(gambar dari sini)
Lanjut dari tips sebelumnya yang dibumbui dengan cerita saya seputar buku. Yang ini langsung tanya jawab soal buku.
Kapan usia yang tepat untuk mengenalkan buku pada anak ? Sedini mungkin, saat bayi berusia +3 bulan dan sudah bisa mengenggam benda dengan baik
Buku apa yang pertama kali diperkenalkan pada anak ? Kalau masih bayi, ya buku kain yang bisa bunyi-bunyi aja, banyak itu dijual di IG atau di baby store juga ada. Makin gede anaknya ya naik tingkat ke hardbook dll. Saat ini Mada udah gak baca buku kain lagi *halah-sombong*. Bukunya yang hardbook gitu.
Eh, anak saya kan laki-laki, mosok suka buku, ntar gak ngerti main sama teman-temannya. Eits, udah gak jaman ah, anak laki itu identiknya begini … anak perempuan begitu. Lagian, buku mah gak bikin anak kuper ato nerd kok. Buktinya, Mada tetep eksis kalo lagi main sama tetangganya sesama toddler yang seumuran. Dan, dia paling dicari karena cuma Mada yang punya koleksi buku anak di rumahnya. Mada “ketemu” sama buku itu waktunya sebelum tidur malam atau kalau dia lagi di dalam rumah dan saya harus tinggal untuk ngerjain pekerjaan domestik.
Bagaimana supaya anak kreatif dengan buku ? Mentang-mentang emaknya udah beli buku, trus anaknya dikasih begitu aja itu bukunya tanpa diarahkan. Kalo masih bayi unyu-unyu ato toddler, ya Ibunya kudu mau nimbrung sama buku yang udah dibeli. Misal, kayak buku kain Carter’s animals-nya Mada. Di situ ada aneka binatang. Saya peragain deh gimana itu Gajah, sambil nyanyi juga.
Gajah, binatang besar
Hidungnya panjang
Telinganya lebar
Matanya kecil
Kakinya buuuueesaaar
Ekornya ? Kecil !!
xoxo,
Maria Soraya