Ini Lho 7 Tempat Bermain Aman dan Nyaman Bagi Si Kecil

tempramada

“Akhir-akhir ini, kenapa sih kamu itu jarang ikut acara. Kamu itu enak banget, Ay. Tinggal satu kota dengan orangtua dan mertua. Tiap hari bisa nitip Mada,” kata seorang teman pada saya, beberapa waktu lalu. Ia bukan orang pertama yang punya pendapat seperti itu. Lain waktu, ada yang pernah terang-terangan menyuruh saya sebaiknya bekerja kantoran nine to five karena ‘kan enak ada mertua dan orangtua’.

Sebagai seorang perempuan yang pernah bekerja kantoran sebelum menikah, tentu dengan kehadiran mertua dan orangtua, saya memiliki kesempatan untuk lebih sering beredar di luar rumah. Tetapi, pada realitanya, saya dan mertua memiliki perbedaan dalam pola asuh anak. Dalam pola asuh versi mertua, ada banyak kata “jangan” dan “tidak boleh”. Contohnya : jangan lari-larian, jangan main kotor-kotoran, tidak boleh coret-coret tembok dan sebagainya. Sementara, versi saya ini lebih sering membiarkan Mada mengeksplorasi dirinya dengan berbagai kegiatan bermain. Iya, saya mengadopsi cara Mama mengasuh saya dan 5 adik saya. Like mother, like daughter.

Perbedaan pola asuh itu semakin menguatkan diri saya untuk memilih bekerja di rumah, sebagai seorang blogger profesional dan mengerjakan usaha jasa transkrip dan notulensi. Saya ingin menjadi pendamping Mada dalam menjalani hari-harinya sebagai anak golden age.Β  Alhamdulillah, bulan ini genap Mada 3 tahun. Tiap kali usianya bertambah, maka minatnya untuk mencoba hal baru ikut bertambah. Dan, selama 3 tahun ini kami punya 7 tempat favorit untuk bermain yang aman dan nyaman. Siapa tahu bisa menjadi inspirasi Anda.

PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)

 

Lho, PAUD kok jadi tempat favorit bermain Mada ? Iya dong, karena di PAUD ada perosotan, ayunan, jungkat jungkit dan teman-teman seumuran. Alat-alat permainan indoor pun komplit. Ada puzzle kayu, puzzle 3D, mobil-mobilan dan sebagainya.

Ketika saya mendaftarkan Mada untuk mengikuti kegiatan PAUD, usianya belum genap 3 tahun. Sebagai pendamping Mada di rumah, saya sadar semakin usia Mada bertambah maka ia semakin butuh teman seumuran. Karena, di lingkungan tempat tinggal saya tidak ada anak kecil. Mada juga enggak punya saudara seumuran. Padahal, anak kecil bergaul dengan yang seumuran itu penting banget. Karena, anak akan belajar berbagi, belajar antri, belajar berempati dan ada banyak manfaat positif dengan memasukkan anak ke kelompok bermain.

Salah satu guru di PAUD-nya Mada pernah berujar pada saya, “Anak di bawah usia 4 tahun itu belum saatnya calistung. Nanti merusak otak. Anak-anak di bawah 4 tahun seperti Mada ya waktunya bermain dan bersosialisasi dengan yang seumuran.”

Dan, memang selama 6 bulan mengikuti kegiatan PAUD yang jadwalnya seminggu 3x itu lebih banyak bermainnya. Mada juga enjoy. Karena, kegiatan PAUD-nya enggak jauh-jauh dari bernyanyi, menggambar/mewarnai objek, olahraga di taman kota dan fieldtrip.

TIPS Bermain Aman & Nyaman Di Kelas Bermain/PAUD :

Sebelum mendaftarkan anak Anda ke kelas bermain/PAUD, gali info sebanyak-banyaknya tentang PAUD tersebut, sebaiknya pilih PAUD yang menjadi rekomendasi banyak orang. PAUD yang bagus itu enggak selalu mahal, contohnya PAUD tempat Mada, uang bulanannya enggak nyampe 100 ribu tetapi kegiatan banyak !

Taman Kota

 

Tempat favorit yang kedua adalah Taman Kota. Seminggu sekali, saya dan Mada menyambangi Lembah Gurame atau Lembah Mawar yang berlokasi di Depok. Lembah Gurame merupakan taman yang dikelola oleh Dinas Pertamanan Kota Depok. Fasilitasnya terdiri dari area fitness, lapangan futsal, kolam ikan, playground dan lintasan area lari. Nah, kalau Lembah Mawar sebelumnya merupakan Tempat Pembuangan Sampah akhir. Setelah dirubah menjadi taman, Lembah Mawar menjadi pilihan keluarga untuk menghabiskan waktu di akhir pekan.

