Assalamualaikum. Bagi blogger profesional amatlah penting untuk selalu meng-update ilmu soal dunia perbloggeran. Seperti etika datang ke event blogger, istilah-istilah di dunia blogger hingga menggunakan tools yang dapat menunjang kegiatan menulis blog. 

Kali ini saya ingin menulis soal Google Analytics –tools untuk menghitung statistik blog wordpress. Saya menulis ini karena baru saja mengalami pengalaman yang ngeselin lantaran belum pasang Google Analytics (selanjutnya saya sebut GA) di blog saya.

Dua tahun ini, blogger memiliki tugas baru selain menulis, setor dan share tulisan reportase di sosial media. Blogger juga harus menyetor jumlah statistik tulisan pada Pemberi Job (komunitas blogger atau agensi). Tujuannya tentu saja untuk mengetahui berapa banyak yang membaca tulisannya dan juga jumlah komentar. 

Ada banyak tools untuk mengetahui pageview atau statistik blog. Sedari awal saya menggunakan hits stats, tools bawaan WordPress. Dari hit stats, bisa ketahuan kan berapa banyak yang baca, kapan aja postingan banyak dibaca dan juga jumlah komentar.

Beberapa waktu lalu, saya berkali-kali ditagih pihak pemberi job. Karena, menurutnya statistik tulisan saya tidak komplit. Setiap hari saya ditagih dan dua kali sehari. Berasa punya hutang semelyar ditagih seperti itu. Karena, ini bukan pertama kalinya saya menerima sponsored post. Dan, saya selalu menyetor pageview dalam bentuk screenshot hit stats. Tidak pernah ada komplain dan diterima dengan baik. 

Atas saran teman, saya menginstall Jetpack. Dua hari menunggu hasil, ternyata masih belum memenuhi keinginan pihak pemberi job. Si pemberi job meminta saya untuk menginstall Google Analytics. 

Saya deg-degan. Karena, saya pernah mengoprek blog ini dan tampilannya berubah ajaib. Saya panik dan langsung menghubungi webmaster saya. Nah, ini kudu menginstall Google Analytics. Duh.

Di saat bersamaan, saya mendapat tawaran event yang nantinya harus menyerahkan report berupa Google Analytics. Mau enggak mau saya kudu install dong daripada saya kena Drama PV lagi khaaaan. Bisa pening akutuh.

So, malam ini saya membuka dashboard WordPress. Mencari tombol plugin dan menonaktifkan Jetpack. Selanjutnya, silakan simak langkah mudah anti gagal pasang Google Analytics di WordPress.

1. Klik plugin pada sidebar WordPress, pilih tambah baru atau add new. Setelah layar muncul di sebelah kanan, ketik Google Analytics di kolom pencarian plugin.  Kemudian klik pasang sekarang

2. Setelah plugin terpasang, klik aktifkan. Akan muncul seperti ini.  

3. Klik General Settings. Lalu, klik Authorize Plugin.

4. Kemudian, akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Klik Get Access Code agar Anda mendapat tracking code. Copy tracking code tersebut dan sematkan pada kolom kosong. Klik Save Access Code.

5. Voilaaaa ! Google Analytics sudah terpasang dengan bhaique di blog WordPress. Bila Anda berhasil dapat melihat hasilnya dengan meng-klik tulisan Pos di bawah Dashboard. Akan muncul seluruh tulisan Anda. Kemudian klik Analytics. Selanjutnya muncul tampilan seperti di bawah ini.

Kok masih kosong Sis ? Yaiya kan baru di install. Setelah 12 atau 24 jam, angka-angka statistik akan bermunculan pada informasi di atas. Insya Allah, enggak bakal ada drama PV lagi di kemudian hari. Tugas saya selanjutnya adalah mengoptimalkan setiap tulisan yang sudah tayang di blog saya.

Gimana dengan Anda, apakah sudah memasang Google Analytics juga di blog pribadi Anda ?