Pilih-pilih Botol Susu BPA Free Untuk Bayi Usia 3-12 Bulan

botolsusubayi

Sekarang ini, mudah sekali menemukan botol susu untuk bayi dengan harga ekonomis di pasaran.  Bentuknya pun lucu-lucu dengan gambar menggemaskan yang menghiasi pada bagian badan botol. Rasanya ingin dibeli semua.

Padahal, tahukah Bunda memilih botol susu untuk bayi tidak bisa sembarangan. Salah memilih botol susu dapat berbahaya bagi kesehatan bayi di masa depan.  Karena, ASI perah maupun susu formula yang disimpan dalam botol susu akan langsung diminum oleh bayi.

Kriteria botol susu untuk bayi sebaiknya bebas dari Bisphenol A (BPA) atau BPA free. Zat kimia ini biasa digunakan dalam pembuatan botol susu berbahan plastik, sehingga botol terlihat bening dan tidak mudah pecah. Jika BPA ini terkena panas dapat menyebabkan kanker.

Selanjutnya, Bunda perlu mengecek nomor yang tertera pada bagian bawah botol susu. Botol susu untuk bayi yang aman memiliki nomor 2 dari bahan high-density polyethylene (HDPE). Hindari botol susu dengan nomor 7 (Polycarbonate/PC) karena mengandung BPA.

Alternatif lain, Bunda dapat memilih botol susu kaca. Lebih aman dari kandungan BPA. Namun, yang perlu diperhatikan, botol kaca rentan pecah atau retak saat dipanaskan. Berbahaya jika pecahannya masuk ke dalam susu bayi.

Setelah mengetahui kriteria dalam memilih botol susu untuk bayi, Bunda masih harus trial and error saat membeli botol susu BPA free.

Straight-bottles

Image result for Straight-bottles for baby

Foto : Dhgate.com

Merupakan bentuk standar pada botol susu bayi yaitu lurus pada bagian atas hingga dasar botol. Ada juga yang memiliki lekukan di bagian tengah, menyerupai jam pasir. Bayi Bunda akan mudah menggenggam botol susunya.

Saat Bunda dalam sebuah perjalanan dan membutuhkan botol susu tambahan untuk si kecil, Bunda dapat mudah menemukan botol ini di apotik. Bentuk botol juga sesuai dengan kantung pada diaper bag. Serta, ukurannya pas dengan bottle warmer dan bottle sterilizer.

Angle-neck bottles

Image result for angle neck baby bottle

Foto : bubsngrubs.com

Bentuk botol susu ini melekuk pada bagian leher. Tujuannya, untuk mengurangi jumlah udara masuk pada saat bayi Bunda menghisap susu dari botolnya. Sehingga, bayi tidak mudah kembung dan dapat tercegah dari infeksi telinga.

Pada merek tertentu, bagian bawah botol susu dapat dicopot sehingga mudah dibersihkan. Harganya relatif mahal dibanding straight-bottles. Hanya tersedia di toko perlengkapan bayi premium atau membeli online.

Disposable Liner Bottles

 

Image result for Disposable Liner Bottles

Foto : carousell.com

Botol susu ini berisi kantong plastik kecil sebagai wadah ASI atau susu formula untuk bayi Bunda. Kantong plastik dapat dibuang setelah digunakan. Cocok bagi Bunda yang sedang travelling atau berada dalam kondisi tidak bisa membersihkan botol susu setiap waktu.

Saat ini, disposable liner bottles tersedia di toko perlengkapan bayi tertentu dan toko online.

Round bottles

Image result for round baby bottle

Foto : amazon.com

Dibandingkan jenis botol susu lainnya, round bottles berukuran bulat, lebar dan lebih pendek. Biasanya, bagian botol terbuat dari high silicone. Bentuk nipple dibuat menyerupai puting Bunda sehingga bayi tidak mengalami bingung puting.

Keunggulannya, seluruh bagian round bottles lebih mudah dibersihkan. Namun, kadang tidak muat saat dimasukkan ke dalam diaper bag atau bottles warmer.

Sudah tahu bakal membeli botol susu yang mana, Bunda ?

Jadi, daripada Bunda membeli botol susu ekonomis yang dapat membahayakan kesehatan bayi, lebih baik ‘berinvestasi’ dengan botol susu BPA free yang harganya sedikit lebih mahal. Sewaktu-waktu, si kecil sudah tidak nge-dot, Bunda bisa melungsurkan untuk the next baby atau menjualnya di toko online khusus preloved. Dan, yang perlu diperhatikan, penggunaan botol susu BPA Free ini maksimal 6 bulan aja ya Bun.

Disclaimer : Tulisan ini awalnya dibuat untuk Ayahbunda.co.id, namun ternyata tidak bisa dimuat, karena Ayahbunda tidak menyarankan pemberian botol susu pada bayi.

Foto header sebelum diedit berasal dari Independent.co.uk.

ttd-marso

Iklan

4 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s