Mada 23 Bulan : Berdoa, Bernyanyi dan Mengenal Alphabet

66666666

Mada lagi duduk sore-sore di Taman Komplek Eyangti

Bulan ini, umur Mada nambah satu lagi, jadi 23 bulan. Tetangga kanan kiri sesama punya anak batita, udah pada heboh supaya Mada segera lepas nenen, disapih gitu. Saya masih nyantai sih. Belum kepikiran juga mau disapih model apa. Entarlah ya.

Mada makin gede, energinya makin uakehhh dan Ibunya kudu pintar-pintar bagi energi. Yang paling berasa banget itu Mada jadi cerewet. Semua ditanya. Ibunya lagi di kamar mandi, Mada pasti heboh manggilin Ibunya berkali-kali. Waktu Mada masih setahunan, kalau dia manggil ya saya cukup respon dengan suara thok. Sekarang, enggak. Kudu nengok juga. Pokoknya, kalau dia manggil siapa, kudu ada kontak mata. 

Sebulan ini, Mada makin doyan nyanyi-nyanyi. Lagi dimana, tahu-tahu mulutnya nyanyiin reff-nya lagu Senam Paud yang ‘bebeknya bergoyang bunyinya wekwek’. Lain waktu, nyanyi lagi ‘kepala pundak lutut kaki’. Tiap kali nyanyi, Mada enggak pernah lupa buat goyang sesuai lagunya.

Trus trusss yang bikin Ibunya terharu, Mada lagi senang berdoa. Ada yang diajarin. Ada yang dia copy begitu aja karena melihat saya suka ngucap. Misalnya, saya mau naik tangga yang lumayan tinggi, spontan saya ngucap ‘ya allah’ dan ternyata ini dicopy sama Mada. Waktu ada petir, saya ngucap ‘lahaula walla kuata illa billah’ sambil megang dada. Dan, ini beneran ditiru Mada.

Another new things from Mada, dia lagi senang belajar alphabet. Saya sengaja pasang poster angka dan alphabet di kamar. Awalnya saya tunjukkin, yang mana huruf ABCD dan seterusnya. Ternyata Mada kurang tertarik. Saya nyoba metode lain, yaitu setiap huruf itu mewakili nama orang-orang di dekatnya atau ya sesuatu yang disukai Mada.

Contohnya,

Huruf A mewakili Ayam, Anggur, Apel, Akung dan Atun.

Huruf B mewakili Bapak, Bang Jarwo, Beruang, Bebek, Bantal dan Bobo (majalah).

Huruf E mewakili Engki (bapak saya)

Huruf I mewakili Ibu dan Ipin (sodara kembarnya Si Upin)

Huruf M mewakili Mada, Mangga, Mamang (Oomnya Mada alias adik saya) dan Motor.

Huruf N mewakili Nenek

Huruf O mewakili Oom dan Onti (auntie)

Huruf Y mewakili Yangti (Ibu saya)Setiap ada hal baru, saya tambahin ke hurufnya biar nambah kosakata juga.Perkembangan yang lain, Mada doyan banget makan. Sering banget minta makan ‘mam’, alhamdulillah ini yah setelah tahun kemarin Ibunya lieur ngadepin GTM-nya Mada. Biar doyan makan, badannya belum bisa menggemuk. Aah, biarlah yang penting Mada sehat.
Trus trus trus … Mada suka rapih-rapih mainannya. Kadang suka lupa, dia habis ngeluarin isi kotak mainan mobilannya trus buka kotak mainan binatangnya. Palingan saya ingatin gitu ‘hayoooh kotak mobilannya kok belum dirapihin’.Segitu aja sih. Saya lagi terharu, barusan Mada fasih banget ngucap ‘alhamdulillah’.

xoxo,

Maria Soraya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s