Assalamualaikum. Seminggu menjelang puasa 2019, timeline Facebook saya mulai dipenuhi oleh foto teman-teman yang nyetock berbagai kebutuhan bulan puasa. Ada yang sudah menyiapkan sirup warna-warni, kardus-kardus parcel bahkan baju lebaran hehehe.

Saya masih shantay. Bahkan ketika melihat Mamah belanja bahan makanan pokok untuk stock kulkas, saya justru bingung mau nyetock apa buat sahur dan puasa pertama nanti.

“Gimana sih kamu belum nyetock apa-apa buat sahur sama puasa,” tegur Mamah. 

“Yahhh yang udah-udah, buka puasa hari pertama selalu di rumah Mamah atau di rumah Ibu (Mertua). Buka puasa hari-hari berikutnya aku selalu sendiri. Makan bareng Pak Gondrong palingan sahur aja. Itupun Pak Gondrong cuma mau makan mie instan sama gorengan,”

“Oh gitu …” tukas Mamah, pendek. 

Namun ternyata saya penasaran juga dengan belanjaan Mamah haha. Blio membeli ayam 1 ekor, daging sapi, ampela dan lain sebagainya.

“Mas Mada tadi pagi sarapan apa ?” tanya Mamah pada Mada yang asyik bermain puzzle.

“Aku makan capcay sama ikan tuna Go Food, Eyangti”

Saya auto manyun. “Lha itu yang kamu makan masakan Ibuk, Mas. Ibuk enggak pesan Go Food,”

“Oh kirain Go Food. Enak masakan Ibu. Maaf ya Ibu Cantik …”

Saya tersenyum getir. Ini bukan yang pertama kali Mada lebih hafal makanan Go Food daripada makanan buatan saya. Lain waktu Mada malah minta Eyangti membuatkan Es Teh Warteg. Duh, bahayik nih kalau berlanjut terus-menerus.

Foto : mrbalitour.com

Sebelum pulang, saya sempat ngobrol dengan Mamah soal bahan makanan untuk sahur pertama dan buka puasa pertama. Saya mencatat dengan seksama. Kemudian, saya langsung membagi bahan makanan tersebut untuk diolah menjadi apa. 

Daftar belanjaan lauk

1 ekor ayam dipotong menjadi 10 bagian untuk diolah menjadi 2 jenis masakan 

1 papan tempe dibagi 2 untuk diolah menjadi 2 jenis masakan

1 bungkus tahu putih dibagi 2 untuk diolah menjadi 2 jenis masakan

1 kg telur ayam untuk stock

1/2 kg ikan kembung untuk diolah menjadi 1 jenis masakan

 

Daftar belanjaan sayur

Bahan capcay mentah (Saya enggak beli yang sudah diplastikin, tapi minta dibikinin yang fresh sama Tukang Sayurnya, isinya antara lain wortel, daun bawang, sawi putih, sawi hijau, jamur, jagung muda)

Wortel Rp 3000

Buncis Rp 3000

Brokoli Rp 10000

Jagung muda sebungkus

Jagung manis 2

Oyong

Misoa

Bawang merah Rp 3000

Bawang putih kating Rp 4000

 

Daftar belanjaan aneka bumbu masakan dan pertepungan

Bumbu dapur Rp 5000

Bumbu halus bamer 

Bumbu halus baput

Bumbu halus opor

Bumbu halus ayam goreng

Bumbu nasi goreng

Tepung sajiku serbaguna

Tepung sajiku bakwan

Bumbu ikan goreng 2 bungkus

Daftar belanjaan di atas untuk stock selama tiga hari. Satu ekor ayam diolah menjadi Opor Ayam komplit dengan tempe dan tahunya dan Ayam Goreng Lengkuas. 

Untuk sahur hari pertama, menu di rumah saya yaitu :

  • Orek tempe
  • Ikan kembung balado
  • Tumis buncis putren
  • Apel
  • Teh jahe hangat

Untuk buka puasa hari pertama yaitu :

  • Ayam goreng lengkuas
  • Sayur bening oyong dan misoa
  • Tahu goreng tepung
  • Air zamzam
  • Kurma
  • Pisang sunpride

Sederhana banget ya ? Enggak ada sirup pulak karena saya belum beli dan kurang doyan minum sirup. Tetapi, kata Mamah kudu teteup beli.

“Biar Mada ngerasain kayak gimana rasanya bulan Ramadhan kan,” begitu alasan Mamah.

Saya pun menitip pesan pada Pak Gondrong untuk membeli sirup cocopandan. Belum tau mau bikin apa, yang jelas bukan sop buah. Bosyen shaaaay :p

Biarpun menu buka puasanya sederhana teteup butuh effort. Dimulai dari membersihkan sayuran, memotong-motong dan memisahkan ke dalam wadah, ulek bumbu buat ayam goreng lengkuas. Di rumah saya punya ulekan kecil, dikasih mertua dan hampir enggak pernah dipakai selama bertahun-tahun. Jadi, adegan mengulek bumbu itu berasa aduhai banget.

Persiapan sahur pertama dan buka puasa pertama di rumah cukup menyenangkan dan bikin saya untuk lebih rajin masak. Meskipun, teteup wehhh Pak Gondrong sama sekali enggak menyentuh mangkok sayur oyong dan hanya mengambil sejiwit tumis buncis. Yang penting Mada doyan makan dan doi tau itu masakan Ibunya hahahahaha.