Tertarik Menulis Bilingual Book ? Lakukan Tips Berikut Ala Arleen Alexandra

aaarrrrrl

Coba bertanyalah sama Mbah Gugel, siapa Arleen Alexandra ? Maka, Mbah Gugel bakal memberikan jawaban berupa ratusan judul buku anak dan review buku-buku karya Arleen Alexandra. Jumlah buku yang sudah diterbitkan sekitar 250an buku. Angka tersebut bukan hoax. Karena, baru-baru ini Kak Arleen baru saja terpilih menjadi ‘Most Productive Writer’ dari Penerbit BIP Gramedia.

Tahun ini genap 12 tahun Kak Arleen berkarya di dunia menulis. Buku-bukunya yang kebanyakan bilingual book selalu laris manis. Dan, yang lebih cetaar membahana … buku-bukunya sudah menjangkau hingga ke negara Malaysia, Vietnam, India dan Arab Saudi.

Yang paling saya suka, ketika saya wawancara via e-mail, Kak Arleen sangat down-to-earth. Beliau bahkan sempat memberikan saya semangat dalam menulis :
Even the longest journey starts with one step … begitu juga penulis, starts with one book

Yuk disimak wawancara saya dengan Kak Arleen Alexandra.

1. Halo Kak Arleen, tahun ini ada buku yang sudah atau mau terbit ?
Yang sudah terbit itu Kumpulan Dongeng Binatang 2 dan Grandma Grandpa and me
Yang akan terbit : 365 hari (novel+kutipan) dan Sun Moon Star (Kumpulan Dongeng Inspiratif).
14625423_10211015826058217_2065184397_n

Blogger Grace Melia berfoto bersama buku Kak Arleen

2. Kak Arleen kan banyak menulis buku anak yang bilingual. Ada tips bagi penulis yang ingin menulis buku anak bilingual ?

Menulis buku anak bilingual itu punya resiko bahasa yang ditulis belakangan jadi terdengar seperti terjemahan dan jadi kaku atau ada yang dipaksakan. Untuk menghindari itu, tulis dulu cerita itu dalam bahasa pertama, lalu tulis kembali cerita itu dalam bahasa ke duanya seolah sedang menulis cerita itu untuk pertama kalinya.

(Nah, yang tertarik ingin menulis bilingual book, coba lakukan tips sederhana ala Kak Arleen Amidjaja).
3. Salah satu buku Kak Arleen yang berjudul I Love You, Mom (kalau enggak salah), diterbitkan dalam bahasa Vietnam dan dipecah jadi beberapa buku. Ceritain behind the story-nya dong Kak.
Oh iya, buku itu cukup disukai karena kasih ibu memang topik universal yang dimengerti dan disukai oleh siapa saja. Saat ini buku itu sedang diterjemahkan ke dalam bahasa Arabic untuk terbit di Saudi Arabia juga.
148454_498187958337_8012518_n

Buku I Love You Mom dalam bahasa Indonesia-Inggris

14569868_10211015828018266_1308348438_n

Buku I Love You, Mom dalam bahasa Arab

562604_10150930714318338_1603784415_n

Buku I Love You, Mom dalam bahasa Vietnam

4. Baru-baru ini Kak Arleen terpilih menjadi ‘most productive writer’ dan dapat medali juga dari Penerbit BIP Gramedia. Double keren !
Aduuh itu sih mungkin cuma kebetulan aja. Nggak cuma aku kok yang produktif. Ada banyak sebenarnya yang lebih produktif. Cuma mungkin tahun ini lagi pada sibuk :). Aku malah sebenarnya bukan penulis profesional in the sense that aku tidak punya tombol on off yang bisa dipencet kapan saja. Aku biasanya harus menunggu ide datang dan jika ide belum datang yang belum bisa menulis ๐Ÿ™‚
5. Selain menulis, Kak Arleen juga bekerja kantoran. Kapan Kak Arleen menulis ?
Menulis itu sebenarnya ada 2 bagian : pekerjaan mentalnya (memikirkan apa yang akan ditulis), dan pekerjaan fisiknya (menulis atau aku sih biasanya mengetik). Dan yang jauuuuh lebih lama itu sebenarnya adalah pekerjaan mentalnya. Bila sudah tahu apa yang akan ditulis, pekerjaan fisiknya tidak lama. Waktu menulisku tidak beraturan. Hanya setelah aku tahu apa yang akan kutulis, aku mulai mengetik ๐Ÿ™‚
Bagi teman-teman yang ingin tahu karya terbaru Kak Arleen, bisa mengunjungi :
Twitter : @arleen315
Instagram : @arleen315

note : dokumentasi seluruh foto milik Arleen Alexandra

xoxo,

Maria Soraya

Iklan

5 comments

  1. Aku pikir yang bilingual book itu penulisnya beda mak. Maksudnya kalo si bahasa indo penulis asli, bahasa inggrisnya si penerjemah. Tarnyata bisa sama juga yaaa. Semacam kerja dua kali yaaa. Hihi. Buku-bukunya kek Arleen oke-oke juga nih, ntar coba cari aaaah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s