festivalmiepantaimutiara
“Bunn, makan bakmi tuh saos sama sambelnya jangan setumplek gitu dong. Rasa bakminya kan hilang,” kata Pak Gondrong, suatu sore. Mada yang duduk di sebelah saya bergidik ngeri melihat mangkok bakmi Ibunya yang sudah berubah warna. “Lagian makan bakmi yang bener itu dimakan dulu bakminya, bukan dituang dulu saosnya. Nanti kamu sakit perut,”
Saya merengut sambil mengaduk-aduk bakmi yang aromanya sudah nyampe di kepala. “Aku kan udah starving, Hunn. Starving plissss. Kamu gak lihat muka aku berubah jadi tirus gini gara-gara ngantri bakmi kelamaan,” seloroh saya.

Yeah, musim hujan memang membuat perut mudah lapar. Biasanya orang bakal mencari tempat makan yang menyediakan makanan berkuah. Diantara sekian banyak pilihan, paling gampang menemukan bakmi. Mau yang di kedai pinggir jalan dengan harga murah atau yang di restoran dengan harga dua kali lipat, pasti enggak pernah sepi pengunjung.
Bakmi bukan hanya menjadi penghangat tubuh di kala hujan. Beberapa orang bahkan senang berburu aneka bakmi yang berbahan dasar tepung, telur dan ayam ini. Jika dulu, bakmi hanya tampil dengan topping daging dan sayuran thok. Kini, ada sebutan bakmi modern yaitu bakmi dengan topping ceker ayam, chicken katsu, saus bolognese hingga keju. Gimana ya rasanya ? Pasti selain enak, kenyang banget ya.
Berkaitan dengan bakmi, hari Minggu lalu (25 Maret 2018) saya hadir di Pantai Mutiara Mie Festival 2018. Sempet galau, karena lokasinya cukup jauh dari tempat tinggal saya di Depok. Tapi, karena penasaran dan lagi pengin me time dengan suasana berbeda, saya pun berangkat ke lokasi. Ternyata, enggak susah ya transportasi menuju Sports Club Pantai Mutiara yang beralamat di Jl. Raya Pantai Mutiara, RT.6/RW.16, Pluit, Penjaringan, Kota Jakarta Utara 14460.
Dari Depok, saya naik commuter line jurusan Kota (PP). Lalu, lanjut naik ojek online dengan tarif 10k aja. Alhamdulillah, dapet abang ojol yang ngerti jalan dan safety riding. Tiba di depan Sports Club, banner merah berukuran cukup besar menarik perhatian saya dan pengunjung yang baru datang. Antrian mobil pribadi mengular panjang. Saya sempat mengira mungkin ada acara lain di lokasi. Dari informasi petugas valet parking, mobil-mobil pribadi itu merupakan mobil pengunjung Pantai Mutiara Mie Festival 2018.
Memasuki lorong lobby Sports Club, ornamen bunga-bunga putih menyambut pengunjung. Instagramable banget. Enggak heran ya, banyak pengunjung yang langsung berselfie-ria. Bagi yang kebelet pengin pipis (maklum udara dingin pasca hujan ya), bisa langsung menuju toilet pengunjung yang berada di sebelah kiri pintu masuk.

IMG_20180325_182125

Lorong Instagramable – Dok. Pribadi

Setelah menuruni anak tangga menuju D’Banquet Pantai Mutiara Mie Festival 2018 yang diadakan outdoor, saya berdecak kagum menyaksikan puluhan atau mungkin ratusan pengunjung tumplek hadir di lokasi. Ada yang sedang antri makanan, ada yang sedang menikmati bakmi di kursi yang disediakan oleh panitia, ada juga yang sedang antri di kasir. Wangi aroma berbagai kuah bakmi terasa kencang menyelusup rongga hidung. Menggoda iman apalagi Pantai Mutiara baru saja diguyur hujan. Saya pun berjalan-jalan di sekitar lokasi.

