dokterbabe
Pagi itu sepulang dari tukang sayur, terjadi kehebohan di depan rumah saya. “Teteh kenapa ini ya, si Fitri sawan. Badan sama mukanya merah-merah. Aduh, pasti gara-gara semalam saya keluar rumah enggak bawa bangle,” kata Euis, panik sambil menggendong anaknya yang masih berusia 4 bulan.
Saya membuka kerah baju Fitri. Terlihat bintik-bintik merah di leher dan pundak bayi itu. “Ini bukan sawan, Ceu. Namanya biduran. Udah dikasih apa aja ?”

“Udah dikasih minyak kayu putih, enggak hilang. Bedak juga sama aja. Saya mau bawa ke tukang sembur, tapi orangnya lagi keliling ngobatin orang,”
“Bajunya Fitri diganti dulu, Ceu. Basah nih. Sekalian dikompres-kompres dingin. Nanti jam 10an bawa ke Bidan Ida, biar dikasih salep.” ujar saya.
Hampir setiap hari ada aja masalah kesehatan yang terjadi di lingkungan tempat tinggal saya. Bayi kelamaan rewel dianggap sawan. Ibu hamil keguguran dianggap bayinya sudah diincar makhluk halus. Dan, masih banyak mitos-mitos yang beredar. Maklum, tetangga saya kebanyakan orang tua yang usianya di atas 50 tahun. Sekalinya punya tetangga mudaan yang smartphone-nya canggih, eladalah … senangnya membaca berita hoax.
Menurut survei Mastel (2017), tiga jenis hoax terbanyak yang ada di internet yaitu tentang sosial politik (91 %), SARA (88,6 %) dan kesehatan (41 %). Sungguh miris, mengingat di Indonesia masih banyak awam yang baru melek internet dan belum bisa membedakan mana berita hoax dan berita yang benar.
Seperti suatu hari, saat saya dan Ibu-ibu tetangga sedang antri menimbang anak di Posyandu. Ceu Kokom yang kepedasan gara-gara makan tahu jeletot langsung mengambil air dingin dari tas yang dibawanya. Spontan, Ceu Entin melarang. “Jangan minum air dingin abis makan. Bahaya nanti Ceu Kokom kena kanker,”
“Ih, dapet info darimana kamu ?” tanya saya, heran.
“Ya dari internet dong.” Kemudian Ceu Entin mengambil smartphone-nya, membuka sosial media dan informasi yang dimaksud. Saya menghela napas. Berita kesehatan yang ditunjukkan Ceu Entin jelas hoax.ย  Ciri-cirinya, judul informasinya sangat provokatif dan alamat sumber beritanya pun enggak jelas.
“Duh Ceu Entin nu geulis, info ini namanya hoax alias enggak betul. Kalau mau cari info kesehatan, mending Ceu Entin download aplikasi DokterBabe.com aja. Eceu kan rajin belanja pakai aplikasi Ladada, sering buka-buka facebook. Kudu punya ateuh aplikasi informasi kesehatan yang benar. Jangan percaya hoax ah,”
Saya menunjukkan aplikasi DokterBabe.com dari smartphone yang segera berpindah tangan. Ceu Entin dan Ibu-ibu yang sedang menunggu antrian melihat aplikasi DokterBabe.com dari smartphone saya sambil membuka-buka menu pilihan yang ada.
dokterbabe5

Yuk, Tangkis Hoax Kesehatan Dengan DokterBabe.com, Situs Kesehatan Terpercaya Di Indonesia