Selain 2 taman kota yang ada di Depok, ada lagi taman favorit Mada yaitu Ruang Publik Terpadu Ramah Anak alias RPTRA. Dari sekian banyak RPTRA yang bertebaran di Jakarta, Mada sudah pernah berkunjung ke RPTRA Mawar Lebak Bulus dan RPTRA Anggrek Pondok Labu. Enggak cukup satu jam untuk bermain di RPTRA, karena fasilitas yang tersedia bikin kami berdua betah berlama-lama. Selain ada area playground, ada juga perpustakaan mini, toko jualan produk kerajinan buatan Ibu-ibu PKK dan aula.

TIPS Bermain Aman & Nyaman di Taman Kota :

Supaya puas bermain di Taman Kota, pastikan membawa perbekalan yang cukup. Seperti bekal snack, makanan berat (nasi + mie goreng + telur atau spaghetti + sosis + nugget dsb) danΒ  air mineral. Untuk variasi bermain anak, sebaiknya bawa bola/sepatu roda/raket dan kok. Jangan lupa membawa lotion anti nyamuk.

Indoor Playground

 

Sekarang ini, hampir setiap pusat perbelanjaan memiliki playground. Contohnya di Mall Depok Town Square. Di setiap lantai disediakan playground. Bahkan, di ground floor terdapat 2 playground. Perbedaan antara satu playground dengan yang lainnya yaitu luas arena bermain dan fasilitas. Tarif sepuasnya bermain saat weekdays itu rata-rata ‘cuma’ Rp 25000.

Selain playground dengan tarif bermain yang murah, ada juga pusat bermain anak dengan konsep edutainment. Contohnya, Kidzania, Miniapolis, Lollipop. Sebagai pusat bermain anak dengan fasilitas yang lebih komplit, harga tiket masuk lebih mahal daripada playground biasa.

TIPS Bermain Aman & Nyaman di Indoor Playground :

Karena berlokasi di dalam pusat perbelanjaan, hampir setiap indoor playground yang saya kunjungi mewajibkan pengunjung dan pendamping anak memakai kaos kaki. Peraturan lainnya yaitu dilarang makan dan minum di dalam area bermain. Jadi, sebaiknya bawa kaos kaki sendiri. Dan, mentang-mentang lokasinya tertutup di dalam Mall, jangan meninggalkan atau menitipkan anak pada Si Mbak/Mas penjaga arena bermain. Taruh dulu gadget Anda dan dampingi anak bermain.

Acara komunitas hobi orang tua

 

Selain mengurusi bengkel motornya, Pak Gondrong juga bergabung di komunitas motor tua. Tiap tahun selalu ada agenda acara motor yang diikuti komunitasnya. Dan, setahun belakangan ini Pak Gondrong rutin mengikutsertakan motor-motor karya bengkelnya untuk balapan di arena sirkuit Sentul.

Karena, Pak Gondrong berkecimpung di dunia motor, otomatis saya dan Mada ikut kecipratan juga. Beberapa kali Mada ikutan datang ke acara motor yang berlokasi di Jakarta ataupun acara balapan motor di Sentul. Awalnya, Mada memang kurang suka datang ke acara motor karena banyak orang-orang dewasa bertubuh besar berpakaian serba hitam dan brewok. Dan, suasana pasti bising karena raungan knalpot motor yang digeber-geber. Asa karena biasa. Mada pun suka datang ke acara motor karena dia bisa melihat jenis motor yang aneh-aneh dan bertemu dengan teman-teman komunitas Pak Gondrong.

TIPS Bermain Aman & Nyaman di Acara Komunitas Hobi :

Tujuan mengajak anak ke acara komunitas hobi orang tuanya agar ia mengenal dunia lain milik Ayah atau Ibunya. Dari 10 acara motor yang saya ikuti bersama Mada, hanya 1 yang menyediakan playground yang benar-benar didesain untuk anak. Selain itu, jarang banget disediakan arena anak. Tapi, disitulah letak keseruan mengajak anak ke sebuah acara komunitas hobi, karena anak akan belajar hal-hal baru yang enggak bisa setiap hari dia lihat. Yang terpenting ketika mengajak anak ke acara komunitas hobi, awasi selalu anak Anda.

