7 Cara Ampuh Usir Nyamuk Bandel Ala HIT Expert

hitnyamuk

“MITOS atau FAKTA, nyamuk itu merupakan binatang paling mematikan di dunia ?” Pertanyaan itu diajukan dr. Lula Kamal saat menyapa blogger dari komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis pada blogger gathering HIT Expert di D-Labs HIVE Menteng, Jakarta (23/11). Seluruh peserta saling bisik-bisik. Kemudian, dr. Lula menampilkan slide seputar fakta nyamuk.

Sebanyak 725.000 kasus kematian di dunia disebabkan oleh nyamuk dan menempati peringkat pertama penyebab kematian pada manusia -HIT Expert

Saya langsung merinding. Teringat lagi awal tahun 2017, tiap saya datang ke rumah Mamah beberapa kali menemukan bendera kuning di pintu masuk komplek. Saat saya nyelawat, rupanya sebagian yang meninggal itu masih anak-anak dan remaja. Mereka meninggal akibat Demam Berdarah Dengue.

“Kok bisa kena DBD, Mah ? Kan di komplek rutin ada penyemprotan. Lagian udah enggak ada kebon juga yang jadi sarang nyamuk,” tanya saya, setelah nyelawat.

“Nyamuknya udah pada kebal kali ya. Pokoknya, sekarang kudu awas deh terutama kamu kan punya anak kecil. Sebelum tidur kudu semprot-semprot rumah dulu,” pesan Mamah.

Memang, urusan nyamuk itu jadi masalah tersendiri bagi setiap Ibu. Mau tinggal di rumah yang pagarnya tinggi-tinggi atau masih ngontrak petakan, pokoknya belanja bulanan wajib beli semprotan anti nyamuk. Karena, nyamuk enggak pandang bulu mau nyerang siapa. Pokoknya, kalau ketemu target, langsung cusss nemplok. Hiii, ngeri.

Nyamuk itu tidak menggigit tapi menghisap – Blogger Gathering HIT Expert

Selama ini yang saya tahu (atau mungkin Anda juga ?), nyamuk itu menggigit manusia lalu menghisap darahnya. Menurut dr. Lula Kamal, nyamuk itu tidak menggigit melainkan menghisap melalui jarum yang terdapat pada mulutnya. Tujuan nyamuk menghisap, karena nyamuk membutuhkan protein supaya telur-telur di dalam tubuhnya tetap tumbuh dari telur menjadi larva lalu pupa hingga menjadi nyamuk dewasa. Jumlah telur yang dihasilkan nyamuk betina cukup wow banget lho, yaitu 250 telur. Dan, masa nyamuk bertelur itu setiap 10 hingga 20 hari. Kalah ini jumlah manusia sama nyamuk.

IMG_20171126_113620

Dari blogger gathering bersama HIT Expert dan dr. Lula Kamal, ada 7 cara ampuh usir nyamuk di rumah :

  1. Membiasakan diri tidak menggantung pakaian yang sudah dipakai, karena bisa menjadi tempat yang nyaman buat nyamuk untuk bertelur
  2. Punya lemari buku di rumah ? Biasakan tata ulang buku-buku yang berderet karena nyamuk senang bersembunyi di tempat yang jarang dibersihkan
  3. Selalu mengganti air di dalam vas bunga atau menguras bak di kamar mandi, supaya nyamuk enggak mampir ke tempat yang berair
  4. Buat para penimbun kaleng di rumah alias suka ngumpulin kaleng susu, please tinggalin kebiasaan kurang berfaedah tersebut. Nyamuk doyan banget ngumpet di tempat-tempat bekas pakai seperti itu.
  5. Menularkan kebiasaan baik ini pada keluarga, karena perang terhadap nyamuk tidak bisa dilakukan sendirian
  6. Tetangga pun kudu sama-sama saling menjaga kebersihan. Biasakan membersihkan selokan atau gotong royong membersihkan lingkungan bersama tetangga.
  7. Selalu sediakan HIT Expert di rumah. Generasi baru HIT Expert kini memiliki double nozzle alias dua lubang yang bikin kegiatan menyemprot jadi lebih maksimal.

Dalam acara tersebut, diperkenalkan juga 2 varian HIT Expert yaitu citrus dan sweet flower. Tips tambahan dari dr. Lula Kamal, sebaiknya menyemprot rumah itu bukan saat mau tidur tetapi sesuaikan dengan jam nyamuk berkeliaran di dalam rumah, yaitu pagi, siang dan sore menjelang malam. Dan, pastikan saat menyemprot tidak ada orang di sekitar Anda, ya.

ttd-marso

 

Iklan

14 comments

  1. Dari 2 varian yang ada aku suka Citrus, wanginya seger. Kadang setelah disemprot aku suka lupa kalau itu wangi penyemprot nyamuk bukan parfum ruangan 😊.

  2. Aku aja baru ngeh kalau nyamuk ternyata tau bau manusia. Baju yang baru sekali dipakai meskipun hanya dalam hitungan detik, eh si nyamuk bandel demen banget ya 🙂 Apalagi benda berwarna gelap kayak hitam dan merah tuh nyamuk suka banget. Untung sekarang ada HIT Expert solusi ibu menjaga keluarga tercinta ya mb Maria.

  3. Makasih tipsnya ya mbak, kebetulan ada lemari buku yang memang jarang dibuka-buka karena isinya buku kuliah yang lama. Berarti perlu ditata ulang nih biar nyamuk pergi dan lemarinya jadi lebih rapi juga.

  4. Nah, aku udah mencoba melalukan tips tips itu juga mba. Tapi nyamuknya emang bandel. DUh smoga rumah nggak jadi sarang nyamuk ah. Cara paling sederhana ya memang harus pakai HIT ya biar ga ada nyamuk bandel

  5. Iya memang ga bagus ngumpulin kaleng bekas. Kalau mau dijadikan pot tanaman atau apapun yg bermanfaat jangan dibiarkan jd sarang nyamuk ya, mba

  6. Iya memang ga bagus ngumpulin kaleng bekas. Kalau mau dijadikan pot tanaman atau apapun yg bermanfaat jangan dibiarkan jd sarang nyamuk ya, mba

  7. emang bahaya banget ya mba nyamuk yg satu itu, hiks… Oh udah ada varian barunya juga ya, aku biasa pake hit electrik yg kecil itu lho mba ga nyegrag baunya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s