#BebenahBlog : Merapikan Tampilan Blog Menggunakan ‘Read More’ Di WordPress

readd

Pada saat menulis blog, seringkali blogger hanya fokus untuk mengedit tulisan dan foto yang akan muncul di blog. Termasuk saya sih. Haha. Akhir-akhir ini, saya berasa kayak ada yang kudu dirapiin dari personal blog ini. Mau ganti template, maunya yang template-nya beda sendiri tapi harganya murce dan tinggal terima beres *banyakmau*.Ā  Mau bikin signature icon tapi belum nemu karakter ikon yang ‘gue banget’.

Daripada kena demam Dilan dasyedih, wessslah dimulai dulu dengan merapikan tampilan blog. Bagi yang sering berkunjung ke sini, pasti tahu dong ya kalau saat masuk ke halaman awal yang terlihat adalah tulisan full story. Kalau mau baca tulisan berikutnya kudu tamat dulu tulisan yang dibaca. Dan, kudu nyekrol sampai bawah. Kurang praktis ya.

Nah, biar para pengunjung setia blog mariasorayadotcom makin betah berlama-lama mampir di sini, jadi tulisan saya kali ini membahas tentang membuat ‘Read more’. Caranya mudah.

Pertama,

readmoree

Buka postingan blog WordPress yang mau ditambahin ‘Read more’ dalam mode Text/HTML. Yang terlihat adalah tampilan blog dengan script HTML. Klik toolbar more akan muncul script seperti yang saya lingkari merah di atas. Jangan lupa klik save.

Kedua,

read

Di dalam script tambahkan kata-kata yang akan digunakan misalnya baca selanjutnya atau baca selengkapnya, bebas sih. Kalau versi saya pakai ‘Read more’ seperti contoh di atas yang saya lingkari merah.

Yang perlu diperhatikan, kata-kata more di dalam script jangan dihapus, nanti malah enggak terlihat hasilnya. Jadi, kira-kira seperti ini contohnya :

atau

Ketiga,

readmore

Selanjutnya, setelah disimpan klik view. Hasilnya bisa langsung terlihat di layar.Tulisan yang full story berubah menjadi hanya beberapa paragraf. Ingin membaca lebih lanjut, tinggal klik ‘Read more’. Otomatis halaman yang di klik muncul full story.

Biar makin rapi, saya merubah lima postingan terakhir dengan menambahkan ‘Read more’. Sementara lima aja dulu yang dirubah. Nanti kalau lagi senggang, saya rapikan lagi. Selamat mencoba ya.

ttd-marso

Iklan

15 comments

  1. Bermanfaat sekali kak info nya..

    Klo q pakenya platform sebelah.. q formulasikan langsung d skript html nya, jd tiap posting udah otomatis ada read more nya.. he5x..

    Thanks for sharing..

  2. Aku nih yang paling malas rapihin blog, entahlah blog aku kayak apa dimata orang. Pengen sih rapihin biar blogku kece macem kalian. Hehehhe apalagi bentar lagi aku punya bayi, bakal makin lumutan blog aku.

  3. Suka banget dengan ilmu barunya untuk nambahin read more ini. Memang sih kalau pakai read more tampilan blog jadi bagus dan rapi ya, Mbak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s