7 Resep Penuh Cinta Ayam Dingin Segar Untuk Hidangan Istimewa

ayamdinginsegar

“Perempuan itu mau setinggi apapun jabatannya di bidang yang dia geluti, harus tetap bisa bedain mana daging ayam mana daging kambing. Buka laci dapur, jangan sampai salah ambil, harusnya masak ayam dikasih jahe biar sedap, eh yang diambil malah kunyit. Berabe itu, Kak,” Kalimat penuh nasihat dari Mamah sebelum saya menikah itu memang benar adanya.

Perempuan jaman sekarang dituntut bukan hanya harus bisa multitasking dan efisien dalam mengerjakan sesuatu. Tetapi, harus tahu urusan dapur, setidaknya bisa membedakan mana jahe dan kunyit. Apalagi sekarang kan informasi begitu mudah didapatkan. Baru menikah dan kepingin masakin Ayam Lada Hitam buat Pak Suami, kayak yang ada di restoran, tinggal tanya Mbah Gugel. Bingung cara bikin kaldu ayam yang lezat ? Tinggal cari videonya di Youtube.

Nasihat lainnya dari Mamah urusan dapur adalah soal masak-memasak. Beliau bilang untuk penghematan belanja dapur, sebaiknya membeli ayam utuh, karena bisa diolah menjadi berbagai masakan dan pastinya bisa tahan disimpan di lemari pendingin. Untuk belanja ayam potong pun, saya mendapat tips jitu dari Mamah :

  1. Perhatikan kulit ayam, jika berwarna putih dan terasa lembab (tidak lengket) artinya ayam tersebut layak dibeli.
  2. Ayam yang masih segar tidak berwarna kebiru-biruan dan dagingnya pun kenyal saat ditekan.
  3. Bau tidak enak akan keluar dari ayam yang sudah tidak segar atau sudah diberi formalin.

Setelah mendapat nasihat urusan dapur dan tips jitu memilih ayam potong, selanjutnya Mamah memberi wejangan soal cara memasak ayam. “Hari gini perempuan jangan uplek di dapur aja. Harusnya kamu kudu punya quality time sama Mada eh kamu sibuk ngulek cabe di dapur. Apalagi kalau kamu lagi ribet sama kerjaan, masak ayam yang pengolahannya cepat atau bisa juga dibumbuin kuning buat stok seminggu. Pokoknya yang serba simpel tapi tetap sehat” jelas beliau. Saya manggut-manggut.

Nasihat-nasihat Mamah selalu saya praktikkan selama hampir 5 tahun menikah. Alhamdulillah, enggak pernah keteteran urusan dapur. Apalagi setelah saya tahu ada Ayam Dingin Segar yang dijual di minimarket dekat rumah. Lebih praktis. Tinggal beli untuk stok di lemari pendingin dan enggak kudu antri di tukang potong ayam di pasar. Namanya belanja di pasar untuk dapat ayam potong yang bagus itu kudu belanja pagi. Siang dikit, biasanya udah kehabisan atau tinggal sisaan ayam yang kurang baik kualitasnya.

IMG_20170603_155646

Nah, kalau Ayam Dingin Segar ini kan enggak kudu belanja pagi buta di pasar. Mau belanja siang-siang terik benderang atau menjelang after office hour, bisa-bisa saja kok. Karena, Ayam Dingin Segar ini merupakan daging ayam yang diproduksi dengan cara pembekuan. Jadi, enggak usah khawatir daging Ayam Dingin Segar yang Anda beli itu mengandung bakteri apalagi kuman. Setiap ayam produksi Ayam Dingin Segar ini disembelih di Rumah Potong Unggas dan dagingnya pun ditangani dalam keadaan dingin (suhu 0 sampai 4 derajat celsius).

