travelokatrav
Berlibur selalu menjadi satu kegiatan yang seru dan mengasyikkan, terlebih jika dilakukan bersama keluarga dan buah hati tercinta. Meskipun demikian, berlibur bersama anak-anak ternyata menghadirkan tantangan tersendiri. Kondisi dan mood anak memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap kelancaran liburan nantinya.
Oleh karena itu, dibutuhkan perencanaan yang matang dan persiapan khusus ketika hendak mengajak buah hati pergi berlibur. Salah satunya adalah saat berkemas atau packing. Tentunya, Anda sudah tahu apa saja yang akan dibawa ketika berlibur. Namun, bagaimana dengan si kecil yang belum bisa berkemas sendiri ? Saat membantu si kecil berkemas, jangan lupa bawa barang-barang berikut, ya.
1. Sesuaikan Pakaian yang Dibawa dengan Destinasi yang Dituju

https://images.familyvacationcritic.com/ToddlersTraveling.jpg

Dok. FamilyVacationCritic.com

Barang pertama yang pasti masuk ke dalam daftar bawaan adalah pakaian. Namun, perlu diingat, sesuaikan pakaian si kecil dengan destinasi wisata yang akan Anda datangi. Tidak hanya itu, alat transportasi yang Anda pilih juga berpengaruh terhadap pakaian yang dikenakan si kecil. Contohnya, jika bepergian dengan kereta api, Anda bisa memilih pakaian berbahan kaus untuk si kecil agar ia tak banyak berkeringat saat bergerak.
2. Jangan Lupa Bawa Mainan Favorit Buah Hati
https://mariasoraya.com/wp-content/uploads/2017/09/4ffca-inflightentertainment.jpg

Dok. Tinboxtraveller.co.uk

Tidak harus memiliki kendaraan pribadi jika ingin berlibur bersama buah hati, karena telah banyak transportasi umum yang bisa Anda manfaatkan, misalnya kereta api. Bahkan, kini tak perlu lagi datang ke stasiun untuk membeli tiket kereta api, karena Anda bisa membelinya secara online, di Traveloka misalnya. Di situs ini Anda bisa mendapatkan harga tiket yang paling murah dan pemesanannya juga praktis.
Namun, di perjalanan, anak-anak cenderung akan cepat merasa bosan. Oleh karena itu, jangan pernah lupa untuk membawa mainan favorit si kecil sebagai antisipasi ketika rasa bosan menghampirinya. Bawalah satu atau dua mainan saja agar beban tas si kecil tidak terlalu berat.
3. Kemasi Juga Obat-Obatan dan Pertolongan Pertama
https://media.mercola.com/ImageServer/Public/2014/March/boy-pills-fb.jpg

Dok. Mercola.com

Barang lain yang tak kalah pentingnya untuk dibawa adalah obat-obatan. Terlebih jika Anda atau si kecil memiliki penyakit tertentu. Hal ini disebabkan karena pada alat transportasi umum hanya disediakan obat-obatan untuk penyakit maupun kecelakaan ringan, seperti obat mabuk perjalanan atau obat antiseptik untuk luka ringan.
4. Berjaga-Jaga dengan Menyelipkan Beberapa Kantong Plastik Kecil
https://mariasoraya.com/wp-content/uploads/2017/09/2f865-img_0829.jpg

Dok. Simplyorganized.me

Banyak orang yang masih belum mengetahui akan pentingnya membawa kantong plastik ketika bepergian. Padahal, benda yang terkesan remeh ini ternyata memiliki banyak peranan. Selain untuk pertolongan pertama saat Anda atau si kecil terserang mabuk, kantong plastik juga bisa digunakan sebagai tempat sampah darurat.
Benda ini juga bisa menjadi tempat menyimpan pakaian bekas pakai yang belum dicuci. Anda tentu tidak ingin pakaian bersih menjadi bau karena bercampur dengan yang kotor, bukan?
5. Selalu Sedia Camilan dan Air Mineral
http://data.whicdn.com/images/7864144/original.jpg

Dok. Weheartit.com

Perjalanan jauh pasti akan membuat Anda dan si kecil merasa lapar. Oleh karena itu, sebelum berangkat, pastikan camilan kesukaan si kecil juga air mineral sebagai pengganjal perut sudah masuk ke dalam tas. Perut yang kosong dalam waktu lama akan membuat Anda dan si kecil rentan terserang masuk angin.
Jika ternyata lupa membawanya, beragam makanan ringan bisa Anda dapatkan di bagian restorasi kereta api atau saat petugas makanan sedang berkeliling. Sebaiknya, pilih camilan yang mengenyangkan, ya.
6. Bawa Juga Tisu Kering dan Basah
https://www.capesmedical.co.nz/media/2310915-tena-wet-wipes-50-pcs.jpg

Dok. capesmedical.co.nz

Anda akan kesulitan menemukan tisu di kereta api maupun alat transportasi umum lainnya, sehingga benda satu ini tidak boleh lupa dibawa. Pasalnya, Anda pasti menyentuh apa saja yang ada di sekitar tempat duduk, terlebih si kecil yang cenderung aktif dan ingin tahu. Jika tidak membawa tisu, Anda akan kesulitan membersihkan tangan atau pakaian yang tak sengaja terkena noda. Anda pun mau tak mau harus berulang kali pergi ke toilet.
travelokatravinfografis
Agar Anda tidak lupa membawa keenam barang penting di atas, sebaiknya buat daftar barang yang harus Anda bawa dan berkemas lah paling lama satu minggu sebelum hari keberangkatan.Sehari sebelum berangkat, cek kembali barang bawaan Anda dan si kecil. Pastikan semua yang dibutuhkan telah masuk ke dalam tas, ya.
ttd-marso