Bagaimana Buah Cranberry Dapat Mengatasi Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita ?

cranberrypriveuricran

Menjelang petang, kendaraan yang ada di sepanjang jalan Sudirman Thamrin mulai berjalan merayap. Pemandangan ini menjadi hal yang biasa dialami para pencari nafkah di kota metropolitan. Ada yang masih bisa tersenyum. Ada juga yang harap-harap cemas. Enggak sedikit yang tersulut emosi saat kendaraannya disalip kendaraan lain. Terjebak macet satu-dua jam di jalan tentu bukan hanya menguras energi tapi juga waktu.

Seperti yang aku alami saat berada di Transjakarta menuju arah pulang. Bus belum tiba di halte akhir Ragunan, nampak seorang perempuan wajahnya memucat diantara penumpang yang berdesakan. “Mbak sakit ? Mukanya pucat,” tanyaku, kemudian.


“Aku kebelet pipis Mbak. Padahal tadi sebelum naik TJ udah pipis di toilet kantor,” Ia berdiri sambil memiringkan paha sebelah kirinya. “Duh mana tiap aku pipis rasanya sakit banget, udah kayak apaan Mbak,”

Aku pun meminta salah satu penumpang untuk berkenan memberikan kursinya pada Si Mbak yang wajahnya pucat itu. Saking enggak bisa menahan pipis, Si Mbak terpaksa turun sebelum halte yang dituju. Duh, aku membayangkan tersiksanya menjadi Si Mbak itu. Apalagi setelah turun di halte, jarak jembatan menuju toilet umum itu tentunya enggak dekat.

Penasaran, aku mencari informasi tentang ‘sakit saat buang air kecil (BAK)’ dari Mbah Gugel. Hasilnya sebagai berikut :

cranberrypriveuricranciriciri

Dok. pribadi

Terdapat 7,370,000 jawaban yang intinya menyebutkan jika mengalami gejala sakit pada saat BAK merupakan gejala anyang-anyangan atau Infeksi Saluran Kemih. Anyang-anyangan mudah terjadi pada wanita karena saluran kemih wanita lebih pendek dari lak-laki. Dan, wanita memiliki lubang saluran kemih, liang vagina, dan lubang anus yag letaknya berdekatan dan terbuka.

Aku pribadi pernah mengalami ISK saat hamil Mada. Pengalaman tak terlupakan karena saat mengalami rasanya uwoooow sakit dan mengganggu. Dikit-dikit pengin pipis. Giliran lagi pipis, sakitnya ampun-ampun. Dari dokter spesialis kandungan, aku direkomendasikan untuk cek laboratorium. Dan, hasilnya jumlah leukosit atau sel darah putih pada air seni-ku ini cukup banyak. Panik dan malu bercampur jadi satu.

Atuhlah, naon banget bisa ada bakteri di saluran kemih-ku. Apa kata Pak Gondrong. Bisa-bisa aku dianggap sebagai Ibu Hamil terjorok se-dunia. Hayang ceurik pisan. 

 

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Dokter pun memberikan antibiotik untuk atasi ISK. Setelah dikonsumsi secara teratur, alhamdulillah sembuh dan aku pun bisa melahirkan secara normal. Enggak kebayang lho kalau gara-gara ISK, aku melahirkan prematur atau janin-ku kenapa-kenapa.

Berbekal pengalaman tersebut serta rasa keingintahuan-ku yang besar tentang ISK, aku mengikuti Blogger Gathering & Talkshow bersama Prive Uri-Cran dan Blogger Perempuan yang berlangsung pada tanggal 26 Mei 2018.

Informasi ini tentu sangat berguna untukku dan para pembaca blog mariasoraya.com. Daripada bolak-balik nanya sama Mbah Gugel dan sumbernya yang random. Daripada kamu tertekan gara-gara terkena ISK. Baca aja tulisanku ini hingga tuntas.

Blogger Gathering & Talkshow Bersama dr. Boy Abidin, SpOg (K)

IMG_20180526_165349

dr. Boy Abidin – Dok. pribadi

Blogger Gathering & Talkshow bersama Prive Uri-Cran dan Blogger Perempuan ini bertempat di Hotel Harris Kelapa Gading. Untungnya, aku enggak mengalami kesulitan saat menuju lokasi. Thanks to technology, turun dari Stasiun Sawah Besar, aku langsung pesan Babang Ojol yang langsung mengantarku ke lokasi acara yang dihadiri oleh sekitar 60an blogger se-Jabodetabek.

dr. Boy Abidin, SpOG (K) -dokter spesialis kandungan yang praktek di RS. Mitra Keluarga Kelapa Gading- menjadi narasumber pada talkshow yang bertema “Pentingnya Menjaga Kesehatan Saluran Kemih pada Wanita”. Bagi yang sering menonton acara Oz Indonesia pasti enggak asing sama wajah lelaki yang menjadi host acara tersebut.

