Mobil masih menjadi simbol kemapanan bagi kebanyakan orang Indonesia. Di hari kerja, kamu bisa melihat barisan mobil merayap di jalan-jalan utama. Di hari libur, lebih banyak lagi. Baru keluar dari komplek sudah macet di pertigaan. 

Memang sih, mobil menjadi kebutuhan utama (setelah rumah) bagi beberapa orang. Terutama, keluarga yang memiliki anak lebih dari dua. Contohnya, saya si-kakak-dengan-lima-adik. Kebayang dong kalau saya dan 5 adik plus Bapak Ibu pergi jalan-jalan ? Naik transportasi umum, enggak mungkin. Naik taksi, supirnya sudah pasti ngedumel melihat jumlah rombongan keluarga kami. Nambah beli mobil lagi ? Duh, sama aja nambah macet di jalan.

Cara praktis biar bisa jalan-jalan tanpa ribet tapi enggak kudu beli mobil baru ya sewa mobil. Catet ya, sewa mobil. Jadi, kamu enggak pusing sama cicilan tiap bulan atau mobilnya kudu parkir dimana bagi yang rumahnya enggak punya tempat parkir.

Jasa sewa mobil kian digemari. Seiring dengan semakin meningkatnya kebutuhan transportasi, sementara mobilitas menjadi prioritas, menyewa mobil selalu menjadi pilihan nomor satu ketimbang naik angkutan umum. Contohnya adalah ketika musim liburan tiba. Baik saat libur sekolah atau pun mudik Lebaran, jasa rental kendaraan pun laris manis bak kacang goreng.

Tapi sebelum kamu sewa mobil untuk kebutuhanmu, ketahui dulu beberapa jenis layanannya biar enggak salah pilih paketnya.

Sewa mobil harian

Foto : kaskus

Jasa sewa mobil ini pasti nggak asing buat kamu. Paket ini biasanya digunakan untuk kebutuhan sewa dengan durasi pendek, enggak sampai sehari atau lebih. Biasanya pihak pemberi sewa memasang tarif per enam jam. Selain mendapatkan mobil, penyewa juga akan mendapatkan jasa sopir untuk mengantarmu ke tempat tujuan. Tapi nggak sedikit juga yang ‘lepas kunci,’ tentunya dengan besaran tanggung jawab yang berbeda.

Untuk sewa mobil harian dengan jasa sopir, ketika terjadi kerusakan akan menjadi tanggung jawab rental. Sementara untuk ‘lepas kunci,’ kerusakan akan dibebankan pada penyewa. Bahkan sekarang sudah ada sewa mobil online yang membuat semua proses menjadi lebih cepat dan mudah lho!

Sewa Mobil Antar-Jemput

Pernah mendapatkan pelayanan istimewa, dijemput atau diantar dari dan ke bandara dari pihauyk hotel? Jasa ini juga termasuk sewa mobil dengan sebutan shuttle. Keberadaannya sangat dibutuhkan oleh tamu-tamu hotel yang butuh tepat waktu sampai di bandara. Di sisi lain, hotel dengan layanan ini tentunya jadi pilihan prioritas karena memudahkan pelanggannya dalam urusan transportasi.

Selain dari dan ke bandara, shuttle juga menerima pesanan sewa mobil untuk mengantarkan ke sebuah destinasi. Biasanya kendaraan yang digunakan berukuran besar sehingga bisa memberangkatkan lebih banyak orang. Untuk masalah biaya, tentunya tergantung dari pihak hotel.

Sewa Mobil Bulanan

Foto : Antara/Eric Ireng

Selain harian dan shuttle, jasa rental kendaraan juga melayani sewa mobil dalam hitungan bulan dengan minimal waktu sewa satu bulan. Ada dua pilihan untuk jasa ini, dengan atau tanpa sopir. Biasanya layanan ini dipilih oleh perusahaan. Tapi nggak menutup kemungkinan, ada perseorangan yang membutuhkan sewa mobil bulanan. Bagaimana soal perawatan kendaraan? Tentunya ini menjadi tanggung jawab pihak pemilik, atau rental mobil.

Sewa Mobil Jangka Panjang

Disebut Sewa Mobil Jangka Panjang karena durasi peminjamannya memang cukup lama. Hitungan waktu untuk sewa mobil jangka panjang ini adalah, minimal, enam bulan dan maksimal tiga tahun. Pilihan sewa mobil ini paling sering digunakan oleh pihak perusahaan sebagai cara untuk menghemat pengadaan mobil operasional.

Sama seperti sewa mobil harian atau bulanan, ada dua pilihan untuk jasa ini, yaitu dengan atau tanpa jasa sopir. Begitu juga untuk servis, atau perawatan mobil, yang jadi tanggung jawab pihak rental.

Ketahui empat macam sewa mobil di atas. Biar enggak salah pilih dan tetap efektif dalam hal anggaran ketika membutuhkan jasa rental mobil.