Jalan-jalan Sehat dan Pintar di RPTRA Mawar Lebak Bulus

madddd

Senin kemarin, saya dan Mada kembali datang ke RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) Mawar Lebak Bulus. Ini kedua kalinya kami datang ke tempat seluas 2.300 meter persegi yang letaknya di belakang Sekolah Charitas.

Kami datang jam setengah 9 pagi, diantar Pak Gondrong. Suasana RPTRA masih sepi. Ada seorang Ibu berpakaian dinas sedang membersihkan sampah. Di panggung terbuka. juga ada Bapak petugas yang lagi menyapu. Mada langsung aja teriak “yeay nyampe deh !” trus ngacir lari ke dalam. Dari pintu gerbang, Mada menuju lapangan yang berada di sebelah kanan. Dia jalan-jalan plusss masuk ke paviliun yang cantik ituh.

mada02

Mada berjalan-jalan memutari lintasan jogging di sebelah kanan

madd3

Paviliun ini keren buat foto-foto

madd4

Lapangan futsal yang becek, tempat saya ngobrol sama Ibu Manda

madd6

Ruang Serbaguna

madd7

Ibu Manda dan Pak Slamet, pengelola RPTRA Mawar Lebak Bulus

madd9

Perosotan favorit Mada !

madd10

Perpustakaan RPTRA Mawar Lebak Bulus

maddddd15

Mada, Kak Putri dan Kak Respa (Mereka tinggal di sebelah RPTRA Mawar)

madd11

Ayunan dan paviliun di sebelah Ruang Serbaguna

madd12

Mada meluncuuuuur

madd13

Mada naik naik ke tangga sebelum sliding

madd14

Kebun Tanaman Obat

Maap fotonya beberapa ada yang buram. Saya moto sambil ngawasin Mada yang lari ke sana sini. Tempat ini cocok banget buat keluarga jalan-jalan pagi/sore atau nongkrong-nongkrong cantik sama temen di paviliun. Katanya bisa buat resepsi juga sih.

Tentang RPTRA Mawar Lebak Bulus

Taman RPTRA Mawar diresmikan pada 26 April 2016 oleh Gubernur DKI Jakarta Ahok. Dibangun atas dana CSR dari The Harvest Chocolate. Yup, coklat kesukaan saya ituh ternyata punya kontribusi untuk anak-anak. Jadi, pengin mamam coklat Harvest.

RPTRA Mawar letaknya bersebelahan dengan area perkampungan. Ada gerbang kecil yang menghubungkan perkampungan dengan taman RPTRA Mawar. Fasilitas yang tersedia : ada 2 paviliun kecil, area lintasan jogging, panggung terbuka, kolam ikan, kebun tanaman obat, perosotan dan ayunan. Yang paling seru itu ruang serbagunanya. Ada perpustakaan, kantor pengelola, pendopo, ruang laktasi dan ruang pamer ukm.

Mada puas banget berkeliling, main perosotan dan ubek-ubek buku di perpustakaan. Begitu semua fasilitas udah dicobain, saya tertarik langsung nyamperin deh pengelola RPTRA Mawar. Namanya Ibu Manda. Beliau merupakan guru PAUD di Taman Sari Lebak Bulus.

Dari hasil ‘wawancara’, ternyata kegiatan di RPTRA Mawar Lebak Bulus cukup banyak. Setiap Senin sore jam 4, ada kegiatan bermain Lego untuk anak-anak usia 5 s/d 12 tahun. Setiap Rabu malam ada bazaar. Ada klub sepakbola anak-anak juga di sini. Hari Sabtu dan Minggu itu hari ramenya RPTRA Mawar. Di luar kegiatan rutin, sudah banyak kunjungan entah dari sekolah atau surveyor yang tertarik ingin membuat RPTRA di wilayahnya.

Ibu Manda bilang, waktu bulan puasa sempat ada Pesantren Kilat di Ruang Serbaguna itu. Anak-anak Labschool Jakarta juga menjadikan RPTRA Mawar buat serah terima rapor. Taman ini pernah juga dijadikan sebagai foto wedding dan foto buku tahunan dengan tema garden. Beuh keren pisan yah.

Semangat selalu ya Ibu Manda dan Pak Slamet. Semoga RPTRA Mawar dapat menjadi lebih baik dan bisa menjadi education center.

Transportasi ke RPTRA Mawar Lebak Bulus

RPTRA Mawar Lebak Bulus ini lokasinya cukup strategis, ada di seberang BATAN. Hampir semua angkot yang ke Terminal Lebak Bulus pasti lewat BATAN. Memang sih agak jauh masuk ke dalam dan ojeknya pun jarang. Kalaupun harus naik angkot ya turun di depan Charitas, jalan kaki ke lokasi atau pesan ojek online.

Di RPTRA Mawar Lebak Bulus ini jarang bahkan enggak ada penjual makanan. Enaknya sih nge-bekal sendiri dari rumah. Jangan lupa bawa bola atau sepatu roda. Sayang, udah datang ke lokasi tapi ada 3 lapangan kosong dianggurin.

Hayuk mamah-mamah dan papah muda yang mau sehat dan pintar, markimpir. Mari kita mampir !

xoxo,

Maria Soraya

Iklan

6 comments

  1. Waaaa RPTRA-nya bagus banget ya mbaaa.. Seneng aku liat skrg makin banyak tempat main anak kayak gini.. Fasilitasnya pun bagus, kegiatannya jg banyak.. 😀 Aku sama anak2ku belum pernah ke RPTRA di Jakarta.. Jadi pingin tour ke RPTRA.. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s