Anak 3,5 Tahun Masih Perlukah Tidur Siang ?

tidursiang

Hello 2018, akhirnya saya menulis postingan pertama di hari ke enam bulan Januari ini. Sebelum saya menulis, sempat galau lho, mau nulis untuk blog competition yang deadline-nya masih sebulan lagi atau mau nulis paid review yang deadline-nya seminggu lagi atau tulisan berbau tsyurhat. Setiap jenis tulisan selalu ada tantangannya. Setuju yesss ?

Akhirnya, saya pilih opsi terakhir. Karena, beberapa menit sebelum saya menulis judul di atas, hampir mau nyetatus di pesbuk soal sebaiknya anak 3,5 tahun itu tidur siang atau enggak yaaa. Trus, inget tahun 2018 ini mau memperbanyak tulisan di blog bukan status di pesbuk. Dan, barisan jemari saya pun berpindah dari facebook ke wordpress.

Malam ini saya bisa menulis lancar jaya, karena Mada sudah tidur pules dari jam setengah delapan. Enggak ditemenin. Pokoknya plek pules pas saya lagi nyuci piring sambil menyusun kegiatan malam ini sama Mada. Begitu saya masuk ke kamar, ndilalah, cah lanangku uwes bobok.

Hari ini Mada memang enggak tidur siang. Sengaja. Setelah makan siang sekitar jam 2an, Mada kekenyangan. Main apa aja kelihatan banget matanya makin turun tapi diajak bobok enggak mau. Wesslah, sekalian saya alihin main puzzle. Soalnya, Mada itu kalau tidur siang kudu banget dua atau tiga jam. Kurang dari itu pasti agak rewel.

Kenapa banget ya Mada harus teteup melek ON jam 2 siang ???

Karena, selama Mada liburan PAUD, saya lagi mengenalkan Mada bahwa sholat jamaah di masjid itu asyik. Sholat jamaah di masjid itu enggak kudu nunggu hari Jumat. Alhamdulillah, punya dua adik cowok yang rajin ke masjid. Ada Oom Reza (adik pertama) dan ada Mamang Ali (adik nomor empat). Oom Reza sih hanya bisa nemenin sholat jamaah pas weekend aja. Kalau Mamang Ali available every day, karena pulang sekolahnya siang ya sorenya pasti sholat jamaah di masjid komplek. Jadi, nanggung jam 2 siang Mada masih melek trus disuruh bobok.

Nah, itu kalau saya lagi ke rumah Eyangti yang jaraknya selemparan batu. Kalau posisinya saya enggak ke rumah Eyanti, siang Mada harus tidur. Kecuali, teman-temannya lagi pada main di luar rumah. Itu mah godaan buat Mada ikutan nimbrung sama teman-temannya. Huehe.

Tapi ya gitu, kalau Mada disuruh tidur siang, pasti protes seperti dialog kami berdua di bawah ini :

Saya : Tuh udah jam one, jarum pendek di angka one jarum panjang di angka twelve

Mada : Maksudnya Mada harus bobok siang ?

Saya : Iya, kan biar pas bangun tidur kekuatan Mada udah bertambah

Mada : Tapi Mada belum mau bobok

Saya : Semua teman-teman Mada lagi bobok di rumahnya. Tayo juga lagi bobok. Robocar Poli bobok. Semua kartun lagi pada bobok jam segini.

Mada : Mada mau main mobilan aja

Saya : Yasudah Ibu Ayya aja yang bobok. Mada jagain Ibu (trus saya pura-pura tidur)

Trik saya pura-pura tidur itu selalu sukses bikin Mada ikutan tidur juga. Jeleknya, saya sering ketiduran juga. LOL. Maklum, Ibu kan kadang syukak lelah. Kalau Mada tidur siang itu sebenarnya jadi PR juga buat saya. Karena, dia pasti ikutan melek sampai setengah 12 malam. Padahal, jadwal saya menulis itu mulai dari jam 10 malam. Kalau Mada masih melek jam segitu ya siap-siap aja pas saya lagi nulis dia pasti nanya ini-itu.

Nah, sisi positif Mada melek sepanjang siang itu, dia kadang tidur malamnya lebih cepat. Kayak sekarang ini. Kadang enggak ngaruh juga sih. Tetep aja dari siang sampe malam melek, tapi enggak sampai larut malam.

