Assalamualaikum. Selain handphone, benda apalagi sih yang WAJIB ada buat mendukung aktifitas kita sehari-hari ? Saya sih charger handphone. Ini benda penting yang kalau kelupaan bawa bisa bikin saya mati gaya. Apalagi, saya kemana-mana naik ojek online. Kebayang dong kalau handphone mati, saya harus naik angkutan umum yang sering ngetem dan rawan kejahatan.

Kalau kita ngomongin soal belanja, sulit untuk tidak menyebut toko online. Pasalnya, selain sudah menjadi gaya hidup. Toko online mampu menjawab kegelisahan masyarakat dengan menerapkan metode belanja yang mudah, harga yang murah, hingga pelayanan yang maksimal serta produk yang lengkap.

Diantara beberapa contoh produk yang bisa kita temukan dengan mudah di toko online antara lain: aksesoris handphone asli yang cantik, tablet murah, charger kualitas asli, hingga smartphone branded.

Charger dan aksesoris handphone (smartphone) adalah dua hal yang paling sering kita beli untuk mendampingi smartphone agar bisa berfungsi normal, terlihat lebih kece atau cantik, serta bisa melindungi smartphone itu sendiri agar tidak mudah lecet dan rusak, misalnya ketika terjatuh.

Charger contohnya. Setelah dipakai bertahun-tahun charger bisa hilang, rusak, longgar, dan bahkan tidak berfungsi sama sekali. Bisa saja yang rusak adalah kepala charger, atau kabelnya putus, atau mungkin kedua-duanya. Kalau sudah begini, kita biasanya akan melirik berbagai macam charger di luar sana untuk menggantikan charger yang asli.

Sayangnya, sangat sulit menemukan charger yang asli dan dijual dengan harga murah. Saat ini, kebanyakan charger di luar sana merupakan charger kualitas KW. Yang walaupun bisa digunakan untuk mengisi baterai tapi sayang, kualitasnya tidak setara dengan charger asli. Beberapa di antaranya bahkan dapat menyebabkan kerusakan IC atau motherboard pada smartphone. Jadi, tetaplah berhati-hati.

Saya pernah lho kepincut membeli charger KW yang kata Pak Suami sih oke di toko handphone dekat rumah. Tetapi, enggak sampai 2 bulan chargernya rusak karena sering banget panas. Akhirnya charger KW tersebut sama sekali enggak bisa dipakai dan malah dimainkan anak karena dia tahu chargernya rusak. Yang bikin sebal, handphone saya sempat ikutan error. Sedih khaaaan.

Jika punya kesempatan untuk membeli charger yang asli walaupun itu bekas dan harganya lebih mahal daripada yang palsu. Kamu harus mengambil kesempatan tersebut karena pada dasarnya kualitas yang akan kamu dapatkan sebanding dengan harganya.

Foto : mobilefun.co.uk

Tapi jika terpaksa membeli charger kualitas KW, kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Perhatikan voltase charger tersebut. Cobalah membeli yang kira-kira voltase-nya sama persis dengan charger asli. Jangan membeli yang voltase-nya lebih besar walaupun bisa mengisi baterai lebih cepat. Pasalnya, charger seperti ini berpotensi menyebabkan hp jadi cepat rusak karena setiap hari akan dipaksa menerima daya yang lebih besar dan tidak sesuai
  • Cek juga frekuensi adaptor charger
  • Kemudian perhatikan output-nya. Jika charger asli menggunakan output 5V maka usahakan mencari charger yang memiliki output sama
  • Selalu jatuhkan pilihan pada merek-merek terpercaya

Sedangkan untuk aksesoris handphone yang bagus, saya juga punya beberapa tips agar kamu bisa dapat yang berkualitas dan harganya murah. Diantara tips tersebut adalah :

1. Jangan tergiur harga murah. Jika kamu membeli aksesoris yang harganya murah, sudah pasti kamu akan dapat yang kualitasnya rendah. Jika ada pilihan lain yang harganya lebih mahal dan build quality-nya lebih bagus, cobalah memilih yang lebih mahal dan lebih bagus. Karena pasti, memilih yang terbaik akan memberikanmu kepuasan saat menggunakannya.

2. Cari aksesoris hp bagus dari merk ternama. Seringkali, “merek” berarti jaminan mutu. Aksesoris dari merk-merk terkenal umumnya menawarkan kualitas yang baik walaupun harganya sedikit lebih mahal daripada merk yang kurang terkenal.

3. Selalu baca hingga tuntas deskripsi dan testimoni dari para pembeli. Jika kamu tertarik untuk membeli aksesoris yang belum kamu kenal kualitasnya, pastikan kamu membaca terlebih dahulu deskripsi produk tersebut untuk mengetahui built in quality-nya, tingkat kecocokannya dengan hp-mu, dan lain-lain.

Selain itu, kamu juga perlu membaca review pembeli yang sudah terlebih dahulu mencoba. Karena biasanya, review yang mereka berikan juga bisa dijadikan sebagai patokan untuk mengetahui kualitas aksesoris tersebut.

4. Belilah di toko online yang banyak menjual aksesoris handphone asli. Salah satu toko online populer yang saya rekomendasikan adalah Bukalapak. Online shop yang satu ini banyak menjual aksesoris smartphone original. Selain karena alasan tersebut, saya merekomendasikan toko online yang satu ini karena:

  • Menyediakan pilihan aksesoris yang lengkap sehingga kamu tidak perlu repot mencari dari satu toko online ke toko online yang lainnya.
  • Banyak diskon dan promo. Sehingga ketika kamu ingin membeli aksesoris asli yang harganya mahal, kamu bisa membelinya dengan harga murah berkat bantuan voucher diskon maupun cashback serta gratis ongkos kirim.
  • Tidak hanya menyediakan produk yang kondisinya masih baru, Bukalapak juga banyak menjual aksesoris bekas (second) yang original dan berkualitas.

Besok-besok sebaiknya sih jangan beli charger KW 10 alias palsunya kebangetan ya 🙁 beli yang ori di tempat yang tepat. Kalaupun terpaksa beli yang KW, lakukan tips di atas ya.