Ini Lho Alasannya Menggunakan Batik Kombinasi Lebih Menarik Daripada Batik Penuh

batik

Batik merupakan salah satu kain tradisional yang saat ini sudah banyak digunakan untuk berbagai model busana baik untuk masyarakat Indonesia maupun dunia. Batik memiliki motif yang sangat kaya apalagi dengan munculnya motif-motif baru yang disebut sebagai motif batik modern. Motif batik selalu menegaskan kesan resmi atau formal untuk setiap model busana yang dibuat menggunakan kain tersebut.

Untuk beberapa kegiatan hal tersebut bisa menjadi kelebihan, akan tetapi untuk jenis kegiatan lain yang lebih santai hal tersebut juga bisa menjadi sebuah kekurangan. Cara yang dilakukan para designer untuk mengatasi kekurangan tersebut adalah dengan mengkombinasikan batik dengan kain lainnya agar tetap bisa digunakan secara luas untuk semua jenis kegiatan. Model baju batik kombinasi sekarang ini justru lebih banyak dipilih dibandingkan batik lengkap.

Jika dahulu busana batik umumnya adalah sebuah kemeja dengan motif batik di keseluruhan bagian kemeja, kini dengan adanya tambahan kain lain kemeja batik tampil lebih menarik. Meski pada dasarnya model yang dipakai adalah sebuah kemeja standar, namun dengan penambahan kain lain selain batik dan memodifikasi letak kombinasi kain tersebut akan menghasilkan kreasi kemeja yang sangat beragam. Ada beberapa jenis kombinasi kain yang umumnya digunakan untuk menyerasikan batik antara lain:

  1. Kain polos.
  2. Kain brokat.
  3. Kain songket.
  4. Dsb.

Dari semua jenis kain di atas, jika Anda ingin menggunakan busana yang lebih bersifat casual atau santai, sebaiknya memilih model baju batik kombinasi dengan kain polos yang memiliki warna senada dengan motif batik. Penggunaan batik dengan kombinasi kain tradisional lainnya justru akan mempertegas kesan bahwa Anda menggunakan busana yang bersifat formal atau mewah. Meski kain kombinasi yang digunakan adalah kain polos, namun karena batik sendiri sudah memiliki motif yang penuh dan kaya justru akan semakin memberikan warna dan keseimbangan pada busana yang digunakan.

Berikut kelebihan mengenakan baju batik kombinasi

Secara garis besar, jika Anda menggunakan batik kombinasi pada busana, ada beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan antara lain:

1. Tampil lebih santai.

Image result for ootd batik

Foto : Prillylatuconsina.net

Karena batik selalu identik dengan pakaian resmi atau formal, menggunakan kombinasi kain polos akan menurunkan sifat tersebut apalagi jika Anda menemukan perpaduan model yang pas. Dengan begitu Anda akan bisa menggunakan batik tanpa terkesan kaku, tua atau pun terkesan dalam suasana formal.

2. Menyeimbangkan pola.

Related image

Foto : Momhijab.com

Batik merupakan kain yang memiliki motif penuh di semua bagian kainnya. Hal tersebut bisa menjadi kekurangannya karena jika digunakan pada semua bagian busana akan tampak terlalu ramai. Memberikan kombinasi kain polos baik  kain biasa maupun kain tradisional polos lainnya akan menyeimbangkan kesan tersebut.  Anda bisa mengkombinasikan pada satu model pakaian ataupun untuk atasan dan bawahan misalnya atasan batik dengan bawahan polos dan sebaliknya.

3. Lebih terlihat muda.

Related image

Foto : idemodelbusana.com

Batik yang merupakan kain tradisional merupakan warisan leluhur yang digunakan sejak jaman dahulu. Menggunakan batik jika Anda tak memilih model dan motif yang sesuai bisa memberi kesan lebih tua dibandingkan usia Anda. Hal ini bisa dikurangi dengan cara memilih model batik kombinasi.

Banyak model baju batik kombinasi yang bisa Anda miliki untuk mendapatkan semua kelebihan di atas. Cara memilihnya pun sangat mudah yaitu dengan melihat di situs jual beli online untuk mendapatkan model yang sesuai. Selain membeli langsung, Anda juga bisa menjahitkan sendiri bahan batik dan kain polos untuk mendapatkan busana yang sesuai dengan ukuran tubuh Anda.

ttd-marso

Iklan

20 comments

  1. Aku suka foto yang ke tiga. Lebih modern dan santai. Sekarang pakai batik mah nggak mesti ke kondangan aja ya, acara resmi kayak undangan dinner juga bisa kombinasi batik.

  2. Ye bener banget. Ak lbh suka pake baju batik yg kombinasi sama bahan polos. Jd tetep bisa dipake klo jalan2 pas weekend.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s