Kongkow Cafe & Delivery : Tempatnya Menu Otentik Untuk Kongkow Asyik

cafekongkow

Kawasan Margonda Depok merupakan surganya tempat kuliner bagi yang doyan icip-icip makanan baru atau benar-benar butuh tempat untuk melampiaskan rasa lapar. Mau makan di warung tenda kaki lima, hayuk. Mau cari lokasi yang instagram-able, banyak. Mau cari tempat kuliner yang ada di dalam mall pun lebih banyak pilihannya. Maklum, ada 5 pusat perbelanjaan besar di sepanjang jalan Margonda. Kebayang gimana padatnya Jalan Margonda di jam-jam tertentu apalagi akhir pekan. Macetnya sebelas dua belas sama jalanan di Jakarta.

Akhir Februari lalu, saya bersama teman-teman Blogger Depok janjian untuk ngobrol cantik sambil nyicipin menu otentik dari Kongkow Cafe & Delivery. Atas rekomendasi Mak Eni Martini, saya dan teman-teman Blogger Depok jadi tahu kalau kulineran itu enggak kudu ke Margonda. Untuk mencapai Kongkow Cafe & Delivery cukup mudah kok. Bagi yang tinggal di sekitaran Tanah Baru atau Ciganjur dan sekitarnya, cukup ambil jalan lurus ke arah belakang kampus UI dari perempatan Tugu Tanah Baru. Buat yang dari Margonda dan sekitarnya, bisa masuk lewat kampus UI menuju pintu belakang UI kukel.

Awalnya bangunan Kongkow merupakan bekas kos-kosan bertingkat yang tidak terawat selama bertahun-tahun. Tiap kali saya lewat, berasa agak spooky gitu ya. Saya pangling ketika awal 2017, bangunan tersebut sudah berubah menjadi sebuah cafe yang hommy. Berulang kali saya lewat tetapi urung mampir. “Ah, palingan mahal harganya” batin saya. Don’t judge a book by it’s cover sepertinya cocok untuk menggambarkan saya yang sudah salah duga. Setelah saya kongkow bareng Blogger Depok, ternyata harga makanan dan minumannya sangat terjangkau.

img-20170223-wa0041

Daftar Menu dan Harga Kongkow Cafe & Delivery

Hujan deras menjelang sore, kami Blogger Depok ngobrol cantik ditemani Ibu Sumi Joko -owner Kongkow Cafe & Delivery – yang sangat ramah. Sebagai pembuka, kami mencicipi  kopi vietnam hangat. Ibu Sumi sempat berseloroh “Ini kopi vietnam bebas sianida ya. Oke punya”

vietnamkopi

Kopi Vietnam ala Kongkow Cafe & Delivery

Untuk menemani kopi vietnam, lalu tiba giliran kami Blogger Depok memilih makanan dari daftar menu. Mak Leyla Hana menjatuhkan pilihannya pada Nasi Sate Ayam Maranggi, Mak Nunu Halimi memilih Nasi Bakar, Mak Eni dan Mak Zata kompak memilih Nasi Ayam Betutu. Saya yang doyan makanan berkuah penuh rempah, memilih Laksa Singapore. Maklum, saya gampang masuk angin, jadi begitu melihat ada makanan berkuah di daftar menu, mata saya langsung ijo. Penasaran juga sama Laksa Singapore, karena yang saya tahu hanya laksa betawi yang bisa ditemui di Setu Babakan Jagakarsa. Kira-kira seperti apa rasanya ya ?

Begitu makanan tiba di meja makan, saya terkejut melihat porsi Nasi Ayam Betutu dan Nasi Bakar yang cukup besar. Kami pun saling icip-mengicip makanan. Bukan cuma porsinya yang juara, rasanya pun juara. Nasi Ayam Betutu terdiri dari nasi, ayam, plecing kangkung, kacang, dan sambal. Sementara, Nasi Bakar isinya terdiri dari Nasi Bakar yang porsinya besar komplit dengan tahu tempe dan sambal sesuai request. Tak ketinggalan, kami memesan bakwan jagung manado yang ukurannya juga besar. Wah, ini mah alamat bakal pulang dengan kemerkaan (bhs sunda : kenyang).

head

Sembari mencicipi satu-persatu makanan di meja, saya seolah sedang menjelajah kota-kota di Indonesia lantaran makanan yang dihidangkan berasal dari daerah yang berbeda. Ada Sate Maranggi dari Purwakarta, Nasi Bakar dari Bogor, Nasi Ayam Betutu Bakar dari Bali. Dan, tak ketinggalan Rujak Aceh yang disajikan sebagai makanan penutup. Rujak Acehnya sangat spesial karena langsung dibikinin sama Ibu Sumi.

Icip-icip sudah, nah soal fasilitas, di Kongkow disediakan mushola dan tempat parkir yang luas. Ada wifi juga. Buat yang mau kongkow outdor ada bangku-bangku tinggi berjejer. Yang kepingin kongkow di dalam, ada kursi-kursi kayu panjang yang siap menampung kamu kamu dan iya kamu.

Buat yang penasaran sama Kongkow Cafe & Delivery, catat ini alamatnya :

Lokasi: Jl. Palakali No. 65 Kukusan Depok

Instagram: @KangenKongkow

Telepon: 021-29318535

WA: 08128080200/ 0811988902

Maria Soraya

Iklan

9 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s