Now Reading
Persiapan Sahur dan Buka Puasa Hari Pertama Di Rumah

Persiapan Sahur dan Buka Puasa Hari Pertama Di Rumah

Assalamualaikum. Seminggu menjelang puasa 2019, timeline Facebook saya mulai dipenuhi oleh foto teman-teman yang nyetock berbagai kebutuhan bulan puasa. Ada yang sudah menyiapkan sirup warna-warni, kardus-kardus parcel bahkan baju lebaran hehehe.

Saya masih shantay. Bahkan ketika melihat Mamah belanja bahan makanan pokok untuk stock kulkas, saya justru bingung mau nyetock apa buat sahur dan puasa pertama nanti.

“Gimana sih kamu belum nyetock apa-apa buat sahur sama puasa,” tegur Mamah. 

“Yahhh yang udah-udah, buka puasa hari pertama selalu di rumah Mamah atau di rumah Ibu (Mertua). Buka puasa hari-hari berikutnya aku selalu sendiri. Makan bareng Pak Gondrong palingan sahur aja. Itupun Pak Gondrong cuma mau makan mie instan sama gorengan,”

“Oh gitu …” tukas Mamah, pendek. 

Namun ternyata saya penasaran juga dengan belanjaan Mamah haha. Blio membeli ayam 1 ekor, daging sapi, ampela dan lain sebagainya.

“Mas Mada tadi pagi sarapan apa ?” tanya Mamah pada Mada yang asyik bermain puzzle.

“Aku makan capcay sama ikan tuna Go Food, Eyangti”

Saya auto manyun. “Lha itu yang kamu makan masakan Ibuk, Mas. Ibuk enggak pesan Go Food,”

“Oh kirain Go Food. Enak masakan Ibu. Maaf ya Ibu Cantik …”

Saya tersenyum getir. Ini bukan yang pertama kali Mada lebih hafal makanan Go Food daripada makanan buatan saya. Lain waktu Mada malah minta Eyangti membuatkan Es Teh Warteg. Duh, bahayik nih kalau berlanjut terus-menerus.

Foto : mrbalitour.com

Sebelum pulang, saya sempat ngobrol dengan Mamah soal bahan makanan untuk sahur pertama dan buka puasa pertama. Saya mencatat dengan seksama. Kemudian, saya langsung membagi bahan makanan tersebut untuk diolah menjadi apa. 

Daftar belanjaan lauk

1 ekor ayam dipotong menjadi 10 bagian untuk diolah menjadi 2 jenis masakan 

1 papan tempe dibagi 2 untuk diolah menjadi 2 jenis masakan

1 bungkus tahu putih dibagi 2 untuk diolah menjadi 2 jenis masakan

1 kg telur ayam untuk stock

1/2 kg ikan kembung untuk diolah menjadi 1 jenis masakan

 

Daftar belanjaan sayur

Bahan capcay mentah (Saya enggak beli yang sudah diplastikin, tapi minta dibikinin yang fresh sama Tukang Sayurnya, isinya antara lain wortel, daun bawang, sawi putih, sawi hijau, jamur, jagung muda)

Wortel Rp 3000

Buncis Rp 3000

Brokoli Rp 10000

Jagung muda sebungkus

Jagung manis 2

Oyong

Misoa

Bawang merah Rp 3000

Bawang putih kating Rp 4000

 

Daftar belanjaan aneka bumbu masakan dan pertepungan

Bumbu dapur Rp 5000

Bumbu halus bamer 

Bumbu halus baput

Bumbu halus opor

Bumbu halus ayam goreng

Bumbu nasi goreng

Tepung sajiku serbaguna

Tepung sajiku bakwan

Bumbu ikan goreng 2 bungkus

Daftar belanjaan di atas untuk stock selama tiga hari. Satu ekor ayam diolah menjadi Opor Ayam komplit dengan tempe dan tahunya dan Ayam Goreng Lengkuas. 

Untuk sahur hari pertama, menu di rumah saya yaitu :

  • Orek tempe
  • Ikan kembung balado
  • Tumis buncis putren
  • Apel
  • Teh jahe hangat

Untuk buka puasa hari pertama yaitu :

  • Ayam goreng lengkuas
  • Sayur bening oyong dan misoa
  • Tahu goreng tepung
  • Air zamzam
  • Kurma
  • Pisang sunpride

Sederhana banget ya ? Enggak ada sirup pulak karena saya belum beli dan kurang doyan minum sirup. Tetapi, kata Mamah kudu teteup beli.

“Biar Mada ngerasain kayak gimana rasanya bulan Ramadhan kan,” begitu alasan Mamah.

Saya pun menitip pesan pada Pak Gondrong untuk membeli sirup cocopandan. Belum tau mau bikin apa, yang jelas bukan sop buah. Bosyen shaaaay :p

Biarpun menu buka puasanya sederhana teteup butuh effort. Dimulai dari membersihkan sayuran, memotong-motong dan memisahkan ke dalam wadah, ulek bumbu buat ayam goreng lengkuas. Di rumah saya punya ulekan kecil, dikasih mertua dan hampir enggak pernah dipakai selama bertahun-tahun. Jadi, adegan mengulek bumbu itu berasa aduhai banget.

Persiapan sahur pertama dan buka puasa pertama di rumah cukup menyenangkan dan bikin saya untuk lebih rajin masak. Meskipun, teteup wehhh Pak Gondrong sama sekali enggak menyentuh mangkok sayur oyong dan hanya mengambil sejiwit tumis buncis. Yang penting Mada doyan makan dan doi tau itu masakan Ibunya hahahahaha.

