Televisi adalah barang elektronik yang pasti ada di setiap rumah, bahkan kadang ada yang memiliki 2 sampai 3 pesawat televisi. Sebagai pusat hiburan, televisi seakan wajib ditonton tiap malam. Kadang acara makan malam diadakan di depan TV. Ukuran televisi juga berevolusi jadi makin tipis. TV LED layarnya lebar tapi pipih. Harga TV LED juga makin murah.Ā  Walau harganya murah, bagaimana cara perawatannya?

Simak Tips Ini Agar TV Led Anda Awet

1. Letakkan di Tempat Aman

Di mana Anda biasa menaruh televisi? Jika Anda punya anak balita, maka jangan menaruh TV LED di atas rak TV seperti biasanya. Taruhlah barang elektronik ini menancap pada tembok. Gunakan alat bracket untuk menempelkannya, sehingga televisi tidak jatuh. TV akan aman dari jangkauan anak sehingga tidak akan rusak.

Televisi yang diletakkan di sebelah atas juga aman dari jangkauan banjir, jika daerah rumah Anda sering banjir. TV itu tidak akan tersenggol secara tidak sengaja lalu terjatuh. Maklum, ukuran TV sangat tipis sehingga ia rawan tersenggol.

2. Pasang Time

Pernahkah Anda menonton siaran langsung sepakbola di televisi lalu tertidur semalaman? Padahal TV yang dinyalakan terlalu lama bisa membuatnya panas dan cepat rusak. Jika Anda khawatir tertidur, pasanglah timer pada TV. Misalnya, 2 jam setelah Anda nyalakan, maka barang elektronik ini akan mati sendiri.

3. Matikan Jika Tidak Dipakai

Kadang TV dinyalakan tapi tidak ada orang yang benar-benar menonton acaranya. Televisi dinyalakan hanya untuk mengusir rasa sepi di rumah, lalu Anda tinggal menyapu dan mengepel. Nyalakan televisi hanya ketika Anda ingin menonton acara kesukaan. Jika ia dinyalakan lalu ditinggal, apa beda antara TV dan radio? Selain itu, menyalakan TV pada saat tertentu saja membuat Anda menghemat daya listrik.

4. Bersihkan Secara Berkala

Membersihkan televisi secara teratur membuatnya tampak baru selalu. TV yang bersih juga bebas debu. mengapa debu berbahaya? Debu yang menyelimuti TV Anda akan membuatnya lekas rusak. Jangan remehkan debu yang ukurannya sangat kecil.

Bersihkan televisi dengan menggunakan sulak, ayunkan pelan hingga semua debu menghilang. Anda juga bisa mengenyahkan debu dengan cara menggosokkan kain flanel atau katun yang sedikit diberi air. Jangan terlalu banyak memberi air, karena air juga bisa merusak barang elektronik ini.

5. Cabut Kabel Televisi

Saat tak digunakan, cabutlah kabel televisi. Mengapa harus dicabut? Karena kabel yang tertancap pada colokan listrik masih mengalirkan daya listrik, walau televisi tidak menyala. Jika kabel dicabut, maka akan sangat menghemat tagihan listrik Anda. Selain itu, kabel yang dicabut juga menghindarkan Anda dari korsleting yang bisa menyebabkan barang elektronik ini rusak.

Merawat televisi apalagi berjenis LED sebenarnya cukup mudah. Anda tinggal meletakkannya di tempat tinggi sehingga terhindar dari tangan anak-anak. Bersihkan TV dengan teratur dan cabut kabelnya saat tidak digunakan. TV akan lebih awet dan menghemat uang Anda.

Di mana Anda bisa membeli TV LED dan barang elektronik ? Klik situs atau aplikasi Bukalapak. Bukalapak adalah marketplace nomor 1 yang berkomitmen menjual barang-barang murah namun berkualitas baik. Anda juga bisa mencicil TV LED tanpa kartu kredit. Cari TV LED, buka saja Bukalapak.