Morinaga Allergy Week : Pentingnya Orang Tua Mendukung Anak Alergi Untuk Tetap Berprestasi

morinagaallergyweek

Seminggu sekali Mada mengikuti kelas bermain di Cilandak. Suatu hari saat acara makan siang bersama, salah satu orang tua ada yang cemas.  “Aduh, aku lupa bawa susunya Michelle. Dia kan alergi susu sapi,” ujarnya.

Saya menghampirinya. “Susu yoghurt bisa, Mi ? Mada bawa 2 botol nih,” kata saya sambil menyodorkan susu yoghurtnya Mada. Ada rasa sayuran dan ada rasa buah.

Mami Michelle menggeleng, lemas. “Enggak bisa, Ma. Si Michelle cuma cocok susu khusus alergi. Selain itu badannya suka merah gatal-gatal, kadang sorry suka muntah, penanganannya kudu lebih ekstra,” jelasnya. Saya manggut-manggut. Mamah muda satu anak itu akhirnya menelpon asisten rumah tangganya di rumah, untuk segera mengantarkan susu khusus alergi-nya Michelle.

Alergi pada anak seringkali membuat orang tua terutama Ibu cemas, seperti yang dialami Mami Michelle. Sikap cemas pada Ibu akan membuat Ibu lebih protektif pada anak. Misalnya, anak alergi udara dingin maka Ibu akan selalu melapisi anaknya dengan pakaian tebal ketika bepergian ke daerah yang dingin. Bagi orang tua yang memiliki anak alergi pada kacang pun akan senantiasa memproteksi setiap makanan yang masuk ke tubuh anaknya.

Berkaitan dengan alergi pada anak, tanggal 14 Mei 2017 lalu saya berkesempatan hadir di acara Morinaga Allergy Week 2017 : Platinum Kids Olympics yang berlokasi di Wisma Aldiron Gatot Subroto Jakarta Selatan. Dari berbagai pamflet yang beredar di sosial media, terlihat foto Astrid Tiar bersama Annabel anaknya sedang berada di lintasan lari. Platinum Kids Olympics memang merupakan acara perlombaan yang ditujukan bagi anak-anak terutama anak yang memiliki alergi. Melalui rangkaian kegiatan acara tersebut, orang tua diingatkan bahwa anak alergi pun tetap bisa berprestasi.

Di acara yang sama, saya mengikuti press conference Morinaga Allergy Week. Morinaga sebagai salah satu brand unggulan PT Kalbe Nutritionals, memiliki program World Allergy Week yang diadakan setiap tahun. Tiga narasumber yang dihadirkan antara lain :

  1. DR. Dr. Zakiudin Munasir, Sp. A (K) selaku Konsultan Alergi Imunologi Anak
  2. Dr. Rose Mini A. Prianto, M. Psi selaku Psikolog dan Konsultan Multiple Intelligence
  3. dan Dewi Anggraeni, Senior Brand Manager Kalbe Nutritionals.

https://celotehbojo.files.wordpress.com/2017/05/65714-images.png?w=620

Host Choky Sitohang membuka acara sembari menyapa para undangan yang sudah memenuhi ruangan Press Conference. Selanjutnya, sesi pertama dibuka dengan hadirnya Astrid Tiar dan Annabel selaku Brand Ambassador Morinaga. Astrid bercerita tentang Anabel yang memiliki alergi susu sapi.  “Pada 1000 hari pertamanya, anak sangat membutuhkan asupan nutrisi dalam susu. Sehingga alergi terhadap susu sapi seringkali menimbulkan kebingungan bagi orang tua seperti saya. Perkenalan saya dengan brand Morinaga, telah memberikan saya banyak sekali wawasan mengenai nutrisi dan penanganan alergi,” papar Astrid.

Saat Astrid berbagi pengetahuannya seputar alergi anak di hadapan media dan blogger, Anabel terlihat penuh percaya diri mendampingi Ibunya. Tidak nampak ia sedang mengalami alergi. Justru, Anabel terlihat sehat dan penuh semangat bersama Ibunya. Tentu, hal itu tidak terlepas dari stimulasi dan dukungan Astrid pada Anabel.

Narasumber berikutnya yaitu DR. Dr. Zakiudin Munasir, Sp. A (K) -Konsultan Alergi Imunologi Anak-. Menurut Dr. Zaki, alergi termasuk penyakit karena sistem imun memiliki sensitivitas yang berlebihan terhadap protein asing yang bagi individu lain tidak berbahaya. Ada begitu banyak macam tipe alergi seperti : asma, rinitis alergi, alergi makanan, dermatitis atopik serta alergi protein susu.

“Faktor resiko berkembangnya alergi dapat berasal dari faktor genetik dengan persentase kemungkinan alergi antara 20 persen sampai 60 persen. Jika dari orang tua tidak ada bakat alergi, maka kemungkinannya antara 5 persen sampai 15 persen.” jelasnya.

01

Gambar : cekalergi.com

“Untuk mengatasi alergi anak pada protein susu sapi dapat dilakukan dengan cara memberikan ASI ekslusif pada anak. Karena, biasanya penyebab anak alergi lantaran  Ibu tidak bisa memberikan ASI pada anaknya dikarenakan suatu hal. Solusinya Ibu dapat memberikan susu yang telah diformulasikan secara khusus seperti susu protein yang telah dihidrolisis atau susu soya atau susu asam amino.” lanjut Dr. Zaki.