Dari sekian banyak ayam yang dijual di supermarket, mengapa harus pilih Ayam Dingin Segar ?

segar

Segar

Daging ayam dari awal proses pemotongan hingga tiba di tangan Anda terjaga kesegaran dan kualitasnya. Pun, ketika Anda simpan di lemari pendingin, kualitas dagingnya tidak berubah seperti saat Anda baru pertama kali beli. Dengan penyimpanan yang tepat,  Ayam Dingin Segar bakal tahan hingga 6 bulan di dalam freezer (minus 18 derajat celsius). Untuk penyimpanan 1 hingga 2 hari, Ayam Dingin Segar tetap terasa segar jika dikeluarkan dari dalam refrigerator (kulkas) asalkan suhunya tidak lebih dari 4 derajat celsius.

praktis

Praktis.

Bukan sekali dua kali, lho saya menitip Reza adik laki-laki saya buat belanja ayam ke pasar saat weekend. Adik saya yang paling besar dan sebentar lagi menikah itu tiap akhir pekan belanja ke pasar tradisional menemani Mama. Saat weekend, biasanya pasar tradisional itu selalu penuh tumpah ruah. Alhamdulillah, rumah Mamah itu dekat. Jadi, tiap Mamah dan Reza mau belanja ke pasar selalu nge-whatsapp saya dulu. “Kak mau nitip apa ?”

Yang repot itu kalau Reza lagi dinas luar kota, siap-siap aja libur makan masakan rumah alias kudu beli makanan jadi karena enggak ada yang ke pasar. Setelah saya tahu ada Ayam Dingin Segar, anytime anywhere tinggal berangkat ke minimarket atau supermarket karena Ayam Dingin Segar mudah ditemukan. Praktis pokoknya.

serbaguna

Serbaguna

Rupanya, Ayam Dingin Segar memiliki kumpulan resep mudah serbaguna yang bisa dipraktikkan di rumah. Ini 7 resep favorit saya dan keluarga dari website Ayam Dingin Segar:

  1. Ayam Bumbu Bali
  2. Ayam Bumbu Kemangi
  3. Buffalo Spicy Chicken
  4. Ayam Krispi Taiwan
  5. Tim Ayam Jahe
  6. Onigiri Chicken Mayo
  7. Bakmi Ayam Jamur

Di bawah ini merupakan resep Buffalo Chicken Spicy yang saya praktekkan dari Ayam Dingin Segar. Bahan-bahannya mudah. Prosesnya cepat dan hasilnya pun enak.

Buffalo Chicken Spicy

Yang istimewa dari kumpulan resep ayam dari Ayam Dingin Segar yaitu ada menu ayam dari negeri sendiri seperti Ayam Bumbu Bali dan Ayam Bumbu Kemangi. Dan, ada juga menu ayam dari negeri tetangga seperti Ayam Krispi Taiwan dan Onigiri Chicken Mayo. Jadi, dalam seminggu Anda bisa menyajikan resep tradisional maupun resep internasional.

Enggak bakal ada ceritanya Anda sudah masak ayam trus dikomentarin “Kok ayam lagi, ayam lagi”. Karena, meskipun rasanya tetap ayam tetapi tampilannya beda. Dijamin Pak Suami dan keluarga tercinta makin sayang pada Anda. Syukur-syukur uang belanja dapur bisa ditambahin berkat kreativitas Anda dalam memasak.

Asyiknya lagi, Ayam Dingin Segar punya channel khusus di youtube. Jadi, buat Anda yang baru banget belajar masak, bisa mengikuti Chef Edwin Lau ini saat memasak. Video ini tentang cara membuat Ayam Masak Kemangi, favorit keluarga saya :

Yang kepingin tahu informasi seputar Ayam Dingin Segar, bisa mampir ke sini :

ayam

ttd-marso

Iklan

5 comments

  1. Anakku pernah ketulangan ikan, jadi trauma makan ikan. Mau ga mau aku harus masak ayam tiap hari untuk dia walaupun sepotong. Boleh juga nih Ayam Segar Dingin kalau beli seekor bisa beberapa kali masak untuk Bilqis.Ibunya lauk apa saja sudah kelebihan lemak juga😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s