Game Anak Sholeh, Cara Seru Belajar Agama Islam Di Bulan Ramadhan

gameanaksholeh

Anak yang sholeh dan sholehah merupakan dambaan setiap orang tua. Karena, anak yang sholeh sejak dini akan tumbuh menjadi pribadi dewasa yang berkarakter, santun dan mampu beradaptasi di masyarakat. Bonus bagi orang tua, dapat menjadi catatan amal baik di akhirat kelak.

Khusus Ramadhan tahun ini, saya sengaja cuti selama satu bulan dari berbagai job blogger di luar rumah. Saya ingin mendampingi Mada untuk mengenal lebih dekat dengan dunia Islam di bulan Ramadhan ini. Alhamdulillah, Masjid di dekat rumah mengadakan Pesantren Kilat (PesKil) bagi anak-anak. Momennya sangat pas karena selama bulan puasa, kegiatan PAUD tempat Mada belajar libur. Jadi, setiap sore setelah bakda Ashar, saya mengantar Mada berangkat ke Masjid At Taqwin.

Para peserta PesKil terdiri dari anak-anak usia 3 tahun sampai dengan usia 12 tahun. Setiap usia dibagi-bagi per kelompok.  Untuk kelas Balita, yaitu usia 3 sampai 5 tahun materi pelajarannya yaitu mewarnai, menghafal doa dan belajar huruf hijaiyah. Untuk kelas Adik, yaitu usia 6 sampai 8 tahun materi pelajarannya yaitu belajar menulis kaligrafi, menghafal doa dan menghafal surat-surat pendek. Dan, untuk kelas Kakak yang berusia di atas 8 tahun, kegiatannya menulis kaligrafi, menghafal doa, menghafal surat-surat dan membaca Al Quran. Nah, Mada masuk ke kelas Balita. Dia sangat semangat mengikuti seluruh kegiatan selama hampir sebulan penuh. Bahkan, terkadang dia datang paling duluan sebelum Bunda Guru Ngaji-nya dan teman-temannya datang.

madadantpajuni

Di minggu ke-tiga Ramadhan, Mada sempat mengalami demam dan batuk pilek karena terlalu banyak minum es. Mada yang biasanya bersemangat, harus lebih banyak istirahat di rumah. Supaya ia tidak bosan, saya mencari alternatif kegiatan selama libur Pesantren Kilat. Enggak mudah ya mencari Game Ramadhan pengisi liburan. Pucuk dinanti ulam pun tiba. Gara-gara seleb Zaskia Mecca nongol dengan Game Anak Sholeh di timeline Instagram, saya langsung kepo dong sama edugame dengan pelajaran Islam itu.

zask

Saya pun mencari game yang dibuat oleh Agate Studio dan download dari playstore. Game ini FREE alias gratis. Enggak perlu register juga. Setelah game terinstall di android, saya kepincut dengan tampilan grafis Game Anak Sholeh yang sangat halus dan loadingnya cukup cepat. Dan, yang terpenting ENGGAK ADA IKLAN pada game buatan anak-anak muda Indonesia ini. Anak kecil kan mudah bosan apalagi kalau lagi main game tiba-tiba ada iklan nongol. Duh, bisa ndadak rewel deh.

minigameanaksholeh

Foto : Instagram Games Anak Sholeh

Permainan yang terdapat pada Game Anak Sholeh terdiri dari 3 kategori :

  1. Petualangan. Game ini ibarat membaca sebuah cerita dalam buku secara beruntun. Tokoh utamanya bernama Ali. Bersama Ali, anak Anda belajar merapikan mainan yang berserakan di kamar, belajar berbelanja dan berbagai permainan yang dapat dimainkan sendiri oleh anak maupun dipandu orang tua.
  2. Mini Game. Terdapat 33 permainan pada kategori ini. Sebanyak 15 games dapat langsung dimainkan anak. Syarat untuk bisa memainkan Mini Game, anak terlebih dahulu harus menyelesaikan minimal 1 game petualangan bersama Ali. Permainan pada kategori ini berisikan berbagai pelajaran agama Islam seperti tutorial sholat, wudhu, doa harian dan surat pendek.
  3. Prestasi. Setiap kali berhasil menyelesaikan games pada kategori ini, anak akan mendapat skor dan bintang sesuai hasil permainan. Siapa sih yang enggak suka dapat bintang ?

 

Sebagian permainan yang ditujukan untuk anak usia 4 hingga 10 tahun ini dapat diakses secara offline, sehingga enggak perlu cemas kalau kuota smartphone lagi seret. Game Anak Sholeh bukan hanya mengajarkan Islam secara lebih dalam untuk anak, tetapi dapat melatih anak untuk berpikir kreatif dan logis. Untuk saya pribadi, game ini dapat meningkatkan bonding antara saya dan Mada. Adanya fitur Parent App memudahkan saya untuk mengetahui permainan yang sedang dimainkan Mada. Selama Mada bermain Game Anak Sholeh pun senantiasa didampingi oleh saya. Memang, sesekali saat saya sedang memasak di dapur atau melakukan pekerjaan lainnya, Mada bisa bermain sendiri seperti menebak gambar atau membereskan belanjaan. Tapi, tetep ya saat Mada lagi main pasti ada aja yang ditanya.

Ketika saya mendampingi Mada bermain Game Anak Sholeh, terkadang, saya suka menyelipkan cerita sendiri misalnya saat Ali berbelanja ke pasar. Saya jelaskan apa saja yang ada di pasar pada Mada. Dan, sesekali saya bertanya semacam pertanyaan seperti ini :

“Ini Bapak Penjual Sayur jualan cabe, buncis, bayam. Nah, kemarin Mada nemenin Ibu ke Pasar kan. Kita belanja apa aja ya kemarin ?”

Mada bakal berpikir sejenak, lalu menjawab pertanyaan saya sesuai apa yang kami lakukan di pasar. “Kita beli sayur capcay di warung Mbak Ti, trus Ibu ke tukang ikan hidup beli ikan mati buat digoreng. Trus Ibu beli jajanan kue buat Mada,”

Yuk, Bunda asah kemampuan berpikir dan motorik anak dengan cara yang tepat. Salah satunya dengan bermain Game Anak Sholeh. Karena, bermain game di gadget pun bisa pintar dan menambah pengetahuan anak tentang Islam. Nah, jangan lupa intip video keasyikan saya dan Mada saat bermain Game Anak Sholeh di youtube.

Tulisan ini diikutsertakan pada Blog Contest Liburan bersama Game Anak Sholeh. Informasi update seputar Game Anak Sholeh :

Instagram : @sahabatanaksholeh
Facebook : Sahabat Sholeh
Twitter : @sahabatsholeh

Iklan

19 comments

  1. saya mualaf dan punya anak usia 5 tahun, game ini bisa membantu saya dan anak saya dalam belajar islam

  2. Makasih infonya Kaka, ini cocok bingits untuk anak dan keponakan saya. Daripada main game ga jelas. Kadang saya ngomel-ngomel dengan lihat anak-anak main game seharian.

  3. Saya sudah download, Mbak Maria. Acung 4 jempol buat Agate Studio yang udah peduli membuatkan game edukatif untuk anak-anak Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s