25 Pengusaha Bakmi Terlezat Tumplek Blek Di Pantai Mutiara Mie Festival 2018

http://www.sportsclubpm.com/wp-content/uploads/2018/03/slider-versi-semuatenant.jpg
Dari banner merah di pintu masuk Sport Club, disebutkan ada 25 Pengusaha Bakmi Terlezat yang hadir di Pantai Mutiara Mie Festival 2018. Diantaranya :
Bakmi Qiu Qiu ( Stand A )
69 Mie Tarek Medan ( Stand B )
Bakmi Loncat ( Stand C )
Laoda ( Stand D )
Bakmi Karet Planet ( Stand E )
Bakmi Encim Anggur ( Stand F )
Bakmi Shanghai ( Stand G )
Bakmi Medan ( Stand H )
Bakmi Bakar Bodudz ( Stand I )
Mie Benteng ( Stand J )
Bakmi 69 ( Stand K ) Bakmi Sapi
Sinar Khek ( Stand L )
Bakmi Medan Kebon Jahe ( Stand M )
Bakmi Singkawang A’Ang 51 ( Stand N )
Bakmi Terang Bulan ( Stand O )
Bakmi Kencana ( Stand P )
Tamie Jambi Ting An ( Stand Q )
Bakmi Gading Permai ( Stand R )
Bakmi Harum 88 ( Stand S )
Bakmi Ahau Lanang ( Stand T )
Mie Kangkung Berkat ( Stand U )
Sir Babi Ol Pok ( Stand V )
Gerobak Sukabumi ( Stand W )
Cliff Noodl Bar ( Stand X )
Yie Thou ( Stand Y )
Kedai Tang ( Stand Z )
Seluruh bakmi yang hadir di Pantai Mutiara Mie Festival 2018 sudah mendapat stiker ‘Tirta Lie Approved’ alias rekomendasi dari Food Blogger Tirta Lie (Koh Tirta). Bagi pecinta bakmi pasti tahu Koh Tirta, peraih rekor MURI untuk ‘Pengunjung dan Peresensi Rasa Bakmi Terbanyak’. Berapa banyak bakmi yang sudah dicoba Koh Tirta ? 1000 mangkok bakmi se-Jakarta. Enggak cuma sekedar makan, tapi Koh Tirta menuliskan pengalamannya makan bakmi melalui blog pribadinya : https://tirta-lie.blogspot.co.id. Keren banget ya.

Seperti yang kita tahu, bakmi itu ada yang halal (menggunakan daging ayam) dan non halal (menggunakan daging babi dan minyak babi). Di Pantai Mutiara Mie Festival 2018 tersedia Bakmi Halal yaitu Mie Kangkung Berkat yang stand-nya berada di dekat tangga masuk Sports Club.
Meskipun pengunjung membludak, panitia sigap menyediakan seluruh area Sport Club untuk tempat makan bagi pengunjung Pantai Mutiara Mie Festival 2018. Jadi, mau makan di atas dermaga sembari menikmati sunset, bisa. Mau makan sambil menikmati demo masak di bawah lampu-lampu hias cantik, bisa. Mau makan di area dekat swimming pool, bisa. Mau makan di area dalam (dekat lobby) pun bisa. Enggak bakal deh nemuin pengunjung yang makannya ngemper di lantai saking penuhnya. Untuk tempat pembayaran (kasir) pun tersedia di setiap spot. Dan, yang terpenting bisa bayar cash atau pakai debit.
Saat jam menunjukkan pukul 5 sore, beberapa tenant sudah SOLD OUT. Saya sempat menghampiri Sir Babi Ol Pork dan bertanya-tanya benarkah makanan sudah habis karena saya masih melihat bahan makanan yang masih ada.
“Iya sudah habis, saya mau ganti bahan-bahan makanan untuk sajian malam.” kata Mas-mas muda yang tangkas bergerak memindahkan perlengkapan memasaknya. Saya pun meminta izin untuk mendokumentasikan tenantnya nih. Eh, saya nemu stiker “Tirta Lie Approved” nih. Hehe
IMG_20180325_180441

Dok. pribadi

Menjelang senja, di main atrium rupanya ada Demo Masak oleh Chef ( maav, lupa namanya euy) pemilik restoran Miyoshi. Ia akan mempraktekkan membuat Mie Udon yang enak. Sebelum sesi demo masak dimulai, sempat ada gerimis dadakan. Pengunjung yang sudah duduk manis di depan panggung segera menyingkir ke pinggir stand. Eh, begitu gerimisnya reda langsung deh merangsek ke tengah-tengah area demo masak. Saya ikut duduk manis paling depan. Enggak lupa menyiapkan payung kalau gerimis datang melanda.
Pantai Mutiara Mie Festival diadakan selama 3 hari, dari tanggal 23 Maret dan 24 Maret (jam 15.00 – jam 22.00) dan 25 Maret (jam 08.00 – jam 20.00). Pada hari pertama dibuka dengan pagelaran harpa oleh Donna Angelina. Kemudian, di hari kedua ada Pop Oriental Singer Performance dan demo masak. Di hari ketiga yang menjadi penutup kembali diadakan demo masak.  Selain itu, ada juga lomba makan mie tercepat dan terpedas. Saya sempat ikutan kuis yang diadakan saat demo masak. Dan, dapat 2 voucher untuk free membership all facilities di Sports Club Pantai Mutiara.

