NGOPI bareng Nova : Habis Gelap, Terbitlah Terang

DSC_0011_2

Dokumentasi pribadi/by Sarsof

Sepanjang bulan Februari kemarin, saya sedang bergalau-ria. Status Ibu Rumah Tangga, atau bahasa kekiniannya itu SAHM alias Stay-At-Home-Mother yang saya pilih usai ijab kabul tahun 2012, mulai membuat saya goyah. Kebutuhan pokok sih sudah tercukupi dengan baik. Tetapi, di luar kebutuhan pokok, saya masih punya impian dan cita-cita yang enggak mungkin saya tambahkan bebannya ke pundak suami. Saya ingin punya penghasilan sendiri dan tetap bulanan. Bukan dari kerja kantoran, tapi dari hobi menulis dan nge-blog saya di rumah. Menjadi SAHM, bukan berarti kehidupan berhenti pada panci dan popok tho ?

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Status blogger Annisa Steviani seolah membuka sedikit kebuntuan di kepala saya. Ia mencari 10 blogger untuk datang ke acara ulang tahun tabloid Nova  yang bertajuk Ngobrol Inspiratif Bareng NOVA. Tema acaranya sesuai dengan kebutuhan saya banget, yaitu Cerdas Menjadi Ibu & Blogger Berbayar, Why Not ? Sayangnya, waktu saya cek statusnya, pendaftaran sudah ditutup. Saya enggak putus asa. Saya coba telpon nomor yang tertera di flyer iklan tersebut dan mendaftar. Thank God, the seat still available for me.

0014WH6A3BADE2C6A9B374mx

Foto milik opensnap.com

Hari H, saya diantar suami ke Birdcage Parc Resto yang berlokasi di Jl. Wijaya 9, Kebayoran Baru. Saat saya turun dari motor, sempat berpapasan dengan seorang Ibu-ibu berhijab memakai floral blazer yang tersenyum ramah pada saya. Wuih, itu pasti blogger juga, batin saya. Semangat saya makin naik. Saya segera menyusul si Ibu-Floral-Blazer tadi ke dalam resto. Sembari meniti anak tangga, hati saya dag-dig-dug. NGOPI bareng Nova itu acara pertama saya. Enggak kebayang suasananya seperti apa. Yang ada di kepala hanya ‘saya harus banget datang ke acara itu’. Di ujung tangga, saya menuju meja pendaftaran untuk mengisi nama dll. Suasana lumayan crowded.

Sembari duduk manis, mata saya menelusuri seisi ruangan. Dekor panggung yang bernuansa bunga-bunga shabby chic itu selaras dengan tampilan para tamu undangan yang sebagian besar memakai baju bermotif bunga-bunga. Sesuai dengan dresscode acara yaitu touch of floral. Makin cocok  sama suasana restoran yang ada sangkar burung putih-nya. Amat kekinian. Sosok paling mencolok yang saya kenali hanya Annisa Steviani. Ibu yang satu ini memang cukup eksis di Komunitas Emak Blogger (KEB) yang saya ikuti.

Sebelum acara dimulai, para tamu undangan yang terdiri dari Blogger dan Vlogger diminta untuk mengisi form pendaftaran member Klub Nova. Nantinya, form tersebut diserahkan lagi ke panitia, supaya langsung dibuatkan ‘kartu sakti’nya. Asyiknya itu bebas biaya pendaftaran. Kalau daftar  di luar acara, kudu bayar Rp. 50.000 untuk keanggotaan selama 2 tahun. Lumayan banget. Si kartu sakti berwarna ungu itu bisa dipakai sebagai kartu diskon belanja atau kartu pembayaran tiket commuter line. Pastinya, sebelum digunakan si kartu sakti itu kudu di top-up dulu ya. Selain si ‘kartu sakti’, ada juga penawaran untuk berlangganan tabloid Nova yang berhadiah travel bag khusus di hari itu.

Jam 3, acara dibuka oleh MC Robby Leo dengan sapaannya yang hangat. Lalu, ia mempersilakan Editor in Chief Tabloid Nova, Ibu Iis R. Soelaiman maju ke depan untuk memberikan sambutan. Ternyata, Ibu-Floral-Jacket yang senyum-senyum waktu saya turun dari motor itu bos-nya Tabloid Nova.  Usai memberikan sambutan, Ibu Iis juga menjelaskan bahwa kini Tabloid Nova ikut merambah dunia digital. Ada twitter, facebook, instagram, youtube bahkan Tabloid Nova punya channel tersendiri di K-vision milik Grup Gramedia. Cukup komplit.

Selanjutnya, MC juga meminta supaya Ibu Uttiek M. Panji Astuti (Redaktur Pelaksana Nova) beserta semua kru tabloid Nova ikut maju untuk nyanyi selamat ulang tahun dan tiup lilin. Para tamu undangan yang tadinya duduk manis, segera merangsek maju untuk mengabadikan momen tersebut dengan smartphonenya masing-masing.

