Assalamualaikum. Menjelang akhir tahun 2018, ada satu resolusi yang belum sempat saya lakukan. Yaitu membuka rekening tabungan atas nama Mada. Selama ini menabungnya di celengan aja. Celengan penuh, tambah celengan lagi. Begitu seterusnya. Dan, celengan-celengannya Mada satupun belum dibuka.

Di Indonesia ada beberapa bank yang memiliki tabungan khusus anak. Saya memilih BNI Taplus Anak karena :

Saya belum punya rekening BNI

Dulu jamannya kuliah punya rekening BNI. Pas ngantor ternyata kudu bikin rekening Panin buat transfer gaji bulanan. Otomatis yang BNI jarang dipakai dan akhirnya ditutup.

Kantor BNI KCU Depok sangat strategis

BNI KCU Depok lokasinya di Jalan Margonda Raya No. 48. Di pinggir jalan dan enggak jauh dari kantor Walikota Depok. Dari rumah bisa naik angkot 105 dan turun di depannya persis. Selain faktor strategis, Bank BNI yang di Jl. Margonda ini cukup besar.

Faktor gedung penting ya, karena saya bikin rekening sekalian mau ngenalin Bank itu kayak gimana ke Mada. Mulai dari suasananya, pegawainya sampai kegiatan-kegiatan yang ada di Bank. Kalau Bank-nya kecil seiprit kayak gang senggol nanti Mada enggak semangat nabung *ehgimana*.

ATM-nya bisa cetak foto anak

Ini faktor penting enggak penting, sih. Karena, tujuan saya membuka rekening BNI hanya untuk kegiatan menabung bukan dijadikan sebagai transaksi aktif yang bisa diambil kapan aja. Penginnya sih enggak usah punya ATM. Mada belum ngerti juga.

Trus, saya keingetan kalau saya lebih sering menyetor uang ke tabungan yang Bank-nya warna biru via mesin ATM. Karena, malas ngantri di teller. Hmmm penting lah ya punya ATM.

Setelah memantapkan hati, saya dan Mada datang ke BNI KCU Depok. Sebelum masuk ke gedungnya, saya sudah memfotokopi persyaratan untuk membuka BNI Taplus Anak, yaitu :

  1. Fotokopian Akta lahir dan berkas asli
  2. Fotokopian Kartu Keluarga dan berkas asli
  3. KTP Asli milik orang tua

Dicatet ya Buebuk berkas-berkas persyaratannya biar enggak mondar-mandir. Mada girang banget waktu tahu dirinya bakalan punya rekening sendiri. “Kayak Mail Upin-Ipin ya Buk,” ujarnya.

Begitu saya dan Mada memasuki gedung BNI KCU Depok, saya sempat bertanya pada satpam yang berjaga tentang BNI Taplus Anak.

“Oh KTP Ibu Jakarta ? Harus bawa Surat Keterangan Domisili atau pakai SIM juga bisa,” jelas Pak Satpam. Duh, malesin banget kudu bikin SKD dulu. Wesslah, bikin di BNI Jakarta aja.

Saya pun gugling lokasi BNI sekitar Jakarta Selatan. Ada BNI Bona Indah (dekat rumah mertua tapi enggak memungkinkan bikin, karena lokasi jauh beut), BNI Jagakarsa di Jl. Durian (jauh dan ribet kudu nyari-nyari lokasinya dulu), BNI Fatmawati (males macetnya) dan akhirnya pilihan saya jatuh ke BNI Cilandak KKO. Saya ingat di perempatan Cilandak ada beberapa Bank yang berjejer di ruko-ruko. Lokasinya dari rumah memang cukup jauh dan dari mertua juga lumayan. Butuh effort kalau ke situ.

Untungnya di depan Bank BNI Cilandak KKO banyak tempat makan. Faktor ini penting juga. Kalau abis antri kali-kali haus dan lafar melanda. Tinggal cussss pilih mau makan soto ayam, nasi goreng atau mie bakso sambil minum jus. Komplit pilihannya !

Bank BNI Cilandak KKO ini terletak di ruko. Jadi, enggak sebesar Bank BNI KCU Depok. Di pintu masuk, saya segera mencari mesin untuk mengambil nomor antrian.

Dok. pribadi

Setengah jam menunggu tiba giliran saya ke Customer Service (CS). Seluruh berkas persyaratan diserahkan ke Embak CS. E-KTP saya juga dicek dengan mesin. Kemudian, Embak CS menjelaskan soal tabungan BNI Taplus Anak.

  1. Untuk membuat BNI Taplus Anak BISA dilakukan walaupun orang tuanya enggak punya rekening BNI.
  2. Setoran awal minimal Rp. 100.000.
  3. ATM standar dan ATM dengan foto anak dapat diambil 14 hari kerja. Biaya tambahan untuk membuat ATM dengan foto anak yaitu Rp. 25.000.
  4. Selama proses pembuatan ATM, nasabah tidak bisa mengambil uang melalui ATM maupun teller bank. Dicatet lagi ya buebuk.
  5. Untuk pengambilan uang melalui ATM dibatasi maksimal Rp. 500.000 per hari. Lebih dari itu jumlahnya harus melalui teller bank.
  6. Setiap penarikan tabungan, orang tua akan mendapat notifikasi melalui SMS. Caranya, pada saat pengisian form buka rekening, orang tua dapat memilih nominal transaksi yang dilaporkan notifikasi SMS. Misalnya, bila ada dana yang keluar sebesar 100 ribu rupiah akan dapat notif.Ā 
  7. Setelah anak berumur 17 tahun, BNI Taplus Anak akan diganti menjadi BNI Taplus Muda dengan nomor rekening yang sama.

Saat saya mengisi form buka rekening, Mada asyik ngobrol dengan Embak CS yang bernama Sylvia. Dari mulai soal topeng Ultraman yang dipakai di kepala Mada sampai topik Ragunan.

Dok. pribadi

Proses pembuatan BNI Taplus Anak cukup cepat. Mudah juga. Setelah mengisi form, Embak Sylvia memberikan alamat e-mailnya untuk keperluan pengiriman foto anak. Kamu sudah bikin tabungan anak ?