Dari berbagai sumber, kebutuhan tidur anak usia 1 sampai 3 tahun yaitu 13 jam termasuk tidur siang selama 1 sampai 3 jam. Sementara, anak usia 3 sampai 5 tahun membutuhkan total tidur 13 jam termasuk tidur siang selama maksimal 3 jam. Anak-anak yang usianya di atas 5 tahun biasanya mulai jarang atau enggak pernah tidur siang.

https://celotehbojo.files.wordpress.com/2018/01/39bca-15056546_679067122257943_3361177973477605376_n.jpg?w=480&h=480

Photo source : Ibupedia

Tidur siang sendiri memiliki banyak manfaat bagi anak. Yaitu, untuk kesehatan tubuh dan perkembangan tubuh. Saat tidur siang, tubuh bukan hanya diistirahatkan sejenak, tetapi terjadi proses metabolimes di dalam tubuh anak yang bekerja untuk tumbuh kembangnya.

Juni 2018, Mada genap 4 tahun. Sepertinya sih, jadwal tidur siangnya kudu mulai diganti dengan kegiatan lain. Kecuali, Mada sendiri yang ngajak tidur siang duluan. Gimana dengan anak Anda di rumah, masih punya jadwal tidur siang ?

ttd-marso

Iklan

40 comments

  1. Wahh kalau usia kayak Gie udah jarang banget bobo siang, maiiin mulu. Tapi biasanya abis mandi sore sambil nonton Tayo ketiduran tuh. Malamnya memang tidur agak malam, bisa jam 10 atau 11.

  2. Rayyan ini loh mba dari bayi smpe Sekarang umur 16 bulan waktu tidurnya masih kacau. Benar2 harus ekstra begadang tiap malam.. aku udah coba banyak cara nih, takut kebawa smpe gede nih hobi begadangnya.

  3. Anakku cowok, 28 bulan mbak, ini kalau siang aku wajibkan untuk tidur siang. Emang lama kalu tidur bisa sampai 3 jam. Jam 3an baru bangun. Kalau malem jam 9an baru tidur. Terus bener kalau tidurnya sebentar malah jadi reweeeeeel banget.

    Rencanaku malah sampai nanti usia sekolah tetap aku wajibkan tidur siang, mbak.

    1. mungkin klo tidurnya sebentar kurang puas ya mbak, sesekali aku ajak anakku tidur siang tapi aku tanya dulu mau tidur siang ato gak, klo anakku gak mau tidur siang it’s okay tapi istirahat alias boleh main tapi gak main yg banyak gerak kayak lari2an ato lulumpatan .. aku kasih puzzle ato mainan mobilan

  4. Tooss, aku suka pake trik pura-pura tidur juga mba Ayya dan pasti ketiduran beneran.. wkwkwk.. 😀 Boo sama Mika masih suka tidur sing, eh tapi pernah juga gal tidur sing tapi tidur malemnya jadi lebih cepet ya..

  5. kalau aku harus mba biasain Neyna tidur siang terlebih waktuku cuman malam kalau dy ga tidur siang abis magrib lgsg pules lah ga ada waktu buatku dong ehhehe makanya aku paling bawel banget nyruuh Neyna tidur siang :p

  6. SID bukan tidur siang tapi tidur pagi nemenin emaknya tidur. Hahaha. Kebiasaan entah buruk atau baik kalau yang ini. Malam dia tidur pukul 9. Pokoke kalau ga tidur-tidur, emake aja yang molor. Ntar dia juga ndusel ikutan tidur.

  7. Saya juga suka lho pura-pura tidur supaya anak-anak langsung ikutan tiduran di samping saya :D.
    Kalki yang usianya udah 4,5 tahun kadang-kadang tidur siang kadang enggak. Kalo adiknya, Kavin yang masih 2,5 tahun selalu tidur siang minimal 1x. Udah jarang sih dia tidur siang 2x.
    Emang rasanya seneng banget ya mbak lihat anak-anak udah tidur duluan di malam hari sehingga kita bebas nulis, tapi saya kadang ngantuk kalau nulis malam, apalagi kalau siangnya saya nggak tidur siang hehe.