 

 

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (25)
  • Iya nih, kadang untuk menu sahur pasti bingung, mau makan apa lagi, menu yang sudah ditulis di sini, bisa jadi rekomendasi buat sahur. Sop buah cukup segar untuk menu buka puasa.

  • Happy-nya Mba masih sempat masak masak. Kalo saya belanja bahan makanan banyak begitu, ujungnya kebuang. Soalnya Bundo (mertua saya) saking deket rumahnya sama kontrakan, tiap sore nenteng bukaan. Pokoknya saya nggak usah masak katanya. Kerja aja biar cepat kebeli rumah. Belum Mommy saya kalo datang, masakan tinggal goreng tinggal rebus udah ada. Jadilah saya belum ngerasain masak banget sampai hari ini.

  • Kesan Ramadhan saat saya masih anak-anak sama Ramadhan sekarang sangat jauh berbeda memang ya. Kamana kita kecil kesibukan para ibu terlihat banget. Bau Ramadhan sangat khas. Tapi semakin kesini apa2 serba praktis. Ga ada lagi kesibukan di dapur. Saya aja awal puasa malah sibuk list bw. Hahaha

  • He..he.. sama mbak. Yang lain list belanja saya malah list bw. Belum lagi di belakang rumah ada Bazaar makanan murah. Waduhhh. Udah ribet2 masak tetep aje anak2 beli. Jiahhh

  • Moment puasa itu setiap tahunnya pasti selalu teringat. Merasakan tenang kalau ada menu sajian buka sudah ada dan kalau belum ada berasa bersalah dan tidak puas karena lalai dari kewajiban haha.

  • Menjelang puasa.pertama, saya malah stok ikan layang, udang, sotong, sama daging, Mbak
    Terus stok juga teri kering, ebi, dan teri medan. Lumayan buat seminggu. Bahkan yang kering masih ada. Soalnya adanya di pasar. Kalau tempe dan sayuran di tetangga saja hehehe

  • Menunya banyak sekali mba, aku jadi ingat kalau di kampung juga begitu. Puasa pertama pasti masak dulu. Malah bisa buat beberapa hari kalau masak daging. asyik sekali kalau masak bareng keluarga ya.

  • Lho koq namanya sama pak gondrong mama mada hehee

    Aku juga paling suka masak sayur bening oyong buat sahur. Adem di perut soalnya. Apalagi di rumah jangan makan buah. Jadi nyukupin kebutuhan cairannya dari sayur bening

  • Wahh … selamat ya mbak, akhirnya bisa sukses membuat hidangan buat sahur dan buka puasa buat keluarga.
    Nggak pa2 mbak, saya di awal jg gitu … malah nggak tahu mana lengkuas, kunci, kencur dan sederet kawan2nya, hihi.
    Alhamdulillah sekarang si bujang, kalo nggak emaknya yg masak. Semua makanan nggak ada yg enak katanya, hehe.
    Padahal yg saya masaknya ya itu … itu aja, cuman dikasih variasi dikit. Misal kalo kmrn oseng tempe pakai dadar jagung, dua hari lg lauknya diganti telor dengan wortel atau bisa yg lainnya.
    Semangat Mb Maria …
    Memulai rasa kangen rumah dan bundanya dari masakannya, bismillah bisa ya mb.

  • Iya, awal puasa memang butuh banyak persiapan. Agar pas sahur dan buka tidak kewalahan. Di rumah juga gitu sih

  • Kebiasaan di rumah Mamaku, di Garut, juga sama kayak gitu. Menjelang Ramadhan, pasti menuhin dulu Kulkas dan ngumpulin Stok bumbu2. Tapi semenjak aku nikah 6 tahun lalu sampai skr, kalau menjelang Ramadhan pasti biasa aja gak nyiapin apa2 yang seheboh Mamaku, selain karena emamg gak ada waktu buat ngolah masakan terlalu banyak, yang makan di rumah juga sedikit. Jadi paling bikin yang mudah2 aja, haha

  • Awal puasa memang gitu suka semangat nyetok makanan seiring berjalan waktu udh mulai berkurang dan mulai lagi ketika jelang lebaran.

  • Daftar belanjaan lauknya lumayan juga mbak, banyak, hahah.. Mana enak enak lagi, sip lah bisa jadi rekomendasi daku

  • Biasanya saya suka bikin rendang agak banyak menjelang Ramadan. Orang lain mah masak rendang kalau mau lebaran, saya malah menjelang Ramadan hehehe. Sengaja bikin rendang buat jaga-jaga kalau kesiangan bangun sahur atau lagi gak ada ide masak. Tapi, tahun ini gak sempat karena papah kan wafat. Jadi semingguan lebaran pertama seringnya sahur ma telur dadar hehehe

  • Waduh, tapi segitu mah rajin mbak masak sayurnya bisa sampai beberapa macem gitu. Aku kadang nyetok cuma ayam ungkep aja, itu pun pake bumbu jadi hahaha. Go Food idola kita semuah yang malesh masak yah mbak hahaha

  • Saya selalu senang melihat keyrampilan kawan2 Dom Hal masak. Saya Juga mengatur pola masak Dan stok bahan Makanan.

  • Emak2 bijak yang memperhatikan menu buka puasa keluarga yang sehat nih sampe dibuat list belanjaan dan menunya. ManTul*

  • Nah kalau menunya begini kan puasanya nyaman dan aman karena gizi terpenuhi dengan banyaknya sayuran. Lebih sehat.

  • Mada ko ngegemesin banget sih, mentang 2 masakan ibu enak di sangka Go food 😀
    Saat Ramadhan kemarin sih tak terlalu banyak kalau yg saya siapkan tp setidaknya ada Frozen food

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2020 Mariasoraya.com. All Rights Reserved.

Scroll To Top