uricran
Proses kehamilan selama 9 bulan yang lancar dan tanpa kendala merupakan keinginan setiap Ibu Hamil. Berbagai cara dilakukan demi hamil lancar dan lahiran pun lancar. Seperti, lebih banyak mengkonsumsi makanan sehat, mengikuti senam ibu hamil dan lain sebagainya.
Pada kehamilan pertama, saya sempat kehilangan anak saya di usia kandungan ke 6. Penyebabnya, karena saya kecapekan dan selama hamil mengalami flek. Selang tiga bulan kemudian, saya langsung diberi kepercayaan untuk hamil lagi. Karena, trauma kehilangan anak pertama maka saya menjaga betul kesehatan saya selama kehamilan anak kedua.
Memasuki trimester tiga, perut saya semakin besar dan menekan area bawah perut. Hal yang paling berasa banget yaitu saya jadi beser alias rajin bolak balik kamar mandi. Gara-gara beser, saya sempat pakai pembalut ukuran maxi biar enggak netes-netes gimana gitu di CD saya. Yang nyebelin, saya sudah masuk kamar mandi dan siap seeeerrrr tapi malah enggak jadi. Atau, kalau lagi beser bisa tiap 15 menit masuk keluar kamar mandi.
Karena, beser yang saya alami saat hamil sudah mulai mengganggu akhirnya saya konsultasi ke dokter kandungan (obgyn). Saya diminta untuk cek urin di laboratorium dan cek darah juga. Duh, jadi ribet ya. Dari hasil penjelasan obgyn, saya ternyata mengalami Infeksi Saluran Kemih (ISK) atau anyang-anyangan. Mendengar kata “Infeksi”, saya berasa jadi horor. Apalagi ketika saya tahu 80 % penyebab ISK adalah bakteri E-Coli, makin horor deh. Memang dari hasil tes laboratorium, ada kata-kata positif pada kolom bakteri šŸ™ Padahal, saya rajin ganti CD dan kalau pipis di tempat umum pun saya selalu pilih yang toilet jongkok. Eh, obgyn-nya bilang ISK atau anyang-anyangan itu hal yang biasa terjadi pada ibu hamil pada trimester dua atau tiga. Obgyn pun memberikan saya resep untuk diminum.
Alhamdulillah, setelah rutin diminum obatnya, ISK saya sembuh. Proses melahirkan Arizqio Mada Leksono -anak kedua saya- pun berjalan sukses. Meskipun, bobotnya cukup besar yaitu 4,4 kilo dan saya pun harus opname pasca melahirkan gara-gara robekan pada jalan lahir terlalu panjang. Sekarang, Mada sudah berumur 3 tahun dan tumbuh sehat aktif.
Setelah melahirkan, saya sempat sharing cerita pengalaman hamil dengan sesama mantan Ibu Hamil. Rupanya anyang-anyangan ini menjadi momok menakutkan bagi setiap Ibu Hamil. Dari teman-teman sesama mantan Ibu Hamil, saya mendapat informasi tentang Prive Uri Cran, yaitu minuman untuk mengatasi anyang-anyangan pada perempuan termasuk Ibu Hamil.
IMG_20170713_143026
Itu pengalaman saya saat hamil anak kedua dan mengalami ISK. Bagaimana dengan Anda ?
ttd-marso