Sebelum talkshow dimulai, dr. Boy sempat bertanya pada undangan adakah yang pernah mengalami anyang-anyang atau ISK. Mbak Mirna Kei Rahardjo mengangkat tangan. Ia menceritakan pengalaman pahitnya terkena ISK saat hamil. Kemudian, dr. Boy menjelaskan tentang penyakit yang rentan dialami oleh wanita.

Related image

Foto : klinikgarciajakarta.com

“Infeksi Saluran Kemih merupakan infeksi yang disebabkan oleh koloni kuman pada saluran kemih. Sebanyak 50 % hingga 60 % wanita mengalami ISK. Bisa terjadi pada wanita dewasa, menopause bahkan anak-anak. Jika pernah mengalami, akan mengalami lagi jika tidak menjaga kebersihan area intim,” jelas dr. Boy Abidin, SpOG (K).

Bagaimana koloni kuman itu bisa ada di saluran kemih ? Rupanya disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan ‘sepele’ yang mungkin pernah kamu lakukan, misalnya :

  1. Kurang minum. Idealnya, dalam sehari manusia minum sebanyak 8 s/d 10 gelas untuk mencegah ISK.
  2. Arah cebok yang salah. Buat sebagian wanita, saat BAK atau BAB yang penting cebok bersih. Padahal, wanita perlu tahu bahwa arah cebok yang benar yaitu dari depan ke belakang. Salah arah cebok dapat berakibat bakteri E.coli yang terdapat pada anus pindah ke area kemih.
  3. Toilet tidak bersih. Namanya BAK di toilet umum, seringkali wanita begitu kebelet langsung duduk nemplok di atas kloset. Biasakan membersihkan dudukan kloset dengan cairan khusus pembersih. Di mall-mall gede, biasanya disediakan cairan ini yang letaknya dekat tissue toilet.

Sadar atau tidak sadar, jika kebiasaan buruk di atas sering kamu lakukan, siap-siap aja mengalami anyang-anyangan yang merupakan gejala dari ISK.

Hal lain yang menyebabkan seorang wanita mudah terkena ISK, jika ia mengalami kondisi sebagai berikut :

  1. Diabetes. Pada penderita diabetes, aktifitas BAK lebih sering. Bolak-balik ke toilet serta rendahnya sistem imun pada penderita diabetes akan memudahkan bakteri masuk ke saluran kemih.
  2. Hamil. Pada beberapa Ibu Hamil ada yang mengalami keputihan hingga menyebabkan organ intimnya terkena ISK. Dan, terkadang semakin besar usia kehamilan biasanya tangan akan semakin sulit mencapai daerah organ intim saat cebok.
  3. Lupa bebersih organ intim setelah berhubungan seksual. Ini terlihat sepele. Namanya Istri ya, mikirnya positif aja ‘ngapain harus bersih-bersih vagina, wong sama suami sendiri’. Plisss Embak, organ intim wanita itu sensitif banget sama segala kuman. Mulai hari ini, jangan lupa basuh vagina dengan bersih setelah berhubungan seksual.

Dengan kebiasaan-kebiasaan serta kondisi yang aku sebutkan di atas, sekarang kamu sudah tahu ya betapa pentingnya untuk lebih peduli pada area organ intim.

Dari penjelasan dr. Boy Abidin, SpOg (K) ternyata, gejala Infeksi Saluran Kencing ini dibagi 2 yaitu :

Infeksi Saluran Kemih bagian bawah
menyerang area sekitar kandung kemih, dengan ciri-cirinya sebagai berikut :
  1. Nyeri saat BAK
  2. Sering BAK pada malam hari
  3. Tidak dapat menahan BAK
  4. Anyang-anyangan alias sering BAK tapi cairan yang keluar sedikit
  5. Mengalami nyeri pada bagian perut
Infeksi Saluran Kemih bagian atas
menyerang area atas yaitu ginjal dan ureter, dengan ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Nyeri pada pinggang (ginjal)
  2. Demam dan menggigil
  3. Mual dan muntah
  4. Kehilangan nafsu makan

Jika ISK sudah parah, ia akan menyerang tubuh bagian atas. Aku pun langsung membayangkan Si Mbak berwajah pucat yang kutemui di Transjakarta beberapa waktu lalu. Duh, semoga Si Mbak-nya segera memeriksakan diri ke Dokter dan cepat sembuh ya. Amiiin.

Semakin petang, tamu undangan termasuk aku semakin antusias menyimak penjelasan dr. Boy Abidin, SpOG (K) terutama saat beliau memberikan tips mencegah Infeksi Saluran Kemih atau anyang-anyangan.

Copy of dazzle

6 tips dari dr. Boy Abidin, SpOg (K) ini harus langsung dipraktekkan bagi yang sedang mengalami anyang-anyangan atau ISK. Menjaga kesehatan organ intim dimulai dari kebiasaan-kebiasaan baik tapi banyak manfaatnya di kemudian hari.