  8. Anaknya mbak kuat melek sampe jam stengah 12 malem, mbak?

    Saya sama adik2 waktu kecil aja jam 8 malem udah ngantuk nggak karuan haha…
    Apa mungkin pengaruh sekarang sudah banyak alat entertainment ya (hp, televisi, dll). Jaman kita kecil kan begitu malam udah sepi

  9. Erysha kemarin-kemarin suka tidur sehari 2 kali. Tetapi, sekarang-sekarang udah dikurangi jadi sehari cukup sekali aja. Allhamdulillah tidur malemnya jadi cepet. Trus klo Erysha udah tidur gtu. Bundanya seneng punya me time. 😂

  10. Ah, anakku Syuna juga susah banget diajak tidur siang, mbak. Sekalinya mau bobok akunya juga malah ikutan bobok karena syapekkk sebelum boci mesti maen kuda2an, bacain dia buku dan macem2 lainnya. Hahaha
    Jadinya tidur siang Syuna yg rencananya mau kupake buat produktif malah jadi jam istirahat juga deh :’D
    Kayanya emang mesti cari cara khusus nih supaya dia gampang dibujukin bobok. Soalnya usianya baru 2,5taun. 🙄

  11. Anak2ku sih makin gede ga demen bobo siang..kecuali pas masih TK karena lelah dan masoh banyak waktu tidur. Kalau udah SD kls 3 ke atas sih udh mulai main ke tatangga atau sebaliknya. Ada bagusnya juga sih tidur siang buat mengistirahatkan tubuh dan pikiran.

  12. Ini persis dengan pertanyaanku belakangan ini Mbak. Bulan depan, anakku Alfath usia 4 tahun. Dia masih rutin bobo siang sebenernya, kecualiii kalau weekend saat saya dan Papanya gak kerja. Awalnya kami mikirnya, yaudah gapapa deh mungkin Alfath kangen dan pengen manfaatin waktu buat main sebanyak mungkin dg Mama Papanya.

    Tapi kalau Omanya lagi datang dari Garut, Alfath suka gak bobo siang juga katanya, kadang2 sih memang tapi saya tetap bilangin ke anaknya kalau bisa jangan keseringan gak bobo siang. Dan kalaupun gak bobo siang, biasanya tanpa disuruh, anaknya suka tidur cepet, tepar dari setelah Magrib. Jadi, kalau Alfath gak bobo siang, harus dipastikan perutnya kenyang supaya gak kebangun2 karena laper. Paling bangun buat minum aja. Dan pagi2nya saat bangun, pasti langsung nyari makanan karena kelaperan, haha.

  13. Gavin dari seumur mada udah susah bobo siang, tapi trik emaknya bobo duluan masih sukses..skrg udah kelas 1 masih aq pake triknya, tapi anaknya malah ngoceh aja sepanjang dikelonin, wkwk..makin susah ya

  14. Weleh.. berarti msih normal ya jam tidur Adek Fi. Dia sama dengan Mada, kalau tidur siang bobonya pasti jam 10 keatas. Jadi sebisa mungkin jam 2 paling telat Adek Fi dah diajak boci. Biar jam 10 malam dah bomal. ^_^

  15. Anak-anakku masih aku biasakan tidur siang, meskipun kadang mereka nggak tidur siang karena asyik main. Sekalinya dipaksa tidur siang eeeh mereka malah jungkir balik di kasur. Hadeeeeh…. tidur siang emang penting untuk perkembangan anak tapi mesti diperhatikan juga jangan sampai terlalu lama biar malamnya nggak susah tidur.

  16. Anakku 6 tahun juga tetep tidur siang mbak. Kalo tidak tidur siang pasti ngantuk abis magrib. Karena tubuhnya sudah terprogram tidur siang. Dan seperti mada,anakku kalo tidur siang juga lama minimal 2 jam.

  17. Anakku 8 tahun masih suka tidur siang. Ini kalau sekolahnya pulang awal, kalau sampai siang tidur sore. Anakku suka tidur, haha… Sementara kakaknya dari kecil jarang mau tidur siang.

  18. aku aja masih tidur siang mba..xixixixi…Anak2 malah engga karena sekolahnya sampai sore, kalau saya biar bisa bangun dini hari ya tidur siang. Memang perlu tidur siang itu apalagi utk anak2 ya mba 😀

  19. Anakku 3 tahun 6 bulan Mba’. Dia mesti tidur siang. Kalau nggak tidur siang, biasanya ngantuk berat di sore hari, antara jam 4-6 sore. Kalau sudah tidur jam segitu, alamat Ummi sama Abinya harus begadang menunggu dia tidur. Paling cepat jam 11an, paling lama jam 12 hingga 1 malam. Makanya saya usahakan dia mau tidur siang, walau cuma sebentar, biar malamnya tak perlu begadang, hehe. Tapi kadang dia juga ikutan tidur kalau saya meninabobokan adiknya yang baru 11 bulan. Kalau nanti sudah sekolah, mungkin jadwal tidur siangnya juga berubah. Saya lebih ke mengikuti kemauan dia aja sih, mau tidur ayo, nggak mau tidur ya biarin aja, hehe. Thanks for sharing Mba’. 🙂
    Maaf kepanjangan komen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s