5 Menit Untuk 5 Kemudahan Menabung Dengan Aplikasi SOBATKU

sobatku

Suatu siang, meteran listrik di rumah saya berbunyi nyaring. Mada bersama teman-teman sesama batita yang sedang bermain di depan rumah, langsung berteriak girang, “Awaaas bunyi bom, kita sembunyi,” Saya geleng-geleng sambil tersenyum. Hampir genap setahun ini saya mulai terbiasa dengan bunyi peringatan dari meteran listrik, penanda kalau listrik sebentar lagi bakal habis. Lalu saya menghampiri meteran listrik dan mengecek sisa kwH yang tertera pada meteran.

Ah, masih 150, batin saya.

Tiap kali meteran listrik bunyi, biasanya saya langsung nge-whatsapp Pak Gondrong, mengingatkan supaya ia menyiapkan pulsa listrik. Siang itu saya hanya mengecek thok. Selanjutnya, saya tetap melakukan kegiatan seperti biasa di rumah.

Jam setengah 11 malam, tiba-tiba listrik mati saat saya sedang mendongeng bersama Mada. “Ibu gelaaaaap !!!”. Saya berlari ke ruang tamu, mengintip dari balik gorden dan seluruh rumah tetangga listriknya masih dalam keadaan nyala.

“Yahhh listrik kok cepet banget abisnya,” Saya mengambil smartphone, nge-whatsapp Pak Gondrong dan menunggu di dalam rumah berdua Mada. Tiga batang lilin saya nyalakan supaya kamar tetap terang. Saya bolak balik mengecek smartphone. Pesan whatsapp saya belum dibaca, masih centang satu. Saya telpon ternyata smartphone Pak Gondrong mati.

Malam itu, saya dan Mada tertidur dalam suasana kamar yang temaram.

Aplikasi SOBATKU, Aplikasi Modal Jempol Generasi Jaman Now

sobatkuaplikasi3

Keesokan harinya. “Makanya Mamah Mada download SOBATKU, biar enggak kejadian gelap-gelapan kayak gitu lagi kan,” kata tetangga saya, seorang pemilik toko online saat saya menceritakan kejadian semalam.

Kening saya mengernyit. “Emangnya kalau download aplikasinya gitu, bisa jadi solusi kalau pulsa listrik habis ?”

Tetangga saya mengangguk. Ia menjelaskan singkat tentang SOBATKU. Ternyata, aplikasi SOBATKU ini merupakan simpanan online dari Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati. Atau, lebih dikenal dengan nama Sahabat UKM. Dan, mendapat dukungan dari Bank Sahabat Sampoerna serta Kementerian Koperasi dan UKM. Diluncurkan pada bulan Juli 2017, kini SOBATKU memiliki 120 kantor cabang dengan puluhan ribu nasabah se-Indonesia.

Asyiknya menabung di SOBATKU, yang dijadikan sebagai nomor rekening adalah nomor handphone nasabah. Jadi, siapapun enggak bakal kesulitan ya menghafal nomor rekeningnya di SOBATKU. Satu nomor handphone berarti satu akun rekening. Jumlah tabungan maksimal pada satu akun yaitu Rp 20 juta. Nah, kalau punya handphone lebih dari satu kan enak ya, bisa punya banyak tabungan. Jam transaksi SOBATKU yang lebih panjang dari bank konvensional, yaitu dari jam 7 pagi hingga jam 9 malam tentu memudahkan bagi nasabah yang kesulitan menyisihkan waktu buat ke bank. Saya ingat lho, jamannya masih ngantor, kalau mau transaksi ke bank itu ngantor-nya kudu lebih siang. Enggak praktis banget ya. Ini lho 5 kemudahan menabung di SOBATKU, antara lain :

  1. Nabung/setor tunai di Alfamart/Alfamidi.
  2. Nabung dengan transfer melalui ATM/ M-Banking/ Internet Banking.
  3. Transfer ke nomor HP teman kamu.
  4. Cek saldo dan laporan transaksi SOBATKU.
  5. Membayar pulsa, token listrik, telpon dan PDAM.

Seluruh transaksi pada aplikasi SOBATKU tidak dikenakan biaya administrasi. Iya, BEBAS BIAYA ADMINISTRASI. Yang terpenting AMAN, karena transaksi menggunakan PIN dan Security Question. PRAKTIS tanpa harus bermacet-macet ria ke bank. Transaksi berlangsung CEPAT hanya modal jempol dan kuota Android yang full. Dan, semua provider dapat digunakan untuk registrasi maupun transaksi SOBATKU. MUDAH ya ?

Tetangga saya pun menunjukkan aplikasi SOBATKU dari smartphone-nya. Tak lupa ia menunjukkan cara-caranya. “Mamah Mada harus daftar jadi nasabah SOBATKU dulu sebelum bisa pake aplikasinya. Mudah banget. Cuma 5 menit, lho”

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Saya berdecak kagum. Enak ya menjadi generasi jaman now, mau apa aja bisa dengan modal jempol. Sayangnya, saat saya hendak mendaftar ternyata tidak bisa dikarenakan smartphone saya dalam keadaan root alias enggak bisa dipakai menggunakan aplikasinya. Hiks, kebetulan saya memang suka iseng ngoprek software smartphone. Lain kali kudu hati-hati deh kalau lagi ngoprek begitu.

