Assalamualaikum. Lebih memilih jauh dari orang tua untuk menjalani hidup yang mandiri merupakan salah satu keputusan yang baik bagi setiap orang. Asalkan setiap keputusan yang diambil bisa di pertanggung jawabkan. Seperti halnya saat Anda memilih untuk meneruskan kuliah diluar kota dengan menjalani hidup mandiri sebagai anak kost.

Mulai mengurus diri sendiri hingga berusaha menyelesaikan permasalahan sendiri tak jarang jika Anda merasa stres, namun justru hal ini yang melatih secara mental. Karena hal-hal tidak menyenangkan seringkali Anda sebagai anak kost identik dengan prihatin maksimal. Mulai dari harus pintar menghemat pengeluaran yang tidak terlalu penting, mempersiapkan makan sendiri, mencuci dan setrika sendiri.

Tapi hal tersebut kadang orang masih beranggapan takut dan ragu untuk jadi anak kost dengan alasan tidak bisa jauh dari keluarga atau tidak terbiasa mempersiapkan sendiri. Sedangkan banyak sekali manfaat jika Anda memilih kost. Berikut diantaranya :

Belajar Bertetangga

Foto : Unsplash

Merantau tentunya membawa Anda pindah ke lingkungan baru dengan mengenal orang baru juga dari berbagai daerah. Pastinya Anda harus bisa beradaptasi, banyak cara untuk Anda bisa memulai percakapan dengan tetangga kamar.

Jangan hanya masa bodoh dengan tetangga kamar, karena suatu saat Anda akan membutuhkan pertolongannya. Di lingkungan yang baru akan melatih Anda belajar bagaimana cara bertetangga dengan baik.

Belajar Mengelola Keuangan

Foto : Unsplash

Saat jauh dari keluarga, Anda tentu akan diberikan uang orang tua setiap bulannya. Namun Anda harus berhati-hati dalam mengolahnya. Jangan sampai baru pertengahan  bulan uang saku Anda sudah habis duluan.

Tantangannya adalah bagaimana cara Anda bisa membelanjakan uang tersebut cukup untuk segala macam kebutuhan selama satu bulan ke depan. Dengan mengelola keuangan secara baik, Anda bisa hidup lebih sederhana. Selalu cermat memilih dan menggunakan barang. Saat Anda bisa manage keuangan dengan baik, hal ini akan berguna ketika Anda sudah berkeluarga.

Mengerti bagaimana merindukan keluarga

Foto : Unsplash

Saat dirumah, setiap hari tentu akan bertemu dengan keluarga. Saat Anda mendapatkan nasehat dan saran dari keluarga terkadang merasa kesal. Namun saat Anda sudah merantau, hal-hal seperti itu yang akan membuatmu rindu.

Rindu akan nasehat orang tua, masakan ibu dirumah dan suasana hangatnya rumah. Selain itu, saat jauh dari orang tua Anda akan memahami bagaimana kasih sayang orang tua kepada Anda. Bukan karena hal buruk, namun karena Anda merasa sendiri dan tahu bagaimana orang tua melakukan hal tersebut dengan alasan perlindungan untuk anaknya.

Belajar mengenal jalan dan lingkungan sekitar

Foto : Unsplash

Dengan menjadi anak kos, berarti Anda harus tahu jalan di sekitar tempat tinggal terutama bila Anda berasal dari luar kota. Meskipun, sebelumnya Anda tipikal pemalu ya. Mau enggak mau ya harus tahu jalan mana aja sih menuju kampus atau kantor. Mana jalan tercepat hingga jalanan yang rawan untuk dihindari bila harus pulang larut.

Belajar merawat barang milik orang lain

Foto : Unsplash

Menempati rumah milik orang lain tentu memiliki tanggung jawab yang besar bagi para penghuninya. Seperti halnya Anda saat ini tentu harus menjaga dan merawat kost dengan baik. Kebersihan sangat penting dalam lingkungan tempat tinggal, saat kost Anda bersih tentunya akan membuat nyaman.

Biasanya juga ada beberapa kost yang memang lengkap dengan fasilitas seperti ac, dispenser, almari dan beberapa lainnya. Fasilitas inilah tentunya harus Anda jaga dengan baik, berhati-hatilah dalam menggunakan fasilitas agar barang tersebut tidak rusak saat Anda gunakan.

Terlatih hidup mandiri dari sekarang tentunya akan membuat Anda sangat beruntung. Karena tidak semua orang bisa dan siap untuk mandiri saat muda. Dengan cara memilik ngekost adalah pilihan yang paling tepat. Bagi yang merantau di ibukota, Anda bisa mencari referensi kost jakarta pusat melalui website dan aplikasi mamikos. Dengan download aplikasi mamikos akan mempermudah Anda saat mencari pilihan kost terbaik.