Federal Matic, Pelumas Spesialis Dingin Jaga Motor Tetap Awet

olifederal

“Mau pakai oli apa, Bang ?” Pertanyaan itu selalu muncul tiap kali ada orang datang dengan motor matic-nya ke bengkel Pak Gondrong (suami) buat ganti oli. Biasanya sih yang ditanya bakal langsung menjawab “Yang murah aja, Bang”.

Pak Gondrong enggak langsung meng-iyakan jawaban customernya. Beliau akan memberikan beberapa rekomendasi oli terbaik yang ada di rak bengkelnya. Pak Gondrong tahu betul bahwa supaya mesin motor awet bukan pilih dari harganya yang paling murah. Tetapi, yang memberikan manfaat lebih bagi motor customernya. Terutama, untuk motor matic yang enggak bisa sembarangan pakai oli kualitas standar.

Setelah customer mendapat penjelasan dari Pak Gondrong dan tertarik dengan rekomendasi yang diberikan, beliau langsung mengganti oli motor customernya. Sembari tangannya bekerja, selalu ada sesi curhat dari customer yang menunggu di bengkel. Pertanyaan semacam bagaimana supaya mesin motor enggak boros bahan bakar atau sebaiknya kapan aja ganti oli itu ditujukan ke Pak Suami. Dan, pertanyaan demi pertanyaan seputar cara merawat motor. Pak Suami dengan senang hati menjawab rasa keingintahuan customer.

Seiring bertambahnya dengan peningkatan sepeda motor, bertambah juga kebutuhan oli yang bagus di pasaran. Dari data BPS DKI Jakarta, selama lima tahun terakhir pertumbuhan sepeda motor mencapai 8,75 persen. Tahun 2015, ada sekitar 4.500 motor baru di Jakarta yang muncul setiap harinya.

Sayangnya, jumlah pengendara motor yang meningkat tidak diimbangi dengan pengetahuan yang baik entah dalam berkendara yang safety riding atau merawat motor. Masih banyak orang keliru dalam memilih oli. Contohnya, untuk motor matic maunya ganti oli pakai yang murah. Padahal, dengan posisi mesin motor matic yang tertutup cover body sehingga gampang terjadi overheat.  Dengan kondisi seperti itu mesin motor matic membutuhkan oli motor matic pelumas spesialis dingin.

IMG-20170806-WA0010.jpg

Tips Menjaga Mesin Motor Matic Tetap Awet Dari Pak Gondrong :

Luangkan waktu untuk memanaskan motor matic sebelum digunakan

Seringkali ketika orang berangkat kerja atau kuliah, karena terburu-buru langsung tancap gas menyalakan motornya. Kebiasaan memanaskan motor selama 2-3 menit sebelum digunakan terlihat sepele, tetapi dapat memperpanjang usia motor Anda.

Kenapa mesin motor perlu dipanaskan terlebih dahulu ? Karena, pada saat awal mesin motor baru dihidupkan, oli belum sepenuhnya melumasi seluruh bagian mesin. Sehingga dibutuhkan waktu 2-3 menit untuk oli ber sirkulasi melumasi seluruh bagian mesin. Hal sebaliknya akan terjadi jika Anda langsung menyalakan motor tanpa dipanaskan terlebih dahulu. Akan terjadi beberapa kerusakan komponen dikarenakan oli yang belum bersirkulasi dengan sempurna.

Rutin mengganti oli

Waktu yang baik untuk mengganti oli yaitu setiap 2000 KM atau setiap 2 bulan sekali. Oli transmisi pada motor pun kudu diganti saat sudah mencapai jarak maksimal 5000 KM. Pakailah oli yang 2x Lebih Efektif, 2x Lebih Kencang, 2x Lebih Bandel untuk mesin motor dan pastinya menjadi spesialis pelumas dingin.

Pilihlah Oli Yang Cocok Untuk Motor Matic

Karakter mesin motor matic berbeda dengan mesin motor manual, dikarenakan mesin matic tidak memiliki gigi rasio yang rumit seperti gigi rasio motor manual. Oleh karena itu, pemilihan oli sangat penting agar tidak terjadi kesalahan pada kinerja mesin.

Mesin matic lebih cocok menggunakan oli yang tidak terlalu kental agar kinerja mesinnya tidak berat. Seperti produk oli Federal Matic yang memiliki kekentalan (SAE) yang cocok dengan kondisi motor matic di iklim tropis Indonesia. Sehingga, suhu mesin motor tetap stabil.

Federal Matic menjadi oli motor terbaik saat ini bagi para pengguna motor matic. Jadi, jangan salah pilih oli motor matic apalagi beli yang harganya paling murah. Ibarat cinta pada pasangan yang kudu awet, pilih oli pun kudu yang terbaik supaya bikin mesin motor awet.

Federal Oil Spesial Blog Contest

Iklan

15 comments

  1. Sudah sering dengar namanya dan melihat penampilan fisiknya juga sudah pernah tapi mgga pernah mau cari tahu, federal oil itu spt apa, fungsinya apa, kualitasnya apa. Lebih tertarik mikirin harga cabe kayaknya hahaha *maklum emak emak. Tulisan ini memberikan informasi cukup jelas dan lengkap ttg federal oil.

  2. Aku kadang suka buru2 mbak. Kalo moyor gigi belum panas mah suka metong ya. Kalo metik bisa langsung wurrr.. tapi ternyata gitu ya efeknya. Besok2 lagi sabar dikit ah.. makasi infonya ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s