Polytron Belleza 3 : Karena, Kulkas Yang Pintar Adalah Kunci Hidangan Ramadhan Yang Sehat dan Penuh Gizi

polytronbelleza3

Pemandangan yang lazim menjelang Ramadan yaitu pasar atau supermarket penuh oleh para Ibu yang belanja persiapan bahan makanan untuk bulan puasa. Sirup berbagai warna dibeli, aneka bumbu dapur entah yang fresh atau siap saji diborong bahkan ada juga yang sudah membeli aneka daging dan ikan. Namanya Ibu-ibu ya, penginnya selalu well prepared apalagi buat Ramadhan.

Melalui bulan Ramadhan juga, pahala berlipat ganda diganjar bagi mereka yang memberi makanan bagi yang sedang berpuasa. Sebagaimana yang terdapat pada hadist  β€œSiapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga“. Gimana, sudah berbagi makanan dengan tetangga atau lingkungan sekitar ?

Hal lain yang tak kalah penting dalam menyiapkan hidangan Ramadhan adalah Ibu kudu tahu nih makanan apa saja yang sebaiknya diasup oleh keluarga. Supaya, saat berpuasa enggak gampang lemas atau justru jadi malas beraktifitas. Termasuk, urusan tempat penyimpanan makanan. Apalah arti stok makanan berlimpah kalau kulkasnya tidak berfungsi dengan baik. Yang ada, hilal Ramadhan belum kelihatan, eh bahan makanan yang disimpan di kulkas sudah keburu basi.

polytronfifialviyanto

Dok. pribadi

Berkaitan dengan persiapan Ramadhan, pada tanggal 4 Mei 2018 aku dan teman-teman Blogger Crony berkesempatan hadir di event Womantalk “Healthy Plan for Ramadhan” yang berlokasi di Tanamera Coffee. Narasumber yang hadir antara lain Ms. Jocevlyn Halim dari klinik Medifit, Mbak Diana dan blogger/influencer Fifi Alviyanto.

Btw, adakah diantara kamu kamu dan kamu pembaca blog-ku ini yang masih sering malas-malasan puasa ? Duh, rugi banget deh, karena begitu banyak manfaat yang didapat dengan berpuasa, diantaranya :

  1. Mengistirahatkan sistem pencernaan.
  2. Meningkatkan imun tubuh.
  3. Menurunkan kadar insulin, gula darah dan kolesterol yang kurang baik bagi tubuh.

Kendaraan aja kudu istirahat supaya enggak cepat rusak, apalagi manusia yang notabene-nya selalu berkegiatan dari pagi sampai malam dan pastinya mulut bawaannya pengin ngunyah terus.

Dari para narasumber yang hadir, aku jadi tahu nih sebaiknya selama Ramadhan tetap menjaga pola makan sehat seperti berikut ini :

  1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan. Sangat direkomendasikan untuk lebih sering mengkonsumsi bayam, wortel dan brokoli karena mengandung antioksidan tinggi, mudah ditemukan serta dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan (tumis, jus, salad).
  2. Jaga cairan tubuh dengan memperbanyak konsumsi air putih. Yang disarankan yaitu minum air putih sebanyak 2 gelas saat berbuka, 4 gelas setelah 1 jam berbuka hingga sebelum tidur dan 2 gelas saat sahur.
  3. Penuhi kebutuhan sumber protein dengan daging dan ikan. Selain sebagai sumber tenaga, protein yang baik berguna juga untuk menjaga konsentrasi selama berpuasa.

polytrontipsbukapuasasahur

Pada saat berbuka puasa, tubuh biasanya bakal lemas terutama jika aktifitas tinggi. Untuk mensiasatinya, jangan langsung nyamber semua makanan atau minuman di depan mata. Sebaiknya, ambil segelas air putih untuk menetralisir oksigen dalam tubuh. Kemudian, -mengutip dari iklan- berbukalah dengan yang manis. Bisa jus buah tanpa gula atau 3 biji kurma. Jangan langsung mengisi perut dengan makanan atau minuman yang tinggi sukrosa alias kebangetan manis.

Ini berlaku juga pada saat sahur. Mentang-mentang kepingin tetap kuat saat menjalani aktifitas sepanjang hari, menu sahurnya satu centong nasi lengkap makanan mengandung lemak tinggi. Kemudian, diakhiri dengan satu gelas besar teh manis hangat. Kalau kamu ngelakuin ini, dijamin deh setelah sahur kamu bakalan bolak balik kamar mandi buat pipis karena teh manis itu bersifat diuretic. Ujung-ujungnya kamu lebih cepat lemes apalagi kalau makan sahurnya nasi satu centong. Siap-siap aja mengantuk saat matahari nongol.

Tips Menyiapkan Bahan Makanan Ala Fifi Alviyanto

“Saya pakai foodprep. Bahan-bahan makanan yang sudah dibeli dibersihkan dulu, dikeringkan menggunakan tissue kemudian disimpan di wadah di dalam kulkas”. kata Fifi Alvianto.

Sesi berikutnya bersama blogger sekaligus influencer- Fifi Alviyanto yang membagi tipsnya juga dalam menyiapkan bahan makanan Ramadhan. Ia sempat bertanya pada peserta Womantalk, “Ada yang sudah tahu tentang foodprep ?”

Bagi kamu yang rajin seliweran di pinterest maupun instagram pasti sudah enggak asing sama #foodprep. Ini semacam cara penyimpanan makanan dengan cara bahan makanan yang sudah dibeli, dibersihkan kemudian dimasukkan ke wadah terpisah sebelum dimasukkan ke kulkas. Tujuannya, supaya  bahan makanan tetap awet sebelum dipakai untuk memasak.