Gara-gara obrolan soal SOBATKU dengan tetangga, saya yang belum berhasil register produk tabungan online ini penasaran dong gimana sih biar saya bisa ikutan jadi nasabah SOBATKU. Dari informasi instagram @sobatku_id, ternyata tanggal 19 Januari 2018 ada Pengundian Grand Prize SOBATKU sebesar 100 juta. Wow, makin semangat dong saya buat kepoin langsung SOBATKU.

Demi bisa ikutan event tersebut, saya pun meminjam smartphone adik. Saya download SOBATKU melalui Playstore. Selanjutnya, saya mengisi data kelengkapan diri, antara lain:

  1. Nama lengkap sesuai KTP
  2. Nomor handphone
  3. Alamat email
  4. Tanggal lahir
  5. PIN
  6. Pertanyaan keamanan.

prosesregistrasi

Proses dari download, register hingga verifikasi hanya membutuhkan waktu 5 menit. Saat registrasi, jangan lupa Anda akan diminta selfie bersama KTP. Jika, sukses Anda akan mendapat SMS verifikasi dari Admin.

Bertabur Hadiah di Pengundian Grand Prize SOBATKU 100 Juta

sobatkuaplikasi4

IG @sobatku_id

Bertempat di Gedung Sampoerna Strategic Square jam 4 sore, ketika saya tiba di lokasi, tamu undangan sudah memenuhi hampir separuh lobby. Sebuah panggung menjadi point center di bagian tengah lobby dengan kursi-kursi berwarna emas lengkap dengan meja dan posisi menghadap panggung. Beberapa karyawan gedung ikut bergabung menjadi saksi penarikan undian Grand Prize 100 juta.

Acara dimulai dengan menampilkan live music, games dan atraksi sulap dari magician dengan mengundang para tamu undangan ke depan panggung. Bapak Ceppy Y Mulyana –Ketua dari KSP Sahabat Mitra Sejati sempat memberikan pemaparan singkat terkait aplikasi SOBATKU. “Undian Grand Prize 100 juta ini merupakan yang kedua. Nanti 3 bulan lagi bakal ada pengundian yang ke 3. Jadi siapa saja bisa nabung dan bisa menang hanya dengan modal jempol,”

Sebelum acara mencapai puncaknya yakni pengundian Grand Prize 100 juta, MC sempat mengundi para pemenang hadiah dengan nominal dari 10 juta rupiah, 1 juta rupiah, 500 ribu rupiah dan 100 ribu rupiah. Tiba-tiba saya kok menyesal ya telat tahu soal SOBATKU. Kan, jadi enggak bisa ikut undian, hehe.

Seluruh pemenang undian sudah disebutkan. MC berambut kribo kemudian mengajak Bapak Ceppy Y Mulyana dan Bapak Agus Muharam (Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM) untuk maju ke depan panggung. Mau ngapain ya ? Mengundi pemenang Grand Prize SOBATKU 100 juta dong. Setelah tombol ditekan, secara acak mesin pada layar panggung memilih sebuah nomor handphone dan menyebutkan nama pemenangnya.

“Radot Kornelius, dimohon maju ke atas panggung,” kata MC.

Tamu undangan dan pengunjung mencari nama yang dimaksud. Seorang pemuda berkacamata berbaju batik berjalan menuju panggung.

Saat ditanya oleh MC, uang 100 juta itu bakal dipakai apa oleh pemuda yang bekerja sebagai karyawan swasta, lantas Mas Radot menjawab sambil malu-malu, “Kepingin kuliah lagi,”

Oh ya, Mas Radot sempat berbagi tips cara menjadi pemenang Grand Prize SOBATKU 100 juta. “Pastinya rajin menabung dan saya juga memiliki beberapa akun rekening di SOBATKU. Dari situ kan dapat banyak poin biar bisa ikutan pengundian,”

Ah, well noted ya Mas Radot.

Di bulan April 2018, bakal ada pengundian Grand Prize ketiga nih. Selain ada hadiah ratusan juta, disediakan pula hadiah umroh untuk 4 orang pemenang. Eitsss, kudu sering-sering transaksi dengan SOBATKU nih. Semua Bisa Nabung, Semua Bisa Menang. Siapa tahu bisa menang 100 juta atau umroh gratis ?

ttd-marso

Iklan

12 comments

  1. Haha sama kayak aku kalo token listrik ga bunyi belum diisi isi karena masih banyak aja rasanya. Jadi pakai lilin kan kalo listriknya sudah habis. Untung aja sekarang ada SOBATKU yg bikin tenang ya meski malam hari listrik habis. Bisa beli di SOBATKU modal jempol aja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s