Bermain air di Kolam renang atau Pantai

 

Siapa sih anak-anak yang enggak suka main air ? Hampir semua anak kecil senang main air. Menurut para pakar psikolog anak, bermain air dapat meningkatkan kecerdasan motorik dan meningkatkan rasa percaya diri anak.

Mada pun senang bermain air. Seperti Mada yang selalu bilang “Ibu sebelum Mada mandi, Mada main air dulu ya”. Yang dimaksud Mada dengan main air sebelum mandi adalah dia mengisi gelas (yang sudah disiapkan) lalu dipindah-pindahin isi gelasnya. Kadang Mada nepuk-nepuk air di bak mandi, begitu airnya nyiprat, dia girang deh. Itu kegiatan sederhana Mada yang berurusan dengan air.

Nah, kalau main airnya di luar alias di kolam renang atau pantai, kudu lebih well prepare. Karena, pertimbangan lokasi dan jarak serta seberapa lama anak bermain air. Kebayang dong kalau perut Si Kecil kosong sementara dia masih betah main di air. Bisa-bisa dalam perjalanan pulang, Si Kecil mendadak mual dan (maaf) muntah di jalan karena masuk angin.

TIPS Bermain Aman & Nyaman di Kolam renang/Pantai :

Selain menyiapkan perbekalan makanan yang cukup, jangan lupa membawa sunblock, minyak kayu putih/minyak telon dan perlengkapan bermain air.

Perpustakaan

 

Tumbuh di keluarga yang senang membaca, membuat saya menularkan kebiasaan itu pada Mada sedari ia masih di perut. Sebelum Mada lahir, saya rutin membacakan cerita untuk Mada. Kebiasaan itu terus berlanjut hingga sekarang. Manfaat mengenalkan buku atau membiasakan anak membaca sangat banyak, salah satunya menambah kosakata baru. Memang, Mada belum bisa membaca tulisan, ia menerjemahkan rangkaian gambar yang ada di buku dengan bahasa dia.

Untuk variasi kegiatan membaca, sesekali saya mengajak Mada ke perpustakaan anak seperti Jaklib yang berada di kompleks Taman Ismail Marzuki. Pilihan lain ya perpustakaan mini yang ada di RPTRA yang ada di Jakarta.

TIPS Bermain Aman & Nyaman di Perpustakaan :

Berkunjung ke perpustakaan artinya tidak membawa makanan/minuman masuk ke dalam perpustakaan. Jadi, sebaiknya isi perut dulu.

Rumah

 

Tempat paling aman dan nyaman untuk bermain anak adalah rumah dan orang tua yang mendampingi bermain. Saat cuaca tidak mendukung, berkegiatan di dalam rumah bisa menjadi pilihan anak untuk mengeksplorasi dirinya. Anda dapat mengajak anak membuat prakarya DIY (Do It Yourself), ikut membantu Anda mengerjakan tugas domestik (practical life skills) atau sekedar bermain musik.

Bermain di rumah pilihannya lebih banyak, tinggal bagaimana Anda berkreativitas.

TIPS Bermain Aman & Nyaman di Rumah :

Singkirkan barang-barangΒ  berbahaya seperti pisau, lilin, korek api dan sebagainya dari jangkauan anak. Bagi anak-anak di atas 2 tahun, libatkan mereka menyiapkan permainan.

Tempra Syrup, Atasi Demam Si Anak Aktif

IMG_20170617_213917

Ada kalanya ketika Mada terlalu kecapekan bermain dan cuaca tidak menentu, ia mengalami demam. Kalau suhu tubuhnya masih di bawah 38 derajat celsius, saya akan memberikan air mineral lebih banyak pada Mada. Nah, kalau selama 3 hari berturut-turut suhu tubuhnya tidak juga turun malah cenderung naik hingga 38 derajat celsius barulah saya langsung memberikan obat penurun panas untuk Mada. Sebaiknya ketika anak demam, pakaikan baju yang tidak tebal dan kompres hangat.

