Ini Caranya Hamil Nyaman Tanpa Anyang-anyangan

uricran

Proses kehamilan selama 9 bulan yang lancar dan tanpa kendala merupakan keinginan setiap Ibu Hamil. Berbagai cara dilakukan demi hamil lancar dan lahiran pun lancar. Seperti, lebih banyak mengkonsumsi makanan sehat, mengikuti senam ibu hamil dan lain sebagainya.

Pada kehamilan pertama, saya sempat kehilangan anak saya di usia kandungan ke 6. Penyebabnya, karena saya kecapekan dan selama hamil mengalami flek. Selang tiga bulan kemudian, saya langsung diberi kepercayaan untuk hamil lagi. Karena, trauma kehilangan anak pertama maka saya menjaga betul kesehatan saya selama kehamilan anak kedua.

Memasuki trimester tiga, perut saya semakin besar dan menekan area bawah perut. Hal yang paling berasa banget yaitu saya jadi beser alias rajin bolak balik kamar mandi. Gara-gara beser, saya sempat pakai pembalut ukuran maxi biar enggak netes-netes gimana gitu di CD saya. Yang nyebelin, saya sudah masuk kamar mandi dan siap seeeerrrr tapi malah enggak jadi. Atau, kalau lagi beser bisa tiap 15 menit masuk keluar kamar mandi.

Karena, beser yang saya alami saat hamil sudah mulai mengganggu akhirnya saya konsultasi ke dokter kandungan (obgyn). Saya diminta untuk cek urin di laboratorium dan cek darah juga. Duh, jadi ribet ya. Dari hasil penjelasan obgyn, saya ternyata mengalami Infeksi Saluran Kemih (ISK) atau anyang-anyangan. Mendengar kata “Infeksi”, saya berasa jadi horor. Apalagi ketika saya tahu 80 % penyebab ISK adalah bakteri E-Coli, makin horor deh. Memang dari hasil tes laboratorium, ada kata-kata positif pada kolom bakteri ๐Ÿ˜ฆ Padahal, saya rajin ganti CD dan kalau pipis di tempat umum pun saya selalu pilih yang toilet jongkok. Eh, obgyn-nya bilang ISK atau anyang-anyangan itu hal yang biasa terjadi pada ibu hamil pada trimester dua atau tiga. Obgyn pun memberikan saya resep untuk diminum.

Alhamdulillah, setelah rutin diminum obatnya, ISK saya sembuh. Proses melahirkan Arizqio Mada Leksono -anak kedua saya- pun berjalan sukses. Meskipun, bobotnya cukup besar yaitu 4,4 kilo dan saya pun harus opname pasca melahirkan gara-gara robekan pada jalan lahir terlalu panjang. Sekarang, Mada sudah berumur 3 tahun dan tumbuh sehat aktif.

Setelah melahirkan, saya sempat sharing cerita pengalaman hamil dengan sesama mantan Ibu Hamil. Rupanya anyang-anyangan ini menjadi momok menakutkan bagi setiap Ibu Hamil. Dari teman-teman sesama mantan Ibu Hamil, saya mendapat informasi tentang Prive Uri Cran, yaitu minuman untuk mengatasi anyang-anyangan pada perempuan termasuk Ibu Hamil.

IMG_20170713_143026

Prive Uri-cran merupakan produk dari Combiphar untuk mengobati anyang-anyangan. Cocok untuk perempuan segala usia dan juga aman untuk ibu hamil. Tersedia dalam bentuk tablet dan minuman serbuk. Ekstrak cranberry yang terdapat pada Prive Uri-cran dapat mengurangi gejala ISK.

Cara membuat minuman serbuk Prive Uri-cran :

  1. Siapkan 150 ml air putih dingin atau hangat
  2. Tuang serbuk Prive Uri-cran ke dalam gelas
  3. Aduk dan taddaaa Prive Uri-cran siap diminum

Untuk mengobati ISK, sebaiknya konsumsi 2 sachet per hari selama seminggu. Kemudian, minggu berikutnya cukup minum 1 sachet per hari.

Anyang-anyangan atau ISK memang tidak dapat dihindari pada kehamilan semester dua atau tiga, tetapi ibu hamil dapat mencegahnya kok supaya hamil tetap nyaman :

  1. Rajin senam atau olahraga ringan supaya pertumbuhan bayi di dalam perut stabil. Bayi berbobot gede otomatis mempengaruhi gerak-gerik Anda sebagai ibu hamil. Mau rukuk saat sholat susah. Mau lepasin celana lari aja susah. Saya pernah ngerasain saat hamil Mada.
  2. Saat pipis di tempat umum, selalu bersihkan dudukan toilet dengan sanitizer dan alasi dengan tissue sebelum Anda duduk. Saya sih pilih toilet jongkok, tapi teteup ya sebelum saya jongkok kudu diguyur dulu itu toilet meskipun bersih.
  3. Tiap kali pipis, siram dari depan ke belakang. Keringkan dengan tissue biasa. Jangan yang pakai pewangi atau tissue basah gitu.

Itu pengalaman saya saat hamil anak kedua dan mengalami ISK. Bagaimana dengan Anda ?

ttd-marso

Iklan

14 comments

  1. Wieeeh Mada lahir dengan bobot 4,4kg. Itu caesar atau normal ngelahirinnya mbak? Jumbo ya hehehe.
    Duh syukur waktu dua kali hamil Kalki dan Kavin nggak kena ISK. Malah pas hari-hari pertama kuliah dulu saya kena ISK.

  2. Wew Mada gedhe sekali pas lahir. Maxy separuh bobotnya hahaha.
    Sama aku jg pilih toilet jongkok, kalau toilet duduk ya dialas2in dulu. Kalau gak kepaksa bawa pulang deh pipisnya haha ๐Ÿ˜›

  3. hooh bener banget, aku dulu juga punya pengalaman anyang-anyangen waktu hamil Gav dan Jo. Lha tapi belum tahu Uri Cran ini di jamannya. Duh kalo gini siap hamil siap anyang2an deh kan sudah ada Uri Can yang aman untuk ibu hamil hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s