Dian Kristiani : Berkah Menulis, Berangkat Ke Jerman

diujungdesa_kami-bicarakan-kemerdekaan_

Hari ini kalender udah ganti lembaran. Tanggal muda ya mak. Bentar lagi wiken juga. Emak-bapak kece yang ingin semakin bertambah kekeceannya, jangan lupa mampir ke toko buku. Sisihkan beli buku minimal satu deh setiap gajian. Syukur-syukur bisa borong selusin. Kan, Nenek bilang buku itu gudang ilmu. Coba deh anda ngobrol sama orang yang enggak pernah baca buku, dijamin anda lebih sering nunduk ngejar pokemon daripada nyimak yang diajak ngobrol.

Buat yang rajin ke Toko Buku Gramedia dan punya anak kecil, pastinya enggak asing sama Dian Kristiani. Yesss, buku-buku karya Dian Kristiani hampir mendominasi rak buku anak. Di bagian buku cerita anak, ada. Di bagian buku anak agama Islam, juga ada. Di bagian buku dewasa, juga ada. Kok bisa ya buku-bukunya segitu banyak nangkring ? Jangan-jangan Mbak Dian ini yang punya Gramedia ?? Jangan-jangan Mbak Dian … hussshhh, dilarang suudzhon.

Dalam rangka hut penerbit Bhuana Ilmu Populer Gramedia yang ke 22, saya mau me-review beberapa penulis buku anak BIP. Sekalian kenalan juga kita yah, Mbak … Mas sebelum ketemuan besiyok di acara BIP Writers Gathering. Penulis yang saya review pertama kali, Mbak Dian Kristiani. Penulis produktif idaman sesama penulis.

1. Sekarang udah ganti jam kerja Mbak ? Udah gak begadang-begadang lagikah ?

Sekarang bobok jam 9 or 10 malam, karena harus nyiapin bekal anak pagi-pagi. Dulu habis subuh, bobok lagi. Sekarang ga bisa πŸ™‚ jadi ya begadang dihapuskan.

(beberapa kali ngobrol sama Mbak Dian Kristiani via pesbuk, seingatku itu tengah malam)

2. Tahun ini buku apa aja yang udah terbit dan akan terbit ?

Buku-bukuku yang terbit di 2016 kalau enggak salah ada 8. Bisa dilihat di album foto FB ku. Kalau yang mau terbit, banyak πŸ˜€ ada komik nabi, ada picbook nabi, ada komik remaja dll.

3. Sejak awal menulis, ada buku yang paling berkesan buat Mbak Dian ?

Yang paling berkesan adalah 100 Cerita Rakyat Nusantara, karena buku itu baguuus banget ilustrasinya, dan laku keras di pasaran πŸ™‚

4. Tahun kemarin Mbak Dian berangkat ke Frankfurt Book Fair, bersama beberapa penulis. Boleh dong ceritain behind the story-nya

Tahun kemarin, saya mendapat kabar dari BIP, kalau ada beberapa penulis yang bakal berangkat ke Frankfurt Book Fair (FBF). Syarat untuk bisa ikutan ke FBF, penjualan buku selama kurleb 7 bulan harus mencapai minimal 1 milyar rupiah. Didukung suami, saya pun mulai usaha untuk mencapai angka tersebut. Saya melakukan berbagai promo demi mendongkrak penjualan buku saya. Alhamdulillah, Juni 2015 penjualan buku-buku saya sudah mencapai angka 1.5 M untuk 42 judul buku. Saya pun fix berangkat ke Frankfurt Book Fair.

Oh ya, dari angka penjualan 1.5 M itu, penjualan terbesar berasal dari 100 Cerita Rakyat Nusantara. Angka penjualannya lebih dari 500 juta rupiah. Alhamdulillah, ini membuktikan masih banyak masyarakat Indonesia yang mencintai budaya negeri sendiri.

(tuuuhhh kan, sodarah-sodarah … Mbak Dian Kristiani bisa berangkat ke FBF bukan gegara dia yang punya tobuk Gramedia … mau sukses ya kudu usaha, keras seperti Mbak Dian itu)

5. Tahun ini apa aja persiapannya untuk BIP Writers Gathering ?

Ndak ada persiapan apa-apa, karena kan hanya sebagai tamu.

6. Last but not least (kalimat standar ya Mbak hehe), penulis itu identik dengan bekerja di depan komputer/laptop. Kadang suka lupa waktu kalau udah nulis. Nah, bagaimana Mbak Dian menjaga kesehatan sebagai seorang penulis ? Masih sempat olahraga atau minum suplemen-suplemen tertentu ?

Saya memang aslinya enggak suka olahraga. Untuk menjaga kesehatan saya standar aja. Enggak berlama-lama di depan komputer, senam-senam kecil sesekali, bergaul dan ngobrol dengan tetangga (menyehatkan jiwa), ngobrol sama Gusti Allah, main dengan anak. Saya lebih menjaga kesehatan jiwa sih, karena katanya sumber penyakit adalah jiwa yang sakit. Suplemen? Hmm, hanya vitamin C dan B aja.

dian

Sebagian buku-buku karyanya di instagram

Ah, enggak pernah mbosenin ngobrol sama Mbak Dian Kristiani. Sifat humble-nya dan lucunya awet. Yang kepingin tahu buku-buku karyanya, bisa kepoin deh medsos plus blog-nya di sini :

Facebook : Dian Kristiani

Instagram : Dian Kristiani

Blog : http://diankrist.blogspot.co.id/

xoxo,

Maria Soraya

Iklan

7 comments

  1. langsung searching bukunya hehehe…nambah list buat nambah koleksi buku anak. Kasian juga anakqu sampe hapal beberapa buku karena tiap hari diulang2 :p

  2. Aku suka baca bukunya yang kuliner nusantara. Mau cari buku lainnya juga ah.
    Btw ya ternyata oh ternyata mba Dian ini muslim. Mau baca juga buku cerita nabi. Jadi panjang deh daftarnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s