Beragam Kemudahan Layanan PLN Online

plnonline

PLN (Perusahaan Listrik Negara) yang sudah dirintis sejak zaman prakemerdekaan, merupakan salah satu instrumen terpenting dalam pembangunan. Pasalnya, keberadaan listrik bisa menjadi sarana utama bagi pertumbuhan industri-industri manufaktur yang menghasilkan produk-produk untuk kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, adanya listrik juga bisa mempermudah berbagai aktivitas di rumah. Tidak mengherankan, sebagian besar peralatan rumah tangga kini sudah dilengkapi piranti penghubung listrik. Jadi, kegiatan mencuci, memasak, dan bersih-bersih rumah pun bisa dilakukan dengan mudah dan lebih cepat.

Berkat manfaatnya yang begitu besar tersebut, listrik yang dahulu hanya dinikmati masyarakat perkotaan, saat ini sudah diperluas hingga ke pelosok wilayah Indonesia. Bagi Anda yang sudah memanfaatkan internet, Anda bisa mendapatkan informasi lanjutan di situs Traveloka.com atau dengan klik link ini. Dibawah ini adalah penjelasan mengenai PLN online secara detail.

Apa Itu PLN Online?

plnonlinewebsite

Setelah listrik masuk ke desa-desa, satu jaringan lain yang kini mulai berkembang luas adalah internet. Keberadaan internet yang mampu menjangkau kawasan-kawasan di seluruh dunia akhirnya menjadi peluang bagi PLN untuk memberikan kemudahan yang lebih besar bagi para pelanggannya.

Melalui layanan, PLN Online, para pelanggan tidak perlu repot-repot lagi datang ke kantor PLN untuk mengurus listrik. Sebab, hanya dengan ponsel pintar atau laptop, kebutuhan listrik PLN pun bisa terpenuhi.

Lalu, layanan PLN apa saja yang tersedia secara online ? Simak beberapa uraian singkat berikut ini.

1. Sambungan Baru

neven-krcmarek-424910-unsplash

Sumber foto : Unsplash.com

Memiliki rumah baru tentu menjadi harapan banyak orang. Saat membangun rumah, satu hal yang perlu dipersiapkan adalah sambungan listrik.

Melalui layanan online, Anda bisa memperoleh sambungan baru listrik PLN. Untuk mengurusnya, berikut langkah-langkah yang bisa Anda tempuh.

Pertama, calon pelanggan harus mengakses situs web layanan PLN PB/PD Online. Setelah itu, klik menu ‘Pasang Baru’. Pada halaman berikutnya, Anda akan mendapati aturan ketentuan pemasangan sambungan baru. Jika setuju, Anda bisa mengisi data pemohon.

Jika sudah selesai, Anda akan memperoleh kode konfirmasi melalui email. Jika permohonan sudah diterima, Anda perlu melakukan pembayaran melalui bank atau transfer dengan menggunakan nomor registrasi. Apabila sudah berhasil, petugas PLN akan datang untuk memasang meteran listrik di rumah Anda.

2. Perubahan Daya/Migrasi

diz-play-31367-unsplash

Sumber foto : Unsplash.com

Meningkatnya kebutuhan listrik rumah tangga akhirnya membuat banyak keluarga harus menambah daya listrik di rumahnya. Untungnya saat ini sudah ada PLN online sehingga pelanggan tidak perlu jauh-jauh pergi ke kantor PLN.

Permohonan perubahan daya atau migrasi listrik dapat dilakukan dengan mengakses web PB/PD. Kemudian, pilih menu ‘Perubahan Tarif/Daya’. Setelah mengisi data pelanggan, Anda akan menerima email kode konfirmasi yang harus dimasukkan kembali ke web PB/PD.

Saat mengajukan proses perubahan daya tersebut, pastikan bahwa Anda tidak memiliki tunggakan tagihan listrik. Jika sudah lunas, Anda akan mendapatkan email yang berupa surat izin pemasangan dan nomor registrasi untuk melakukan pembayaran di bank atau ATM. Jika seluruh proses permohonan dan pembayaran sudah berhasil dan dikonfirmasi, petugas akan segera datang untuk mengganti meteran listrik di rumah Anda.

3. Sambungan Sementara

chuttersnap-461238-unsplash

Foto : Unsplash.com

Untuk menggelar suatu acara selama beberapa hari atau beberapa minggu, tentu dibutuhkan jumlah listrik yang cukup besar. Sebagai solusi, para panitia penyelenggara acara umumnya memilih menggunakan sambungan listrik sementara dari PLN.

Apabila Anda juga berencana mengajukan permohonan sambungan sementara, berikut langkah-langkahnya. Pertama, buka situs PB/PD PLN. Setelah itu, pilih menu ‘Sambungan Sementara’.

Setelah mengisi data pemohon, perhitungan biaya, dan pemakaian daya, Anda akan segera memperoleh kode konfirmasi via email. Selanjutnya, masukkan kembali kode tersebut ke situs PB/PD dan lanjutkan hingga permohonan diterima.

Tidak lama kemudian, Anda akan menerima email yang berupa surat izin penyambungan serta nomor registrasi untuk keperluan pembayaran. Jika semua sudah lunas dan berhasil dikonfirmasi, pihak PLN akan segera mengirim petugas untuk pemasangan meteran di lokasi yang sudah ditetapkan.

4. Pembayaran Tagihan dan Pembelian Token Listrik

priscilla-du-preez-216790-unsplash

Foto : Unsplash.com

Kemudahan lain yang ditawarkan PLN online dan disukai para pelanggan adalah mudahnya pembayaran tagihan listrik serta pembelian token listrik. Sebab, saat ini sudah tersedia cukup banyak media pembayaran yang bisa dipilih oleh pelanggan. Salah satu tempat pembayaran tagihan listrik atau pembelian token online terfavorit adalah Traveloka.

Situs jual beli terbesar yang sejak lama dikenal melayani beragam jenis akomodasi tersebut, ternyata juga menyediakan platform pembayaran listrik PLN online. Cara pembayarannya juga terbilang mudah.

Apabila sudah memiliki ponsel pintar, Anda hanya perlu membuka aplikasi Traveloka, lalu masuk ke menu ‘Listrik PLN’. Setelah itu, pilih produk ‘Tagihan Listrik’ atau ‘Token Listrik’. Jika sudah, Anda hanya tinggal mengikuti perintah yang tersedia hingga selesai.

Metode pembayaran yang tersedia pun cukup mudah karena ada banyak pilihan bank yang bisa digunakan. Setelah melakukan transaksi, konfirmasi juga bisa langsung dilakukan melalui aplikasi. Dengan demikian, waktu yang dibutuhkan pun lebih singkat dan efisien. Deskripsi mengenai info layanan PLN online di Traveloka juga bisa Anda lihat melalui situs web Traveloka.

Dari hari ke hari, PLN terus membenahi diri dengan meningkatkan mutu pelayanan untuk seluruh pelanggan. Melalui PLN online, semua kebutuhan listrik mulai dari pemasangan hingga pembayaran tagihan tentu bisa menjadi lebih aman, nyaman, dan hemat waktu.

Foto header picture dari American Public Power AssociationUnsplash.

ttd-marso

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s