Dear Freelancer, Ini Lho 3 Kiat Ampuh Tingkatkan Mood dan Produktifitas Dalam Bekerja

casio

Di era serba digital savvy ini, kita bisa dengan mudah menemukan orang-orang yang bekerja sebagai freelancer. Yang hobi menulis, memilih menjadi content writer atau blogger. Yang hobi menggambar, menjadi ilustrator lepas di berbagai media. Yang hobi desain grafis, selain bisa menjadi freelancer di beberapa perusahaan, bisa juga membuka usaha rumahan. Pilihan pekerjaan saat ini lebih beragam dibanding 15 tahun yang lalu. Setuju ya ?

Setiap pekerjaan ada tantangannya, termasuk menjadi freelancer yang bekerja di rumah. Seperti saya nih, yang sering banget tergoda melihat cucian baju kotor atau tetangga yang lagi pada ngumpul. Apalagi kalau tetangga lagi ngerujak dan ngajakkin saya buat ngumpul. Wah, bisa buyar deh kerjaan di depan mata …

Tantangan lain seorang freelancer yaitu wajib selalu produktif alias dilarang males-malesan. Mentang-mentang kerjanya di rumah trus bangun siang. Eh, udah bangun siang, masih juga menunda-nunda pekerjaan. Apalagi kalau lagi enggak mood, yang ada bukannya bekerja malah nyetatus di sosmed : hiks, aqu lagi ndak mood. Yah, makin jauh deh rezeki.

Setiap freelancer punya cara tersendiri buat ningkatin mood. Ada yang kudu makan coklat dulu, ada yang kudu jalan-jalan ke taman dulu dan masih banyak sebagainya. Versi saya nih ada 3 yang sering dilakuin buat ningkatin mood. Alhamdulillah, dengan melakukan 3 hal ini saya selalu bersemangat setiap kali mau bekerja.

Sholat Di Awal Waktu

Related image

Foto : beritaislamonline.com

Mengerjakan orderan transkrip, sering membuat saya harus begadang hingga jam 2 pagi. Karena, kadangkala saya baru bisa nyentuh laptop jam 10 malam. Padahal, kata Bang Rhoma begadang enggak bagus buat kesehatan. Dari penelitian berbagai sumber, orang yang sering begadang mudah marah-marah atau down. Itu pernah saya alami ya. Mood jadi kacau.

Saya pun mencoba sholat di awal waktu. Maksudnya, setelah adzan berkumandang saya langsung ambil wudhu dan sholat. Enggak menunda-nunda lagi. Selesai sholat, saya luangkan waktu untuk mengaji dan mengkaji Al Qur’an. Hati tenang. Pikiran pun tenang.

Olahraga

Image result for muslimah running

Foto : thenational.ae

Peredaran darah yang lancar konon dapat mempengaruhi mood seseorang. Biar lancar ya tubuh kudu diajak bergerak melalui olahraga ringan di dalam rumah. Sekarang kan banyak banget tutorial olahraga di sosmed. Cobain deh sesuai kebutuhan.

Sempetin juga buat jalan kaki atau bersepeda di sekitaran rumah. Ketika jalan kaki atau bersepeda kan bakalan ketemu pepohonan yang menyejukkan mata atau ketemu tetangga. Jangan ragu untuk menyapa duluan terutama yang berusia lanjut. Saya banyak mendapatkan inspirasi menulis ketika berpapasan sama tetangga di jalan apalagi kalau sempet ngobrol.

Menggunakan Benda-benda Yang Colorful Saat Bekerja

casiokuning

Saya percaya warna dapat mempengaruhi mood seseorang. Makanya, penting banget memilih warna-warna yang sesuai. Dari hasil test knowyourcolor.id, warna yang cocok untuk saya yang periang adalah kuning. Bener banget nih. Saya memiliki beberapa barang berwarna kuning di meja kerja. Eh, punya baju warna kuning juga. Sengaja banget beli warna kuning, biar enggak dipinjam adik-adik perempuan saya karena enggak semua orang berani pakai warna kuning. 

Casio sebagai produsen kalkulator berinovasi dengan menghadirkan Colorful Casio Calculator. Seri terbaru dari My Style ini diluncurkan pada akhir Desember 2017. Ada warna pink tua, pink muda, tosca, biru tua, kuning, orange, hitam dan putih. Kini siapapun bisa memiliki kalkulator yang warna-warni sesuai kepribadian.

calculatorcasio

Saya pribadi penting banget punya #CasioMyStyle, buat kalkulasi biaya transkrip audio per menitnya. Namanya bekerja virtual tanpa tatap muka kan mengandalkan kepercayaan. Kalau saya salah ngitung bisa berabe. Karena, pernah kejadian saya mendapat orderan banyak dan masing-masing rekaman terdapat percakapan 60 menit eh saya salah kalkulasi. Hiks, kan rasanya mau nangis di pojokan *lebay*.

Daripada mood Anda fluktuatif mirip harga beras di pasar atau salah ngitung pemasukan dan pengeluaran, better punya kalkulator yang bisa mem-boost mood dan produktivitas saat bekerja. Yang pengin punya Colorful Casio, bisa nih beli online di MatahariMall dengan menggunakan promo code : CASIOBLOGRC11 .

ttd-marso

Iklan

11 comments

  1. Sama, aku juga suka warna kuning. Sempat mau beli kalkulator ini tapi aku sayang uangku hehehe karena takut ga efektif pakainya. Ini juga ada batere tenaga suryanya kan?

  2. Bener mba, sholat tepat waktu bisa meningkatkan mood kita. Malah terkadang yg saya rasakan kalau dah ga bs atur jadwal saking banyaknya yg dikerjain, dgn sholat teoat waktu jadwalnya tersusun rapi dengan sendirinya. Semua bs dikerjakan tanpa kewalahan. ^_^

  3. Olahraga nih yg aku suka untuk memunculkan mood biar kita makin produktif 😊 Paling aku berenang. Kalo untuk ngitung berkah blog hihihi pastinya pakai Casio my Style dan seneng bgt dapetin si pinky 😊

  4. Kalau benda colorfull biasanya post itu gtu kupasang di papan hehe.
    Sholat di awal waktu betul banget utamanya subuh, kalau subuhnya nelat berantakan deh harinya 😦
    TFS

  5. Waaah, makasih tipsnya Mbaa. Sholat di awal waktu itu paling penting bgt yaaa. Btw aku juga pakai Casio My Style, suka dengan warna cerahnya bikin lebih semangat.

  6. Memang sebagai freelancer harus pintar-pintar mengelola mood dan juga pendapatan biar dapur tetap ngebul

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s