traveloka-lombok
Kalender 2017 sudah tiba di bulan Agustus. Artinya satu bulan lagi anniversary saya dengan Pak Gondrong. Di tahun kelima pernikahan kami, ada rencana untuk plesiran ke destinasi wisata yang menjadi impian kami berdua yakni, Lombok. Untuk sebuah liburan yang berkesan perlu direncanakan dengan baik. Terutama karena saya membawa ikut serta Mada, anak kami yang berusia 3 tahun.
Di Lombok, saya dan Pak Gondrong berencana mengunjungi beberapa tempat wisata yang sudah ada di vacation list kami berdua :

Desa Sade

http://lomboktourplus.com/wp-content/uploads/2017/04/Wisata-Ibu-Anin-dan-Keluarga-Mengunjungi-Desa-Sade-Lombok.png

Photo credit : Lombok Tour

Lokasi Desa Sade cukup dekat dengan Bandara Internasional Lombok. Desa yang ditetapkan sebagai desa wisata oleh Dinas Pariwisata setempat ini menjadi destinasi wajib para wisatawan lokal maupun mancanegara.
Hal unik dari Desa Sade ini meskipun berada di pinggir jalan raya beraspal tetapi penduduknya masih memegang teguh pada adat. Bentuk rumah penduduknya pun masih tradisional. Yang bikin saya penasaran banget soal rumah Suku Sasak yaitu kebiasaan mengepel lantai menggunakan kotoran kerbau. Kebayang enggak tuh ? Kebiasaan tersebut dilakukan supaya rumah terasa hangat dan bebas nyamuk juga.
Yang enggak kalah penting, di Desa Sade banyak dijual souvenir khas Lombok. Saya pengin banget beli kain tenun bergambar cicak yang menjadi ciri khas. Dan, siapa tahu saya bisa ikutan latihan menenun ?

Gili Trawangan

http://piknikasik.com/wp-content/uploads/2016/08/pemandangan-gilitrawangan-lombok3-e1472050000525.jpg

Photo credit : Piknik Asik

It’s a must another visit place pastinya. Enggak afdol plesiran ke Lombok tapi enggak mampir ke Gili Trawangan. Apalagi ada The Swing, ayunan nge-heits yang berada di atas laut tepat di depan Ombak Sunset Hotel. Inceran saya lainnya yaitu kepingin snorkeling di laut Gili yang bening. Karena, saya datang bersama Mada, penting juga berkunjung ke Turtle Hatchery alias tempat konservasi penyu.
Selain Gili Trawangan, tujuan lainnya yaitu Pantai Kuta Lombok yang pasirnya menyerupai merica. Tempo hari Mada bermain ke pantai di Lampung aja girangnya setengah mati. Kalau Mada bermain di Pantai Kuta pasti dia makin happy.

Desa Sukarara

https://travelfauziamir.files.wordpress.com/2016/11/dsc05357-696x462.jpg?w=950

Photo credit : Travel Fauzi Amir

Gara-gara saya mendapat kiriman Tenun Lombok dari seorang teman, saya langsung jatuh cinta pada berbagai motif kain tenun. Menurut teman saya, kepribadian saya yang ceria cocok sama corak Tenun Lombok yang kinclong.
Di Lombok terdapat pusat industri tenun yang berlokasi di Desa Sukarara (dibaca : Sukarare). Menenun merupakan kegiatan wajib yang dilakukan turun-menurun oleh wanita Suku Sasak, selain bertani. Bahkan, anak gadis yang belum pandai menenun dilarang menikah. Yang unik dari Tenun Lombok ini menggunakan benang emas. Cara pembuatannya masih tradisional.

Pesan Tiket Pesawat dan Hotel Dalam Satu Waktu

Setelah menentukan tujuan wisata, penting untuk mencari pesawat dan penginapan yang baik selama di Lombok. Saya pernah mengalami hal kurang menyenangkan ketika dinas luar kota. Setelah mendapatkan tiket pesawat dan hotel dari agen travel langganan kantor, rupanya hotel kurang sesuai. Saya menginap semalam di spooky hotel. Sepanjang malam saya diganggu makhluk halus. Ada saja yang bikin saya merinding. Seperti, suara berisik dari kamar sebelah padahal kosong, air yang terdengar mengucur deras dari kamar mandi hingga saya mencium bebauan kurang enak saat tengah malam. Saya hanya bertahan semalam. Hari kedua hingga hari kelima saya dinas luar kota, saya pindah ke hotel yang lebih nyaman.
Untuk liburan anniversary kami, pastinya enggak kepingin mengalami kejadian menginap di spooky hotel atau hal-hal kurang menyenangkan selama perjalanan liburan. Dari informasi teman-teman travel blogger, sekarang sudah ada solusi liburan asyik tanpa harus ribet.
“Pesan paket wisata Traveloka aja, beli tiket pesawat dan hotel sekaligus,” begitu kata teman saya. “Harga juga lebih murah, lho”
Saya pun mengikuti anjuran teman blogger. Karena, destinasi liburan akhir tahun saya itu ke Lombok, jadi saya memasukkan tujuan keberangkatan menuju Bali. Saya ketikkan juga tanggal keberangkatan serta pilihan hotel berdasarkan lowest price, review score, highest price dan highest popularity. Prosesnya mudah dan saving time banget.

Cara Pesan Tiket Pesawat

traveloka-kelombok

Cara Pesan Hotel

traveloka-pesanhotel
Setelah memilih penerbangan dan hotel, saya pun mengecek cara pembayaran. Jumlah total yang dikeluarkan rupanya lebih murah dari harga terpisah. Urusan pembayaran pun cukup mudah karena tersedia berbagai metode pembayaran. Bisa melalui bank atau minimarket dekat rumah.
traveloka-payment
Urusan tujuan wisata, pesan tiket dan pesan hotel sudah done. Nah, karena perjalanan ke Lombok ini merupakan perjalanan Mada pertama kalinya naik pesawat. Dari informasi teman-teman yang sering plesiran naik pesawat dengan anaknya, ini yang perlu dipersiapkan supaya liburan terasa lancar :

  1. Datang ke bandara lebih awal supaya tidak tergesa-gesa saat harus membawa koper serta menggendong anak
  2. Bawalah satu tas untuk semua keperluan anak (cemilan ringan, mainan ukuran kecil, buku mewarnai) selama di pesawat ke kabin
  3. Untuk menghindari anak sakit telinga saat lepas landas, beri permen atau sesuatu yang bisa dikunyah.

Tips terakhir dari Nila Tanzil –as a famous traveller Mama-, jangan lupa persiapkan kondisi tubuh Anda dan anak supaya selama liburan tetap sehat. Ah, enggak sabar nih kepingin liburan anniversary !
ttd-marso