Happy 28th birthday, Tabloid Nova. Semoga engkau tetap ada di saat media cetak satu-persatu berguguran tutup usia. Semoga Nova makin dewasa makin berisi. Dan tetap menjadi Sahabat Wanita Inspirasi Keluarga.

Usai acara tiup lilin, panitia berkeliling ruangan membagikan potongan kue ulang tahun tabloid Nova pada tamu undangan. Kue cake coklat dengan topping kacang-keju ini menemani segelas es teh manis yang sudah disajikan di awal acara. Dan, acara yang ditunggu-tunggu pun tiba, yaitu talkshow bersama blogger Annisa Steviani.

Ibu satu anak yang terkenal dengan ‘tips daycare-nya’ ini merupakan Ibu bekerja. Meskipun sudah sibuk dengan aktivitasnya di kantor dan mengurus anak, ia masih mewajibkan diri untuk nge-blog. Entah sendiri atau janjian posting bareng blogger lainnya. Annisa juga menceritakan asal mulanya nge-blogger. Ia memulai nge-blog 3 tahun yang lalu. Pada waktu itu isi blognya lebih banyak curhat-curhat. Lalu, di bulan Januari 2015, Annisa mulai serius menggarap blognya. Enggak pakai lama, ada brand yang kepincut untuk mengajaknya bekerjasama.

Berikut tips nge-blog buat para ibu dari Annisa Steviani :

  • Nge-blog itu harus dimulai dengan niat.

Niatnya harus yang positif. Jangan sekedar curhat karena apa yang ditulis itu dibaca sejuta umat. Lebih baik mengoptimalkan blog pribadi menjadi sesuatu yang berguna.

  • Tentukan waktu nge-blog.

Dalam 24 jam, setiap Ibu pastinya memiliki waktu jeda. Bagi Ibu Rumah Tangga, usahakan untuk menulis blog saat anak tidur. Sementara, bagi Ibu bekerja kantoran, bisa mengambil kesempatan buat nge-blog 2 jam sebelum bekerja atau saat jam istirahat kantor.

  • Punya bank ide

Bukan cuma uang yang perlu disimpan di bank. Ide pun penting untuk disimpan. Sediakan notes khusus untuk mencatat ide yang ada di kepala. Fungsinya supaya blog selalu terupdate dengan baik.

  • Bergabung dengan komunitas blog

Tujuannya supaya kita tambah semangat nge-blog. Dan, tentu supaya blog-mu bertambah target pembacanya. Jadilah anggota yang aktif, bukan sekedar silent reader.

  • Tentukan tema blog-mu

Apa sih yang ingin kamu tonjolkan dari blog-mu ? Ada begitu banyak tema yang bisa ditonjolkan seorang blogger. Misalnya, parenting, food & beverage, film dll.

Nah, kalau kita sudah konsisten dengan blog yang kita punya, boleh dicoba trik berikut dari Annisa Steviani supaya brand melirik blog kita untuk diajak bekerjasama.

  • Jadikan blog-mu itu sesuatu yang unik

Sekarang ini banyak banget blog soal parenting. Cari hal unik yang belum ada di blog parenting lainnya. Seperti Annisa yang pernah posting soal daycare untuk anaknya. Gara-gara postingannya itu, banyak ibu-ibu yang bertanya padanya urusan daycare. Bahkan, ada juga ibu-ibu yang memasukkan anaknya di daycare yang sama dengan anaknya Annisa. Nah, blog-mu tentang apa ? Makanan ? Cari deh hal soal makanan yang belum digarap blogger lainnya.

  • Rajin share di sosmed

Yaiya, kan supaya makin banyak yang baca postingan kita. Semakin rajin kita share, bukan enggak mungkin ini ikut menaikkan peringkat kita di google. Cara nge-share-nya pun amat praktis, yaitu lewat layanan gratis Dlvr.it. Setiap kita posting artikel baru, secara otomatis layanan ini akan membagikan langsung ke berbagai media sosial (medsos) yang sudah kita daftarkan di situs ini. Jadi, kita enggak usah repot, nge-share satu persatu blog kita di medsos.

  • Maksimalkan SEO (Search Engine Optimization)

Untuk menguasai ilmu per-SEO-an, memang butuh waktu khusus. Annisa memaparkan, agar setiap blogger sebaiknya membuat satu-dua potential viral content di blognya. Coba peratiin facebook-mu, kan suka ada tuh artikel blog milik siapa gitu dan yang nge-like atau nge-share itu ratusan orang. Kira-kira seperti itu konten yang ber-viral. Selain itu, sering-sering aja mengunjungi blog sesama blogger  (blogwalking) dan jangan lupa meninggalkan komentar (backlink).

