Assalamualaikum. Di malam ke 17 Ramadan ini, sudah berapa banyak undangan buka puasa bersama (bukber) yang Anda datangi ? Kalau saya pribadi sih lebih senang buka puasa di rumah, karena sedang asyik-asyiknya mengenalkan puasa pada Mada. 

Namun, saya tak menolak juga bila ada undangan bukber yang lokasi serta waktunya cocok. Karena, bulan puasa menjadi momen untuk menjalin silaturahmi dengan teman-teman lama jamannya sekolah, teman-teman kuliah serta teman-teman seprofesi. Saya menjadwalkan diri untuk hadir maksimal 2 kali bukber di luar rumah dalam seminggu.

Suatu kali saat bukber di restoran, seorang teman sempat heran melihat saya tak ikutan rempong menyiapkan menu buka puasa. Sementara, teman-teman lainnya sudah menaruh semangkok kolak, piring berisi puding, aneka buah hingga risol, lontong dan panada di meja masing-masing. 

Ketika adzan maghrib berkumandang, saya langsung membuka tutup botol KIN Fresh Milk rasa fullcream. Lalu, meneguknya hingga tandas. Sekali lagi teman saya tambah heran. 

“Kok kamu buka puasa minumnya susu aja, nanti mules lho” 

Saya tersenyum simpul. “Enggak dong. Aku kan minumnya susu segar spesial dari sapi A2. Kamu mau juga ?”

“Enggak ah. Berbuka puasa itu kan kudu dengan yang manis-manis. Kayak kolak, sop buah, es cendol dan teman-temannya. Eh, sama gorengan juga boleh sih.”

Sekali lagi saya tersenyum sambil geleng-geleng kepala. Adakah pembaca blog mariasoraya.com yang sepemikiran dengan teman saya itu ? Berbuka puasa dengan segala rupa takjil manis ? Bahkan, kalau perlu ngunyah gorengan. Duh, buka puasa atau balas dendam karena kelaparan sih XD

Buka bersama KIN Fresh Milk, #maKINnyamansaatRamadan

Dokumentasi pribadi

Berbuka puasa dengan yang manis memang dianjurkan dalam agama Islam. Tujuannya untuk mengembalikan energi yang hilang setelah seharian penuh berpuasa. Namun, perlu diperhatikan juga asupan yang masuk. Karena, berlebihan mengkonsumsi makanan/minuman manis bisa-bisa malah bikin tubuh lemas karena kekenyangan dan mengantuk. Bila kebiasaan di atas dilakukan secara terus-menerus akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan, misalnya terkena penyakit diabetes. 

Nah, kebiasaan saya “berani” minum susu setelah seharian penuh berpuasa tentu saja ada rahasianya. Pada tanggal 16 Mei 2019, saya berkesempatan hadir di event “Buka Bersama KIN Fresh Milk #maKINnyamansaatRamadan” yang berlokasi di Harlequinn Bistro Jakarta Selatan.

Bukber yang saya ikuti ini bukan bukber biasa, karena saya mendapat ilmu serta insight baru dari lima narasumber yang hadir antara lain :

dr. Rizal Alaydrus, MSc, ahli Gizi
Anton Budiharjo, Marketing Manajer KIN
Tiffany Pratiwi Suwandi, Brand Manager KIN
Astrid Satwika, Momfluencer
Chef Eddrian Thjia
 
dr. Rizal Alaydrus, Msc memaparkan tentang pentingnya berbuka puasa dengan asupan bernutrisi lengkap. Minum susu dalam kondisi perut kosong sangat baik karena penyerapan zat gizi oleh tubuh menjadi lebih maksimal.

Nutrisi lengkapnya terdiri dari nutrisi mikro (vitamin dan bermacam-macam mineral) dan nutrisi makro (protein, lemak dan karbohidrat). Zat-zat ini membantu mempertahankan kondisi tubuh selama berpuasa.
 
Susu yang baik untuk pencernaan dan bikin nyaman perut adalah susu dari sapi A2 yang mengandung protein A2 dan komposisinya sama seperti protein dalam ASI. Sapi A2 ini dikembangbiakkan di Australia. Disebut Sapi A2 karena sapinya diseleksi khusus melalui tes DNA. Jadi, KIN Fresh Milk dapat juga disebut sebagai susu berkelas dari sapi teratas
 

Dokumentasi pribadi

 
Bahkan, dr. Rizal menggambarkan perbedaan susu dari sapi A1 dan susu dari sapi A2 melalui gelas yang diisi susu dan minyak goreng. Pada gelas pertama, susu sapi A1 dan minyak tidak dapat menyatu karena tidak ada enzim untuk memecah susu. Kemudian, pada gelas kedua yang berisi susu dari sapi A2 dan minyak setelah diaduk dapat menyatu.
 
