Menelusuri Legenda Lamafa Melalui Ceritera.net

alamafa

Diantara ragam tradisi kebudayaan Indonesia, orang lebih mengenal Karapan Sapi dari Madura atau Kandiak (berburu babi) dari Pulau Sumatera. Padahal, dari Indonesia Timur pun memiliki tradisi berburu paus yang sudah ada sejak abad 16 dan dilakukan secara turun temurun. Tradisi itu masih terus bertahan hingga sekarang meskipun sempat menuai kontroversi dari para aktivis penyelamat binatang. Berburu paus memang dilarang di dunia, tetapi ada pengecualian untuk satu daerah, tepatnya di Desa Lamalera, Flores Nusa Tenggara Timur. Karena, ikan paus menjadi mata pencaharian dan makanan sehari-hari penduduk Desa Lamalera.

Pendekar Bayang, penulis cerita genre fantasi menggoreskan jejak Lamafa dalam cerita Legenda Lamafa. Sebuah cerita berlatar belakang Negeri Dua Samudera dengan tokoh utama Bintang Tenggara, yang melakukan perjalanan penuh petualangan ke Pulau Dewa.

Adegan dibuka dengan pertanyaan Bintang Mayang –Ibunda Bintang Tenggara- pada anaknya Bintang Tenggara “Apa cita-citamu ?”

“Cita-citaku adalah mengalahkan diri sendiri,” jawab sang anak dengan mantap. “Menurut kitab falsafah yang kubaca, musuh terbesar manusia adalah dirinya sendiri. Bila hendak maju, bukankah kemalasan dari diri kita sendiri untuk belajar yang menjadi penghalang? Bilamana kita dihina, bukankah amarah yang lahir dari diri sendiri yang mengarahkan kita untuk membalas?” jawab sang anak tanpa ragu.

“Bila demikian, apa yang akan kau lakukan untuk mencapai cita-citamu?” lanjut sang ibu bertanya.

“Aku akan memperkaya diri dengan ilmu pengetahuan. Hanya dengan ilmu pengetahuanlah cita-citaku dapat tercapai.” (episode satu)

Untunglah pengetahuan itu mudah didapat bagi Bintang Tenggara, lantaran ia memiliki Ibu yang mengkoleksi berbagai kitab tentang ilmu hitung, ilmu perbintangan dan budi pekerti. Tugas Bintang selanjutnya adalah mencari benang merah antara Sembilan Jenderal Bhayangkara dengan Lamafa. Tugas yang berat bagi seorang anak usia 12 tahun yang tinggal di Dusun Paledang Paus.

Bintang Tenggara pun menemui Kepala Dusun untuk menelusuri kepingan sejarah yang belum ada jawabannya. Seribu tahun sejak kemunculan binatang dan tumbuhan siluman, peradaban manusia mencapai puncaknya. Petaka datang ketika Kaisar Siluman Darah memimpin puluhan ribu siluman untuk menyerang dan meluluhlantakkan Negeri Dua Samudera. Sembilan Jenderal Bhayangkara dan Lima Raja Angkara pun lenyap bak ditelan bumi. Sejak saat itu tidak ada lagi serangan dari binatang siluman.

“Bunda, jika diperkenankan, aku hendak menuntut ilmu ke Perguruan Gunung Agung di Pulau Dewa,” ungkap Bintang kepada sang ibu.

“Bakat yang luar biasa akan tersiakan bila tidak mengenyam pendidikan di Perguruan Gunung Agung,” tambah Kepala Dusun mendukung.

Bintang Mayang mendukung penuh keputusan anaknya untuk pergi ke Pulau Dewa. Kepala Dusun menitipkan Bintang Tenggara pada saudagar keliling yang singgah di Dusun Paledang Paus. Seandainya, sendi lututnya baik-baik saja maka ia yang akan mengantarkan Bintang Tenggara menuju Pulau Dewa.

Nama saudagar keliling itu adalah Panggalih Rantau. Pemuda yang berusia antara 22-23 tahun. Pekerjaannya menjajakan barang dari satu pulau ke pulau lainnya. Panggalih Rantau memiliki pengamatan yang baik dalam menilai calon pembelinya. Ia tahu siapa saja yang memiliki keping-keping perunggu serta barang apa saja yang mereka idamkan.

Bintang Tenggara sangat menikmati petualangannya bersama Panggalih Rantau menuju Pulau Dewa. Kira-kira bagaimana perjalanan Bintang Tenggara dalam mencari jejak Sembilan Jenderal Bhayangkara ? Akankah dia berhasil bertemu dengan Ayahnya yang hilang ? Untuk mencari tahu bagaimana kelanjutannya, mampir ke Ceritera.net. Ada 48 episode Legenda Lamafa yang siap menguras daya imajinasi Anda.

Tentang Ceritera.net, Web Kumpulan Cerita Berbagai Genre

Siapa bilang minat baca orang Indonesia semakin menurun ? Pada setiap pameran buku, berbondong-bondong orang berburu buku untuk dijadikan bahan bacaan di saat senggang atau di akhir pekan. Bagi yang tak sempat membeli buku atau tak ada budget untuk membeli buku, bisa mampir ke Ceritera.net.

ceritera222223

Ceritera.net merupakan sebuah web kumpulan cerita berbagai genre, yang hadir secara berkala dan terjadwal. Contohnya, cerita genre fantasi Legenda Lamafa karya Pendekar Bayang hadir setiap hari Senin, Rabu dan Jumat. Didirikan dan dikelola oleh para pegiat dunia kepenulisan dengan tujuan orang akan memiliki pilihan untuk membaca.

Bagi yang hobi menulis karya fiksi dapat juga berpartisipasi sebagai kontributor lho. Caranya mudah, tinggal daftar, tulis sinopsis beserta foto sampul yang akan dipakai dan tuliskan cerita Anda episode per episode lalu klik kirim.

ceriteraceritera222

ceritera22222

ceritera222225

Nah, mudah ya menulis cerita fiksi di Ceritera.net. Enggak perlu antri berbulan-bulan di Penerbit. Dan, pastinya tulisan Anda bisa dibaca dari penduduk di berbagai belahan dunia.

ttd-marso

Iklan

8 comments

  1. Betul sekarang minat baca orang Indonesia sudah semakin bagus terbukti waktu ada pameran buku cukup ramai pengunjungnya
    sekolah-sekolah juga sekarang banyak yang menyediakan waktu khusus untuk membaca paling tidak 15-30 menit setiap hari

  2. Saya pernah ke lamalera, memang mengagumkan melihat lamafa sedang melompat dari atas perahu untuk menangkap pus

  3. dari dulu sampai sekarang masih suka dgn lamafa… dan crita2 fiksi waktu anak2 mengenai perbruan paus selalu terngiang.. mba maria tulisannya kece, bikin penasaran sama ceritera,net nya.. mampir ahh

  4. Ceritera.net bisa jadi referensi bacaan tdurr yang super komplit mbaak yaaa. . Apalagi legenda lamafaa banyak banget positif value yg bisa diajarkan ke anak lewat ceritanya 😊 salam kenaal mbaak. .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s