Begini Lho, 6 Solusi Makan Sehat Tetap Nikmat Ala Gorry Gourmet

gorrygourmet

“Orang jaman sekarang penyakitnya aneh-aneh, soalnya jarang makan sayur dan buah.” Pasti sering dong ya Anda mendengar celutukan seperti itu ? Faktanya, memang sih, sekarang ini orang lebih suka ngunyah sesuatu yang gurih dan enak daripada makan makanan yang sehat.

Hal ini dibuktikan sejak 2015 dengan adanya peningkatan jumlah penderita Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti Stroke, Penyakit Jantung Koroner, Kanker dan Diabetes. Penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat (kurang bergerak tetapi suka makan enak) ini termasuk penyakit katastropik alias penyakit berbiaya mahal seumur hidup. Mirisnya, PTM bukan hanya diderita oleh yang sudah berusia tua. Tetapi, banyak anak muda yang sudah terkena PTM sebelum rambutnya memutih.

Jauhi Penyakit Tidak Menular Melalui 3 Aksi GERMAS

Dalam setiap kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang saya ikuti, para narasumber yang terdiri dari Dokter Ahli selalu mengajak masyarakat Indonesia untuk senantiasa melakukan 3 aksi GERMAS berikut ini :

1. Melakukan Aktivitas Fisik 30 Menit Setiap Hari

https://i2.wp.com/www.chatelaine.com/wp-content/uploads/2014/04/WomanRunningHappy.jpg

Dok. chatelaine.com

Aktivitas fisik itu bisa berupa lebih banyak berjalan kaki, naik tangga, mengerjakan pekerjaan rumah tangga seperti mengepel, menyapu, mencuci motor/mobil. Sebaiknya sih menyempatkan juga untuk olahraga 3x seminggu. Biar lebih semangat olahraga, enaknya sih ikutan komunitas. Sekarang kan banyak tuh komunitas olahraga, seperti ; komunitas lari, komunitas bersepeda, komunitas senam dan sebagainya.

Pada saat bekerja di depan komputer, ambil jeda per 30 menit dengan istirahat selama 15 menit. Lakukan aktifitas ringan untuk mengistirahatkan mata dan peregangan tubuh. Karena, tubuh itu punya hak juga untuk sehat loh.

2. Cek Kesehatan Secara Rutin

https://www.goredforwomen.org/wp-content/uploads/2012/12/Take-The-Heart-Checkup-700x395-700x395.jpg

Dok. goredforwomen.com

Untuk aksi yang satu ini, masih banyak orang yang abai termasuk saya. Cek kesehatan secara rutin pentingnya pakai banget. Fungsinya, supaya ada tindakan preventif ketiak terdeteksi suatu penyakit. Kalau setelah dicek, aman-aman saja ya berarti pola hidup sehatnya patut dipertahankan.

3. Konsumsi Sayur dan Buah

https://media.mnn.com/assets/images/2015/11/woman-eating-salad.jpg.838x0_q80.jpg

Dok. mediamnn.com

Makan sayur dan buah itu sangat PENTING. Karena, bisa memperlancar pencernaan dan menjaga tekanan darah, kadar gula darah dan kolesterol loh. Ada berbagai vitamin juga yang terkandung pada sayur dan buah.

Dalam PERMENKES No. 30 Tahun 2013 sudah diatur lho mengenai batas konsumsi lemak, gula, dan garam sebagai berikut :

  • Gula: Per orang, Per hari yaitu 50 gram atau 4 sendok makan.
  • Garam: 2000 mgr natrium/sodium atau 5 gram garam atau setara dengan satu sendok teh.
  • Lemak: 67 gram atau setara dengan 5 sendok makan minyak.

Bagi setiap Ibu yang memiliki bayi/batita, penting mengenalkan sayur dan buah sejak dini, agar anak memiliki kebiasaan makan sehat di masa depan. Bagi yang sudah dewasa dan terlanjur enggak doyan sayur dan buah, coba deh pelan-pelan untuk setidaknya minum jus buah. Kalau sudah terbiasa minum jus buah, dijamin minum jus sayuran seperti jus brokoli yang lagi nge-heits itu doyan banget !

Gorry Gourmet Dan 6 Solusi Makan Sehat

Trus, kalau udah terkena salah satu Penyakit Tidak Menular, apa yang harus dilakukan ? Hal pertama adalah perbaiki pola makan. Enggak mudah sih, apalagi kalau ternyata banyak makanan yang harus dihindari. Yang biasanya asyik-asyik aja nyemil cake, donat dan berbagai makanan tinggi karbo, bisa nangis bombay deh saat diminta harus mengurangi makanan manis.

Padahal, kini sudah ada 6 solusi makan sehat tetap enak melalui Gorry Gourmet, yakni catering online di Jakarta. gorrygourmetweb

Bagi yang terkena Diabetes dapat memilih paket berlangganan LOW CARBS. Yang ingin menurunkan berat badan tapi tetap sehat bisa memilih WEIGHT LOSS. Yang sudah berbadan oke tapi kepingin punya otot ? Bisa pilih MUSCLE BUILDING. Dan, para Ibu yang kepingin anaknya makan sehat tapi enggak punya waktu untuk menyiapkan bekal sekolah, bisa memilih GORRY PETITE untuk catering anak anak usia 2 tahun – 6 tahun.  Setiap menu makanan didesain Para Ahli Gizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi konsumen. Dijamin enggak bosan deh makan makanan sehat.

Tak hanya menyediakan makanan bagi yang kepingin beralih hidup sehat, Gorry Gourmet juga memiliki menu spesial untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yakni SPECIAL NEEDS. Orang tua bisa memberikan catatan nih melalui form yang disediakan oleh Gorry Gourmet.

gorrygourmetmenu

Form Untuk Menu SPECIAL NEEDS

gorrygourmetABK

 

Yang kepingin berlangganan menu sehat dari Gorry Gourmet bisa dowload aplikasi Gorry Apps yang ada di playstore, nih. Atau kepoin sosial medianya di :

Twitter : https://twitter.com/gorrygourmet
Instagram : @gorrygourmet
Facebook : https://www.facebook.com/gorrygourmetpasta

Note : photo credit from Gorry Gourmet instagram and various source

ttd-marso

Iklan

4 comments

  1. Tubuh itu punya hak dan kewajiban. Ah saya kurang olah-raga. jika sudah keasikan dilayar komputer lupa makan dan lupa gerak badan. Tidur setelahnya.

  2. Penyakit jaman sekarang ngeri-ngeri, bahkan ada yang tidak terdeteksi pada stadium awal. Saya setuju mbak bahwa memang ndak ada alasan lagi bagi kita, untuk tidak menerapkan gaya hidup, pola hidup sehat, makanan sehat apapu itu pokonya yang sehat-sehat .. beruntukng ada gorrygourmet. TFS

  3. aku mah jaga makanan kak. ya sekarag sehat tapi kan gtw di dalem tubuh kenapa… kadang kalo ibu dah berturut2 masak yang berminyak santan dll, aku milih makan di luar ato diimbangi sama beli buah, tambah masak sayur….

    penyakit jaman now mah ngeri2 dan biasanya juga bukan karena zamannya begitu, karena pola hidup kita aja yang gak bagus. Menyalahkan obat2an dan makanan aneka macem yang beredar mah g nyelesein masalah. wakakakak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s