Seru dong ya, ilmu blog dari Annisa Steviani ? Pastinya. Enggak sekedar berbagi tips, ia juga menjelaskan sumber penghasilan blogger berbayar itu. Diantaranya :

  • Paid Review
  • Adnetwork (via google adsense/pay perclick)
  • Placement Article
  • Lomba Blog

Diantara sumber penghasilan di atas, Annisa menyukai Paid Review, menurutnya penghasilan dari Paid Review itu bisa lebih besar dari gaji kantornya. Ia juga sempat menyebutkan bahwa di dunia maya itu banyak PR Brand atau Agency yang hunting blog-blog bagus. Karena saat ini, pemasaran melalui produk yang di-review blogger itu lebih nendang daripada bikin iklan puluhan juta. Yang terpenting setelah ada brand yang mau bekerjasama dengan kita, jangan serakah. Semua jenis produk diambil, dari mulai iklan perumahan, mlm dan sebagainya. Karena bisa menghilangkan keunikan blog kita.

Materi acara berikutnya yaitu workshop singkat “Memaksimalkan Tampilan Blog dengan Foto yang Cantik”, yang dipresentasikan oleh Mas Romy Palar, Redaktur Foto Tabloid Nova. Ada 3 jenis foto yang dibahas :

  • Food & Produck
  • Fashion & Beauty
  • Travel Photography

Untuk mendapatkan hasil foto yang baik, jangan memotret hanya dari satu angle. Teknik pencahayaan juga perlu diperhatikan. Untuk memotret makanan atau produk, jangan menggunakan flash pada smartphone karena hasil foto yang dihasilkan bakalan kurang bagus. Nah, untuk yang hobi memotret menggunakan model, cobalah golden hour. Ini sebutan untuk pencahayaan alami dari matahari. Kira-kira sebelum jam 10 pagi. Trus buat yang hobi banget travelling sambil cekrek cekrek juga. Membawa powerbank itu it’s a must thing ya kalau motretnya pakai smartphone. Dan, sebaiknya jangan memotret objek yang itu-itu aja. Misal, lagi naik kapal menuju Lampung. Coba deh, foto anak-anak yang lagi lompat ke laut untuk ngambil duit saweran penumpang kapal.

Usai Mas Romy bercuap-cuap persentasi, para peserta workshop langsung praktek di depan panggung untuk memotret makanan. Lagi-lagi, para ibu segera merangsek maju ke depan sambil membawa smartphone-nya masing-masing. Heboh !

Keseruan makin bertambah tiapkali MC Robby mengadakan kuis, entah itu berupa pertanyaan dari setiap materi, tweet live competition atau live Instagram competition yang diadakan oleh sponsor Softex Daun Sirih. Hadiahnya banyak banget. Ada yang dapat pouch cantik dari Nova. Ada yang mendapat voucher makan di restoran. Dan, ada juga yang mendapat uang tunai sebesar Rp. 300 ribu. Saat satu-persatu pemenang nongol di depan, saya sempat bisik-bisik dengan sesama blogger di dekat saya.

Saya (dengan muka pengen ngelihat floral pouch-nya Eska, blogger yang duduk di sebelah saya) : “Itu pouch darimana ? Kereeen”

Eska : “Oh ini kan hadiah karena tadi aku jawab pertanyaan”

Saya : “Baiklah … btw, itu travel bag di depan kira-kira hadiah untuk kuis apa ya ?”

Eska : “Iya ya, aku penasaran isi tasnya apa ? uang kali hehe”

Saat saya, blogger Eska dan blogger Rima lagi asyik ngobrol soal hadiah-hadiah tabloid Nova yang bertebaran sepanjang acara. Tiba-tiba Eska nowel-nowel “Mbak itu kan kartunamamu”. Saya memerhatikan panggung dan MC Robby menyebutkan nama saya sebagai salah satu pemenang doorprize. Saya langsung maju ke depan panggung.

20160226_171839

Dokumentasi : Eskaning Arum Pawestri

Penutup acara, yaitu makan bersama. Karena antrian cukup panjang dan suami pun sudah otw menjemput saya, jadinya saya hanya icipin 3 potong puding coklat dengan saus vanila. Enak seger !

Sebelum pulang, ternyata ‘boyongan’ saya cukup banyak. Ada 2 goodie bag. Yang satu dari tabloid Nova. Satunya lagi dari sponsor, Softex Daun Sirih. Dan satu tas travel bag hadiah doorprize Nova.

Terimakasih untuk Mak Annisa Steviani untuk infonya di facebook dan juga materinya yang padat berisi. Terimakasih untuk Mas Romy Palar untuk ilmu fotografinya.

Dan, terimakasih untuk Ibu Iis R. Soelaiman beserta kru tabloid Nova untuk acaranya yang keren dan sangat bermanfaat.

Seperti judul blog ini, Ngopi Bareng Nova : Habis Gelap, Terbitlah Terang. Kini, saya semakin yakin menulis blog pun bisa dijadikan ladang uang. Well, saya enggak sabar untuk hadir di acara Nova selanjutnya.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Competition Ngopi Bareng Nova #NGOPINOVA #28Novaversary

 

Iklan

3 comments

  1. padat banget acaranya ya mbak maria ? aku liat info acaranya di tabloid nova, tapi ndak bisa ikut soalnya aku di padang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s