Demam bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala adanya suatu penyakit pada anak Anda. Demam juga muncul setelah anak menjalani imunisasi. Ketika Mada masih bayi dan ia mengalami demam, saya pilih Tempra Drops sesuai resep dari Dokter. Untuk pemberian obat sebaiknya per 8 jam sekali, anak harus diberikan Tempra Drops atau jika diperlukan per 4 jam sekali. Yang jelas, Tempra manjur untuk Mada.

tempraKetika Mada sudah berusia 1 tahun ke atas, saya pilih Tempra Syrup yang diperuntukkan untuk anak usia 1 hingga 3 tahun. Rasa manisnya membuat Mada suka. Dan, saya bisa dengan mudah menemukan Tempra Syrup di apotik dekat rumah atau minimarket. Nah, untuk anak-anak di atas 6 tahun ada juga Tempra Forte dengan dosis yang sudah disesuaikan.

Yang saya suka dari Tempra Syrup adalah tutup botolnya yang terdiri dari 3 bagian dan juga petunjuk membuka botol di dalam kemasan. Jadi enggak bakal ada ceritanya anak bisa dengan mudah membuka tutup botol Tempra. Dalam setiap 5 ml Tempra Syrup mengandung 160 ml paracetamol. Tempra Syrup bermanfaat untuk atasi demam Si Kecil dan juga mengurangi rasa sakit. Demam ? Atasi dengan Tempra Syrup, yuk

 

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Tempra yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi. Artikel ini tidak dapat menggantikan hasil konsultasi dengan tenaga kesehatan profesional

Iklan

33 comments

  1. Wah nyaman banget kalau anak kecil dibawa kesini, selain bisa beradaptasi dengan lingkungan, tentu menambah wawasan bagi si anak. Sayang, dulu gak seperti itu waktu kecil..hehe

  2. Kalau main sm anak yg senang bukan hanya anaknya tapi emaknya juga,, bounding jd smkin dekat aplg kalau tmpt mainnya aman tmbh nilainya deh, noted infny mba,,,

  3. TEMPRA memang ampuh untuk menurunkan panas pada anak.Oh iya saya setuju anak pra TK tidak diajarkan calistung. Tapi kebanyakan ortu merasa anaknya kalah jika belum bisa calistung sedini mungkin.

  4. Anakku juga cocock minum Tempra kalau lagi demam πŸ™‚ Btw biasanya sih aku dan anak2 suka main jungkat-jungkit hehehe biar udah jadi emak aku masih suka tuh πŸ™‚

  5. Taman kota memang tempat yang nyaman buat main anak-anak yaa. Makanya berharap banget sama pemerintah buat memperbanyak taman kota khususnya di kota besar kayak Jakarta dan sekitarnya.

  6. Mada nyaman banget sih maen-maennya. Aku juga suka banget ajak krucil ke taman, jadi berasa piknik . Dan tetep ya mba dimanapun, anak-anak harus tetap didampingi ortunya

  7. Neyna menuju 4 tahun belum pernah berenang bu Ayya wkwkwk alesannya Cimahi teh dingin jadi kalau mau berenang bisi masuk angin padahal emang main air juga banyak manfaatnya yah bu Ayya.
    uda niat pengen beliin baju renang tapi maju mundur lagi kalau ajak main renang dan utamanya juga aku ga bisa berenang ahahha

  8. Mbak Ayya, tips bermain bersama anak ini keren dan lengkap banget. Makasi ya. Meski anakku sudah SMA, tapi aku punya banyak ponakan yang berusia balita dan sebagai tantenya, aku butuh banget tips ini agar bisa bermain bersama mereka dengan asyik, aman, dan nyaman.

  9. Mamaku tinggal dekat rumah jg mbaa tapi aku memutuskan utk jadi SAHM karena mau urus anak2 sndiri dan biar mama bisa berkegiatan santai..
    Sehat2 terus ya utk Mada πŸ™‚

  10. Wow… tips nya bermanfaat sekali ya. Dan ini bisa menjadi panduan untuk kita para ibu.Oh ya aku juga memberikan Tempra saat anak2 demam.Jadi bermain tidak ada halangan ya bunda karena ada Tempra

  11. wah, bersyukur Mada punya emak yg mendukung eksplorasi, mana tempat yg disambangi variatif pula. Bener mak, kl aku ga setuju anak dititi2in doang, ya emang sih kl cm jagain biar ga rewel, biar kenyang, dan membunuh waktu bisa. Tp, jaman dan usia yg ngasuh juga beda, kasihan mereka juga, anak2 juga πŸ™‚

  12. anak saya baru berusia 3 tahun, info ini penting sekali buat saya. terimakasih mom.
    Selain tempat bermain yg aman, anak juga perlu perlindungan dari penyakit yang sering datang saat pancaroba ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s