Dengan melakukan foodprep, secara tidak langsung Ibu bisa menghemat waktu dan uang. Jadi, cukup belanja seminggu sekali untuk bahan makanan yang awet untuk seminggu. Kecuali, untuk sayuran ya.

Polytron Belleza 3, Hadir Dengan Inovasi Baru

 

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Setelah mengetahui tips dan trik menyiapkan hidangan Ramadhan, selanjutnya penting ya membahas soal tempat penyimpanan makanan yang tepat. As I said before, apalah arti stok bahan makanan berlimpah kalau kulkasnya tidak berfungsi dengan baik. Benar ya ?

Pada sesi presentasi oleh Pak Sugiat, dijelaskan Polytron Belleza 3 hadir dengan beberapa fitur teknologi, diantaranya :

  1. Shielded moisture compartment yang terdapat pada Polytron Belleza 3 ini bekerja hingga dua kali sehingga daya tahan makanan dan nutrisi tetap terjaga.
  2. Humidity control crisper, yaitu kompartemen khusus untuk menyimpan sayuran, fungsinya untuk menjaga makanan tetap segar.
  3. Smart cooling system, dengan adanya teknologi ini berupa sistem pengaturan suhu digital, secara otomatis mengatur fungsi defrost sehingga lebih hemat energi.
  4. Photocatalytic deodorizer, yaitu inovasi baru dalam menyerap dan menetralkan bau tak sedap yang berasal dari bahan makanan. Dari uji coba yang sudah dilakukan oleh Polytron, dengan adanya teknologi ini dapat menjaga kesegaran buah selama 14 hari dan nutrisi buah tetap terjaga.
  5. Hemat Listrik. Buat Ibu-ibu penting banget memiliki elektronik rumah tangga yang hemat supaya pengeluaran listrik bulanan enggak melonjak naik. Polytron Bellleza 3 menggunakan kompresor yang  ramah lingkungan.
  6. Desain. Selain fungsi isi kulkas, penting juga mempertimbangkan tampilan desain luarnya ya. Polytron Belleza 3 ini tersedia dengan pilihan warna dark gray dan black mirror yang mewah.
  7. Garansi 10 tahun. Untuk kompresor hingga 10 tahun dan 1 x 24 jam jaminan perbaikan untuk memberikan kepuasan konsumen yang maksimal.

Untuk pilihan kulkasnya sendiri, Polytron Belleza 3 memiliki beberapa tipe yaitu kulkas 1 pintu untuk 160 liter dan 180 liter. Kemudian, kulkas 2 pintu kapasitas 220 liter dan 240 liter. Harga yang dibandrol mulai dari Rp. 1.500.000 untuk kulkas 1 pintu tanpa handle. Terjangkau banget ya πŸ™‚

FYI, Polytron ini merupakan produk elektronik lokal di Indonesia yang sudah ada sejak tahun 1975. Pabriknya terdapat di Kudus dan Semarang. Produk Polytron terdiri dari berbagai audio video, home appliances hingga smartphone. Aku pribadi punya kulkas Polytron yang Belleza Series warna merah maroon yang pintu depannya ada gambar bunganya. Dinginnya awet dan harganya terjangkau.

Cooking Demo : Membuat Puding Chia Seed Bersama Chef Joanita Ari

Asyiknya mengikuti Womantalk Class, selain ada talkshow, peserta juga belajar membuat puding chia seed bersama Chef Joanita Ari dari @kangenlangsing. Bahan makanan sudah disediakan Chef cantik ini termasuk homemade susu almond yang dibawa dari rumah.

Puding chia seed ini bukan cuma enak tapi sehat banget, karena chia seed ini termasuk superfood lho. Enggak heran harganya cukup mahal. Untuk penyajian pada puding chia seed ini, cukup direndam dengan susu almond.

Di akhir sesi, seluruh peserta diajak lomba menghias puding chia seed. Peserta yang duduk di sebelahku menjadi salah satu pemenang. Karena, dia memang niat banget menghias puding dengan properti bunga yang dipotong-potong sedemikian rupa sehingga puding nampak cantik.

Ah, komplit banget ya rangkaian event yang diadakan Womantalk bersama Polytron ini. Aku jadi tahu berbagai fitur teknologi yang ada pada Polytron Belleza 3 yang tentu bikin setiap perempuan jatuh hati. Kemudian, aku jadi tahu juga cara menyajikan makanan sehat selama Ramadhan ini. Dan, aku kepingin praktek puding chia sheed untuk menu berbuka puasa nih. Sampai ketemu di event selanjutnya ya πŸ™‚

ttd-marso

 

Iklan

17 comments

  1. Aihh, bener euy.
    Kulkas yang bener itu bikin mood emak-emak bener juga.
    Kalo dinginnya ga rata ato nge-heng mati-mati sendiri, rasanya tuh hati emak juga galaw.

  2. Oh tidaaaak. Aku masih belum bisa bhay dari gorengan. Display gorengan di gerobak sungguh menggoda >,<

  3. Harganya terjangkau ya untuk kulkas satu pintunya. Btw, aku selalu pake gorengan klo buka puasa. Hihihi.. gak sehat sih, tapi nyaaakk..

  4. Penyimpanan makanan yang tepat dengan pendingin yang mendukung memang membuat hasil penyimpanan buah dan sayur lebih bagus, Kualitas tetap terjaga dan nggak mestilah rerpot-repot belanja setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s