Stella Ernes : Serunya Menjadi Mama Kreatif dan Produktif

stellaernescover

Siapa bilang menjadi Mamah rumahan itu kerjanya cuma elapin kompor sepanjang hari dan ngegosipin tetangga kanan-kiri sambil dasteran klewer-klewer ? Yeah, memang sih masih ada beberapa perempuan melakukannya. Tetapi, dengan kemudahan teknologi yang ada, perempuan harusnya bisa berkarya dari rumah. Mengutip lirik lagu Innuendo-nya Queen. You can be anything you want to be. Just turn yourself into anything you think that you could ever be …

Bener yah … bener yah … bener yah ? Ralat saya kalau saya salah πŸ™‚

Nah, bagi yang suka belanja-belanji buku pasti dengan mudahnya melihat buku karya Stella Ernes berada diantara barisan buku anak. Penulis sekaligus ilustrator ini bisa membuktikan bahwa perempuan pun bisa berkarya dari rumah. Sambil mengurus anak plus membuat kue, siapa takut ?

kuestella

Kue-kue Cantik Buatan Mbak Stella (IG)

Berikut wawancara ala-ala saya dengan Mbak Stella :

1. Halo Mbak Stella, apa kabar ? Lagi sibuk ngerjain buku apa ?

Puji Tuhan kabarnya baik. Sekarang lagi ngerjain buku cerita sekaligus mewarnai nih. Maksudnya buku cerita, tapi dengan gambar hitam putih untuk diwarnai anak-anak.

(Itu loh, yang lagi kekinian, coloring book)

2. Tahun ini buku apa aja yang sudah terbit dan akan terbit ?

Tahun ini kalo nggak salah baru dua buku yang terbit. Keduanya buku mewarnai, “Beautiful Garden” dan “Amazing Dinosaurs”. Kalau buku yang (mudah-mudahan) akan terbit di tahun ini, masih bertema buku mewarnai juga. Satu buku ‘adiknya’ Amazing Dinosaurs, satu lagi buku cerita mewarnai.

3. Ilustrasi Mbak Stella bisa ditemukan di buku anak-anak. Dulu sekolahnya di DKV atau menggambar otodidak ? Mulai kapan nulis dan buku pertama yang diterbitkan ??

Dulu kuliah ambil DKV jurusan FSRD, tapi kalau ilustrasi lebih banyak belajar otodidaknya.
Buku pertama saya terbit di tahun 2006 berupa lima buku anak-anak tentang huruf, angka, warna, bentuk, jam dan waktu. Kelima buku itu diterbitkan ulang di tahun 2013 dengan format baru.

(Wow, jadi sudah 16 tahun Mbak Stella berkarya)

4. Pengalaman paling berkesan sebagai ilustrator dan penulis buku ?

Kalau pengalaman berkesan sih banyak banget. Kenalan dengan banyak penulis dan ilustrator, mengenal dunia penulisan dan penerbitan buku anak, dll. Tapi yang paling berkesan adalah salah satu buku yang saya ilustrasikan pernah mendapat penghargaan Adikarya IKAPI sebagai salah satu buku dengan ilustrasi terbaik. Dan ada salah satu buku saya yang berjudul “Jangan Jorok, dong!” berhasil mendapat predikat Bestseller di tahun 2012.

5. Gimana cara bagi waktu antara gambar plus nulis pluss menjadi maminya duo krucils plusss kegiatan memasak kue ? πŸ™‚

Wah, makasih banget udah dibilang jago gambar dan nulis *blushing*.. Tantangan terbesar sebagai ibu dan penulis memang soal bagi waktu. Harus nunggu dua bocil tidur kalau mau kerja. Tapi kalau kepepet DL terpaksa nitipin anak-anak ke omanya XD
Kalau soal bikin kue, kalau punya waktu luang aja baru masuk dapur hehehe

(ah, kalau aku punya oven, juga belum tentu mau turun dapur, udah males duluan mikir siapa yang bakal beresin perkakas bekas masak *enggak-ditanya-juga)

6. Persiapan untuk acara BIP tahun ini ? Bakal ngikut dresscode-kah ?

Enggak ada persiapan khusus kok.. hanya jadi tamu undangan biasa tahun ini. Dan soal dresscode, mudah-mudahan bisa ngikutin, untuk menghargai panitia yang sudah repot-repot mempersiapkan gathering tahun ini πŸ™‚

stella

Proses pembuatan coloring book Amazing Dinosaurs (IG)

Enam pertanyaan cukup ya, Mbak ? Hehe. Yang mau kepoin buku terbarunya atau kegiatan memasak cantik Mbak Stella Ernes, monggo melipir ke sini :

Facebook : https://www.facebook.com/stella.ernes
Instagram : @stellaernes

xoxo,

Maria Soraya

Iklan

11 comments

  1. Syantik banget bukunya keyennnn…pengen ke tobuk tp tobuk satu2nya di Cimahi Mall tutup Mba pindah dunk ke Tasik lalu saya dan anak kemarin gigit jempol maksud hati beliin buku anak apadaya deh *malah curhat* hahhaha
    FYI sapa tau mba mau buka toko buku di Cimahi, saya ikutan gituh hehehe πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s