Perkenalan saya dengan DokterBabe.com berawal saat saya sedang kebingunganย  mencari solusi untuk Mada yang terkena biang keringat parah. Anak laki-laki saya ini mudah banget keringatan terutama kalau cuaca panas. Bedak anti biang keringat khusus bayi yang biasa saya taburkan ke tubuh Mada setelah mandi ternyata kurang ampuh.
Dari instagram DokterBabe yang nongol di timeline, saya pun membuka websitenya di www.dokterbabe.com. Saya langsung tertarik dengan kolom konsul yang ada di pojok kiri bawah layar. Lalu, saya scrolling website DokterBabe.com hingga bagian paling bawah. Ternyata, di DokterBabe.com bisa konsultasi gratis. Saya pun mencoba kolom tersebut. Sebelum bertanya, daftar dulu ya, bisa pakai akun google atau facebook.

dokterbabe3

Konsultasi DokterBabe.com

Cara konsultasinya cukup mudah. Isi judul pertanyaan dan isi pertanyaan pada kolom kosong yang tersedia. Lalu, klik tombol panah biru. Sebuah e-mail akan masuk ke inbox Anda. Selanjutnya, Anda akan diminta menunggu respon dari Dokter. Saya sempat penasaran tuh, sudah berapa banyak yang konsultasi dengan DokterBabe.com. Ternyata, banyaaak !
dokterbabe4
Seminggu kemudian saya mendapat notif kalau pertanyaan saya di DokterBabe.com sudah mendapat respon. Saat saya membuka kolom konsultasinya melalui aplikasi maupun websitenya, terdapat nama lengkap saya dengan pertanyaan yang ditujukan untuk DokterBabe.com. Wah, seru nih. Lain kali bisa nanya-nanya lagi, dong.
Fitur-fitur yang tersedia di DokterBabe.com cukup komplit, ada informasi nama-nama Penyakit dari A sampai Z. Bahkan, bisa juga mencari Fasilitas Kesehatan (Rumah Sakit, Klinik, Apotik dan Dokter Gigi) terdekat di menu Cari Rumah Sakit. Bagi yang awam urusan dunia obat-obatan bisa tahu lho informasi obat apa saja melalui menu Obat serta dilengkapi Petunjuk Pemakaian Obat.

Perbedaan DokterBabe.com versi Apps dan Desktop

Sedari awal tiba di halaman pertama (homepage) DokterBabe.com, saya menyukai perpaduan warna yang digunakan serta tampilan website yang minimalis. Meskipun tampilan DokterBabe.com sangat kekinian dan enggak bikin sakit mata, ada beberapa perbedaan antara tampilan versi apps dan desktop lho, yaitu :

  1. Versi apps, menu yang tersedia antara lain : Terbaru (pertanyaan terbaru dari user), Hidup Sehat (beragam konsultasi yang ada di DokterBabe.com) dan artikel-artikel dengan tema Kecantikan, Ibu dan Bayi, Keluarga, Kesehatan dan Intim.
  2. Versi desktop, menu yang tersedia lebih komplit, antara lain : Penyakit, Obat, Kategori, Konsultasi, Cari Rumah Sakit dan Tentang Kami.

“Teteh, punten saya minta tolong di download-in DokterBabe.com. Biar enggak lieur sama berita hoax. Ini bahasanya mudah dimengerti. Nyari apa aja ada. Insya allah saya bisa ikutan pinter kayak Teteh,” kata Ceu Entin sambil tersipu-sipu. “Hidup Sehat Itu Jadi Mudah berkat DokterBabe.com. Dan, murah karena cuma modal kuota internet aja,”
“Amiiin, insya allah. Pan ateuh, Ceu Entin punya henfon canggih, sayang kalau dipakai cuma buat baca hoax. Ini saya download-in ya. Aplikasinya ringan kok, cuma 5 megabyte aja, enggak berat” seloroh saya.
“Nuhun ya Teh. Kata Dilan, yang berat itu rindu,” sahut asisten petugas kesehatan yang ikut nimbrung. Saya nyengir lebar.
Setelah sukses men-download DokterBabe.com untuk Ceu Entin, rupanya Ibu-ibu lainnya yang membawa handphone ikutan minta di download-in juga. Gimana Anda, sudah download aplikasi DokterBabe.com juga ?
ttd-marso