kotabatumalang
“Ibu, Mada mau ke Museum Dino dong kayak yang ada di Youtube,” kata Mada, suatu siang. Akhir-akhir ini, Mada sering banget minta liburan ke tempat yang jauh. Bahkan, awal Januari 2018 ia minta ke Singapura. Gara-garanya, Mada melihat Bumble Bee nongol di iklan tentang Singapura. Sepertinya, kode keras nih buat Pak Gondrong.
Jatah libur Pak Gondrong dalam satu minggu memang hanya di hari Jumat. Di luar itu, kalau mau libur ya harus dipikir-pikir dulu. Karena, bengkel hanya dipegang dua orang yaitu Akungnya Mada dan Pak Gondrong. Eh, tapi boleh dong ya saya merencanakan liburan keluar kota di tahun ini. Kemana ? Wish list-ku pengin ke Ngalam alias Malang. Di kota yang dijuluki sebagai kota Apel ini, terdapat tempat wisata seru yang sangat cocok buat Mada dan Pak Gondrong. Ada Jatim Park buat Mada yang senang banget sama dinosaurus. Pak Gondrong -sebagai anak motor sekaligus punya bengkel- pasti bakalan kesengsem diajak ke Museum Angkut.

Kebiasaan anak motor ketika menyambangi suatu kota adalah mampir ke rumah brothers sesama anak motor. Bisa sekedar mampir, numpang ngopi atau makan. Kadang, kalau tempatnya memadai ya sekalian menginap. Si Empunya Rumah biasanya senang dan enggak segan menjamu tamunya maksimal. Rumah buyut Pak Gondrong di Lampung sering menjadi tempat singgah bagi brothers yang lagi ada event di Lampung.
Nah, karena saya kepingin berlibur mengajak Mada, enggak mungkin rasanya menginap di rumah orang. Sungkan aja kalau lagi menginap, tiba-tiba Mada cranky atau enggak cocok sama tempat menginapnya. Penting banget mencari tempat penginapan yang nyaman buat Mada, apalagi kalau ada kolam renangnya. Dia bisa lupa pulang. Hehe.
“Pakai Traveloka aja, Kak. Aa kan kalau lagi tugas luar kota pasti pesan penginapan via Traveloka,” saran Reza, adik saya paling gede. Sebagai peneliti muda di bidang Hukum, Reza sering ditugaskan keliling Indonesia untuk memantau Jaksa Pengadilan.
Saya pun membuka situs Traveloka. Dalam sekali klik, di depan mata sudah terpampang pilihan yang terdapat pada menu di sebelah kiri layar. Ada Flight, Hotels, Trains, Flight + Hotel, Top-up & Data Packages serta Attraction & Activities. Saya pilih Hotels, lalu mengetikkan kota tujuan liburan yaitu Malang.
travelokavilla
Selanjutnya, muncul daftar nama-nama tempat penginapan di Kota Malang. Di Batu Malang, terdapat sekitar lebih dari 600 tempat penginapan. Saya berdecak kagum. Komplit banget. Saya meng-klik pilihan Villa pada kolom Accomodation Preferences. Kali ini yang nongol bukan hanya nama villanya, tetapi lengkap dengan harga serta foto-foto fasilitas yang tersedia.

Saya pun memesan Villa Traveloka pada tanggal 20 April 2018, tepat sesudah Mada wisuda PAUD. Asyiknya lagi, tanggal segitu pas hari libur Pak Gondrong. Rezeki banget nih.
Udah gitu, doang ??
Belum dong. Setelah memesan penginapan, kudu nanya sama Mbah Gugel tempat wisata yang ada di Malang. Ketika saya mau meng-close situs Traveloka, mata saya menangkap informasi super penting di bahwa foto-foto lokasi penginapan. Rupanya, Traveloka juga menyediakan Nearby Attractions alias tempat wisata terdekat dari penginapan.
travelokavillacendanawisata
Seperti di awal tulisan, saya pengin mampir ke Jatim Park dan Museum Angkut. Nah, dari informasi Traveloka, terdapat 4 pilihan tempat wisata terdekat yaitu Kusuma Agrowisata, Museum Angkut Kota Batu, Museum D’Topeng Kingdom dan Jatim Park 1. Saya pillih tiga destinasi liburan aja nih buat Mada.

Kusuma Agrowisata

Image result for kusuma agrowisata batu

Sumber Foto : Duta.co

A must visit place buat siapapun yang datang ke Batu Malang. Di Kusuma Agrowisata, pengunjung bisa memetik Apel Malang dan buah-buahan serta sayuran hidroponik langsung dari pohonnya.
Saya bisa membayangkan Mada pasti excited banget diajak ke Kusuma Agrowisata, karena Mada doyan banget makan buah dan sayur.

Museum Angkut

Related image

Sumber Foto : Tripadvisor.com

Bagi balita, pasti rasanya senang banget melihat aneka kendaraan dari berbagai belahan dunia di depan mata. Selain itu, Mada bisa belajar banyak tentang kendaraan dan negara-negara yang ada di Museum Angkut.

Jatim Park 3

Ā 

Image result for jatim park 3

Sumber Foto : Ilovemalang.com

Yang terdekat dari Villa Cendana itu Jatim Park 1. Tapi, dari seorang teman yang tinggal di Malang, anak balita lebih cocok diajak ke Jatim Park 3, tempatnya dinosaurus. Lokasinya memang agak jauh, sih. Enggak apa lah ya, yang penting ketemu sama hewan purbakala kesukaan Mada.
Di usia Mada menjelang 4 tahun, ia sudah hafal berbagai Dinosaurus pemakan daging (karnivora) maupun pemakan tumbuhan (herbivora). Koleksi Dinosaurusnya pun sangat lengkap. Ada yang berbentuk fosil juga lungsuran dari Oom Reza.
“Dinosaurus yang kecil suka mencuri telur namanya Oviraptor, Nek. Kalau Dinosaurus terbesar dan suka makan tumbuhan, namanya Brachiosaurus.” jelas Mada suatu hari pada Neneknya.
Di Jatim Park 3, tersedia arena Dino Park untuk anak-anak yang menyukai hewan purbakala ini. Enggak perlu dibayangkan, pasti Mada betah kalau mampir ke Dino Park. Duh, kok saya jadi ndak sabar menunggu liburan ke Batu Malang.
Sumber foto header : tourbromoindah.blogspot.com
ttd-marso