Assalamualaikum. Dalam pernikahan, setiap pasangan suami-istri (pasutri) inginnya hidup bersama hingga ajal memisahkan. Melihat anak tumbuh besar, sukses dalam karir dan kehidupan kemudian anak memiliki keluarga baru. Ah, hal ini adalah impian setiap pasutri, tentunya.

Namun, tak sedikit pernikahan yang kandas di tengah jalan lantaran persoalan ekonomi. Ketika masalah ekonomi hadir dalam sebuah keluarga maka akan memicu kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan oleh pasangan. 

Dari data Pengadilan Agama Cianjur tahun 2017, dalam kurun waktu 6 bulan telah terjadi 6.000 perceraian dimana sebanyak 2.500 gugatan telah dikabulkan. Penyebab terbesarnya adalah faktor ekonomi dan KDRT. Dua hal ini adalah mimpi buruk bagi setiap perempuan yang menjalani kehidupan berumah tangga.

Mandiri Finansial dan Menambah Penghasilan Melalui Teman Treasury

Dok. pribadi

Ada banyak jalan menuju Roma. Ada banyak cara agar perempuan dapat mandiri secara finansial apapun latar belakangnya. Apalagi di era serba digital dimana perempuan lebih banyak kesempatannya untuk mencari penghasilan tambahan. Berbekal smartphone, perempuan bisa membuka online shop atau memasarkan produk jualan melalui sosial media.

Cara lainnya adalah dengan mendownload aplikasi Treasury dari playstore. Ilmu baru ini saya dapatkan ketika menghadiri media luncheon yang diadakan Treasury pada tanggal 2 Mei 2019. Berlokasi di South Quarter Dome, belasan mom blogger dari komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB) hadir menjelang sore.

Pada sesi pertama, Melvin Mumpuni -Founder and Financial Planner Finansialku mengajak para mom blogger untuk mengisi form simulasi keuangan pribadi. “Kas keuangan yang sehat adalah penghasilan yang didapatkan mencukupi semua jenis pengeluaran bulanan. Anda harus tahu mana pengeluaran karena kebutuhan dan pengeluaran karena keinginan,” jelas Melvin. 

Dok. pribadi

Melvin juga menjelaskan tipe-tipe penghasilan yang ada dalam suatu keluarga, antara lain :

  1. Penghasilan aktif yaitu penghasilan yang muncul karena mengorbankan waktu, tenaga dan perasaan.
  2. Penghasilan pasif yaitu penghasilan yang muncul dari pekerjaan pasif, misalnya menyewakan properti, menjalankan sistem MLM, royalti dari suatu karya atau paten dan sebagainya. 
  3. Penghasilan investasi yaitu penghasilan yang muncul dari investasi yang sudah kita lakukan, misalnya asuransi. 

Dalam menyusun arus kas keuangan sebaiknya dahulukan pengeluaran untuk membayar pajak dan zakat, kemudian alokasikan untuk tabungan dan investasi, lalu melunasi hutang atau cicilan bulanan.

Sesi selanjutnya diisi oleh Fahlevi Dzulfikar dari Business Analyst Executive Treasury yang menjelaskan tentang Teman Treasury. “Untuk menjadi Teman Treasury, Anda download aplikasi Treasury. Kemudian mendaftarkan diri dengan membeli emas senilai Rp50.000. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan kode referal untuk dibagikan dan mengajak teman untuk menjadi pengguna Treasury,” ujarnya.

Salah satu mom blogger sempat nyelutuk “Oh berarti ini MLM ya ?”.

Mas Fahlevi melanjutkan penjelasannya sembari tersenyum. “Treasury bukan MLM, Bu. Di sini keuntungannya lebih banyak. Diantaranya, berpeluang mendapatkan emas gratis yang jumlahnya jutaan rupiah setiap bulannya. Anda juga bisa dapat poin dari setiap transaksi dan juga berkesempatan besar mendapatkan emas gratis setengah kilo gram. Dan yang paling penting adalah Anda bisa mendapat berbagai promo khusus serta mendapatkan pelatihan yang diadakan Treasury”.

Duhhh, saya langsung membayangkan emas-emas berjatuhan dari langit setelah saya menjadi Teman Treasury :D. Hari gini siapa sih yang enggak mau dapat emas gratis apalagi yang beratnya mencapai setengah kilo gram ? Semua orang mau pastinya termasuk saya.

Apa Itu Treasury ?

Dok. pribadi

Tak kenal maka tak sayang. Mas Fahlevi juga menjelaskan tentang Treasury yakni platform daring untuk jual beli, simpan dan jual emas batangan maupun perhiasan. Treasury telah beroperasi sejak November 2018 dan sudah menjadi anggota AFTECH (Asosiasi Fintech Indonesia) dan tercatat di Otoritas Jasa Keuangan.

Treasury juga menyediakan layanan transfer serta redeem emas bagi pelanggan. Untuk proses pembayaran dapat dilakukan melalui virtual account BCA, Mandiri, BNI, BRI dan lain-lain. Bahkan melalui convenient store seperti Alfamart dan E-wallet (Doku Wallet).

Sebelum acara berakhir, Mas Fahlevi mengingatkan agar siapapun yang sudah mendaftar menjadi Teman Treasury segera menyebarkan kode referral yang telah didapat. Semakin banyak orang yang bertransaksi dan mendaftar menjadi Teman Treasury, maka berpeluang besar untuk mendapatkan berbagai keuntungan menarik.

Jika Anda sudah mengatur keuangan dengan baik serta mendapatkan penghasilan tambahan melalui Teman Treasury, insya Allah Anda juga dapat mandiri finansial serta terbebas dari jerat masalah ekonomi.

Bagi yang tertarik mendapatkan update seputar Treasury serta tips-tips keuangan, Anda dapat mengunjungi : 

Treasury 

Website www.treasury.id

Instagram @wearetreasury

Referensi : https://www.beritasatu.com/nasional/448256/tingginya-angka-perceraian-dipicu-faktor-ekonomi