Sports Club Pantai Mutiara, Asyiknya Berolahraga di Tepi Teluk Jakarta

Selain event-nya yang luar biasa meriah, yang membuat saya penasaran yaitu Sports Club Pantai Mutiara. Lokasinya yang di pinggir pantai ini buat saya cukup epic. Saya pun membayangkan selesai berenang atau workout langsung duduk-duduk manjah sembari menikmati matahari terbenam.
Dari informasi website-nya, Sports Club Pantai Mutiara memiliki fasilitas-fasilitas yang dibagi menjadi Fasilitas Utama, Fasilitas Pendukung dan Fasilitas Penunjang. Berikut ini Fasilitas Utama di Sports Club Pantai Mutiara :

Oceano Football Stadium

Memiliki luas lapangan lebih dari 1800 m2, Oceano Football Stadium menjadi pilihan bagi pelatih nasional dan pemain sepakbola untuk tempat berlatih. Rumput yang digunakan yaitu rumput sintetis ber-grade A dengan standard FIFA.
Jadwal jam operasional dari pukul 06:00 s/d 24:00 WIB. Untuk booking tempat bisa via online di website. Oh ya, bagi yang datang untuk menonton, tersedia charging gadget pada area tribun penonton.

PM Swimming Pool

Pantai Mutiara Swimming Pool memiliki kolam renang olimpiade berstandar internasional satu-satunya di kawasan Jakarta Utara. Bagi yang kepingin belajar berenang, bisa mengikuti Kelas Renang nih :
1 x Latihan : Rp. 140.000,-
1 x Latihan : Rp. 170.000,- ( Libur Nasional )
1 x Latihan : Rp. 200.000,- ( Private 1 jam )
4 x Latihan : Rp. 520.000,-
Dengan jadwal latihan setiap hari. Untuk jadwal pagi dari jam 6 hingga jam 12 siang. Untuk jadwal siang dimulai dari jam 2 siang hingga jam 6 sore. Tersedia juga Program Renang Sekolah (PRS) dengan menjalin kerjasama dengan pihak sekolah.

Pantai Mutiara Fitness Center

Sebuah sports club tak lengkap rasanya tanpa area fitness center. Pantai Mutiara Sports Club memiliki fitness center dengan berbagai kelas workout untuk high intensity, low impact relaxation sampai kelas yoga. Setiap minggu terdapat 30 kelas untuk Anda yang ingin membentuk tubuh atau ingin tampil lebih bugar dan sehat. Untuk jam operasional dari jam 7 pagi hingga jam 10 malam.

Hall Sports

Tak hanya menyediakan swimming dan fitness center, Sports Club Pantai Mutiara juga memiliki Hall Sports yang bisa digunakan untuk latihan atau pertandingan bola basket, badminton, volley dan futsal.

Outdoor Basket 3 On 3

Selain bermain basket indoor, Sports Club Pantai Mutiara memiliki fasilitas basket outdoor 3 on 3. Tentu beda sensasinya bermain basket outdoor dengan pemandangan laut yang indah.

Indoor Table Tennis

pingpong

Dok. Sports Club Pantai Mutiara

Suka bermain tenis meja atau pingpong ? Cocok nih datang ke Sports Club Pantai Mutiara. Dengan menjadi member, bisa menggunakan meja pingpong seperti yang ada di foto.

Fasilitas Pendukung :

cafepm
Terdapat 2 Cafe yaitu De’Bleu Cafe dengan pemandangan laut lepas dan Beach Cafe yang terletak di PM Swimming Pool dengan aneka menu pilihan seperti es krim, pempek dan sebagainya.

Fasilitas Penunjang :

  • Shower Room
  • Locker
  • Wide Parking Space
  • Sauna Room
  • Security 24 Hours
  • Musholla

Duh, asyik banget me time saya kali ini. Gimana dengan Anda, sudah nyobain bakmi apa aja di sekitar tempat tinggal Anda ? Jangan lupa mampir ke websitenya Sports Club Pantai Mutiara di www.sportsclubpm.com atau cek agenda kegiatan terbarunya via sosmednya di bawah ini  :
Instagram @sportsclubpm
Twitter @sportsclubpm
Facebook @SportsClubPM
ttd-marso