5 Tips Mudik Asyik Untuk Ibu Hamil dan Si Kecil

 

sususgmTopik paling asyik dibahas dan selalu ada tiap bulan Ramadhan yaitu soal mudik. Dulu waktu saya masih berseragam putih merah hingga lulus STM, rasanya bangga banget bisa mudik ke dua kota yaitu Garut dan Pekalongan. Ketika teman-teman bingung membahas rencana lebaran, saya sudah punya planning akan menghabiskan seminggu di Garut-kampung halaman Papa lalu seminggu kemudian lebaran di Pekalongan-kampung halaman Mama. Maklum, teman-teman saya kebanyakan orang Jakarta asli atau kalaupun warga pendatang tetapi sanak saudara sudah di Jakarta semua.

Mudik atau pulang ke kampung halaman memang sudah menjadi tradisi sebagian besar warga Indonesia saat libur hari raya. Dari anak-anak hingga dewasa pasti bakal membahas soal mudik. Karena, di kampung halaman nantinya mereka yang mudik bakal bersilaturahmi dengan orang tua dan sanak saudara yang hanya bisa ketemu saat hari raya. Meskipun, sekarang ini acara mudik lebih banyak tantangannya dibanding 20 tahun yang lalu yakni padatnya arus lalu lintas sepanjang perjalanan mudik, tetapi mudik tetap menjadi a must to do saat lebaran.

Nah, kebayang enggak sih ketika Anda dalam kondisi hamil teteup keukeuh kepingin mudik ? Apa aja yang kudu dipersiapkan supaya si kecil nyaman dalam perjalanan menuju kampung halaman ?

Pada 5 Juni 2017, saya berkesempatan hadir di acara TEMAN (Tempat Mudik Nyaman) SGM Bunda dan SGM Eksplor yang berlokasi di Aston Kuningan. Rupanya, mudik bukan hanya sebuah ritual tahunan tetapi dapat menjadi sarana belajar untuk si kecil. Ada 3 manfaat positif yang dapat dipelajari si kecil saat mudik :
1. Bersosialisasi dengan saudara berbagai usia
2. Melatih anak sabar selama dalam perjalanan pergi dan pulang mudik
3. Mengenalkan keunikan dari daerah yang dikunjungi

Agar silaturahmi berjalan lancar, pemenuhan nutrisi yang tepat sangat penting untuk diperhatikan orang tua agar si kecil tetap sehat dan ceria. Hal ini juga untuk mendukung Si Kecil tumbuh menjadi Anak Generasi Maju yang supel, kreatif dan percaya diri.

Supaya mudik terasa asyik dan berkesan, ini 5 Tips Mudik Asyik Untuk Ibu Hamil dan Si Kecil :

1. “Pada saat mudik, akan ada perubahan jadwal makanan serta terbatasnya jenis makanan yang dapat dikonsumsi si Kecil selama perjalanan. Selain menyiapkan bekal makanan, Ibu juga bisa mencari asupan nutrisi tambahan melalui makanan dan minuman yang disediakan di sejumlah rest area.” Ujar Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Dian Permatasari, M. Gizi, SpGK.
2. “Perjalanan mudik yang jauh bisa dimanfaatkan oragtua untuk membangun bonding bersama si Kecil. Agar Si Kecil mudik dengan nyaman, orangtua harus bisa menikmati perjalanan. Karena kondisi orangtua yang tenang akan mempengaruhi kenyamanan si Kecil. Jika perjalanan mudik mulai terasa melelahkan, carilah tempat peristirahatan yang nyaman.” Kata Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, S. Psi, M.Si, Psi.,.
3. Jalin kerjasama antar anggota keluarga yang melakukan perjalanan mudik. Bagi Ibu Hamil, jika perjalanan terasa melelahkan, bisa meminta dipijat oleh Pak Suami atau menyediakan bantal untuk mengganjal tubuh supaya tidak mudah lelah.
4. Sebelum berangkat mudik, ajak si Kecil –yang sudah sekolah- untuk menyiapkan pakaian mudik dan membawa sendiri kotak bekal selama perjalanan mudik.
5. SGM Bunda dan SGM Eksplor menyediakan TEMAN (Tempat Mudik Nyaman) dengan fasilitas berupa fasilitas ramah anak, nursing room dan tempat beristirahat bagi Ibu Hamil. Lokasi tersebut berada di 6 titik rest area di Pantura pada periode arus mudik dan arus balik, antara lain :

a. Arus mudik (19 Juni – 25 Juni 2017) :
Rest Area Tol Cipali KM 102 A
Rest Area Tol Cipali KM 166 A
Rest Area RM Jatilawang
Rest Area Sumber Alam

b. Arus Balik (28 Juni – 2 Juli 2017) :
Rest Area Tol Cipali KM 101 B
Rest Area Tol Cipali KM 164 B

Peta TEMAN Mudik Bunda SGM

ttd-marso

Iklan

4 comments

  1. Saya ngerasain dulu gimana ribetnya mudik bersama si kecil, untungnya saya sudah persiapkan segala sesuatunya jadi si kecil ga rewel. Pernah juga satu Bus dengan ibu yang membawa anak kecil terus anaknya rewel mungkin sakit perut kasihan juga. Mudik memang tradisi tapi perhatikan juga kenyamanan dan keselamatan si kecil saat di perjalanan ya! 😀 SGM perhatian sekali sampai menyediakan TEMAN.

  2. yup yupp… Perjalanan itu beneran pas banget buat bangun bonding ya mba. soalnya kan anak akan nempel terus sama kita. terus saat perjalanan mereka juga mempercayakan banyak hal pada kita… Bisa buat hubungan lebih intim…

    Mudik aman dan nyaman bakal lebih menyenangkan dan memberikan pengalaman tak terlupa ya.

  3. wow keren bu Ayya ternyata STM yah hahaha mudiknya jauh dr Garut ke Pekalongan klo aku mudiknya deket ke Serang atau ga ke Majalengka.
    semasa lebaran justru aku melahirkan jadi belum rasain sensasi mudik saat hamil 😁

  4. Terima kasih ya bun tipsnya. Perlu banget nih karna saya nanti akan bersiap2 mudik ke keluarga suami dan inj mudik pertama saya bersama si kecil. Smg smuanya lancar 😃

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s