Foto : meetingpuzzle.com

Assalamualaikum. Di awal tahun 2019 sudah ada undangan ulang tahun dari anak tetangga atau anak kenalan Anda ? Atau justru anak Anda sendiri yang sebentar lagi akan merayakan ulang tahunnya ? Bila jawabannya YA, tentu Anda harap-harap cemas saat menyiapkan hadiahnya untuk yang ulang tahun. Apalagi kalau si kecil sudah masuk usia sekolah. Pilihan hadiahnya semakin banyak dan kadang mbingungin. 

Yang patut diperhatikan setelah membeli hadiah, apakah kado ulang tahun anak telah dikemas secara spesial ? Yakin kalau itu adalah pilihan yang tepat ? Sebelum diberikan, ada baiknya Anda memahami beberapa tentang memberikan kado ulang tahun anak. Sebagai orang tua, memiliki pemahaman tersebut adalah hal yang penting.

Saat hari spesial itu tiba, Anda sebagai orang tua akan berusaha memberikan yang terbaik sebagai bentuk membahagiakan anak. Tapi, apakah cara yang dilakukan sudah sesuai ? Ingatlah untuk memberikan kado yang bermanfaaat dan dapat menunjang bakat Si Kecil.

Selipkan kartu ucapan selamat ulang tahun spesial pada bingkisan kado. Pilih motif kertas yang lucu dan menggemaskan. Setelah itu, tentukan isi hadiah dengan menerapkan tips berikut :

1. Pertimbangkan Berdasarkan Usianya

Foto : pixabay.com

Catat, memberikan kado ulang tahun sesuai usia anak dapat membantu tumbuh kembangmereka. Setidaknya, persembahkan benda tertentu yang mampu menunjang dari segi perkembangan kognitif, afektif dan psikomotorik. Sudah menerapkan hal ini ?

Buat bayi baru lahir sampai sekitar 1 atau 2 tahun, benda-benda dengan tekstur lembut bisa menjadi pilihan cocok. Saat memberikan kado ulang tahun anak berupa boneka misalnya, haltersebut dapat membantu meningkatkan kemampuan indera dari segi sentuhan.

Untuk balita dan yang sudah agak besar, Anda bisa memberikan kado ulang tahun anak denganbenda yang lebih keras dan mumpuni. Contohnya sepeda, boneka plastik, perangkat melukis, buku cerita, alat tulis, dan lain-lain.

2. Sesuaikan dengan Minat dan Bakat

Foto : dailymail.co.uk

Setiap anak tumbuh dengan menempuh pengalaman indera yang berbeda. Tak pelak, hal tersebut juga dipengaruhi oleh informasi yang dia konsumsi setiap hari.

Satu hal yang perlu dipahami adalah keinginan buah hati Anda. Terkadang, anak suka rewel karena menginginkan benda-benda tertentu. Jika tidak terlalu rewel, mungkin dia menaruh harapan tinggi pada hal tersebut. Sisihkan waktu untuk berbincang banyak dengannya, ketahui apa yang ia inginkan saat ini.

Kebutuhan dan hobi atau kesukaan adalah hal pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum memberikan hadiah untuk si buah hati. Usahakan memilih kado yang mampu memenuhi minat dan bakat mereka secara bersamaaan. Tak lupa, selipkan unsur edukasi.

Jika Anda memberikan kado ulang tahun anak sesuai apa yang dia inginkan serta butuhkan, bukan tak mungkin kalau itu bisa menjadi batu loncatan pertama untuk dirinya mengasah kemampuan diri. Jadilah saksi tumbuh kembang anak yang sempurna !

Saat kado ulang tahun anak tersebut penuh makna, buah hati Anda akan merasa bahwa dia harus mengembangkan bakat di situ. Tentu saja, ini bisa menjadi permulaan yang mengagumkan untuk masa depannya nanti. Biarkan dia mencari tahu bakatnya dengan fasilitas seoptimal mungkin.

3. Selipkan Pesan Kartu Ucapan Selamat Ulang Tahun

Foto : ameliarosehomeandgifts.co.uk

Terkesan biasa saja, padahal adanya kartu ucapan selamat ulang tahun adalah satu-satunya bentuk komunikasi yang dapat Anda selipkan pada bingkisan kado tersebut.

Berikan pesan mendalam dengan contoh kata-kata sebagai berikut:

“Hidup serasa kurang berwarna tanpa kehadiranmu. Terima kasih karena telah menambah keceriaan dalam kehidupanku. Selamat ulang tahun, buah hatiku !”

“Semoga kamu tidak pernah berenti bermimpi, sekalipun semua mimpi itu telah tercapai. Selamat ulang tahun !”

“Hari ini adalah hari spesial yang akan berlalu begitu cepat. Jadi mari kita manfaatkan setiap detiknya” – Auliq Ice.

Biar semakin menarik, Anda bisa membuat kartu ucapan selamat ulang tahun di Canva. Desain dapat diatur sesuai dengan apa yang diinginkan agar sesuai kebutuhan. Yuk, berikan kado ulang tahun untuk anak Anda dengan menerapkan tips di atas. Selamat mencoba !