DIY Easy Matching Game

diy easy matching game

Sejak anak saya berumur 18 bulan, saya mulai getol nyicil segala permainan yang dibikin sendiri. Saya sadar Mada mulai bosan dengan mainan-mainan yang ada di dalam kotak harta karunnya. Dia butuh tantangan lebih. Saat saya tinggal Mada sendirian, saya suka iseng ngintip apa yang dia lakukan dengan mainannya. Sering banget saya mergokin dia men-challenge dirinya sendiri. Dan, saat Mada bisa melakukan sesuatu, dia bakalan nyamperin saya entah di dapur atau saya lagi mojok sama laptop.

Jadi, rasanya sayang banget kalau saya membiarkan Mada tumbuh hanya dengan permainan yang itu lagi itu lagi. Β Oh ya, setiap kali saya membuat diy toys, selalu disesuaikan dengan kebutuhannya. Saat ini Mada sudah 21 bulan, saya naikin dikit level permainannya dengan menyamakan gambar.

Alat yang dibutuhkan :

  1. Print gambar animal face full color sebanyak 12 buah
  2. Print gambar animal face grayscale sebanyak 12 buah
  3. Kertas asturo
  4. Kertas kado bermotif
  5. Cutter, gunting dan lem

Cara membuat :

  1. Gambar animal face yang sudah di print, digunting sesuai bentuk. Sebaiknya pilih gambar yang enggak banyak lekukannya biar gampang pas motong.
  2. Potong kertas asturo menjadi 24 buah kartu. 12 kartu untuk yang full color. 12 kartu sisanya lagi untuk yang grayscale.
  3. Potong kertas kado menjadi 24 buah. Ukurannya sama seperti kartu asturo.
  4. Tempel animal face yang full color dan grayscale ke atas kartu asturo. Biarkan lemnya mengering.
  5. Kertas kado yang sudah dipotong, tempelkan ke bagian belakang kartu. Biar eye catching πŸ˜‰

Untuk memainkan easy matching game ada 2 caraΒ  :

Cara pertama : kartu full color dan grayscale diletakkan dengan posisi gambar di luar. Kartu full color berada di sebelah kanan. Kartu grayscale di sebelah kiri. Posisi kartu diacak ya mom. Lalu, moms ambil satu kartu full color dan minta si kecil mencari gambar yang sama dengan yang ada di tangan moms.

Cara kedua : semua kartu diletakkan dengan posisi gambar menghadap ke dalam. Yang terlihat adalah bagian belakang kartu yang ada kertas kadonya. Minta si kecil untuk mengambil satu kartu dan mencari pasangannya. Maksimal hanya boleh membuka 5 kartu. Kalau gagal, gantian dengan pemain berikutnya.

xoxo,

Maria Soraya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s