Karena, Infeksi Saluran Kemih bukan hanya dialami oleh Wanita dewasa tetapi anak-anak balita pun dapat mengalami. Ngeri banget kan ya.

dr. Boy Abidin, SpOg (K) sempat menambahkan tips bagi wanita saat bebersih organ intim, yaitu ; hindari vagina douche untuk wanita, gunakan tissue toilet yang enggak mudah benyek saat kena air karena berakibat menempel di dalam vagina dan boleh membersihkan vagina (maks. 2x sehari) dengan pembersih khusus yang memiliki pH 3,5.

Bagaimana Buah Cranberry Mengatasi Infeksi Saluran Kemih Atau Anyang-anyangan Pada Wanita ?

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQ4_DAC3mcJvnCk4FvL510vqX6NLTSzpvRrIjgAFJSYkeqpZLxV

Yang doyan minum jus atau suka makan buah-buahan pasti sudah enggak asing sama buah strawberry. Berbentuk lonjong dengan permukaan buah yang berlubang-lubang serta rasanya asam kadang manis. Strawberry sering dijadikan minuman jus, dimakan langsung bahkan menjadi bahan makanan seperti puding.

Gimana kalau cranberry ?  Mungkin satu dua pembaca blog mariasoraya.com pernah makan langsung buah yang bentuknya bulat dengan permukaan halus ini. Memang, cranberry termasuk buah impor yang banyak ditemukan di benua Eropa dan Amerika. Enggak heran, Di Indonesia harga buah cranberry tergolong mahal, bahkan hanya dijual di toko-toko tertentu. Jangan cari di pasar tradisional ya, karena enggak bakalan ketemu.

Meskipun harganya mahal, buah cranberry sangat istimewa lantaran mengandung kandungan vitamin C yang tinggi, tinggi serat, mineral, dan senyawa fitokimia. Dan, terdapat senyawa antosianidin yang dapat mengatasi masalah anyang-anyangan atau ISK. Senyawa ini ampuh banget mencegah pertumbuhan mikroba pada saluran kemih, lho.

“Kak, aku ini kena anyang-anyangan dan tinggal jauh dari Ibukota, Babang Ojol juga suka susah menjemput aku karena lokasi tempat tinggalku enggak ke-detect GPS. Mbok ya kasih solusi lain selain nyari buah cranberry yang harganya M A H A L itu,”

Nah, dr. Boy Abidin, SpOG (K) lagi-lagi menjelaskan nih kalau saat ini cara mengatasi anyang-anyangan pada wanita dengan mengkonsumsi Prive Uri-Cran secara teratur. Prive Uri-Cran ini mengandung ekstrak Cranberry. Jadi, enggak perlu repot nyari buah Cranberry se-Jakarta dan sekitarnya yah. Cukup beli online via e-commerce langganan kamu atau bisa juga di Apotik. Prive Uri-Cran terdiri dari 2 kemasan, yaitu :

Kapsul

Dikonsumsi 1-2 kapsul /hari.

uricrankapsul

Serbuk

Dikonsumsi 1-2 sachet/hari. Cara penyajian cukup mudah, tuangkan 1 sachet prive uri-cran ke dalam gelas yang berisi air hangat. Bisa disajikan dalam keadaan dingin.

uricranserbuk

Asyiknya lagi nih, Prive Uri-Cran aman dikonsumsi oleh Ibu Hamil. Karena, Prive Ur-Cran bukanlah obat melainkan minuman serbuk dan kapsul yang dibuat dari ekstrak cranberry.

Aku jadi keingetan nih, waktu mengalami ISK saat hamil justru diberikan antibiotik oleh Dokter kandunganku. Padahal, sesuai anjuran dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, jadilah pasien yang bijak menggunakan antibiotik. Maksudnya, jangan langsung minum antibiotik untuk mengatasi penyakit ya.

Jadi, bagi kamu yang saat ini sedang mengalami Infeksi Saluran Kemih atau Anyang-anyangan, atasi aja dengan Prive Uri-Cran. Harganya bervariasi mulai dari Rp. 95 ribu hingga Rp. 140ribuan.

Yang kepingin tahu tips atau informasi seputar anyang-anyangan dan Infeksi Saluran Kemih, dapat mengunjungi :

Instagram: @uricran.id
Fanspage: Prive Uri-cran

ttd-marso

Iklan

2 comments

  1. Di bus transJakarta ga ada toiletnya, ya?
    Saya juga pernah kena ISK karena baru pindah ke asrama kampus, kayaknya karena pakai toilet umum yang kurang bersih. Pernah juga kena ISK karena sering nahan pipis hihi.

  2. Saya pun baru tau kalau ternyata dampak dari ISK untuk ibu hamil itu segitu bahayanya ya, mulai dari lahir prematur hingga pada kematian janin. Jadi memang nggak boleh disepelekan urusan BAK ini. Beruntunglah ada Dokter OZ yang mau membahas sampai tuntas ttg masalah ISK pada perempuan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s