Kurangnya pengetahuan orangtua mengenai penanganan alergi pada anak, menjadi salah satu motivasi Morinaga untuk mengadakan kampanye Semua Dari Ingin Tau, dengan programnya yakni Platinum Kids Olympics yang terdiri dari 3 langkah yaitu :

Langkah 1 : TAU – Melalui Morinaga Allergy Week Platinum Kids Olympics

morinagayutup

“Program Platinum Kids Olympics mendukung si kecil yang alergi untuk tetap berprestasi. Antara lain, melalui aktivitas stimulasi untuk mengasah kecerdasan majemuk, yaitu kecerdasan yang menyangkut banyak bidang dalam kehidupan sehari-hari seperti kecerdasan kinestetik, visual spasial, logika matematika, interpersonal, intrapersonal, musik, linguistik, naturalis serta kecerdasan moral,” papar Dr. Rose Mini A. Prianto, Msi selaku Psikolog dan Konsultan Multiple Intelligence saat menjadi narasumber pada Morinaga Allergy Week.

Untuk deteksi awal alergi anak dapat dilakukan melalui www.cekalergi.com, yaitu laman digital yang mendukung Bunda untuk mengenal jenis alergi apa yang terjadi pada anak. Tampilan website yang user friendly tentu memudahkan Bunda dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Bahkan, terdapat laman resep makanan bagi anak yang memiliki alergi.

Dalam rangka mendukung World Allergy Week, Morinaga mempersembahkan Platinum Kids Olympics untuk membangkitkan sportivitas anak usia 5 sampai dengan 10 tahun untuk berprestasi. Disediakan 3 area untuk mendukung anak yakni :

6

Foto : Morinaga

  1. Brain Care untuk mengasah kecerdasan multitalenta
  2. Body Defense untuk memberikan pertahanan tubuh ganda
  3. Body Growth untuk mendukung tumbuh kembang optimal

Langkah 2 – CEGAH DAN ATASI – Melalui Morinaga Allergy Total Solution

Logo Allergy Total Solution (1) morinaga

Morinaga memiliki program tetap yaitu Morinaga Allergy Total Solution, yang merupakan solusi total alergi untuk anak melalui sinergi nutrisi yang tepat. Morinaga Allergy Total Solution memiliki 3 keunggulan, yaitu :

  1. Solusi nutrisi total untuk pencegahan alergi
  2. Tersedianya produk nutrisi untuk anak dari lahir sampai usia 12 tahun
  3. Sinergi nutrisi yang tepat mencakup Brain Care, Body Defense dan Body Growth.

Inovasi kandungan MoriCare+Prodiges pada produk Morinaga Allergy Total Solution mengandung probiotik yang baik untuk menurunkan gejala alergi pada anak.

Langkah 3 – SEBAR – Melalui Brand Ambassador Morinaga Allergy Week

Ki-Ka Dewi Angraeni - Dr. Zakiudin Munasir - Bunda Romi

Dok. Morinaga

“Tahun ini Morinaga juga memperkenalkan Brand Ambassador untuk Morinaga Specialties, yaitu Astrid Tiar dan anaknya Anabel yang termasuk anak alergi. Sebagai figur publik yang telah dikenal masyarakat luas, kami berharap kesadaran mengenai pentingnya pemahaman akan alergi si kecil, bisa lebih terdengar,” jelas Dewi Angraeni, Senior Brand Manager Kalbe Nutritionals

Media dan blogger memiliki tugas untuk menyebarluaskan informasi yang didapat sepanjang acara berlangsung. Diharapkan setiap masyarakat dapat teredukasi dengan baik mengenai penanganan alergi secara bijak pada anak.

Bagi yang kepingin tahu seputar kegiatan Morinaga, bisa mengunjungi :

Facebook : Morinaga Platinum
Twitter     : @morinagaid
Instagram : @morinagaplatinum

produkmorinaga

Beberapa Produk Kalbe

Iklan

14 comments

  1. Sekarang jika anak alergi ga perlu panik ya, jadi bagi calon ibu bisa cari info dari sekarang. Biar ga kaget kalau nanti anaknya alergi. Seru bungits bikin puding nya, mudah ya ga perlu nyalon kompor😀.

    1. iyyaa biar orangtua yg punya anak alergi gak terlalu protektif ke anak, kesian anaknya nanti gak bisa berkembang

      bikin puding tinggal seduh, teteup endeusss

  2. Anakku anak alergi bahkan kadar alerginya cukup tinggi berdasarkan test.alergi yang sdh dilakukan. Memang agak ribet memiliki anak alergi tapi bkn berarti tidak dpt berprestasi. Morinaga selalu membantu apa yg dibutuhkan oleh anak ya.

  3. Semoga semakin banyak yg aware ttg alergi ya Mba, jadi bukan cuma orang tua dan keluarganya saja, kita pun sebagai orang lain yg tidak memiliki anak dengan riwayat alergi juga harus care.

  4. Anakku dua duanya alergi, jd kudu teliti nih emaknya apa pencetus alerginya, dan jadi harus rajin cari cara menghindar pencetus alergi. Alergi gak bisa dianggap remeh juga soalnya, bisa menghambat tumbuh kembang anak dan lebih khawatir klo dah sampe bikin prestasi anak jadi terganggu 🙂

  5. Nah bener itu 1000 hari pertama itu penting banget buat si kecil ya. Btw baru tahu lho kalau ASI itu bisa menghilangkan alergi buat si kecil. Tapi kalau kondisi tidak memungkinkan, kan ada susu khusus alergi pada anak praktis dan yang pasti menjadi upaya untuk sembuh ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s