“Dampak bila salah memilih susu akan langsung terasa pada pencernaan yang menyebabkan mual, kembung hingga sakit perut. Bagi orang dengan intolerence lactose sebaiknya memilih KIN Fresh Milk susu dari sapi A2. Karena, susu ini sangat aman bagi pencernaan.” pungkasnya.
 

Foto : Tiffany Suwandi – Brand Manager KIN Fresh Milk

 
Tiffany Pratiwi Suwandi, Brand Manager KIN pada sesi berikutnya menyampaikan bahwa “Buka Bersama KIN Fresh Milk” merupakan acara pembuka dari roadshow #maKINnyamansaatRamadan yang dilakukan di Jakarta dan Bandung. PT ABC Kogen Dairy selaku produsen KIN Fresh Milk mengajak masyarakat untuk berbagi dengan mereka yang membutuhkan melalui berbuka puasa dengan KIN Fresh Milk. Untuk setiap botol yang dikembalikan, masyarakat dapat berdonasi Rp 1.000,- melalui Rumah-Yatim.org.
 
“Jadi, berbukalah dengan KIN Fresh Milk, susu dari sapi A2 yang hanya mengandung protein A2 yang lebih baik sehingga lebih mudah dicerna dan nyaman di perut, enggak bikin eneg atau kembung.” tambah Tiffany.
 

Foto : Astrid Satwika – Momfluencer

 
Astrid Satwika seorang Momfluencer juga menyebutkan dirinya sangat menyukai KIN Fresh Milk – susu dari sapi A2 yang bebas mual serta kembung. Bila Astrid menyukai rasa chocolate, maka suaminya lebih memilih rasa coffee. “Saya selalu stok KIN Fresh Milk di rumah. Anak-anak saya menyukai varian rasa Chocolate.” jelas Astrid.
 
Puncak acara diisi dengan demo masak oleh Chef Eddrian Tjhia. Chef yang rajin mengenalkan masakan Bangka ini membuat menu buka puasa berupa Chia Seed Pudding menggunakan KIN Fresh Milk -susu dari sapi A2 varian rasa chocolate. Bahan-bahannya sangat mudah. Berikut saya catat untuk dipraktekkan di rumah.
 

Grafis www.mariasoraya.com

 

Dokumentasi pribadi

 
Chef Eddrian juga menjelaskan KIN Fresh Milk terbuat dari 100 % susu segar alami, tanpa ada yang ditambahkan atau dikurangi kandungannya. Untuk pembuatan Chia Seed Pudding tidak perlu ditambahi gula atau pemanis buatan lainnya, karena rasa manis sudah muncul dari topping dan KIN Fresh Milk rasa Chocolate.
 
Acara yang berlangsung dari jam 3 sore hingga menjelang maghrib terasa hangat dan menyenangkan berkat dipandu oleh MC Agnes Dilla. Mendengar celutukan segar MC Dilla sepanjang acara bikin saya dan tamu undangan berulangkali nyengir. Enggak ada deh wajah-wajah ngantuk menunggu buka puasa hahahaa.
 
MC Dilla sempat mengajak tamu undangan untuk bersama-sama minum KIN Fresh Milk saat berbuka puasa. Ketika adzan maghrib berkumandang, seluruh tamu sudah siap dengan botol KIN Fresh Milk yang sudah dibuka di meja masing-masing.
 
KIN Fresh Milk terdiri dalam 3 rasa yaitu fullcream, chocolate dan coffee yang dapat diminum langsung atau dikreasikan menjadi menu takjil seperti Chef Eddrian. Susu dari sapi A2 berukuran 200 ml ini dijual dengan harga kisaran Rp 7000 hingga Rp. 9000 yang mudah didapat di minimarket, supermarket atau marketplace.
 
Selain baik dikonsumsi orang dewasa, KIN Fresh Milk susu dari sapi A2 ini dapat juga dijadikan sebagai minuman sehat yang dapat dikonsumsi anak usia 2 tahun ke atas. Mada anak saya sangat menyukai varian chocolate, lho. Minuman susu segar ini sangat praktis sebagai bekal sekolah atau bekal saat piknik.
 
 

 

Bagi Anda yang ingin merasakan segarnya dan nikmatnya dari KIN Fresh Milk, yuk segera dibeli dari tempat belanja favorit Anda. Untuk mendapatkan update info seputar KIN Fresh Milk, Anda dapat mengunjungi website dan sosial medianya di bawah ini. 

Website: www.kindairy.com
Instagram:  @kindairyid
Facebook: Kindairy ID