkkwkw. Belum mungkin ya Mbak. Kalau mudik cukup lintas kecamatan aja deh. Hehheee
    Tips nya berguna banget Mbak. Apalagi buat mudikers. Setuju kalau yg bikin rawan kecelakaan selain karena kendaraan, utamanya karena pengguna juga.
    Terimakasih untuk sharingnya Mak

  • Alhamdulillah bisa mudik tahun ini, lebaran semingguan di rumah sendiri sungguh membahagiakan mba
    ahahaha … untuk aku yang ikut mertua ini. Maap lahir batin ya mba Maria

  • Nah….minuman beralkohol jangan sampai deh…, Duh serem.., bahaya ini semua orang dijalankan.

    Semoga gak ada supir bus atau mobil pribadi yang mabok minuman nyetir..bunuh diri mah ini..

  • Wuaahh… aku jadi kangen suasana puasa lagi, kangen suasana lebaran, semoga kita masih diberi kesehatan dan umur sehingga bisa puasa lagi di tahun mendatang 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2020 Mariasoraya.com. All Rights Reserved.

Scroll To Top